Monthly Archives: Desember 2012

0 121

Tahun 2012 secara umum berhasil dilalui dengan kondisi aman dan kondusif bagi Kecamatan Pagelaran, termasuk kinerja pelaksanaan tugas personil Kecamatan Pagelaran juga terhitung cukup bagus, Kekompakan inilah yang harus dipertahankan bahkan bisa semakin ditingkatkan pada tahun 2013 yang akan datang. Sampai tribulan III Tahun 2012, berdasarkan hasil penilaian kinerja SKPD, khususnya Kecamatan, yang dilaksanakan oleh Tim Independen dari Universitas Brawijaya, Kecamatan Pagelaran berhasil menduduki peringkat IV dari 33 kecamatan se Kabupaten Malang.

Hal tersebut merupakan pengarahan Camat Pagelaran, Hari Krispriyanto, S.Sos, M.Si. kepada seluruh karyawan/karyawati Kecamatan Pagelaran pada acara Rapat Koordinasi Refleksi Akhir Tahun 2012 dan Menyambut Tahun 2013, yang diselenggarakan di Rumah Dinas Camat Pagelaran, hari Jumat (28/12). Lebih lanjut, Camat Pagelaran berharap, agar berbagai kelebihan yang dimiliki dapat dipakai sebagai modal untuk semakin memperbaiki kinerja ke depan, termasuk memperbaiki kekurangan yang ada, termasuk juga dalam hal memberikan pelayanan kepada masyarakat menjadi semakin baik. Dengan kinerja yang semakin meningkat, diharapkan visi Kabupaten Malang MADEP MANTEB akan dapat terwujud pada tahun 2015 yang akan datang di Kabupaten Malang, termasuk di Kecamatan Pagelaran.

0 184

PPKBD merupakan salah satu ujung tombak di dalam mensukseskan pelaksanaan Program Keluarga Berencana, termasuk di Kecamatan Pagelaran, mengingat jumlah Penyuluh Lapangan KB yang ada saat ini sangat terbatas, sedang wilayah dan orang yang ditangani cukup luas dan banyak. Oleh karena itu sangat pantas apabila PPKBD, yang setiap desanya berjumlah satu orang, mendapatkan sedikit tali asih dari Pemerintah Kabupaten Malang atas jerih payahnya selama tahun 2012. Pemberian tali asih tersebut diharapkan supaya tidak dilihat dari nilainya, tetapi sebagai suatu perhatian Bupati Malang Bpk. H. Rendra Kresna terhadap para PPKBD di masing-masing desa yang telah bekerja keras membantu tugas para Penyuluh Lapangan KB di lapangan di dalam mensukseskan Program KB di Kabupaten Malang.DSC01442 DSC01443

Pemberian tali asih tersebut diberikan berupa insentif untuk kurun waktu 6 bulan pada tahun 2012, yang diserahkan kepada 10 PPKBD se Kecamatan Pagelaran dimana setiap orangnya menerima Rp. 300.000.

Penyerahan insentif tersebut dilakukan oleh Kabid Bina Keluarga Berencana  Badan KB Kabupaten Malang, Drs. Cholik mewakili Kepala Badan KB Kabupaten Malang, berlangsung pada hari Jumat (28/12) bertempat di Panti PKK Kecamatan Pagelaran. Acara tersebut dihadiri pula oleh Camat Pagelaran, Hari Krispriyanto, S.Sos, M.Si., Pengendali PLKB Kecamatan Pagelaran, Dian, SH, para Penyuluh Lapangan KB serta PPKBD se Kecamatan Pagelaran.

0 106

DSC01428 DSC01430Dalam rangka menjaring aspirasi masyarakat di wilayah, Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Malang, Drs. H.M. Poernomo Anwar, MM, mengadakan kunjungan kerja ke jajaran UPTD TK, SD dan PLS Dinas Pendidikan di Kecamatan Pagelaran, UPTD yang pada tahun 2012 menempati ranking sembilan dari 33 kecamatan se Kabupaten Malang dalam hasil pelaksanaan Ujian Nasional SD/MI.

Dalam pertemuan yang berlangsung pada hari Kamis (27/12), bertempat di Aula KPRI Guru Kecamatan Pagelaran dan dihadiri oleh para Pengawas TK dan SD, para Kepala SD Negeri se Kecamatan Pagelaran, Pengurus PGRI Kecamatan dan Pengurus IGTKI Kecamatan tersebut, Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Malang didampingi oleh Camat Pagelaran dan Kepala UPTD TK, SD dan PLS Dinas Pendidikan di Kecamatan Pageran.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Malang, Drs. H.M. Poernomo Anwar, MM, menyampaikan agar berbagai program pendidikan, khususnya di Kecamatan Pagelaran dapat dilaksanakan dengan baik, antara lain pembangunan proyek bantuan DAK agar dilaksanakan sesuai dengan bestek yang ditetapkan, pendidikan adalah tanggung bersama antara pemerintah dan masyarakat, guru yang sudah bersertifikasi harus memenuhi kewajiban mengajar 24 jam setiap minggunya, perlunya penilik olahraga di masing-masing kecamatan sehingga dapat mengkoordinasikan berbagai kegiatan keolahragaan yang ada dan lain sebagainya.

Di samping memberikan gambaran dunia pendidikan di Kabupaten Malang saat ini, Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Malang juga menerima beberapa pendapat atau masukan dari peserta yang hadir dalam kegiatan kunjungan kerja tersebut, antara lain dari Kepala Sekolah SD dan Pengurus IGTKI Kecamatan Pagelaran.

0 502

Sepanjang bulan Desember 2012, umat Kristiani yang ada di wilayah Kecamatan Pagelaran melaksanakan berbagai kegiatan untuk memperingati Hari Raya Natal. Perayaan Natal yang tersebut berlangsung dengan khidmat, dikarenakan adanya toleransi dari umat agama lain yang ada di Kecamatan Pagelaran, mengingat sebagian besar penduduk Pagelaran beragama Islam, tetapi toleransi antar agama di Kecamatan Pagelaran dapat berjalan dengan baik.

Tercatat empat gereja di Kecamatan Pagelaran mengadakan Peringatan Natal yaitu di dua Desa Sidorejo dan dua di Desa Suwaru.

 

Peringatan Natal di Gereja Sidang Jemaat Allah (GSJA) Desa Sidorejo

DSC03210 DSC03211

Peringatan Natal yang diikuti para jemaat Gereja Sidang Jemaat Allah (GSJA) Isa Al Masih, yang terletak di Jl. Panglima Sudirman Desa Sidorejo, berlangsung khidmat dan meriah pada hari Kamis (13/12). Dalam kegiatan tersebut, hadir mewakili Camat adalah Kasi Kessos dan Kepemudaan Agus Bukhori, S.Pd. dan Kasubag Umum dan Kepegawaian Sulasmianto.

 

Peringatan Natal di Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) Desa Suwaru

IMG_2052 IMG_2077Peringatan Natal bagi jemaat GKJW Suwaru bisa dikatakan yang paling meriah, yang dilaksanakan di wilayah Pagelaran pada tahun 2012, mengingat bersamaan dengan Perayaan 100 Tahun gedung GKJW Suwaru sehingga akan memiliki kenangan tersendiri bagi para jemaat yang hadir. Hadir pada acara tersebut Bupati Malang Bpk. H. Rendra Kresna, Kabag Bintal dan Kerohanian Setda Kabupaten Malang H. Nurhasyim, SH, M.Si., Muspika Pagelaran, Kepala Desa se Kecamatan Pagelaran serta para tokoh masyarakat yang ada. Kegiatan tersebut berlangsung pada hari Sabtu (17/12).  Pada kesempatan tersebut Bupati Malang beserta Ketua Sinode GKJW Jawa Timur menandatangani prasasti Peringatan 100 Tahun Gedung GKJQ Suwaru.

 

Peringatan Natal di Gereja Pantekosta Tabernakel Kristus Gembala, Sidorejo

DSC01339 DSC01338

Peringatan Natal di Gereja Pantekosta Tabernakel Kristus Gembala, yang terletak di Jl. Diponegoro Desa Sidorejo berlangsung meriah dan khidmat, yang diikuti oleh para jemaatnya di bawah asuhan Gembala Sidang Pendeta Rahardjo Philipus, pada hari Minggu (23/12). Adapun yang bertindak sebagai penceramah dalam perayaan tersebut adalah Pendeta Lukas Gerson dari Surabaya. Hadir dalam kesempatan tersebut Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. dan Kapolsek Pagelaran AKP Karmidii serta Kasi Kessos dan Kepemudaan Kecamatan Pagelaran Agus Bukhori, S.Pd.

 

Peringatan Natal di Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Desa Suwaru

DSC01367 DSC01366Peringatan Natal yang dilaksanakan oleh jemaat Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Suwaru, dibawah asuhan Pendeta Debora Susana dan pendeta Yahuda Purwanto merupakan penutup acara peringatan Natal di wilayah Kecamatan Pagelaran. Kegiatan yang berlangsung meriah pada hari Selasa (25/12) tersebut, dihadiri oleh Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si., Kapolsek Pagelaran AKP Karmidi, Danramil 0818/36 Pagelaran Peltu Sumari, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Pagelaran Ny. Dyah Hari Krispriyanto, SE dan Kasi Kessos dan Kepemudaan Kecamatan Pagelaran Agus Bukhori, S.Pd.

0 913

Pagelaran, 22 Desember 2012

Peringatan 1 (satu) Abad Gedung Gereja Kristen Jawi Wetan Jemaat Suwaru  dan Perayaan Natal 2012 yang dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 22 Desember 2012

dihadiri oleh Bapak Bupati Malang (H. Rendra Kresna), Muspika Pagelaran, Forkuma Kecamatan Pagelaran, Tokoh Agama serta Jemaat GKJW Suwaru.

Peringatan satu abad Gedung GKJW berlangsung hikmat dan sangat meriah, dengan di tampilkan aneka hiburan yang di mulai sejak pagi dengan menampilkan pertunjukan Barong Sai dari Klenteng Eng An Kiong Malang, serta Drum Band dari SMPK Malang.

Acara Puncak kegiatan di mulai pada pukul 16.00 dengan di awali pembukaan oleh Ketua Panitia Hari Purnomo, acara dilanjutkan dengan menampilkan aneka seni tari dan pertunjukan gamelan oleh jemaat GKJW.

Selain pertujukan kesenian diatas, dalam kegiatan tersebut di lakukan penandatanganan prasasti satu abad gedung GKJW Jemaat Suwaru Oleh Bapak Bupati Malang dan Pelayan Harian Majelis Agung GKJW (Pdt. Rudy Sewoyo, S.Th).

Dalam peringatan satu abad gedung GKJW Jemaat suwaru di bacakan kisah awal berdirinya dan pembangunan Gedung yang diambil dari buku Het Swaroe Blaadje (Darde Jaargang1,3,5 Januari, Mart, Mei 1913 di terjemahkan oleh Sulistiani Hadijanto). Dikisahkan dalam buku tersebut bahwa pada masa Zendeling de Vries bertugas di Suwaru, beliau mengajak warga jemaat untuk mulai merencanakan pembangunan gereja seperti yang di cita-citakan. Senin 24 Juni 1912 adalah hari yang di pilih untuk peletakan batu pembangunan gedung Gereja. Gedung Gereja yang diimpikan telah terwujud berupa bangunan dengan panjang 20 meter dan lebar 9,5 meter dengan menghabiskan biaya sebesar 4000 gulden, proses pembangunan gedung memakan waktu kurang lebih 6 bulan. Setelah semua pekerjaan di rasa sudah selesai maka di tetapkan peresmian gedung gereja jatuh pada hari Senin tanggal 23 Desember 1912. Seiring dengan perkembangan jaman dan bertambah banyaknya jemaat, Gedung GKJW kini sudah mengalamai beberapa kali penambahan ruangan di samping kiri dan kanan serta bagian gedung, namun tetap mempertahankan bangunan induk yang sudah ada. (LA_ch)

PENUTUPAN PEKAN OLAH RAGA KABUPATEN (PORKAB) KE 4 TAHUN 2012

Pagelaran, 23 Desember 2012

Setelah sepekan dilaksnakan kegiatan Pekan Olah Raga Kabupaten (Porkab) ke 4 Tahun 2012, tiba saatnya kegiatan tersebut di tutup dengan diawali menonton pertandingan final sepak bola antara kesebelasan Kecamatan Turen Melawan Kesebelasan Kecamatan Poncokusumo pada pukul 06.30 Wib di Stadion Kanjuruhan Kepanjen.

Selesai Pertandingan Final Sepak Bola dan pemberian medali kepada Juara I,II,III dan IV dilaksanakan Upacara Penutupan Pekan Olah Raga Kabupaten Malang (PORKAB) ke 4 Tahun 2012.

Adapun peserta upacara adalah dari 33 Kecamatan yang ada di Kabupaten Malang, Kecamatan Pagelaran mengirimkan peserta yang terdiri dari Kepala Desa, Perangkat Desa dan Dinas Instansi di Kecamatan Pagelaran. (LA_ch)

PEMBUKAAN PEKAN OLAH RAGA KABUPATEN (PORKAB) KE 4 TAHUN 2012

Pagelaran , 17 Desember 2012

Pekan Olah Raga Kabupaten (Porkab) Ke 4 Tahun 2012 yang pelaksanaannya di awali dengan Devile Pasukan dan Kontingen dari 33 Kecamatan yang ada di Kabupaten Malang dilanjutkan dengan upacara pembukaan dimulai pada pukul 09.00 wib pada hari Kamis tanggal 17 Desember 2012.

Upacara sekaligus pembukaan Porkab dilaksanakan di stadion Kanjuruhan Kepanjen selaku Inpsektur Upacara adalah Bapak Bupati Malang (H. Rendra Kresna).

Kecamatan Pagelaran yang merupakan bagian dari Pemerintah Kabupaten Malang juga berperan aktif dan ikut berpartisipasi dengan mengikut sertakan atlit kecamatan dalam berbagai cabang olahraga yang di pertandingkan sekaligus ikut serta sebagai peserta upacara yang terdiri dari Dinas Instansi yang ada di Kecamatan Pagelaran serta Seluruh Kepala Desa dan Perangkat Desa yang berjumlah kurang lebih 250 Orang.

Peserta Upacara pembukaan Pekan Olah Raga Kabupaten sangat antusias mengikuti upacara meski cuaca sangat terik, ada sebagaian peserta yang pingsan, namun kejadian itu tidak mengganggu pelaksanaan upacara, karena mereka yang pingsan segera di tolong oleh tim PMI Kabupaten malang yang telah siaga ikut mensukseskan kegiatan Upacara pembukaan Porkab ke 4 Kabupaten Malang tahun 2012. (LA_ch)

0 1648

DSC01327

Dalam rangka perwujudan visi Kabupaten Malang MADEP MANTEB, khususnya visi kedua Agamis, berbagai kegiatan yang bernuansa keagamaan senantiasa dan terus dilaksanakan oleh masyarakat, tak terkecuali oleh warga Muslimat dan Fatayat Kecamatan Pagelaran.

Bertempat di salah satu Musholla di Desa Sidorejo, pada hari Minggu (23/12), warga Muslimat dan Fatayat Kecamatan Pagelaran menyelenggarakan kegiatan pengajian rutin, yang diisi dengan Istighosah dan Pengajian Umum.

Dalam kegiatan yang dihadiri juga oleh Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si., Kasi Kessos dan Kepemudaan Kecamatan Pagelaran Agus Bukhori, S.Pd. dan Kepala Desa Sidorejo Mansyur Effendi.DSC01329

Camat Pagelaran dalam sambutannya menekankan agar pelaksanaan kegiatan keagamaan yang diselenggarakan tersebut akan menjadi suatu benteng untuk warga Kecamatan Pagelaran agar senantiasa menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT, senantiasa melaksanakan segala perintah-Nya serta menjauhi segala larangan-Nya. Bila itu terwujud, maka akan menjadi salah satu modal dasar pembangunan di Kabupaten Malang, khususnya dalam pencapaian visi Kabupaten Malang MADEP MANTEB. Dalam kegiatan tersebut, juga diberikan juga siraman rohani oleh Ustad H. Isnandar dari Turen, Malang.

0 336

Kontingen Porkab Kecamatan Pagelaran yang tampil dalam pelaksanaan Pekan Olah Raga Kabupaten Malang IV, yang digelar mulai Senin sampai Sabtu (17-22/12), berhasil menunjukkan prestasi yang cukup bagus.IMG_1912 IMG_1910

Tampil di lima cabang olahraga, yaitu sepakbola, atletik, taekwondo, pencak silat dan karate, Kecamatan Pagelaran berhasil menduduki peringkat sebelas dari 33 kecamatan se Kabupaten. Adapun perolehan medali dalam pesta olahraga dua tahunan ini adalah 2 emas, 3 perak dan 2 perunggu, yang diperoleh dari cabang atletik, pencak silat dan karate.

Keberhasilan Kontingen Pagelaran tersebut mendapatkan apresiasi dari Camat Pagelaran, Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si, mengingat dengan waktu persiapan yang cukup singkat bisa meraih prestasi yang cukup bagus. Diharapkan dalam Porkab V Tahun 2014 mendatang prestasi yang ada saat ini dapat lebih ditingkatkan menjadi lebih baik, baik dalam perolehan medali maupun perbaikan peringkat. Camat Pagelaran juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam Porkab IV kali ini, baik pelatih, official maupun pemain dan tidak ketinggalan pula Korcam KONI Kecamatan, PGRI Kecamatan, UPTD TK, SD dan PLS Kecamatan, jajaran Kecamatan Pagelaran serta pihak-pihak lain yang telah mendukung kesuksesan Kontingen Kecamatan Pagelaran.

Kontingen Kecamatan Pagelaran dalam Porkab IV Tahun 2012 sendiri telah resmi dibubarkan pada tanggal 28 Desember 2012 bertempat di Panti PKK Kecamatan Pagelaran.

0 181

Sebagai salah satu perwujudan visi Kabupaten Malang MADEP MANTEB, khususnya visi kedua Agamis, Forum Kerukunan Ulama dan Umaro’ (Forkuma) Kecamatan Pagelaran melaksanakan Safari Sholat Jumat untuk putaran terakhir tahun 2012.

Diharapkan dengan penyelenggaraan Safari Jumat, yang kali ini diselenggarakan di Masjid Jami’ Al Hasbullah, Desa Banjarejo, pada hari Jumat (21/12), akan dapat semakin mempererat tali silaturahmi antara ulama dan umaro’ di Kecamatan Pagelaran dengan masyarakat yang ada di Desa Banjarejo pada khususnya dan Kecamatan Pagelaran pada umumnya.

Kegiatan diawali dengan pelaksanaan Sholat Jum’at bersama dengan masyarakat Desa Banjarejo. Seusai sholat disampaikan sambutan Camat Pagelaran, Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si., yang disampaikan oleh Kasi Kessos dan Kepemudaan, Agus Bukhori, S.Pd. Setelah sambutan Camat, dilanjutkan dengan kegiatan Pamit Kenal Kepala KUA Kecamatan Pagelaran, yang pelantikan dan serah terimanya telah dilaksanakan beberapa waktu sebelumnya. Pejabat lama Drs. H. Moch. Sulthoni, M.Ag. selanjutnya akan menempati pos baru sebagai Kepala KUA Kecamatan Tumpang, sedangkan pejabat baru Jedhy Kurniawan, S.Ag. sebelumnya memangku jabatan sebagai Kepala KUA Kecamatan Ngajum.

0 214

Salah satu karya nyata pelaksanaan kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan Open Menu di Kecamatan Pagelaran adalah renovasi gedung TK PGRI 02 Desa Kademangan.

Sebagai tanda atas selesainya kegiatan tersebut, dilaksanakan kegiatan tasyakuran dalam bentuk Musyawarah Desa Serah Terima (MDST) PNPM MPd Open Menu dari pelaku PNPM kepada Kepala Desa Kademangan, yang berlangsung pada hari Jumat (21/12). Selanjutnya hasil kegiatan tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk mempersiapkan anak-anak usia pra sekolah dalam mempersiapkan diri nantinya untuk menempuh pendidikan dasar mulai tingkat SD sampai tingkat di atasnya.

Kegiatan tersebut, selain dihadiri Kasi Ekbang dan Pemberdayaan Perempuan Kecamatan Pagelaran yang juga PJOK PNPM Kecamatan Pagelaran, Sutini, S.Sos., juga dihadiri Kepala UPTD TK, SD dan PLS Dinas Pendidikan di Kecamatan Pagelaran, Kepala Desa Kademangan serta para pelaku PNPM, baik tingkat kecamatan maupun tingkat desa.

0 170

Tim Sepak Bola Pagelaran FC dalam Kompetisi Divisi II PSSI Pengcab Kabupaten Malang Tahun 2012 berhasil meraih prestasi lebih baik dibandingkan dengan kompetisi musim sebelumnya, Pada musim kompetisi tahun 2011, Pagelaran FC hanya mampu duduk pada peringkat IV Grup/Wilayah Utara Divisi II, sedangkan pada tahun 2012 Pagelaran FC berhasil menduduki peringkat IV Divisi II.

Prestasi tersebut harus dipertahankan bahkan harus dapatt lebih ditingkatkan, sehingga cita-cita masyarakat Pagelaran agar Pagelaran FC dapat promosi ke Divisi I PSSI Pengcab Kabupaten Malang akan dapat terwujud pada musim kompetisi tahun 2013 nanti. Prestasi tidak terkalahkan dalam penyisihan grup menjadi suatu catatan tersendiri, hanya mungkin dewi fortuna belum berpihak kepada Pagelaran FC mengingat dalam semifinal dan perebutan juara III dan IV, Pagelaran FC dikalahkan Sumberpucung FC dan Ngantang FC. Tetapi hal tersebut jangan sampai menjadikan para pemain berputus asa, bahkan harus menjadi pelecut semangat untuk bermain lebih baik dan bisa lolos ke Divisi I pada musim Kompetisi Divisi II tahun 2013. Demikian sambutan Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si., yang disampaikan oleh Kasi Kessos dan Kepemudaan Kecamatan Pagelaran Agus Bukhori, S.Pd., pada acara Tasyakuran dan Pembubaran Tim Pagelaran FC dalam Kompetisi Divisi II PSSI Pengcab Kabupaten Malang Tahun 2012, bertempat di Panti PKK Kecamatan Pagelaran pada hari Kamis (20/12).

Acara tasyakuran dan pembubaran Tim Pagelaran FC, selain dihadiri Kasi Kessos dan Kepemudaan Kecamatan Pagelaran, juga dihadiri oleh Ketua dan Pengurus Korcam PSSI Kecamatan Pagelaran dan Tim Pagelaran FC, yang terdiri dari tim pelatih, official dan para pemain. Dalam acara tersebut dilakukan pemotongan tumpeng secagai rasa syukur atas prestasi  yang telah diraih pada tahun 2012 dan berharap semoga prestasi lebih baik dapat dicapai pada tahun 2013 dan tahun-tahun yang akan datang.