Monthly Archives: Juni 2012

0 499

 

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ikatan Notaris Indonesia (INI) Tahun 2013 ini, Pengurus INI Wilayah Jawa Timur dan INI Cabang Malang Raya bekerjasama dengan Kecamatan Pagelaran melaksanakan kegiatan bhakti sosial berupa pembagian bantuan sembako bagi 400 orang kaum duafa yang ada di wilayah Kecamatan Pagelaran.DSC09381 DSC09382 DSC09415  DSC09476 DSC09489

Kegiatan yang berlangsung meriah dan sukses tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu (30/6), bertempat di Pendopo Kecamatan Pagelaran dan dihadiri oleh Muspika Pagelaran, Pengurus INI Wilayah Jawa Timur, Pengurus INI Cabang Malang Raya, para Notaris/PPAT yang ada di wilayah Malang Raya, kepala desa se Kecamatan Pagelaran serta 400 orang kaum duafa di Kecamatan Pagelaran.

TaDSC09463mpak terpancar rasa senang dan gembira dari para kaum duafa yang menerima bantuan sembako tersebut, mengingat hal tersebut akan dapat ikut meringankan beban hidup yang mereka alami saat itu.

Di akhir acara bhakti sosial, diserahkan kenang-kenangan yang diserahkan oleh Pengurus INI Wilayah Jawa Timur dan Pengurus INI Cabang Malang Raya yang masing-masing diserahkan kepada Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si., Kapolsek Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. dan Danramil 0818/36 Pagelaran Peltu Sugiyo.

0 152

 

 DSC09370 DSC09379

Setelah pada hari Selasa (25/6) yang lalu Perangkat Desa Brongkal mendapatkan pembinaan dari Camat Pagelaran, kali ini giliran Perangkat Desa Suwaru yang mendapatkan pembinaan tersebut.

Kegiatan yang dilaksanakan di Kantor Desa Suwaru tersebut diikuti oleh  Kepala Desa Suwaru Tedjo Suwarno beserta seluruh perangkat desa yang ada pada hari Jumat (29/6).

Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. dalam arahannya  kepada para Perangkat Desa Suwaru, menyampaikan beberapa hal  antara lain sebagai berikut :

  • Perlunya peningkatan mutu pelayanan kepada masyarakat, agar tingkat kepercayaan masyarakat kepada aparat pemerintah menjadi lebih baik.
  • Perlu terus dipupuk rasa persatuan dan kesatuan yang ada di Desa Suwaru. Hal ini disebabkan meskipun sebagian besar penduduknya beragama Kristen, tetapi kerukunan yang terjalin dengan umat agama lain yang lebih sedikit jumlah tetaplah terjaga dengan baik.
  • Mengharap agar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) segera dipercepat pemungutannya, mengingat waktu jatuh temponya kurang lebih tinggal satu bulan lagi.

0 297

DSC09354 DSC09356 DSC09364

Untuk dapat meningkatkan produksi hasil pertanian, diperlukan berbagai informasi yang akurat tentang pengembangan produksi pertanian pada masa ini. Untuk itulah bertempat di rumah Harianto, Bendahara Kelompok Tani Makmur Abadi Desa Sidorejo di RT 11 RW 05 Desa Sidorejo, pada hari Kamis (28/6) dilalaksanakan pertemuan rutin seluruh komponen pertanian yang ada di Kecamatan Pagelaran.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) an Kelompok Tani (Poktan), HIPPA, KTNA, Unit TRI dan, pengelola kios pupuk yang ada di Kecamatan Pagelaran. Selain itu hadir pula para penyuluh pertanian dan jajaran dinas/instansi terkait di bidang pertanian.

Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. yang juga hadir pada acara tersebut menyampaikan beberapa hal kepada para peserta pertemuan yang hadir, antara lain :

  • Kecamatan Pagelaran harus bisa menjadi salah satu kawasan penyangga pangan yang handal, sehingga nantinya dapat mendukung terwujudnya swasembada pangan di Kabupaten Malang.
  • Perlunya kerjasama petani dengan KUD yang ada, sehingga diharapkan nantinya akan dapat meningkatkan produktivitas penghasilan petani.
  • Disampaikan apresiasi terhadap Pak Sugeng, pengelola P4S Intan Desa Suwaru yang telah mendapat penghargaan Juara III Lomba Pengolahan Hasil Pertanian Hortikultura dari Gubernur Jawa Timur.

 

0 181

 

 Copy of CIMG6812  

Untuk mewujudkan pelaksanaan suatu kegiatan yang baik, diperlukan suatu sistem monitoring kegiatan yang baik, mengingat seluruh kegiatan fisik diharapkan sudah terselesaikan pada bulan Agustus 2012, sehingga pada bulan September 2012 sudah bisa dimulai langkah perencanaan untuk kegiatan tahun 2013 nanti. Untuk mewujudkan hal tersebut, bertempat di Aula KPRI Guru Kecamatan Pagelaran pada hari Kamis (28/6) diselenggarakan kegiatan Pelatihan Tim Monitoring PNPM Mandiri Perdesaan Open Menu.

Kegiatan tersebut diikuti oleh masing-masing tiga orang AnggotaDSC09346 Tim Monitoring dari sepuluh desa se Kecamatan Pagelaran dan dibuka pelaksanaannya oleh Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si., yang pada kesempatan tersebut juga didampingi oleh Kasi Ekbang dan Pemberdayaan Perempuan Kecamatan Pagelaran yang sekaligus juga DSC09344Penanggungjawab Operasional Kegiatan (PJOK) PNPM Kecamatan Pagelaran Sutini, S.Sos.

Bertindak sebagai narasumber dalam pelatihan tersebut adalah para Fasilitator Kecamatan (FK) PNPM Kecamatan Pagelaran dan Ketua UPK PNPM Kecamatan Pagelaran.

0 409

Mengakhiri Tahun Pelajaran 2011/2012, sejumlah sekolah yang ada di wilayah Kecamatan Pagelaran melaksanakan kegiatan wisuda bagi siswa dan siswinya yang telah berhasil menamatkan pendidikannya. Dari berbagai sekolah yang mengadakan kegiatan wisuda tersebut, terpantau kegiatan tujuh lembaga pendidikan di wilayah Kecamatan Pagelaran yang dapat dilaporkan sebagai berikut.

 

Wisuda TK PKK Ar-Rohmah, Desa Balearjo

  • Bertempat di halaman TK PKK Ar-Rohmah di Dusun Sumberbutuh Desa Balearjo, pada hari Rabu (20/6) diselenggarakan kegiatan wisuda terhadap 14 siswa dan siswi TK Ar-Rohmah untuk Tahun Pelajaran 2011/2012.
  • Selain wisuda siswa dan siswi TK, acara ini dimeriahkan pula oleh penampilan kreativitas seni para siswa dan siswi TK tersebut. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. dan Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Pagelaran Dyah Hari Krispriyanto, SE, Kepala Desa Balearjo H. Ali Mawardi serta salah seorang ulama sepuh di Desa Balearjo K.H. Irfan Ali.
  • Sebagai acara puncak dari kegiatan wisuda ini, digelar pengajian umum dan bertindak sebagai penceramahnya adalah Ustadz Drs. Sumarno Aziz, MA, dari Kepanjen, Malang, yang juga merupakan Dosen di STAI Raden Rahmat Kepanjen.

 

 

Wisuda RA, MI, MTs Azharul Ulum 02, Desa Brongkal

  • Yayasan Pendidikan Islam Azharul Ulum yang terletak di Desa Brongkal, pada hari Rabu (20/6) menyelenggarakan wisuda bersama bagi siswa dan siswi RA, MI dan MTs yang ada di bawah lembaga pendidikannya.
  • Kegiatan tersebut berlangsung di halaman MI Azharul Ulum 02 dan dalam acara ini Camat diwakili kehadirannya oleh Kasi Kessos dan Kepemudaan Kecamatan Pagelaran Saichur Rozi, S.Sos., MM.
  • Sebagai puncak dari acara wisuda bersama ini dilaksanakan pengajian umum, yang disampaikan oleh penceramahnya Drs. K.H. Saifudin Zuhri, Pengasuh Majlis Ta’lim dan Dzikir Janatut Tholibin dari Malang.

 

Wisuda SMP Dharma Wanita dan SMA Dharma Wanita 03, Desa Clumprit

  • SMP Dharma Wanita 03 dibawah kepala sekolahnya Remin Firmanadi dan SMA Dharma Wanita 03 dibawah kepala sekolahnya Rokhim, BA, bertempat di halaman SMP Dharma Wanita 03 dan SMA Dharma Wanita 03 di Desa Clumprit, pada hari Kamis (21/6) melaksanakan kegiatan wisuda bagi siswa-siswinya yang pada tahun ini berhasil menamatkan studinya.
  • Kegiatan tersebut selain dihadiri oleh keluarga besar SMP Dharma Wanita 03 dan SMA Dharma Wanita 03, para wali murid dan siswa-siswi yang diwisuda, hadir pula Ketua Dharma Wanita Persatuan Kecamatan Pagelaran Dyah Hari Krispriyanto, SE, yang sekaligus juga mewakili Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Malang yang berhalangan hadir pada acara tersebut.

 

 

Wisuda SD Negeri Pagelaran 1 dan SD Negeri Pagelaran 2, Desa Pagelaran

  • Pada Tahun Pelajaran 2011/2012, SD Negeri Pagelaran 1 dan SD Negeri Pagelaran 2 yang gedungnya berada dalam satu lokasi, melaksanakan wisuda bagi siswa-siswinya yang baru saja menuntaskan studinya di sekolah tersebut.
  • Kegiatan yang berlangsung di halaman sekolah pada hari Kamis (21/6) tersebut ditandai dengan pengalungan gordon kepada para siswa dan siswi yang telah menamatkan studinya oleh masing-masing kepala sekolah, baik dari SD Negeri Pagelaran 1 dan SD Negeri Pagelaran 2.
  • Hadir pada kesempatan tersebut Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si., yang pada kesempatan tersebut juga didaulat untuk memberikan kata sambutannya.
  • Acara wisuda dua sekolah dasar negeri tersebut, akhirnya ditutup dengan pengajian umum yang disampaikan oleh penceramahnya Drs. K.H. Moch. Sodiq, MA, yang juga merupakan Kepala KUA Kecamatan Gedangan.

 

Wisuda Bersama YPI Mambaul Ulum, Desa Banjarejo

  • Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Mambaul dibawah ketua yayasannya K.H. Sonhadji Fadli, melaksanakan Wisuda Bersama sekolah-sekolah yang ada di bawah lembaganya, terdiri dari MI, MTs dan MA.
  • Wisuda bagi siswa-siswi lulusan Tahun Pelajaran 2011/2012 ini keseluruhannya berjumlah 800 orang, dan dilaksanakan di halaman YPI Mambaul Ulum, Desa Banjarejo pada hari Sabtu (23/6).
  • Hadir pada kesempatan tersebut, selain para pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Ulum Desa Banjarejo, juga Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. dan Kasi Pertanahan dan Aset Kecamatan Pagelaran Agus Bukhori, S.Pd.

 

Wisuda Bersama PG, RA, MI, SD, MI, SMP, MTs, MA, SMA, SMK, Madrasah Diniyah YPI Babussalam, Desa Banjarejo

  • Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Babussalam, yang merupakan salah satu bagian dari Pondok Pesantren Babussalam, Desa Banjarejo, pada Tahun Pelajaran 2011/2012 ini kembali meluluskan sebanyak 281 siswa-siswinya, yang terdiri dari berbagai tingkatan pendidikan, yaitu Play Group, RA, SD, MI, SMP, MTs, SMA, SMK dan MA.
  • Kegiatan yang berlangsung meriah tersebut berlangsung di halaman YPI Babussalam, Desa Banjarejo pada hari Minggu (24/6) dan dihadiri selainoleh Pengasuh Pondok Pesantren Babussalam K.H. Thoriq Darwis, S.Ag., juga oleh Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si., Kasi Pertanahan dan Aset Kecamatan Pagelaran Agus Bukhori, S.Pd. dan Danramil 0818/36 Pagelaran Peltu Sugiyo.

 

Wisuda RA, MI, MTs YPI Mambaul Ulum, Desa Pagelaran (Selasa, 26-6-2012)

  • Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Mambaul Ulum, yang terletak di Dusun Sumbergempol Desa Pagelaran melaksanakan wisuda bagi siswa dan siswi RA, MI dan MTS yang ada di bawah pembinaan lembaganya.
  • Kegiatan tersebut berlangsung pada hari Selasa (26/6), bertempat di halaman YPI Mambaul Ulum, Dusun Sumbergempol Desa Pagelaran. Hadir pada acara tersebut selain pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Ulum K.H. Masyhuri Jalil, juga Kasi Pertanahan dan Aset Kecamatan Pagelaran Agus Bukhori, S.Pd.
  • Acara Wisuda YPI Mambaul Ulum ini diakhiri dengan pengajian umum, yang disampaikan oleh penceramahnya Hj. Syarifah Ifadhotul Hasanah dari Bangil, Kabupaten Pasuruan.

0 161

 

DSC02556 DSC02560 DSC02561

Untuk meningkatkan ketrampilan Anggota PKK, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang melaksanakan kegiatan Pelatihan Pengolahan Dagi Ayam bagi Kelompok PKK di Kecamatan Pagelaran.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Panti PKK Kecamatan Pagelaran pada haru Senin (25/6) dan dibuka oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Pagelaran Dyah Hari Krispriyanto, SE. Narasumber pelatihan tersebut berasal dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang.

Beberapa materi yang disampaikan dalam pelatihan tersebut adalah :

  • Cara pengolahan daging ayam yang baik dan benar.
  • Cara pembuatan chicken nuget dan bakso yang berbahan dasar dari daging ayam.

Di akhir acara pelatihan, perwakilan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang menyerahkan DSC02546bantuan peralatan untuk membuat chicken nuget dan bakso kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Pagelaran.

 

 

0 480

 

Dalam rangka meningkatkan kinerja dan profesionalisme aparatur pemerintah, khusus yang ada di Desa Brongkal, Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. mengadakan pembinaan bagi Perangkat Desa yang ada di Desa Brongkal, bertempat di rumah Modin Desa Brongkal Rosyadi pada hari Selasa (25/6).DSC09287 DSC09288

Kegiatan tersebut diikuti oleh Pj. Kepala Desa Brongkal Drs. Tauchid beserta seluruh perangkat desa yang ada.

Dalam kesempatan ini, Camat Pagelaran memberikan pengarahan kepada para perangkat desa, bahwa selain kegiatan ini bersifat silaturahmi pimpinan kepada perangkat desa, juga menyampaikan beberapa poin pengarahan antara lain sebagai berikut :

  • Perlunya peningkatan mutu pelayanan kepada masyarakat, agar tingkat kepercayaan masyarakat kepada aparat pemerintah menjadi lebih baik.
  • Perlunya kesiapan seluruh komponen desa yang ada di dalam menyambut datangnya puncak acara Pilkades Brongkal, yaitu pemungutan suara dan penghitungan suara yang akan dilaksanakan pada bulan Juli 2012 yang akan datang.
  • Mengharap agar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) segera dipercepat pemungutannya, mengingat waktu jatuh temponya kurang lebih tinggal satu bulan lagi.

0 490

DSC02526 

Pengurus Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Pagelaran pada hari Minggu (23/6), bertempat di gedung SMP Dharma Wanita 03 Desa Clumprit menyelenggarakan Musyawarah Ranting.

Musyawarah Ranting diadakan dengan melaksanakan dua agenda, meliputi :

  • Pertanggungjawaban Pengurus Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Pagelaran masa bhakti 2009 sampai dengan 2012.
  • Evaluasi Kegiatan, Penyusunan Program Kerja dan Pemilihan Pengurus Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Pagelaran masa bhakti 2012 sampai dengan 2015.

Dalam pemilihan pengurus baru untuk masa bhakti 2012 sampai dengan 2015, terpilih sebagai Ketua Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan yang baru adalah Karmin, S.Pd. menggantikan ketua lama Rokhim, BA.DSC02523

Pada kesempatan tersebut hadir pula Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos, M.Si. beserta Kasi Pertanahan dan Aset Kecamatan Pagelaran Agus Bukhori, S.Pd.

0 371

 

 DSC02502

Setelah dilaksanakan proses Fit and Proper Test Bakal Calon Kepala Desa dan Pengumuman Hasil Fit dan Proper Test Bakal Calon Kepala Desa, proses Pemilihan Kepala Desa di Brongkal memasuki babak baru dengan melaksanakan Penetapan, Undian Nomor Calon Kepala Desa dan Penyampaian Visi dan Misi Calon Kepala Desa. Kegiatan tersebut diselenggarakan pada hari Minggu (23/6) bertempat di Balai Desa dan dihadiri oleh Muspika Pagelaran.

Acara pertama pada kegiatan tersebut adalah dimulai dengan membacakan keputusan penetapan para bakal calon yang telah dinyatakan lulus dalam fit and proper test bakal calon kepala desa beberapa waktu yang lalu. Setelah penetapan, dilanjutkan dengan pengundian nomor calon kepala desa, dengan hasil Imam Kholid menempati nomor urut 1, Wiwik Rohati, SE menempati nomor urut 2 dan H. Nur Hamid menempati nomor urut 3.

Sebagai acara puncak pada hari itu setelah pengundian nomor urut calon kepala desa, diadakan penyampaian visi dan misi masing-masing calon secara berurutan, mulai Imam Kholid, Wiwik Rohati, SE dan diakhiri oleh H. Nur Hamid.

Kegiatan pada hari itu berjalan dengan aman, lancar dan tertib.

0 137

 

Setelah dilaksanakan untuk pertama kalinya pada tanggal 7 Juni 2012 yang lalu, aparatur Kecamatan Pagelaran beserta sekretaris desa se Kecamatan Pagelaran kembali menggelar kegiatan pengajian rutin.

Pengajian rutin tersebut dilaksanakan bertempat di Rumah Dinas Camat Pagelaran pada hari Jumat (21/6). Kegiatan diawali dengan pembacaan Istighosah yang dipandu oleh Sekretaris Desa Banjarejo H. Abdul Bakri, S.Pd. dan dilanjutkan dengan penyampaian ceramah agama oleh Kasi Pertanahan dan Aset Kecamatan Pagelaran Agus Bukhori. Kegiatan diakhiri dengan pembacaan doa yang disampaikan oleh Kasi Pemerintahan Kecamatan Pagelaran Drs. Tauchid.