Monthly Archives: September 2012

0 140

Guna mewujudkan penerapan visi kedua Pemerintah Kabupaten Malang MADEP MANTEB, yaitu visi Agamis sekaligus untuk dapat lebih menjalin tali silaturahmi di antara karyawan/karyawati Kecamatan Pagelaran, jajaran dinas/instansi se Kecamatan Pagelaran serta dinas/instansi se Kecamatan Pagelaran, bertempat di Rumah Dinas Camat Pagelaran pada hari Jumat (28/9) dilangsungkan kegiatan pengajian rutin.

Kegiatan yang berlangsung secara sederhana tapi khusyuk tersebut diawali dengan sambutan yang disampaikan oleh Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. Selanjutnya acara mulai dengan pembacaan Istighoisah yang dipandu oleh Sekretaris Desa Banjarejo H. Abdul Bakri, S.Ag dan dilanjutkan dengan ceramah agama yang disampaikan oleh Kasi Kessos dan Kepemudaan Kecamatan Pagelaran Agus Bukhori, S.Pd. Sebagai penutup kegiatan dipanjatkan doa yang dipandu oleh H. Abdul Bakri, S.Ag.

Sebagai penutup kegiatan dilaksanakan acara ramah tamah oleh para jamaah yang mengikuti penghajian rutin tersebut.

0 587

Pada Tahun Anggaran 2013 ini, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang meluncurkan salah satu kegiatannya di wilayah Kecamatan Pagelaran.DSC00073

Kegiatan tersebut adalah pembagian susu dan telur bagi sekitar 330 siswa dan siswi SD Negeri Pagelaran 1 dan SD Negeri Pagelaran 2, dengan maksud untuk menggalakkan Gerakan Minum Susu dan Makan Telur, khususnya bagi anak sekolah.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Jumat (28/9), bertempat di gedung SD Negeri Pagelaran 1. Hadir pada acara itu Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang Ir. Soedjono, MP, Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. dan Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Pagelaran yang diwakili oleh Sekretarisnya Sutini, S.Sos., yang sekaligus ketiganya secara simbolis memberikan susu dan telur kepada perwakilan siswa dan siswa dari dua sekolah tersebut.

Camat Pagelaran berharap agar kegiatan ini dapat dilaksanakan secara rutin pada sekolah-sekolah yang ada di Kecamatan Pagelaran, sehingga diharapkan akan bisa meningkatkan kualitas kesehatan dan pertumbuhan anak-anak. Hal ini lebih lanjut akan dapat membantu terwujudnya visi kedelapan dari visi Pemerintah Kabupaten Malang MADEP MANTEB, yaitu Berdaya Saing.

Pada kesempatan itu Camat Pagelaran mencoba menguji bagi siswa dan siswi yang ada di kelas tersebut, apakah ada di antara mereka yang mengetahui kepanjangan dari MADEP MANTEB. Ternyata ada salah satu siswi dari SD Negeri Pagelaran 1 yang bisa menjelaskan kepanjangannya dan untuk itu dia mendapatkan sedikit hadiah dari Camat Pagelaran.

0 186

 DSC00046

KUA Kecamatan Pagelaran dibawah pimpinan Kepala KUA nya Drs. H. Moh. Suthoni, MA, pada hari Kamis (27/9) mempunyai acara dengan melaksanakan Peringatan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama Republik Indonesia yang ke 67, bertempat di Aula KUA Kecamatan Pagelaran.

Selain Peringatan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama RI ke 67, pada hari itu juga dilangsungkan Halal Bihalal antara KUA Kecamatan Pagelaran dengan Muspika Pagelaran, Dinas/Instansi se Kecamatan Pagelaran, Kepala Desa dan Modin DDSC00047esa se Kecamatan Pagelaran, para tokoh agama dan masyarakat se Kecamatan Pagelaran.

Kegiatan yang dilaksanakan secara sederhana tapi khusyuk tersebut dilaksanakan untuk mengingat ke belakang tentang perjuangan dan kiprah Kementerian Agama RI sejak berdirinya pada tahun 1945 hingga sekarang. Selain itu halal bihalal juga dilaksanakan setelah sebelumnya selama satu bulan umat Islam melaksanakan ibadah puasa pada Bulan Suci Ramadhan 1433 H. Acara tersebut akhirnya ditutup dengan pemberian tausyiah yang disampaikan oleh penceramah H. Moch, Shodiq, MA, yang juga menjabat Kepala KUA Kecamatan Gedangan.

0 285

DSC00017                      

Pengurus Cabang PSSI Kabupaten Malang pada bulan September 2012 menggulirkan kembali Kompetisi Sepak Bola Divisi II Liga Indonesia di Kabupaten. Kompetisi tersebut terbagi menjadi dua grup, yaitu Grup Utara dan Grup Selatan. Kecamatan Pagelaran yang diwakili oleh kesebelasan Pagelaran FC tergabung dalam Grup Utara. Bertindak sebagai pelatih Pagelaran FC adalah Puguh, salah seorang pelatih muda asli Pagelaran dan sebagai manajer tim adalah Moh. Widodo, SE, tokoh muda yang saat ini juga menjabat sebagai Kepala Desa Pagelaran. Adapun seluruh kegiatan PSSI di Kecamatan Pagelaran berada di bawah komando Warimin Hadi, S.Pd., Ketua Korcam PSSI Kecamatan Pagelaran yang sehari-hari menjabat Kepala SD Negeri Pagelaran 1.

Pada Kompetisi Divisi II Tahun 2011, kesebelasan Pagelaran FC hanya menempati peringkat IV pada babak penyisihan Grup Utara, sehingga pada tahun 2012 mereka ingin meningkatkan prestasi mereka.

Pertandingan pertama yang dilakoni Pagelaran FC pada Grup Utara digelar pada hari Minggu (23/7) dengan lokasi Stadion Tumpang, hasilnya Pagelaran FC berhasil menang 3-2 atas salah satu tim kuat Ngantang FC. Selanjutnya pada pertandingan kedua pada hari Minggu (30/9), masih berlangsung di Stadion Tumpang, kemenangan kembali diraih kesebelasan Pagelaran FC setelah menumbangkan kesebelasan Kasembon FC dengan skor fantastis 6-1.

Dua kemenengan di awal penyisihan grup ini tentunya menjadi semangat bagi Pagelaran FC untuk lebih memburu kemenangan-kemenangan berikutnya pada kompetisi ini. Pertandingan penyisihan Grup Utara selanjutnya akan dilanjutkan pada bulan Oktober 2012 mendatang.

0 288

Setelah sekian tahun dilaksanakan pembangunan kembali terhadap Masjid Al-Amin yang terletak di Dusun Mentaraman Desa Pagelaran, akhir pada hari Minggu (23/9) dilaksanakan peresmian sebagai tanda selesainya proses pembangunannya. Masjid ini dahulu merupakan masjid keluarga milik orang tua dari H. Moch. Soeprapto, mantan Kepala Desa Pagelaran yang saat ini telah diwakafkan untuk kepentingan masyarakat.DSC00053

Peresmian Masjid Al-Amin tersebut dilakukan oleh Bupati Malang Bapak H. Rendra Kresna. Dalam sambutannya Bapak H. Rendra Kresna merasa kagum dengan masjid yang dalam pembangunannya telah menelan biaya kurang lebih 1,3 milyar tersebut, termasuk kemegahan masjid tersebut.

Guna memeriahkan acara peresmian yang dilaksanakan pada malam hari tersebut, sebelumnya pada siang harinya di sepanjang Jalan Raya Panglima Sudirman Desa Pagelaran diadakan kegiatan pawai, yang diikuti oleh 20 peserta, di antaranya dari sakerah dan drum band. Kegiatan tersebut dilepas pemberangkatannya oleh Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si., yang pada kesempatan itu didampingi oleh mantan Kepala Desa Pagelaran H. Moch. Soeprapto dan Kepala Desa Pagelaran Moh. Widodo, SE. DSC00048 DSC00073

Hadir pada acara tersebut Camat Pagelaran, Kapolsek Pagelaran dan Danramil 0818/36 Pagelaran, Kepala Desa se Kecamatan Pagelaran, para ulama se Kecamatan Pagelaran serta masyarakat Desa Pagelaran.

0 127

Untuk mempertahankan prestasi Kecamatan Pagelaran dalam pelaksanaan Ujian Nasional (UN), khususnya SD yang pada Tahun Ajaran 2011/2012 lalu berhasil menempati peringkat 9 se Kabupaten Malang, bertempat Aula KPRI Guru Kecamatan Pagelaran dilaksanakan rapat koordinasi yang dipimpin oleh Kepala UPTD TK, SD dan PLS Kecamatan Pagelaran Agus Sumarno. Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. juga menyempatkan diri untuk hadir pada pertemuan tersebut.

Pada kegiatan yang dihadiri oleh para Pengawas TK dan SD serta Kepala Sekolah SD Negeri se jajaran UPTD TK, SD dan PLS Kecamatan Pagelaran tersebut terlontar suatu masukan agar berbagai pihak yang ada bisa memberikan pemahaman kepada para orang tua agar dapat memberikan motivasi atau dukungan kepada para putra-putrinya khususnya yang duduk di kelas 6 guna mempersiapkan mengikuti Ujian Nasional SD pada tahun yang ada. Hal tersebut dirasakan penting mengingat, para siswa dan siswi berada di dalam pengawasan dan bimbingan para pendidik di sekolah hanya sekitar 5 sampai 6 saja, sedangkan selebihnya berada di bawah pengawasan dan bimbingan para orang tuanya, sehingga diperlukan sekali peran orang untuk hal tersebut.

0 167

Untuk memantapkan pengembangan wilayah Kecamatan Pagelaran sebagai salah satu kawasan penyangga ketahanan pangan yang ada di Kabupaten Malang, pada hari Rabu (19/7) bertempat di kantor UPT Balai Penyuluhan Kecamatan Pagelaran dilaksanakan pertemuan rutin.

Pertemuan rutin kali ini dihadiri oleh Kepala UPT Balai Penyuluhan Kecamatan Pagelaran beserta para penyuluhnya serta jajaran dinas terkait yang merupakan rumpun bidang pertanian (poktan), perwakilan Kelompok Tani (Poktan), perwakilan Gabungan KelompokTtani (gapoktan), perwakilan pengurus Kelompok Tani dan Nelayan Andalan (KTNA), pengurus Himpunan Petani Pengguna Air (HIPPA). Pada kesempatan tersebut Camat Pagelaran diwakili oleh Kasi Ekbang dan Pemberdayaan Perempuan Sutini, S.Sos.

0 211

Untuk mempersiapkan peningkatan status Posramil 0818/36 Pagelaran menjadi koramil definitif, Posramil 0818/36 Pagelaran di Desa Suwaru pada hari Selasa (18/9) mendapatkan kunjungan kerja dari tim Markas Besar TNI-AD yang dipimpin Paban II/Puanter Sterad Kolonel Inf. Jonas T.B. Nainggolan, S.Sos.

Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk melihat kelayakan Posramil 0818/36 Pagelaran apakah sudah siap untuk ditingkatkan menjadi koramil definitif atau belum. Salah satu syarat pendirian koramil definitif adalah terdapatnya markas komando yang definitif, sedangkan saat ini markas komando yang ada masih berada satu komplek dengan Kantor Desa Suwaru. Pada kesempatan tersebut Danposramil 0818/36 Pagelaran Peltu Sumari menyampaikan paparannya terkait berbagai kesiapan Posramil 0818/36 untuk ditingkatkan menjadi koramil definitif.

Turut mendampingi kunjungan Paban II/Puanter Sterad adalah Aster Kasdam V/Brawijaya Letkol Inf. Arif Bukhori, Dandim 0818/Wil. Malang-Batu Letkol Inf. Akhmad Solihin, Camat Pagelaran yang diwakili Sekcam Chandra Peni Setyowati, SH dan Kapolsek Pagelaran AKP Karmidi

0 163

Dalam rangka menyamakan persepsi di dalam melaksanakan tugas-tugas di wilayah, bertempat di Panti PKK Kecamatan Pagelaran pada hari Senin (17/9) dilaksanakan Rapat Dinas Kecamatan yang dipimpin oleh Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Muspika Pagelaran, jajaran dinas/instansi se Kecamatan Pagelaran, karyawan/karyawati Kecamatan Pagelaran serta kepala desa se Kecamatan Pagelaran.DSC09927 DSC09929

Pada rapat dinas tersebut secara umum Camat Pagelaran memberikan arahan agar seluruh aparatur yang ada di wilayah Kecamatan Pagelaran dapat melaksanakan tugas-tugasnya sesuai tugas pokok dan fungsinya masing-masing serta semakin meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Selanjutnya Kapolsek Pagelaran AKP Karmidi menyampaikan beberapa hal yang patut diwaspadai terkait perkembangan akhir-akhir ini, meskipun secara umum Kecamatan Pagelaran secara umum tergolong aman. Beberapa hal yang patut diwaspadai antara lain berkembangnya kejahatan pencurian dengan pemberatan (curat) dan pencurian dengan kekerasan (curas), mewaspadai peredaran narkoba serta dampak dari film Innoucence of Moslem. Untuk mencegah hal tersebut supaya kepala desa dapat bekerjasama dengan babinsa dan babinkamtibmas yang ada di masing-masing desa untuk mencegah berbagai masalah yang senantiasa bisa mengancam keamanan, ketertiban dan ketenangan yang ada di masyarakat.

0 172

DSC00026

Guna memperat tali silaturahmi di antara seluruh warga Nadhlatul Ulama yang ada di Kecamatan Pagelaran serta sebagai ungkapan rasa syukur umat Islam setelah melaksanakan ibadah puasa di Bulan Suci Ramadhan 1433 H, bertempat di halaman kantor MWC NU Kecamatan Pagelaran pada hari Jumat (14/9) dilangsungkan acara Halal Bihalal Warga NU se Kecamatan Pagelaran.

Halal bihalal tersebut diikuti oleh seluruh organisasi di bawah MWC NU, antara lain Muslimat, Fatayat, Ansor dan lain sebaganya dan berjalan dengan penuh keakraban. Hadir pula pada acara tersebut Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si., Ketua PC NU Kabupaten Malang, Kepala KUA Kecamatan Pagelaran Drs. Moch. Sulthoni dan para ulama yang ada di Kecamatan Pagelaran.

Pada kesempatan tersebut K.H. Abdul Haq dari Desa Sidorejo yang juga merupakan Mustasyar PC NU Kabupaten Malang memberikan tausyiahnya kepada seluruh warga NU Kecamatan Pagelaran yang hadir.