Monthly Archives: Januari 2013

0 1856

PELATIHAN PENGISIAN PROFIL DESA MELALUI PROGRAM PRODESKEL

Pagelaran, 23 Januari 2013

                    Dunia internet yang semakin familier dan mudah diakses oleh masyarakat umum  , mendorong penyampaian informasi dilakukan secara cepat dan tepat melalui media internet. Hal tersebut menjadi pemikiran Pemerintah Pusat melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Malang mengharapkan mulai tahun 2013 ini semua desa membuat laporan profil desa melalui media internet (Program Prodeskel).

       Berkaitan dengan program diatas seluruh Sekdes yang ada di Kecamatan Pagelaran mendapat Pelatihan cara pengisian profil desa melalui media internet atau melalui Program software Prodeskel. Pelatihan dilaksanakan di kantor Kecamatan pagelaran pada hari Rabu tanggal 23 Januari 2013 dimulai pada pukul 10.00 WIB sampai dengan selesai.

              Pelatihan Pengisian Profil desa di pandu oleh tim dari Badan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Malang. Bapak Kusnanto, selaku tim pemandu mengatakan ” Tahun 2012 baru satu desa tiap kecamatan untuk melakukan pengisian profil desa melalui prodeskel. “

           ” Namun, pada tahun 2013 ini diharapkan semua desa yang ada di Kabupaten Malang sudah harus melakukan pengisian Profil Desa melalui prodeskel”. imbuhnya, pada acara pembukaan pelatihan pengisian profil desa di kecamatan pagelaran.

           Camat Pagelaran, Hari Krisptiyanto, S.Sos, M.Si juga menambahkan ” Hendaknya para sekdes bisa mensukseskan pengisian profil desa melalui internet ini. selain itu camat pagelaran juga menghimbau agar isi dari profile desa ini bisa uptodate terkait dengan data jumlah penduduk yang ada di wilayah desa se kecamatan pagelaran, selain itu potensi pertanian dan perkebunan yang ada di desa hendaknya di isi dengan dengan data real (nyata) dan jujur apa adanya.

               Pelatihan pengisian profil desa melalui program Prodeskel ini berisi tentang seluruh pengisian data potensi yang ada di desa baik Sumber Daya Alam (SDA) maupun  Sumber Daya Manusia (SDM), program prodeskel juga menampilkan data tentang Lembaga Desa, perkembangan penduduk dan potensi lainnya yang ada di desa.

          Dengan di tampilkannya data profil desa secara real time , kedepannya Pemerintah Pusat dalam memberikan bantuan langsung kepada desa bisa tepat sasaran . hal ini bisa dilakukan Pemerintah Pusat dengan melihat jenis dan klasifikasi desa yang muncul di profil. Sehingga bila desa dalam melakukan pengisian data tidak benar maka jenis dan klasifikasi desanya yang muncul di profil desa juga akan salah. dan hal ini akan berakibat salahnya pemberian bantuan kepada desa oleh pemerintah pusat.

                 Program prodeskel ini bisa diakses melalui alamat web www.prodeskel-pmd.web.id

(LA_ch)

IMG_2207 IMG_2198 IMG_2210

0 364

Gerak jalan santai mewarnai kegiatan dalam rangka peringatan HUT SMP dan SMA Dharma Wanita Desa Clumprit Kecamatan Pagelaran berlangsung meriah. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 20 Januari 2013.

Gerak jalan santai di ikuti oleh Camat Pagelaran, Ketua TP. PKK Kecamatan Pagelaran dan seluruh Keluarga besar SMP dan SMA Dharma Wanita Desa Clumprit. Rasa antusiasme di tunjukkan oleh seluruh peserta gerak jalan dengan mematuhi dan mengikuti rute yang di tentukan hingga finish.

Selain Gerak Jalan santai juga di gelar bazaar dan pentas seni yang di tampilkan oleh siswa siswi SMP dan SMA Dharma Wanita Desa Clumprit.

Start dan finish acara Gerak Jalan Santai di halaman SMP dan SMA Dharma Wanita dengan menempuh jarak kurang lebih 5 Km mengitari Desa Clumprit.

Dengan adanya kegiatan peringatan HUT SMP dan SMA Dharma Wanita ini diharapkan  adanya rasa keterikatan dan rasa kekeluargaan yang tinggi di antara siswa siswi dan guru serta masyarakat di sekitar Sekolah.

(LA_ch).

0 701

Pagelaran, 18 Januari 2013

Pemerintah Kabupaten Malang dengan Visi Misi MADEP MANTEB (Mandiri, Agamis, Demokratis, Produktif, Maju, Aman, Tertib dan Berdaya Saing). Untuk mewujudkan salah satu visi misinya yaitu Agamis, melalui Kabag Bina Mental Kabupaten Malang memberikan bantuan insentif kepada guru Ngaji / TPQ dan Guru Minggu.

” Jangan melihat besar kecilnya bantuan ini, mohon ini dilihat sebagai bentuk perhatian Bapak Bupati terhadap Guru TPQ dan Guru Minggu ” ucap Nur Hasyim (Kabag Bina Mental Kabupaten Malang).

” Bantuan ini salah satu wujud dari implementasi dari Madep Manteb” lanjutnya, di sela-sela pembukaan acara.

Pemberian Insentif dilaksakan pada hari Jumat tanggal 18 Januari 2013 di Pendopo Kecamatan Pagelaran, jumlah TPQ dan sekolah minggu penerima bantuan insentif berjumlah kurang lebih 82 TPQ dan 1 sekolah minggu di Desa Suwaru.

Jumlah guru ngaji dan guru minggu penerima insentif kurang lebih sebanyak 300 orang dengan besaran bantuan insentif yang diterima sebesar Rp. 250.000 (dua ratus lima puluh ribu rupiah) pera orang.

Pembagian insentif berjalan tertib dan lancar, semoga dengan bantuan ini semakin meningkatkan semangat guru ngaji dan guru minggu untuk giat mendidik santriwan santriwati yang ada  di Kecamatan Pagelaran. Aminnnn…

(LA-ch)

 

0 714

Pagelaran, 17-01-2013

               IMG_2174Apel Kesadaran Nasional yang rutin di laksanakan ditingkat Kecamatan Pagelaran, pada kesempatan ini hari Kamis tanggal 17 Januari 2013 di laksanakan di Pendopo Kecamatan Pagelaran dengan diikuti oleh Muspika, Dinas Instansi, Kepala Desa dengan seluruh Perangkat Desa serta Pelaku PNPM ditingkat Kecamatan Pagelaran.

              Selaku pembina Apel adalah Camat Pagelaran (Hari Krispriyanto, S.Sos, M.Si), Komandan Apel adalah Kasi Trantibum (Mariono, S.AP, MM), Pembawa Acara Faris Agung Hermawan, S.IP, Pembaca UUD 1945 Suwarti Ningsih, Pengucap Panca Prasetya Korpri Ali Sachson, S.Sos, Pembaca Doa Agus Bukhori, S.Pd. Apel Kesadaran Nasional berlangsung secara hikmat dan tertib, upacara berlangsung kurang lebih 1 jam.

              Di dalam Amanat Pembina Apel, Camat pagelaran menyampaikan kepada peserta Apel untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, “jangan sampai kita sebagai pelayan masyarakat, malah kita yang minta dilayanai masyarakat” kata Camat. selain itu beliau menghimbau untuk meningkatkan kewaspadaan lingkungan karena dimulainya musim hujan serta banyaknya angin kencang akhir-akhir ini. (LA-ch)

 

0 254

Pagelaran, 09 Januari 2013

Dengan akan berakhirnya masa jabatan Kepala Desa, diawali kegiatan pembentukan Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang nantinya bertugas mempersiapkan proses Pemilihan Kepala Desa hingga selesai.

Pada tahun ini di Kecamatan Pagelaran akan dilaksanakan Pemilihan Kepala Desa sebanyak 8 Desa.

Pembentukan Panitia Pemilihan Kepala Desa dilaksanakan :

  1. Desa Kanigoro pada hari Rabu Tanggal 09 Januari 2013
  2. Desa Pagelaran pada hari Jumat Tanggal 11 Januari 2013
  3. Desa Kademangan pada hari Senin Tanggal 14 Januari 2013
  4. Desa Clumprit  pada hari Selasa Tanggal 15 Januari 2013
  5. Desa Balearjo pada hari Rabu Tanggal 16 Januari 2013
  6. Desa Suwaru pada hari Jumat Tanggal 18 Januari 2013
  7. Desa Karangsuko pada hari Jumat Tanggal 18 Januari 2013
  8. Desa Banjarejo pada hari Selasa Tanggal 22 Januari 2013

 

Acara dilaksanakan di Balai Desa Masing-masing dengan di hadiri Muspika, Kades, BPD, LPMD, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda Tokoh Perempuan dan Ketua RT/RW. Selain  Pembentukan Panitia Pemilihan Kepala Desa dilakukan sosialisasi Peraturan Pelaksanaan Pilkades, antara lain

  1. UU No 32 / 2004 tentang Pemerintah Daerah
  2. Perda Kab Malang No 13/2006
  3. Perbub No 27 / 2007
  4. Perbub no 60 / 2012

(LA_ch)

0 305

Pagelaran, 08 Januari 2013

Gerakan Tanam Padi SLPTT yang bertempat di areal persawahan Desa Kanigro Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang yang bertujuan untuk meningkatkan hasil pertanian padi dilaksanakan pada hari selasa tanggal 08 Januari 2013.

Acara tersebut di hadiri Camat Pagelaran, Kasi Ekbang & PP, Kasi Pertanahan & Aset, Unsur Muspika, Jajaran BKP3 Kabupaten Malang, Dinas Pertanian Kabupaten Malang, Kepala UPT Balai Penyuluhan Kecamatan Pagelaran, Kepala Desa Kanigoro serta Anggota Kelompok Tani Harapan IV.

Program tersebut merupakan bantuan dari Kementrian Pertanian RI (dana kontisensi TA 2012) berupa Traktor Tangan, Pompa Air, Bibit Padi dan Pupuk)

Semoga dengan bantuan ini bisa meningkatkan hasil pertanian yang ada di Desa Kanigoro pada khususnya dan Kecamatan Pagelaran pada umumnya.

(LA_ch)

0 405

RAT KOPWAN MELATI WANGI DESA CLUMPRIT

Pagelaran, 06 Januari 2013

Sebagai bentuk laporan setiap akhir tahun kepada anggotanya, Koperasi Wanita Melati Wangi Desa Clumprit Kecamatan Pagelaran menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang bertempat di balai Desa Clumprit pada hari Minggu tanggal 06 Januari 2013.

RAT di hadiri oleh Bapak Budi, S (dari Dinas Kop & UMKM Kabupaten Malang), Camat Pagelaran, Ketua TP. PKK Kecamatan Pagelaran, Kepala Desa Clumprit, Ketua TP. PKK Desa Clumprit dan seluruh anggota KOPWAN Melati Wangi.

Dilaporkan kepada anggota Kopwan dan para hadirin semua bahwa perkembangan Aset Koperasi Wanita Melati Wangi Desa Clumprit dari Modal Awal Rp. 25.000.000 (dua puluh lima juta rupiah) pada tahun 2009 hingga saat ini telah berkembang menjadi Rp. 58.995.000 (lima puluh delapan juta sembilan ratus sembilan puluh lima ribu rupiah), sehingga ada pertambahan aset koperasi sebesar Rp. 33.995.000 (tiga puluh tiga juta sembilan ratus sembilan puluh lima ribu rupiah) dalam waktu 3 (tiga) tahun, atau berkembang sebesar 1,4% dari modal awal.

Perkembangan jumlah anggota Kopwan juga meningkat menjadi 99 Orang pada tahun ini, dimana pada awal di bentuk Kopwan pada tahun 2009 sebanyak 25 Orang. ini menjadi bukti bahwa koperasi wanita memberi dampak positif demi perkembangan perekonomian rakyat. dan keberadaan kopwan sangat membantu guna mengurangi banyaknya kredit dengan bunga tinggi yang mencekik rakyat.

 

RAT KOPWAN RAHARJO DESA KADEMANGAN

Agenda kegiatan rutin tiap akhir tahun dan sebagai bentuk pertanggung jawaban kepada anggota, dilakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Kopwan Raharjo Desa Kademangan Kecamatan Pagelaran.

RAT dilaksnakan di Balai Desa Kademangan Kecamatan Pagelaran dengan dihadiri Camat Pagelaran, Moh Ismail dan Sdr Juni (Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Malang), Kades Kademangan, Pengurus, Pengawas dan Anggota Kopwan.

Dilaporkan perkembangan asset Kopwan dari Modal Awal Rp. 25.000.000 pada tahun 2009 berkembang menjadi Rp. 53.774.075 di tutup buku tahun 2012.

Dibagikan Sisa Hasil Usaha (SHU) sebesar RP. 9.561.000, demi untuk menambah modal Kopwan seluruh anggota sepakat SHU yang mereka terima untuk di kembalikan dan di jadikan tambahan Modal kopwan.

Anggota Kopwan juga bertambah dari sebanyak 25 orang di awal pembentukan koperasi menjadi 75 orang pada tahun 2012.

 

RAT KOPWAN SEKAR WANGI DESA BALEARJO

Dalam RAT Kopwan Sekar Wangi Desa Balearjo Kecamatan Pagelaran dilaporkan Perkembangan Modal awal pada tahun 2009 sebesar Rp. 25. 000.000 menjadi Rp. 93.352.000 di tutup buku Tahun 2012.

Pertambahan anggota juga di laporkan bertambah menjadi 93 orang di tahun 2012 dari pembentukan awal Kopwan sebanyak 25 Orang. Sehingga terjadi penambahan anggota sebanyak 68 orang dalam kurun waktu 3 tahun berjalan.

Rapat Anggota Tahunan Kopwan Sekar Wangi Desa Balearjo dilaksanakan di Balai Desa Balearjo dengan hadiri oleh Camat Pagelaran, Kabid Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Malang, Kepala Desa Balearjo serta dihadiri oleh seluruh anggota Kopwan dan jajaran pengurus Kopwan Sekar Wangi

RAT KOPWAN NGASTITI SAE DESA SUWARU

Laporan perkembangan Kopwan dalam RAT tahun 2012, Kopwan Ngastiti Sae Desa Suwaru Membukukan modal akhir sebesar Rp71. 302.500 dari modal awal pembentukan Kopwan sebesar Rp 25.000.000 pada tahun 2009.

Penambahan jumlah anggota kopwan juga meningkat dari 25 orang menjadi 91 anggota dan pemanfaat Kopwan pada tahun 2012.

Acara RAT di laksanakan di Balai Desa Suwaru pada tanggal 26 Januari 2012 dengan di hadiri Camat Pagelaran, perwakilan Dinas Koperasi & UMKM Kabupaten malang serta di hadiri seluruh pengurus dan anggota Kopwan Ngastiti Sae.

(LA_ch)

 

0 508

SENIN 7 JANUARI 2013

Rakor Persiapan Pilkades

Rapat Koordinasi persiapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (PILKADES) Tahun 2013 yang di pimpin oleh Camat Pagelaran (Hari Krispriyanto, S.Sos, M.Si) dan diikuti oleh seluruh staf Kecamatan Pagelaran dan Sekdes se Kecamatan Pagelaran.

Rapat Koordinasi dilaksanakan setelah acara Apel Pagi rutin tiap hari senin yang bertempat di Panti PKK Kecamatan Pagelaran, dilaksanakan pada hari senin tanggal 07 Januari 2013.

Dalam Rapat koordinasi ini Camat Pagelaran menyampaikan perlunya mempersiapkan secara matang Pemilihan Kepala Desa baik dari tahap pendaftaran, proses penghitungan hingga pelantikan Kepala Desa.

Pemilihan Kepala Desa massal pada Periode bulan April akan di ikuti oleh 8 (delapan) Desa yang ada di Kecamatan Pagelaran, yaitu :

1. Desa Pagelaran

2. Desa Suwaru

3. Desa Kademangan

4. Desa Clumprit

5. Desa Banjarejo

6. Desa Karangsuko

7. Desa Kanigoro

8. Desa Balearjo

Dalam rapat juga di tegaskan untuk melakukan koordinasi dengan pihak terkait guna mengamankan wilayah masing-masing, sehingga diharapkan terwujud situasi yang aman dan kondusif dam proses pemilihan Kepala Desa.

SELASA 22 JANUARI 2013

Maulid Nabi Gelar Shalawat dan Dzikir

DSC02321 copy

Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, warga Majelis shalawat Wa Ta’lim Wadzikr di Pagelaran dan Gondanglegi menggelar shalawatan dan pengajian umum di Halaman Masjid Darul Huda Dusun Recobanteng Desa Suwaru. Pada kegiatan yang digelar Selasa, 22 Januari 2013 ini Habib Mustofa dari Gondanglegi menyampaikan tausiyah nya dalam pengajian umum.

 

 

 

RABU 23 JANUARI 2013

AGENDA RUTIN PKK

TP PKK Kecamatan Pagelaran menggelar pertemuan rutin yang dihadiri ketua dan pengurus PKK Kecamatan Pagelaran dan organisasi wanita se-kecamatan pagelaran di Panti PKK Kecamatan Pagelaran, Rabu, 23 Januari 2013.

JUMAT 25 JANUARI 2013

PENGAJIAN GUNUNG PANDAK

DSC02453 copy

Pengajian triwulanan kembali digelar Pengurus Cabang Muhamadiyah Pagelaran, Jumat 25 Januari 2013. Acara rutin ini digelar di Masjid Al Khoirot Dusun Gunung Pandak Desa Kademangan. Acara ini dihadiri warga Muhamadiyah Kecamatan Pagelaran, Camat Pagelaran dan Kasi Kessos Kecamatan Pagelaran. Ustadz Syarief Hidayatullah dari Malang memberikan tausiyah pada kesempatan itu.

 

 

 

Selasa 29 Januari 2013

DSC02659 copyMODAL KOPERASI MENINGKAT

Laporan pertanggungjawaban pengurus kopersi Mayang Desa Kanigoro tahun 2013 cukup memuaskan. Hal ini terlihat dari perkembangan modal yang menunjukkan peningkatan. Pada tahun 2012 modal koperasi ini berjumlah Rp. 127.482.747,50 padahal pada tahun 2009 modalnya hanya Rp. 25.000.000. Jumlah anggota koperasi ini juga meningkat dari 25 orang pada tahun 2009 menjadi 92 orang pada tahun 2012. Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang digelar di Balai Desa Kanigoro, Selasa 29 Januari 2013  ini dihadiri seluruh anggota koperasi, Camat, Ketua TP PKK dan pejabat dari Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Malang.

RABU 30 JANUARI 2013

KPRI BEROMZET MILYARAN

DSC02777 copyKoperasi Pegawai Negeri Guru Gondanglegi dan Pagelaran tahun ini menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) di kantor UPTD TK, SD dan PLS Kecamatan Pagelaran. Kegiatan yang dilaksanakan Rabu 30 Januari 2013 ini dihadiri oleh Camat Pagelaran, Kepala UPTD UPTD TK, SD dan PLS Kecamatan Pagelaran dan Gondanglegi, perwakilan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Malang, Dekopinda Kabupaten Malang dan PKPRI Kab. Malang. Koperasi ini memiliki beberapa usaha seperti simpan pinjam, simpanan PKPRI dan simpanan SPBU. Modal yang berhasil dibukukan pada tahun 2012 mencapai Rp. 6.685.746.075. Koperasi ini juga berhasil membagi SHU (Sisa Hasil Usaha) tahun 2012 kepada anggota dengan total nilai Rp. 70.933.697