Monthly Archives: Juli 2012

0 270

Hari pertamaDSC09458 pelaksanaan Safari Ramadhan Kecamatan 1433 H untuk tim yang dipimDSC09459pin Camat Pagelaran, berlangsung di Desa Sidorejo, tepatnya di lingkungan Pondok Pesantren Darussalam pada hari Senin (30/7).

Kegiatan berlangsung di Masjid Darussalam, yang berada satu komplek dengan Pondok Pesantren Darussalam. Kegiatan diawali dengan  melaksanakan buka puasa di rumah Pengasuh Pondok Pesantren Darussalam dilanjutkan dengan melaksanakan Sholat Maghrib.

Acara inti mulai Sholat Isya’, Sholat Tarawih dan Sholat Witir, dilaksanakan bersama-sama oleh Tim Safari Ramadhan Kecamatan Pagelaran bersama-sama jamaah yang ada di masjid tersebut dan bertinda sebagai imam sholat adalah K.H. Abu Hanif, Pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Ulum, Sipring, Pagelaran.

Seusai Sholat Tarawih, disampaikan silaturahmi dengan para jamaah di masjid tersebut, diawali dengan sambutan yang diwakili oleh Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. dan diakhiri dengan ceramah agama yang disampaikan oleh K.H. Surawi, pengurus Forkuma Kecamatan Pagelaran.

Bersamaan dengan kegiatan Safari Ramadhan yang dilaksanakan oleh Camat Pagelaran di Sidorejo, di tiga desa lainnya (Clumprit, Balearjo dan Kanigoro) juga dilaksanakan kegiatan serupa, dengan koordinator tim masing-masing Kapolsek Pagelaran, Danramil 0818/36 Pagelaran dan Kepala KUA Kecamatan Pagelaran

0 151

Setelah pada hari Selasa (24/7) yang lalu Perangkat Desa Sidorejo mendapatkan pembinaan dari Camat Pagelaran, saat ini giliran Perangkat Desa Pagelaran yang mendapatkan Pembinaan Perangkat Desa. Kegiatn tersebut dilaksanakan di Balai Desa Pagelaran pada hari Jumat (27/7). Kegiatan tersebut diikuti oleh Kepala Desa Pagelaran Moh. Wiododo, SE  beserta seluruh perangkat desanya.

Camat Pagelaran dalam acara yang penuh keakraban tersebut,  memberikan beberapa penekanan kepada para perangkat desa yang ada, antara lain :

  • Perlunya peningkatan kinerja bagi perangkat desa yang ada, termasuk dalam hal peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat.
  • Kesiapan di dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan 1433 H.
  • Perlunya percepatan dalam pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan di Desa Pagelaran, mengingat masa jatuh tempo pelunasannya kurang empat hari lagi.

0 173

DSC09430Dalam rangka persiapan melaksanakan Safari Ramadhan Tingkat Kecamatan Pagelaran 1433 H/2012 M, dilaksakan kegiatan Ta’aruf atau perkenalan dan silaturahmi para anggota Tim Safari Ramadhan Kecamatan Pagelaran, bertempat di Pendopo Kecamatan Pagelaran pada hari Kamis (26/7).

Sesuai jadwal yang telah ditetapkan, kegiatan Safari Ramadhan Kecamatan Pagelaran akan dilaksanakan pada tanggal 30 Juni 2012 sampai 1 Juli 2013, bertempat di desa-desa se Kecamatan Pagelaran. Adapun tim tersebut dibagi menjadi empat tim, masing-masing dikoordinir oleh Camat Pagelaran, Kapolsek Pagelaran, Danramil 0818/36 Pagelaran dan Kepala KUA Kecamatan Pagelaran.

Selesai acara ta’aruf dengan disampaikannya sambutan dari Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos. M.Si., kegiatan dilanjutkan dengan buka puasa bersama dan Sholat Maghrib berjamah bertempat di Pendopo Kecamatan Pagelaran.

Selain anggota Tim Safari Ramadhan Kecamatan Pagelaran, acara ini juga dihadiri oleh Muspika Pagelaran, para ulama Kecamatan Pagelaran dan warga masyarakat sekitar kantor Kecamatan Pagelaran.

0 158

Demi memupuk silaturahmi di antara para petani yang ada di wilayah Kecamatan Pagelaran, bertempat di kantor UPT Balai Penyuluhan Kecamatan Pagelara, pada hari Kamis (26/7) dilaksanakan kegiatan Temu Teknis SLPTT Tahun 2012 sekaligus pertemuan rutin.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan Gapoktan, Kelompok Tani, HIPPA, KTNA dan komponen pertanian lainnya di Kecamatan Pagelaran, selain para penyuluh serta dinas/instansi terkait di bidang rumpun pertanian.

Setelah acara pertemuan rutin, sekaligus pertemuan teknis selesai, acara ditutup dengan melaksanakan buka puasa bersama yang diikuti oleh seluruh undangan yang hadir pada kegiatan tersebut.

0 188

Dalam rangka memperkuat dan meningkatkan kinerja perangkat desa,  Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si.dengan didampingi Kasi Pertanahan dan Aset Agus Bukhori, S.Pd. mengadakan Pembinaan bagi Perangkat Desa Sidorejo, bertempat di Kantor Desa Sidorejo pada hari Selasa (24/7).DSC09365

Pada kegiatan yang diikuti oleh Kepala Desa Sidorejo Mansyur Effendi beserta seluruh perangkat desa yang ada, Babinsa Sidorejo dan Babinkamtibmas Sidorejo, Camat Pagelaran berharap agar kegiatan pembinaan seperti juga merupakan silaturahmi antara Camat dengan seluruh aparatur pemerintah yang ada di desa.

Adapun beberapa hal yang disampaikan dalam kegiatan tersebut antara lain :

  • Perlunya peningkatan kinerja bagi perangkat desa yang ada, termasuk dalam hal peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat.
  • Penyampaian hasil rapat koordinasi pimpinan SKPD Kabupaten Malang yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Malang.
  • Kesiapan di dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan 1433 H.
  • Pemantauan harga sembako menjelang pelaksanaan Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.
  • Persiapan perekaman E-KTP yang akan dilaksanakan di desa-desa guna mempercepat proses perekaman.

0 172

Di dalam upaya meningkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Allah SWT, umat Islam melaksanakannya dalam berbagai cara atau upaya, antara lain melalui pembangunan atau rehabilitasi masjid yang menjadi pusat kegiatan umat Islam.

Salah satu masjid yang dibangun tersebut adalah Masjid Al Mujahidin, yang terletak di Desa Brongkal. Adapun peresmiannya telah dilaksanakan pada hari Rabu (18/7), yang juga ditandai dengan menggelar kegiatan pengajian umum, dengan penceramah Ustadz M. Syarif Hidayatullah, S.Ag. dari Malang.

Kegiatan yang berlangsung khusyuk tersebut dihadiri oleh warga Muhammadiyah yang ada di Kecamatan Pagelaran. Camat Pagelaran dalam kesempatan ini diwakili kehadirannya oleh Kasi Pertanahan dan Aset Agus Bukhori, S.Pd.

0 134

Salah satu kegiatan di dalam memperingati Hari Krida Pertanian Tahun 2013 Tingkat Kabupaten Malang, dilaksanakan kegiatan Apel yang dilaksanakan di Lapangan Desa Pagelaran pada hari Rabu (18/7), dengan pembina apel Staf Ahli Bupati Malang Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Drs. Eko Suwanto.

Kegiatan apel diikuti selain oleh Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si., juga dihadiri Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Kabupaten Malang Ir. Abd. Nasri W., M.Eng.Sc. dan diikuti para penyuluh dan dinas terkait serta komponen rumpun pertanian dari desa-desa seluruh Kecamatan Pagelaran, antara lain gapoktan, kelompok tani, HIPPA, KTNA, pelajar sekolah dan mahasiswa KKN dari Universitas Muhammadiyah Malang.

Setelah kegiatan apel, Staf Ahli Bupati Malang Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Drs. Eko Suwanto melepas kegiatan Jalan Sehat Santai, yang diikuti oleh para peserta apel. Dan berlangsung cukup meriah, meskipun suasana cuaca saat itu dalam keadaan gerimis.

Sebagai puncak acara, bertempat di kantor UPT Balai Penyuluhan Kecamatan Pagelaran diadakan tasyakuran, termasuk pemotongan tumpeng dan diikuti oleh seluruh komponen pertanian dari seluruh desa-desa se Kecamatan Pagelaran

0 468

Pondok Pesantren Mambaul Ulum yang terletak di Desa Banjarejo, pada hari Selasa (17/7) melaksanDSC09324akan kegiatan Haflah Akhirussanah atau wisuda santriwan dan satriwati, sekaligus Haul Akbar bagi pendiri pondok pesantren tersebut.

Acara yang berlangsung dengan meriah, selain dihadiri oleh para santriwan dan santriwati beserta orang tuanya masing-masing, juga dihadiri oleh warga masyarakat sekitar Pondok Pesantren Mambaul Ulum.

Hadir pada kegiatan tersebut Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. yang didampingi oleh Kasi Pertanahan dan Aset Agus Bukhori, S.Pd. serta para ulama, baik yang ada di Kecamatan Pagelaran maupun dari luar Kecamatan Pagelaran.

Sebagai puncak dari kegiatan Haflah Akhirussanah dan Haul Akbar tersebut, setelah disampaikan sambutan dari Camat Pagelaran dilanjutkan dengan penyampaian pengajian umum dengan penceramah K.H. Ali Makki dari Tumpang, Malang

0 157

Sebagai salah satu bentuk penyadaran masyarakat terkait pengelolaan sanitasi lingkungan, Kelompok 25 Mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Malang yang ada di Desa Pagelaran, bekerjasama dengan Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Malang melaksanakan Sosialisasi Pengelolaan Sanitasi bagi warga Desa Pagelaran.DSC09309

Kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan di Balai Desa Pagelaran pada hari Selasa (17/7) tersebut diikuti oleh warga Desa Pagelaran dan dibuka oleh Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. Adapun bertindak sebagai narasumber dalam sosialisasi tersebut adalah Ir. Renung Rubiyatadji, MM dan Ir. Koderi dari Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Malang. Beberapa hal yang disampaikan oleh narasumber dalam kegiatan tersebut adalah :

  • Kondisi persampahan saat ini yang ada di sekitar lingkungan permukiman masyarakat.
  • Sisi positif dan negatif dari sampah.
  • Pengelolaan dan pengolahan sampah yang baik.
  • Pemilahan sampah yang tepat, dengan memilahkan antara sampah kering dan sampah basah.

0 313

DSC09274Sebagai upaya untuk meningkatkan ketrampilan para pengrajin gerabah yang ada di Kampung Gethakan Desa Pagelaran, bertempat di Balai Serba Guna Desa Pagelaran pada hari Selasa (17/7) dilaksanakan kegiatan Pelatihan bagi Pengrajin Gerabah Unik, yang diselenggarakan atas kerjasama dari Mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Malang Kelompok 25 di Desa Pagelaran bersama Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pasar Kabupaten Malang.

Acara pelatihan tersebut dibuka oleh Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si., dimana dalam sambutannya disampaikan bahwa selama ini gerabah yang dihasilkan oleh para pengrajin di Desa Pagelaran dijual ke luar wilayah Pagelaran dalam kondisi setengah jadi, sehingga pendapatan para pengr100_7244ajin menjadi kurang maksimal. Diharapkan setelah mendapatkan pelatihan nantinya, kualitas gerabah yang dihasilkan menjadi lebih baik dan penghasilan pengrajin pun menjadi semakin meningkat.

Kegiatan tersebut diikuti oleh para pengrajin gerabah yang ada di Desa Pagelaran dan bertindak sebagai narasumber adalah Kholil, pengrajin gerabah yang merupakan binaan dari Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pasar Kabupaten Malang. Di dalam pelatihan tersebut, selain disampaikan teori juga dilakakukan praktek pemolesan dan pengecatan gerabah yang masih dalam kondisi setengah jadi.