Monthly Archives: November 2012

0 490

DSC00790 DSC00791 DSC00792 DSC00793Bertempat di Aula KUA Kecamatan Pagelaran, pada hari Kamis (29/11) telah diselenggarakan acara Pamit Kenal Kepala KUA Kecamatan Pagelaran. Acara tersebut merupakan kelanjutan dari proses mutasi di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Malang. Drs. H.M. Sulthoni, M.Ag, Kepala KUA Kecamatan Pagelaran yang lama akan beralih tugas menjadi Kepala KUA Kecamatan Tumpang, sedangkan penggantinya Jedhy Kurniawan, S.Ag., sebelumnya bertugas sebagai Kepala KUA Kecamatan Ngajum.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat Pagelaran, Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si., Kapolsek Pagelaran, AKP Karmidi, Danramil 0818/36 Pagelaran Peltu Sumari serta para tokoh agama dan tokoh masyarakat di Kecamatan Pagelaran. Dalam sambutannya, Camat Pagelaran menyampaikan ucapan terima kasih atas segala pengabdian yang telah diberikan Drs. H.M. Sulthoni, M.Ag. selama bertugas di Kecamatan Pagelaran, termasuk kerjasama yang telah dilakukan dengan berbagai pihak di Kecamatan Pagelaran, sehingga apa yang sudah dilaksanakan di Pagelaran dapat dipakai sebagai sarana peningkatan karier di tempat penugasan yang baru. Sedangkan kepada Kepala KUA Kecamatan Pagelaran yang baru, disampaikan ucapan selamat datang dan diharapkan agar yang bersangkutan bisa segera menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan dan masyarakat Kecamatan Pagelaran serta bisa meneruskan program-program yang telah dilaksanakan pejabat lama, bahkan kalau bisa semakin bisa meningkatkan kinerja yang selama ini telah terbangun dengan baik.

Setelah sambutan Camat Pagelaran, kegiatan pamit kenal tersebut diteruskan dengan siraman rohani dan ditutup doa, yang disampaikan oleh Drs. Moch. Sodiq, MA, Kepala KUA Kecamatan Gedangan yang saat ini juga ikut dalam gerbong mutasi di jajaran Kementerian Agama Kabupaten Malang dengan menduduki jabatan baru sebagai Kepala KUA Kecamatan Ngajum.

Pada akhirnya, setelah acara pamit kenal selesai, dilanjutkan dengan serah terima secara internal yang dilaksanakan oleh pejabat lama dan pejabat baru, dengan disaksikan oleh perwakilan dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malang.

0 140

Bertempat di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, pada hari Kamis (29/11) telah dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 41 Korpri dan Hari Jadi ke 1252 Kabupaten Malang. Di dalam kegiatan tersebut, bertindak sebagai inspektur upacara adalah Bupati Malang, Bapak H. Rendra Kresna, sedangkan peserta upacara adalah karyawan-karyawati Pemerintah Kabupaten Malang.

Kegiatan tersebut merupakan puncak dari berbagai kegiatan Peringatan Hari Jadi ke 1252 Kabupaten Malang. Setelah upacara dilanjutkan dengan penyerahan berbagai penghargaan kepada SKPD berprestasi. Adapun dalam kegiatan tersebut Kecamatan Pagelaran menerima dua penghargaan yaitu :

  • Juara II Panji Keberhasilan Pembangunan Bidang Kebersihan, Keamanan dan Keindahan (K3)
  • Penghargaan Aditirta Hutama atas keberhasilan menjadi Ikon Penyemangat Lingkungan (Motivator Icon) dalam rangka Peringatan Hari Jadi ke 1252 Kabupaten Malang Tahun 2012

Setelah penyerahan pengharagaan tersebut, dilanjutkan dengan Lomba Defile yang diikuti oleh seluruh SKPD Pemerintah Kabupaten Malang, termasuk Kecamatan Pagelaran yang pada kegiatan tersebut mengerahkan satu peleton pasukan defile Korpri.

0 202

Menyambut pelaksanaan kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan Open Menu Tahun Anggaran 2013 di Kecamatan Pagelaran, bertempat di Aula KPRI Guru Kecamatan Pagelaran pada hari Rabu (28/11), telah dilaksanakan Pelatihan bagi Tim Penulis Usulan (TPU) dan Kader Teknis PNPM Mandiri Perdesaan Open Menu.

Kegiatan tersebut diikuti 40 peserta yang terdiri dari masing-masing 3 orang Tim Penulis Usulan (TPU) dan 1 orang Kader Teknis dari tiap-tiap desa se- Kecamatan Pagelaran. Bertindak sebagai narasumber adalah adalah Ketua UPK PNPM dan para Fasilitator Kecamatan (FK) PNPM Kecamatan Pagelaran.

Pada acara pelatihan yang berlangsung satu hari tersebut, hadir pula Camat Pagelaran, Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si., yang pada kesempatan tersebut ikut memberikan motivasi terhadap peserta pelatihan yang hadir. Selain Camat, hadir pula Kasi Ekbang dan Pemberdayaan Perempuan Kecamatan Pagelaran yang sekaligus juga sebagai Penanggungjawab Operasional Kegiatan (PJOK) PNPM Kecamatan Pagelaran, Sutini, S.Sos.

0 352

Pagelaran, 27  Nopember 2012

Rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Malang ke 1252 Tahun 2012, di laksanakan acara tasyakuran hampir disetiap Kantor Kecamatan se Kabupaten Malang. Kantor Kecamatan Pagelaran selaku SKPD dari Pemerintah Kabupaten Malang juga turut serta melaksanakan acara tasyakuran yang dilaksanakan pada hari rabu tanggal 27 Nopember 2012 di mulai pukul 19.00 WIB.

Acara tersebut di hadiri oleh Muspika, Kepala Desa, Sekdes dan Tokoh Masyarakat. Acara diawali dengan pembacaan ayat suci alquran, dilanjutkan dengan laporan kegiatan Ketua Panitia Kegiatan (Kepala UPTD TK, SD dan PLS). Sambutan diawalai oleh Pagelaran sebelum pembacaan Sinopsis.

Dalam acara tersebut dibacakan Sinopsis tentang Kabupaten Malang yang menceritakan asal muasal dan perjalanan sampai terbentuknya Kabupaten Malang yang di bacakan oleh perwakilan dari Dinas Energi Sumber Daya Mineral Kabupaten Malang.

KH. Son Haji selaku tokoh Masyarakat mengatakan ” Dengan Pembacaan Sinopsis tersebut kita menjadi tahu dan mengerti tentang cikal bakal terbentuknya Kabupaten malang”,

“Selama ini saya baru kali ini mendengar dan tahu tentang cerita cikal bakal Kabupaten Malang “, imbuhnya.

Acara Tasyakuran di akhiri dengan  pembacan doa yang di hantar oleh Bapak Muhyidin . (LA_ch)

  

0 201

Bertempat di Aula KPRI Guru Kecamatan Gondanglegi-Pagelaran, pada hari Selasa (27/11) telah dilaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Penyusunan Rencana Anggaran dan Belanja untuk Tahun Anggaran 2013.

Di dalam kegiatan yang dihadiri para pengurus dan perwakilan anggota KPRI Guru ini, Camat Pagelaran yang diwakili oleh Kasi Kessos dan Kepemudaan, Agus Bukhori, S.Pd. berharap agar kegiatan ini bisa dilaksanakan dandimanfaatkan dengan sebaik-baik guna menyusun RAB KPRI untuk tahun mendatang, mengingat KPRI yang beranggotakan jajaran pendidikan dari Kecamatan Gondanglegi dan Pagelaran ini sudah mempunyai aset yang cukup besar. Oleh karena itu Camat Pagelaran berharap agar prestasi dan aset yang sudah ada itu bisa semakin ditingkatkan guna semakin mensejahterakan para anggotanya.

0 172

Bertempat di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malang, pada hari Senin (26/11) telah dilaksanakan pelantikan dan serah terima jabatan pejabat struktural dan pejabat fungsional di lingkup Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malang.

Di dalam kegiatan yang dipimpin oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malang tersebut, salah satu jabatan yang diserahterimakan adalah Kepala KUA Kecamatan Pagelaran dari Drs. H.M. Sulthoni, M.Ag. kepada Jedhy Kurniawan, S.Ag. Pejabat baru sebelumnya bertugas sebagai Kepala KUA Kecamatan Ngajum dan pejabat lama selanjutnya akan bertugas sebagai Kepala KUA Kecamatan Tumpang.

0 255

PAMERAN PRODUK UNGGULAN DAN PERTUNJUKAN SENI

Pagelaran, 25 Nopember 2012

            “Gebyar Bhumi Kanjuruhan”  tema yang diangkat sebagai rangkaian kegiatan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Malang ke 1252 Tahun 2012 merupakan gelaran pertama Kepanjen Tempoe Doeloe di gelar di sepanjang jalan Ahmad Yani Kepanjen pada hari Minggu tanggal 25 Nopember 2012, diikuti oleh berbagai SKPD dan Dinas Instansi Se Kabupaten Malang, menampilkan bermacam atraksi kesenian dan promosi produk unggulan.

            Tiap SKPD dan Dinas Instansi berupaya menampilkan berbagai macam produk unggulan Khas  masing-masing serta berbagai macam kesenian dan tak lupa menghias (mendekorasi) stand yang telah disediakan oleh panitia guna menarik pengunjung.

            Tak mau kalah dengan SKPD yang lain, Kecamatan Pagelaran mendisplay berbagai macam produk yang merupakan potensi  unggulan yang ada di Desa se Kecamatan Pagelaran. Beberapa produk yang di tampilkan dalam gelaran acara tersebut diantaranya Produk Kerajinan Gerabah Kontemporer dari Desa Pagelaran, Aneka Kripik dan Jenang berbahan dasar Buah salak dari Desa Suwaru, Minuman Sari Buah Salak yang merupakan andalan Desa Kademangan serta hasil olahan beras Organik yang di motori Unit Penyuluh Pertanian Kecamatan Pagelaran juga ikut di tampilkan.

Dalam beberapa kelompok stand yang terdiri dari beberapa Kecamatan se eks Pembantu Bupati di beri panggung pentas kesenian, penampilan seni Tari Warok dan Tari Remo oleh Siswa-Siswi SMPN 01 Pagelaran di gelar guna menghibur pengunjung stand Kecamatan Pagelaran dan Kecamatan yang lain.

Beberapa tampilan produk dari berbagai SKPD dan Dinas Instansi belum menampilkan keunggulan, melainkan masih sama dengan stand yang lain. Kedepannya diharapkan tiap SKPD dan Dinas Instansi bisa menampilkan ke khasan produk dari daerah masing-masing. (LA_ch)

0 185

Dalam rangka menyambut datangnya Tahun Baru Islam 1434 Hijriyah, masyarakat Kecamatan Pagelaran yang masyarakatnya beragama Islam merayakan dengan cukup meriah. Berbagai acara telah dilaksanakan oleh masyarakat Pagelaran dan beberapa kegiatan yang berhasil terpantau adalah sebagai berikut.

 Desa Sidorejo

Kegiatan Gema Muharam 1434 H berlangsung meriah di Desa Sidorejo, dengan acara yang dipusatkan di Balai Desa Sidorejo. Acara berlangsung pada hari Jumat (23/11) dan berbagai kegiatan yang dilaksanakan adalah pengobatan massal, santunan anak yatim, pembacaan Sholawat Nabi dan pengajian umum dengan penceramah K.H. Kholili dari Pagak, Malang

Desa Kanigoro

Peringatan Tahun Baru Islam 1434 H berlangsung meriah di Balai Desa Kanigoro pada hari Sabtu (24/11), yang sekaligus juga merupakan kegiatan Bersih Desa Kanigoro. Sebagai puncak dari peringatan tersebut diadakan pengajian umum.

 Desa Clumprit

Peringatan Tahun Baru Islam di Desa Clumprit diisi dengan berbagai kegiatan. Salah satu diantaranya adalah pemberian santunan bagi anak yatim yang ada di Desa Clumprit. Adapun sebagai kegiatan puncaknya adalah pengajian umum yang diselenggarakan di Masjid Al Falah, Dusun Sidorukun Desa Clumprit pada hari Sabtu (24/11), dengan penceramah Ustadzah Tan Mei Hwa dari Surabaya.

Desa Banjarejo

Yayasan Sosial Al-Hikmah yang mempunyai agenda rutin di dalam menyalurkan bantuan, baik kepada anak yatim maupun kaum duafa pada berbagai event keagamaan mengadakan kegiatan pemberian santunan bagi anak yatim piatu dan penyandang cacat. Kegiatan tersebut berlangsung di Yayasan Sosial Al-Hikmah, Desa Banjarejo pada hari Minggu (25/11)

0 209

DSC00593 DSC00591

Bertempat di Panti PKK Kecamatan Pagelaran, pada hari Jumat (23/11) telah dilaksanakan Pertemuan Rutin Tim Penggerak PKK Kecamatan Pagelaran dan Tim Penggerak PKK Desa se Kecamatan Pagelaran. Keguatan tersebut dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Pagelaran beserta pengurus dan Ketua dan pengurus Tim Penggerak PKK Desa se Kecamatan Pagelaran.

Dalam pertemuan tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Pagelaran, Ny. Dyah Hari Krispriyanto, SE, menyampaikan beberapa hal terkait pelaksanaan program kerja PKK di wilayah Kecamatan Pagelaran. Selain itu disampaikan pula harapan, agar Tim Penggerak PKK ikut mensukseskan dan memeriahkan rangkaian kegiatan Peringatan Hari Jadi ke-1252 Kabupaten Malang, termasuk memeriahkan kegiatan Gumebyar Bhumi Kanjuruhan yang akan dilaksanakan pada tanggal 25 Nopember 2012. Di dalam kegiatan tersebut, diharapkan masing-masing desa menampilkan dan mempromosikan produk unggulan yang ada, sehingga akan lebih dikenal oleh masyarakat Kabupaten Malang maupun masyarakat luar Kabupaten Malang yang akan menyaksikan even tahunan tersebut.

0 1189

Dalam rangka menjaring aspirasi dari masyarakat Kabupaten Malang, khususnya yang ada di wilayah Kecamatan Pagelaran, Komisi C DPRD Kabupaten Malang mengadakan kunjungan kerja di Pabrik Rokok PT. Trubus Alami, yang terletak di Desa Sidorejo, pada hari Rabu (21/11). Pada kunjungan yang didampingi oleh Camat Pagelaran, Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si., Kasi Kessos dan Kepemudaan Agus Bukhori, S.Pd., Kasi Ketentraman dan Ketertiban Umum Mariono, SAP, MM dan Kepala Desa Sidorejo, Mansyur Effendi, Anggota Komisi C DPRD Kabupaten Malang yang melaksanakan kunjungan kerja terdiri dari Bapak Anang Widodo, Bapak Gatot Surojo, Bapak Imam Syafi’i dan Bapak Sutrisno Murdi.DSC00563 DSC00564

Dalam kunjungan kerjanya di Pabrik Rokok PT. Trubus Alami, rombongan Komisi C DPRD Kabupaten Malang tersebut diterima oleh Tatok (Kabag Umum Pabrik Rokok PT. Trubus Alami). Inti kunjungan tersebut adalah untuk melihat potensi pajak/retribusi dan penggunaan Dana Bagi hasil Cukai dan Tembakau (DBHCT). Sementara itu Tatok, yang mewakili pihak perusahaan menjelaskan bahwa PT. Trubus Alami memiliki 440 karyawan yang 70% nya adalah penduduk sekitar pabrik dan dalam proses produksinya tidak memakai mesin atau memakai sistem linting/tangan. Yang bersangkutan juga sempat menyatakan bahwa kenaikan cukai rokok yang mencapai 200% dirasakan cukup memberatkan industri rokok terbesar yang ada di Kecamatan Pagelaran tersebut.

Kunjungan kerja Anggota Komisi C DPRD Kabupaten Malang diakhiri dengan melakukan peninjauan ke lokasi produksi rokok dan bertemu dengan para buruh pabrik yang sebagian besar adalah kaum perempuan.