Monthly Archives: Agustus 2012

0 196

Di dalam upaya untuk meningkatkan produktivitas hasil pertanian yang ada di wilayah Kecamatan Pagelaran, bertempat di rumah Sdr. Gunawan di Dusun Sidoayu Desa Sidorejo diadakan pertemuan rutin yang dihadiri oleh para petani di Kecamatan Pagelaran.

Acara yang dibuka oleh Kepala UPT Balai Penyuluhan Kecamatan Pagelaran Ir. Suwardhi Budi Santoso tersebit dihadiri oleh seluruh penyuluh di jajaran UPT Balai Penyuluhan Kecamatan Pagelaran, jajaran dinas/instansi terkait, pengurus Kelompok Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Kecamatan Pagelaran, pengurus Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) se Kecamatan Pagelaran, pengurus Kelompok Tani (Poktan) se Kecamatan Pagelaran, pengurus Himpunan Petani Pengguna Air (HIPPA) se Kecamatan Pagelaran, pengurus Unit Tebu Intensifikasi (TRI) dan pengelola kios pupuk di wilayah Kecamatan Pagelaran.

Acara diisi dengan penyampaian berbagai informasi terkait pengembangan pertanian dan dilanjutkan dengan tanya jawab, dengan tujuan agar Kecamatan Pagelaran dapat tetap menjadi salah satu kawasan penyangga ketahanan pangan unggulan di Kabupaten Malang.

0 265

Setelah pelaksanaan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1433 H, Sub Divre Bulog Malang kembali melaksanakan pendistribusian Beras untuk Masyarakat Miskin (Raskin), tetapi kali ini adalah alokasi khusus untuk bulan XIII. Pendistribusian tersebut dilaksanakan terhadap sepuluh desa se Kecamatan Pagelaran pada hari Rabu (29/8).

Raskin tersebut dikirimkan ke masing-masing kantor desa se Kecamatan Pagelaran dan selanjutnya oleh para petugas pendistribusian desa  dibagikan ke warga miskin yang ada di masing-masing desa yang berhak untuk menerima. Secara umum kegiatan penyaluran raskin kali ini dapat berjalan dengan lancar dan baik.

Adapun Raskin yang dibagikan untuk para warga miskin dengan jumlah total sebanyak 70.005 kilogram atau diperuntukkan untuk 4.667 Rumah Tangga Miskin, dengan harga per kilogramnya sebesar Rp. 1.600.000 Masing-masing Rumah Tangga Miskin berhak menerima 15 kilogram beras setiap bulannya.

0 328

DSC09989copySebagai rasa syukur atas nikmat kemerdekaan yang telah diraih bangsa Indonesia dan setelah berhasil melaksanakan ibadah puasa selama Bulan Suci Ramadhan, Kecamatan Pagelaran menggelar acara Resepsi HUT ke 67 Kemerdekaan Republik Indonesia dan Halal Bihalal Hari Raya Idul Fitri 1433 H, bertempat di Pendopo Kecamatan Pagelaran pada hari Selasa (28/8).

Acara yang berlangsung meriah tersebut dihadiri Muspika Pagelaran, jajaran dinas/instansi Kecamatan Pagelaran, kepala desa dan perangkat desa se Kecamatan Pagelaran, tokoh masyarakat dan tokoh agama dan  warga masyarakat yang ada di sekitar kantor Kecamatan Pagelaran. Beberapa tokoh agama yang hadir pada acara tersebut antara lain Drs. K.H. Sonhadji Fadli (Ketua Yayasan Pendidikan Islam Mambaul Ulum Desa Banjarejo), K.H. Abdul Haq Ketua Yayasan Pendidikan Islam Miftahul Ulum Desa Sidorejo), K.H. Muzakki (tokoh agama Desa Balearjo), K.H. Surawi (pengurus Forkuma Kecamatan Pagelaran), K.H. Abdul Rochim (ulama Desa Pagelaran), K.H. Irfan Ali (pengurus Forkuma Kecamatan Pagelaran) dan Pendeta Kristiyanto (Pendeta GKJW Suwaru).DSC00013copy DSC00027copy

Setelah sambutan yang disampaikan oleh Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si., acara diakhiri dengan saling berjabat tangan di antara seluruh yang hadir sebagai penanda berakhirnya acara tersebut,  sebelum acara ramah tamah.

0 410

  DSC09933copy DSC09931copy

Dalam rangka percepatan perekaman E-KTP di wilayah Kecamatan Pagelaran, proses pelaksanaannya saat ini dipindahkan dari kantor Kecamatan Pagelaran ke kantor desa, salah satunya di Desa Sidorejo.

Di Desa Sidorejo, kegiatan perekaman yang dilaksanakan mulai hari Senin (27/8) dan dilaunching oleh Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. Setelah me-launching dan memberikan sambutan pengarahannya kepada seluruh warga yang sudah hadir di balai desa, Camat Pagelaran dengan didampingi Kepala Desa Sidorejo Mansyur Effendi langsung meninjau pelaksanaan perekaman di salah satu ruangan di Kantor Desa Sidorejo.

Selain masyarakat Desa Sidorejo, beberapa tokoh masyarakat Desa Sidorejo juga mengikuti proses perekaman E-KTP tersebut, antara lain Dr. K.H. Mudhofir (Pengasuh Pondok PesantrenTahidzil Qur’an) dan K.H. Abdul Haq (Ketua Yayasan Pendidikan Islam Miftahul Ulum dan Mustasyar PC NU Kabupaten Malang).DSC09923copy

0 265

Setelah satu bulan melaksanakan ibadah puasa di Bulan Suci Ramadhan, seluruh umat Islam di seluruh belahan dunia merayakan hari kemenangan, Hari Raya Idul Fitri.

Peringatan Hari Raya Idul Fitri di Kecamatan Pagelaran, dipusatkan di Masjid Besar Al Azhar Desa Brongkal, yang merupakan masjid tingkat kecamatan. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si., Kapolsek Pagelaran AKP Karmidi, Danramil 0818/36 Pagelaran Peltu Sugiyo dan Kepala KUA Kecamatan Pagelaran Moh. Sulthoni, S.Ag., M.Ag.

Sebelum pelaksanaan Sholat Idul Fitri, Camat Pagelaran berkesempatan membacakan sambutan Bupati Malang pada pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1433 H di hadapan para jamaah Sholat Idul Fitri di Masjid Besar Al Azhar. Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan khotbah dan sholat, dimana yang bertindak sebagai khotib dan imam adalah Ustad H.M. Fauzi, yang juga merupakan Ketua Takmir Masjid Besar Al Azhar.

Sesudah acara Sholat Idul Fitri, kegiatan dilanjutkan dengan bersalam-salaman antara Muspika Pagelaran beserta seluruh jamaah yang hadir di masjid tersebut.

0 291

IMG_9551copySebagai puncak dari peringatan HUT ke 67 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kecamatan Pagelaran, bertempat di Lapangan Desa Pagelaran pada hari Jumat (17/8), dilaksanakan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada pagi hari dan Upacara Penurunan Bendera pada sore harinya.

Adapaun pelaksanaan upacara yang berlangsung khidmat tersebut dapat dilaporkan sebagai berikut.:

Upacara Peringatan Detik Detik Proklamasi Kemerdekaan RI

·           Upacara Peringatan ke 67 Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI dilaksanakan di Lapangan Desa Pagelaran dengan inspektur upacara Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. dan dihadiri oleh Muspika Pagelaran, jajaran dinas/instansi Kecamatan Pagelaran, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Pagelaran dan pengurus, Ketua Bhayangkari Polsek Pagelaran dan pengurus, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koramil 0818/36 Pagelaran, Kepala Desa dan Perangkat Desa se Kecamatan Pagelaran, Ketua Tim Penggerak PKK Desa se Kecamatan Pagelaran, tokoh agama dan tokoh masyarakat Kecamatan Pagelaran, tokoh pejuang dan veteran di Kecamatan Pagelaran serta siswa-siswi sekolah di Kecamatan Pagelaran.IMG_9537copy

·           Setelah dikumandangkan sirine sebagai tanda peringatan detik-detik proklamasi, dilanjutkan dengan pembacaan Naskah Proklamasi yang dibacakan oleh Kepala UPTD TK, SD dan PLS Kecamatan Pagelaran Agus Sumarno, S.Pd., M.Pd. dan pembacaan doa oleh Kepala KUA Kecamatan Pagelaran Moh. Sulthoni, S.Ag., M.Ag. Sebagai penutup rangkaian inti upacara dilaksanakan penaikan bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang terdiri dari siswa dan siswi dari SMA Dharma Wanita 03 Desa Clumprit.

·           Setelah acara inti selesai, dilaksanakan penyerahan berbagai penghargaan terhadap para juara lomba tingkat kecamatan, yaitu penghargaan terhadap desa tercepat yang melunasi PBB, penghargaan bagi petugas pemungut PBB tercepat yang melunasi PBB, penghargaan terhadap Lomba Kebersihan Antar Desa dan penghargaan terhadap Lomba Tumpeng Antar Desa.

 

Upacara Penurunan Bendera

·           Sebagai penutup rangkaian Peringatan HUT ke 67 Kemerdekaan Republik Indonesia, dilaksanakan Upacara Penurunan Bendera, bertempat di Lapangan Desa Pagelaran dan bertindak sebagai inspektur upacara Kapolsek Pagelaran AKP Karmidi.

·           Kegiatan pada sore hari ini dihadiri oleh Muspika Pagelaran, jajaran dinas/instansi Kecamatan Pagelaran, Kepala Desa dan Perangkat Desa se Kecamatan Pagelaran, tokoh agama dan tokoh masyarakat Kecamatan Pagelaran, tokoh pejuang dan veteran di Kecamatan Pagelaran serta siswa-siswi sekolah di Kecamatan Pagelaran.IMG_9654copyIMG_9625copy

·           Bertindak sebagai Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) pada upacara ini adalah siswa dan siswi SMA Dharma Wanita 03 Desa Clumprit.

0 562

IMG_9324copyDalam rangka menyambut Peringatan Hari Ulang Tahun ke 67 Kemerdekaan Republik Indonesia, bertempat di Pendopo Kecamatan Pagelaran pada hari Kamis (16/8) dilaksanakan tasyakuran yang dihadiri oleh Muspika Pagelaran, jajaran dinas/instansi Kecamatan Pagelaran, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Pagelaran dan pengurus, Kepala Desa se Kecamatan Pagelaran, tokoh agama dan tokoh masyarakat Kecamatan Pagelaran serta warga masyarakat yang ada di sekitar kantor Kecamatan IMG_9334copyPagelaran.

Pada acara tersebut disampaikan sambutan Muspika Pagelaran yang diwakili oleh Camat Pagelaran Hari Krispriyanto dan sebelum dikumandangkannya bedug Maghrib, disampaikan ceramah agama yang disampaikan oleh Ketua MUI Kecamatan Pagelaran Ustadz Machfudz. Setelah berbuka puasa bersama dilanjutkan dengan Sholat Mafhrib berjamaah yang diikuti oleh seluruh undangan yang hadir pada acara tersebut.

Di samping kegiatan tasyakuran pada saat yang bersamaan juga dilaksanakan Lomba Tumpeng yang diikuti oleh desa-desa se Kecamatan Pagelaran, dimana setelah dinilai oleh juri lomba, tumpeng-tumpeng tersebut dinikmati bersama oleh para undangan yang hadir pada acara buka puasa bersama.IMG_9312copy

0 419

DSC09598copy

Sebagai salah satu perhatian kepada para anak yatim dan kaum duafa yang ada di Kabupaten Malang, Yayasan Darul Fitrah yang berpusat di negara Singapura di dalam menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri 1433 H, melaksanakan kegiatan buka puasa bersama dan pembagian santunan kepada anak yatim dan kaum duafa, bertempat diDSC09583copy halaman SD Negeri Karangsuko 2 pada hari Minggu (12/8).

Kegiatan DSC09584copydiawali dengan pembacaan Sholawat Nabi dan Istighosah serta dilanjutkan dengan buka puasa bersama dan Sholat Maghrib berjamaah, ditutup dengan penyerahan santunan bagi 1.084 anak yatim dan kaumduafa yang berasal beberapa desa di Kecamatan Pagelaran, Kecamatan Gondanglegi, Kecamatan Tajinan, Kecamatan Kepanjen, Kecamatan Pakisaji danKecamatan Bantur.

Selain dihadiri oleh anak yatim dan kaum duafa, acara yang berlangsung meriah tersebut dihadiri pula oleh pemimpin Yayasan Darul Fitrah Ustad Sofie Al Baragbah yang berpusat di Singapura, Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si., Kapolsek Pagelaran AKP Karmidi dan Danramil 0818/36 Pagelaran Peltu Sugiyo, Kepala Desa Karangsuko Rohawi serta tokoh masyarakat dan tokoh agama di Desa Karangsuko.

DSC09608copy

0 174

Dalam rangka menyambut Peringatan Hari Ulang Tahun ke 67 Kemerdekaan Republik Indonesia, bertempat di Pendopo Kecamatan Pagelaran pada hari Kamis (16/8) dilaksanakan tasyakuran yang dihadiri oleh Muspika Pagelaran, jajaran dinas/instansi Kecamatan Pagelaran, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Pagelaran dan pengurus, Kepala Desa se Kecamatan Pagelaran, tokoh agama dan tokoh masyarakat Kecamatan Pagelaran serta warga masyarakat yang ada di sekitar kantor Kecamatan Pagelaran.

Pada acara tersebut disampaikan sambutan Muspika Pagelaran yang diwakili oleh Camat Pagelaran Hari Krispriyanto dan sebelum dikumandangkannya bedug Maghrib, disampaikan ceramah agama yang disampaikan oleh Ketua MUI Kecamatan Pagelaran Ustadz Machfudz. Setelah berbuka puasa bersama dilanjutkan dengan Sholat Mafhrib berjamaah yang diikuti oleh seluruh undangan yang hadir pada acara tersebut.

Di samping kegiatan tasyakuran pada saat yang bersamaan juga dilaksanakan Lomba Tumpeng yang diikuti oleh desa-desa se Kecamatan Pagelaran, dimana setelah dinilai oleh juri lomba, tumpeng-tumpeng tersebut dinikmati bersama oleh para undangan yang hadir pada acara buka puasa bersama.

0 226

Menindaklanjuti hasil Rapat Koordinasi Percepatan Perekaman E-KTP yang diselenggarakan di Hotel Aria Gajayana, Kota Malang yang dipimpin oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur dan juga dihadiri oleh Koordinator Perekaman E-KTP Wilayah Jawa Timur dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri RI beberapa waktu yang lalu, dalam rangka untuk mengejar target perekaman E-KTP di wilayah Kabupaten Malang pada umumnya dan Kecamatan Pagelaran pada khususnya, pada hari Jumat (10/8) bertempat di Panti PKK Kecamatan Pagelaran melaksanakan rapat koordinasi guna merealisasikan hal tersebut.

Rapat koordinasi yang dihadiri oleh Sekcam, Kasi Pemerintahan Kecamatan dan kepala desa se Kecamatan Pagelaran tersebut dipimpin langsung oleh Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si.

Dalam sambutan pengarahannya, Camat Pagelaran berharap agar percepatan perekaman E-KTP ini dapat didukung oleh semua kepala desa yang ada di Kecamatan Pagelaran. Terkait lokasi perekaman yang awalnya berada di kantor kecamatan akan dipindahkan ke kantor desa masing-masing, sehingga akan mempermudah masyarakat yang akan melaksanakan perekaman. Camat juga berharap agar kepala desa mempersiapkan berbagai kelengkapan yang dibutuhkan sehingga masyarakat dapat terlayani dengan baik, meskipun perekaman akan dilaksanakan sampai malam hari. Dengan hal tersebut diharapkan proses perekaman E-KTP akan dapat dipercepat pelaksaannya.