Monthly Archives: Oktober 2012

0 367

Sosialisasi Pelayanan Perijinan

Pagelaran, 16 Oktober 2012

Guna meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat tentang perijinan dilaksanakan sosialisasi Pelayanan Perijinan yang di sampaikan oleh Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Malang, bertempat di pendopo Kecamatan Pagelaran acara sosialisasi dihadiri oleh Kepala Desa se Kecamatan Pagelaran dan tokoh masyarakat.

Dengan dilaksanakan sosialisasi Pelayanan Perijinan ini diharapkan kedepannya masyarakat paham dan mengerti tentang alur dan persyaratan untuk mengurus perijinan, baik ijin IMB, HO, atau jenis perijinan yang lain. karena selama ini yang terjadi di dalam masyarakat muncul anggapan bahwa untuk mengurus perijinan itu selalu ribet dan berbelit-belit sehingga masyarakat merasa enggan untuk mengurus perijinan. (LA)

 

Sekolah Lapang Good Agriculture Practice (SL-GAP) Salak Tahun 2012

Pagelaran, 11 Oktober 2012

Bertempat di UPT Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Pagelaran dilaksanakan Pembukaan Sekolah Lapang Good Agriculture Practice (SL-GAP) Salak Tahun 2012 , acara pembukaan di mulai pada pukul 10. 00 WIB dengan dihadiri Camat Pagelaran. (LA)

PELATIHAN KETRAMPILAN

Pagelaran, 5 Oktober 2012

Dalam rangka peningkatan ketrampilan masyarakat dibidang industri (nata de coco) dilaksanakan pelatihan sekaligus pemberian bantuan kepada masyarakat di 5 Kecamatan yang di tempatkan pendopo Kecamatan Pagelaran,

Pelatihan sekaligus penerima bantuan mesin dan peralatan nata de coco di serahkan oleh ketua Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah ) Kabupaten Malang ibu Hj. Jajuk Rendra Kresna , SE.

Acara penyerahan juga di dampingi Kepala Disperindag dan Pasar Kabupaten Malang serta Camat dan Ibu Ketua PKK Kecamatan Pagelaran.

“Semoga dengan adanya bantuan mesin dan peralatan ini bisa meningkatkan produktifitas dan hasil produk yang bisa berdaya saing” ungkap Camat Pagelaran.

“Kami sangat berterima kasih atas bantuan yang di berikan, kami akan memanfaatkan peralatan ini sebaik mungkin” ujar salah satu penerima bantuan alat dari Kecamatan Pagelaran. (FAH)

                                          

MONITORING e-KTP

Balearjo, 03 Oktober 2012

Monitoring pelaksanaan eKTP di Desa Balearjo dilakukan oleh Camat Pagelaran guna melihat secara langsung antusias warga yang akan melaksanakan pengambilan data (Pemotretan e-KTP).

Dengan Program Mobile ke Desa-desa diharapkan bisa meningkatkan antusias dan partisipasi masyarakat yang tinggi terhadap pelaksanaan e-KTP.

Melihat tingkat kehadiran Masyarakat yang mengikuti pemotretan e-Ktp di Desa Balearjo, Camat Pagelaran menyampaikan terimakasih kepada warga masyarakat pada umumnya dan Pemerintah Desa pada khususnya.

” Melihat antusiame masyarakat seperti ini kami yakin bahwa pelaksanaan e-Ktp di Kecamatan Pagelaran bisa bisa mencapai target lebih dari 70%” kata Camat Pagelaran. (LA)

0 319

Pelaksanaan program fisik PNPM Mandiri Perdesaan Tahun Anggaran 2012 di Desa Balearjo diwujudkan dalam bentuk pembangunan Poliklinik Desa (Polindes), dimana sebelumnya polindes lama berlokasi menjadi satu dengan komplek Kantor Desa Balearjo. Dengan demikian pelayanan kesehatan yang ada di Desa Balearjo akan dapat lebih ditingkatkan dengan adanya bangunan dan sarana penunjang yang baru tersebut.

Polindes Balearjo yang baru didirikan di atas tanah bekas gedung SD Negeri Balearjo 2 yang saat ini telah diregrouping dengan SD Negeri Balearjo 1. Kondisi bangunan polindes yang baru sangat memadai dengan terdapat ruang pelayanan, ruang pemeriksaan, ruang persalinan, ruang rawat inap, kamar mandi, gudang obat bahkan juga disediakan rumah dinas untuk bidan desa.

Peresmian Polindes Balearjo yang baru dijadikan satu dengan kegiatan Musyawarah Desa Serah Terima (MDST) PNPM Mandiri Perdesaan Desa Balearjo dan berlangsung dengan meriah, ditandai dengan penyerahan kunci polindes secara simbolis dari FK PNPM Kecamatan Pagelaran Iwan Kustiwan, S.Pd. kepada Kepala Desa Pagelaran H. Ali Mawardi.

Sebagai puncak dari acara MDST PNPM Desa Balearjo dan Tasyakuran Peresmian Polindes Balearjo tersebut diadakan pengajian umum dengan penceramah K.H. Moh. Kholili dari Kecamatan Pagak, Malang.

Hadir pada acara tersebut Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. yang didampingi oleh Kasi Kessos dan Kepemudaan Agus Bukhori, S.Pd. serta beberapa ulama, di antaranya K.H. Irfan Ali dan K. Muzakki.

0 418

Sumber Mata Air Sumbermaron yang terletak di Dusun Adiluwih Desa Karangsuko mempunyai berbagai fungsi, antara lain sebagai sumber mata air, sebagai sarana mengaliri sawah, sebagai sarana wisata alam dan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH).DSC00604

Karena fungsinya yang berbagai macam tersebut menarik berbagai pihak untuk ingin mengetahui lebih jauh tentang Sumbermaron, termasuk dari media cetak maupun media televisi. Pada hari Selasa (30/10), tiga media televisi yaitu TV One, Kompas TV serta Trans TV melakukan peliputan tentang potensi yang dimiliki Sumbermaron. DSC00532 DSC00586

Pada peliputan tersebut ikut mendampingi sekaligus mempromosikan potensi Sumbermaron adalah Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si., Kasi Pertanahan dan Aset Kecamatan Pagelaran Ali Sachson Mujahid, S.Sos., serta Ketua Badan Pelaksana Sarana Air Bersih dan Sanitasi (BPSABS) Sumbermaron Sayed Muhammad, SE.

Camat Pagelaran berharap dengan adanya peliputan ini, semoga berbagai potensi yang dimiliki oleh Sumbermaron termasuk potensi wisatanya dapat disebarluaskan se antero nusantara, dengan demikian akan semakin mengangkat nama Kecamatan Pagelaran tidak saja di tingkat Kabupaten Malang, saja tetapi juga di tingkat Jawa Timur, nasional bahkan internasional.

0 612

Dalam memperingati keteladan atas pengorbanan Nabi Ibrahim yang berdasarkan perintah Allah SWT diperintahkan untuk mengorbankan putranya Nabi Ismail, umat Islam memperingatinya setiap tahun dalam Hari Raya Idul Adha atau disebut juga Hari raya Qurban.

Peringatan Hari Raya Idul Adha 1433 H/2012 M di Kecamatan Pagelaran dilaksanakan bertempat di Masjid Al Amin, Dusun Mentaraman Desa Pagelaran pada Jumat (26/10). Hadir pada kegiatan tersebut Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. beserta karyawan/karyawati Kecamatan Pagelaran, Kepala Desa Pagelaran Moh. Widodo, SE dan masyarakat Desa Pagelaran.

Sebelum dilaksanakan Sholat Idul Adha, Camat Pagelaran membacakan sambutan tertulis dari Bupati Malang Bapak H. Rendra Kresna. Setelah pelaksanaan sholat dan khotbah Idul Adha, dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban yang terdiri dari sapi dan kambing yang berasal dari para dermawan. Dalam kesempatan tersebut, Camat Pagelaran menyerahkan bantuan satu ekor kambing sebagai hewan kurban dari Bupati Malang kepada panitia peringatan Hari Raya Idul Adha setempat.

0 165

Untuk mengukur tingkat keberhasilan pelaksanaan kinerja organisasi SKPD untuk Tribulan III Tahun 2012, Kecamatan Pagelaran menerima kunjungan Tim Indipenden Evaluasi Kinerja SKPD Pemerintah Kabupaten Malang.

Tim yang beranggotakan dua orang tersebut melihat hasil pelaksanaan kinerja selama periode Tribulan III Tahun 2013 (bulan Juli sampai September 2012), mulai dari kelengkapan administrasi, kelengkapan peralatan, pelaksanaan tugas pokok dan fungsi masing-masing unit di SKPD, pemahaman visi Kabupaten Malang Madep Manteb, melaksanakan wawancara dengan camat selaku pimpinan SKPD dan beberapa unsur evaluasi lainnya.

Camat Pagelaran berharap agar pelaksanaan evaluasi kinerja SKPD yang dilakukan setiap tiga bulan sekali ini dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk organisasi SKPD, termasuk para karyawan/karyawati di dalamnya, apakah ketentuan yang telah ditetapkan telah dilaksanakan dengan baik atau belum, sehingga apabila ada kekurangan dapat segera diperbaiki dan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang ada.

 

0 208

Pagelaran, 16 Juli 2012

Rapat Koordinasi Forkuma Kecamatan Pagelaran yang dilaksanakan di Musholla Al-Ikhlas KUA Kecamatan Pagelaran pada tanggal 16 Juli 2012 pukul 10.00 WIB. membahas antara lain :

  1. Silaturahim Semester II Forkuma
  2. Koordinasi menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan 1433 H Tahun 2012 M
  3. Penyusunan Giat Ramadhan Forkuma 1433H

0 250

PEMBACAAN SHOLAWAT NABI DAN PENGAJIAN UMUM

Pagelaran, 13 Juli 2012

Dalam rangka penutupan kegiatan Jam’iyah Desa Karangsuko Kecamatan Pagelaran, diisi dengan Pembacaan Sholawat Nabi dan Pengajian Umum oleh KH. Imam Ma’ruf dari Kepanjen.

Pembacaan Sholawat dan Pengajian Umum dilaksanakan di Musholla Al Ikhlas Desa Karangsuko Kecamatan Pagelaran tanggal 13 Juli 2012 pukul 19.00 WIB, yang dihadiri oleh Camat Pagelaran, Kepala Desa beserta Perangkat Desa Karangsuko dan Tokoh Agama Desa Karangsuko.

0 232

Pagelaran, 12 Juli 2012

Kegiatan sosial ghatering Kecamatan Pagelaran diwujudkan dengan pelaksanaan Istighosah bersama seluruh staf Kecamatan Pagelaran beserta seluruh Sekdes dan Pengurus TP. PKK Kecamatan dan Desa.

Sosial ghatering dilaksanakan secara rutin setiap 2 minggu sekali bertempat di Rumah Dinas Camat, diharapkan kegiatan diatas dapat meningkatkan silaturahim antara Pimpinan dengan staf ataupun mempererat persaudaraan antar sesama staf Kecamatan Pagelaran.

Selain maksud diatas, dengan adanya kegiatan sosial ghatering diharapkan bisa untuk menyatukan gerak dan langkah dalam meningkatkat setiap pelayanan kepada masyarakat di Kecamatan Pagelaran. (FAH).

0 195

Pagelaran, 06 Juli 2012

Guna meningkatkan tali silaturrahim Muspika Pagelaran dan Ulama dilaksanakan Sholat Jumat bersama FORKUMA (Forum Komunikasi Ulama dan Umaro’) bertempat di Masjid Shufi Rohmat Desa Balearjo.

Kegiatan tersebut di jadwalkan secara rutin setiap bulan dengan bertempat keliling seluruh Desa se kecamatan Pagelaran. Pertemuan FORKUMA tidak hanya dilakukan dengan sholat Jum’at tetapi juga dilaksanakan juga di gereja di Desa Suwaru yang mayoritas penduduknya beragama Kristen.

Pertemuan diatas sangat positih guna mendeteksi dan mengetahui sejak dini permasalahan atau isu-isu yang kemungkinan muncul di masyarakat. sehingga bisa segera untuk di selesaikan. (FAH).

0 206

Pagelaran, 01 Juli 2012

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-66 Tahun 2012, dilaksanakan Upacara yang bertempat di halaman Mapolsek Pagelaran. Upacara diikuti oleh seluruh anggota Polsek Pagelaran, Dinas Instansi, Staf Kecamatan, seluruh Kepala Desa dan Perangkat Desa  serta Anggota Linmas se kecamatan Pagelaran.

Upacara dilaksanakan mulai pukul 07.30 WIB dan Selaku Inspektur Upacara peringatan Hari Bhayangkara adalah Camat Pagelaran.

Selesai pelaksanaan Upacara dilanjutkan dengan kegiatan Istighosah dan Tasyakuran yang juga diikuti oleh seluruh peserta upacara. (FAH).