Monthly Archives: April 2012

0 322

Dalam rangka memperingati Ulang Tahun Emas Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) tahun ini, Pemerintah Kabupaten Malang mempunyai gawe besar, dengan mengadakan Apel Bhakti Linmas, yang diselenggarakan di Desa Lebakharjo Kecamatan Ampelgading, pada hari Jumat sampai dengan Sabtu (27 s/d 28/4).DSC09272 100_0505

Dipilihnya Desa Lebakharjo ini  karena desa ini pernah menjadi tuan rumah pelaksanaan Perkemahan Wira Karya Internasional pada tahun 1993 yang lalu, sehingga sampai saat ini desa ini dikenal sebagai Desa Pramuka.

Apel Bhakti Linmas dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun ke 50 Satuan Perlindungan Masyarakat Tingkat Kabupaten Malang dilaksanakan di Lapangan Desa Lebakharjo pada hari Jumat (27/4), diikuti oleh Forum Komunikasi Pimpinan daerah (Forpimda) Kabupaten malang, para pimpinan SKPD Pemerintah Kabupaten Malang dan personil Linmas dari seluruh desa se Kabupaten Malang. Bertindak sebagai pembina apel adalah Bupati Malang Bapak H. Rendra Kresna. Personil Linmas dari Kecamatan Pagelaran pun ikut ambil bagian dalam kegiatan tersebut dengan dikoordinir oleh Sekcam/Plh. Camat Pagelaran Chandra Peni Setyowati, SH. Camat Pagelaran definitif Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. yang sedang mengikuti Diklatpim Tingkat III pun juga terliha100_0523t ikut membaur dan memberikan motivasi kepada para personil Linmas dari Kecamatan Pagelaran.

Seusai pelaksanaan apel, sempat terjadi musibah ketika jembatan gantung yang dilewati para peserta apel putus sehingga mengakibatkan beberapa peserta jatuh dan mengakibatkan korban luka-luka. Dua personil Linmas dari Kecamatan Pagelaran, yaitu H. Effendi, yang juga merupakan Sekretaris Desa Brongkal dan Surono, Anggota Linmas Desa Sidorejo mengalami luka cukup serius, sehingga segera dilarikan ke RSUD Kanjuruhan di Kepanjen. Tetapi berkat kesigapan dan setelah mendapatkan perawatan selama beberapa hari di pihak RSUD Kanjuruhan, kedua korban tersebut segera pulih dari cederanya dan bisa pulang ke rumah masing-masing.DSC09250

Malam hari setelah pelaksanaan apel, diadakan kegiatan Panggung Gembira untuk menghibur para personil Linmas dari seluruh Kabupaten Malang, dengan hiburan musik yang tentunya sangat menggembirakan bagi mereka yang mengikuti kegiatan tersebut.

Pada hari kedua Minggu (28/4), kegiatan dilanjutkan dengan mengadakan bhakti sosial pembangunan jalan cor dan pipanisasi yang ada di Dusun Licin, yang juga dikerjakan oleh personil Linmas se Kabupaten Malang.

Kegiatan yang telah dilaksanakan selama dua hari dan melibatkan ribuan personil Linmas se-Kabupaten Malang tersebut pastinya akan menjadi suatu kenangan dan sejarah tersendiri bagi jajaran Satuan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Malang.

 

0 198

DSC08997 DSC08998 DSC09000 DSC09010

PKK merupakan organisasi yang mempunyai peranan cukup besar dalam ikut berpartisipasi melaksanakan pembangunan, tidak terkecuali di Kecamatan Pagelaran. Untuk itu diperlukan koordinasi dan hubungan yang baik antara Tim Penggerak PKK Kecamatan dan Desa se Kecamatan Pagelaran.

Hal itu diwujudkan dengan dilaksanakannya Pertemuan Rutin PKK yang diselenggarakan di Balai Desa Sidorejo pada hari Rabu (18/4). Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Pagelaran beserta pengurus dan Ketua Tim Penggerak PKK Desa se Kecamatan Pagelaran beserta pengurusnya.

Beberapa hal yang disampaikan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Pagelaran Dyah Hari Krispriyanto, SE adalah berkisar tentang hasil pertemuan rutin Tim Penggerak PKK Kabupaten Malang beberapa waktu yang lalu, termasuk persiapan untuk mengikuti Jambore PKK Kabupaten Malang yang menurut rencana akan dilaksanakan pada bulan Mei 2012 di Kecamatan Kasembon.

0 190

Sidorejo, 18/04/2012

Pada hari rabu tanggal 18 April 2012 bertempat di Balai Desa Sidorejo Kecamatan Pagelaran dilaksanakan Pertemuan Rutin TP. PKK Desa se Kecamatan Pagelaran  dan Pengurus TP. PKK Kecamatan Pagelaran dan Dharma Wanita Kecamatan Pagelaran.

Adapun hasil yang di peroleh dari pertemuan tersebut antara lain :

1. Persiapan menghadapi Jambore Kader PKK se Kabupaten Malang

2. Pembentukan Taman Posyandu

3. Pembinaan Administrasi PKK Desa Sidorejo dan Persiapan Lomba Balita Sejahtera

0 1030

DSC08903 DSC08911 DSC08921 DSC08925

 

Setelah sekian tahun Desa Brongkal tidak memiliki kepala desa definitif, pada tahun 2012 in, desa tersebut akan mempunyai pekerjaan besar melaksanakan pilakdes guna mendapatkan kepala desa yang definitif.

Agar segera memiliki kades definitif maka dilaksanakan Musyawarah Pembentukan Panitia Pemilihan Kepala Brongkal pada Minggu (15/4). Selain dihadiri oleh Sekcam/Plh. Camat Pagelaran, Pj. Kepala Desa Brongkal beserta perangkatnya, Ketua BPD beserta perangkatnya, para Ketua RW dan RT di Desa Brongkal serta tokoh masyarakat Desa Brongkal, acara ini juga dihadiri oleh Camat Pagelaran definitif yang saat ini tengah menjalani pendidikan Diklatpim Tingkat III Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si.

Setelah dilaksanakan musyawarah, akhirnya terbentuk Panitia Pilkades Desa Brongkal yang mengutamakan unsur keterwakilan dusun yang ada dan terpilih sebagai ketua panitia adalah Poniran, seorang purnawirawan TNI-AD yag berakhir bertugas sebagai Batuud Koramil 0818/36 Pagelaran.

Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. dalam sambutannya seusai musyawarah menekankan agar panitia yang telah terbentuk nantinya dapat bekerja dengan baik, profesional dan netral, sehingga pelaksanaan proses pilkades akan dapat berjalan dengan baik, termasuk memperhatikan data pemilih yang akan mengikuti proses pemungutan suara.

0 148

Pendistribusian Beras untuk Masyarakat Miskin (Raskin) yang merupakan upaya pemerintah untuk membantu para warga yang dianggap tidak mampu, dilaksanakan oleh Sub Divre Bulog Malang pada hari Senin (14/5) melaksanakan pendistribusian Beras untuk Masyarakat Miskin (Raskin) Alokasi Bulan Mei 2012 bagi sepuluh desa se-Kecamatan Pagelaran.

Raskin tersebut dikirimkan ke masing-masing kantor desa se-Kecamatan Pagelaran dan selanjutnya oleh para petugas pendistribusian desa  dibagikan ke warga miskin yang ada di masing-masing desa yang berhak untuk menerima.

Secara umum kegiatan penyaluran raskin kali ini dapat berjalan dengan lancar dan baik.Adapun Raskin yang dibagikan untuk para warga miskin dengan jumlah total sebanyak 70.005 kilogram atau diperuntukkan untuk 4.667 Rumah Tangga Miskin, dengan harga per kilogramnya sebesar Rp. 1.600.000 Masing-masing Rumah Tangga Miskin berhak menerima 15 kilogram beras setiap bulannya.

0 178

Bulan April ini, Forum Kerukunan Ulama dan Umaro (Forkuma) Kecamatan Pagelaran melaksanakan Safari Jumat ke Desa Suwaru. Kegiatan safari Jumat tersebut ditempatkan di Masjid Darul Huda yang terletak di Dusun Recobanteng pada hari Jumat (13/4) dan diikuti oleh Muspika Pagelaran, para ulama dan Tim Safari Jumat Forkuma Kecamatan Pagelaran.

Pada kesempatan tersebut, tim ikut melaksanakan Sholat Jumat bersama-sama dengan masyarakat yang merupakan jamaah Masjid Darul Huda tersebut.

Setelah acara sholat, baru disampaikan sambutan dari Kasi Pertanahan dan Aset Kecamatan Pagelaran Agus Bukhori, S.Pd. yang mewakili Camat Pagelaran yang tengah mengikuti pendidikan Diklatpim III.

0 238

Dalam rangka persiapan pelaksanaan penyaluran dana Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun Anggaran 2012 kepada desa-desa se-Kecamatan Pagelaran, mulai tanggal hari Senin sampai dengan Kamis (10 s/d 13/4) dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Penggunaan ADD Tahun Anggaran 2012.

Diharapkan, dana ADD tersebut dapat benar-benar dipergunakan dengan baik, benar dan tepat sasaran, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pelaporan. Kesalahan-kesalahan kecil yang pernah terjadi pada pelaksanaan kegiatan yang berasal dari ADD pada tahun sebelumnya dapat dieliminir oleh pemerintah desa.

Kegiatan ini diselenggarakan di masing-masing desa se Kecamatan Pagelaran dan dilaksanakan oleh Tim Sosialisasi ADD Kecamatan Pagelaran yang dikoordinir oleh Sekcam Pagelaran/Plh. Camat Pagelaran Chandra Peni Setyowati, SH