Get Adobe Flash player

Pencarian

Peta Kecamatan

Monthly Archives: Februari 2013

RANGKUMAN BERITA KEGIATAN BULAN PEBRUARI 2013

JUMAT 1 PEBRUARI 2013

Majelis Pengajian Baru

DSC02788 copyPada awal bulan Februari, tepatnya Jumat 1 Februari 2013, Camat Pagelaran bersama dengan tokoh agama, tokoh masyarakat, dan staf kecamatan pagelaran menggagas untuk membentuk Majelis Pengajian baru. Berdasarkan kesepakatan, akhirnya terbentuklah Majelis Pengajian An-Nur yang memiliki kegiatan rutin istighosah, tahlil dan pengajian setiap bulannya.

JUMAT 1 PEBRUARI 2013

Koperasi Bougenville Tumbuh

 Koperasi Bougenville Desa Karangsuko mula terlihat pertumbuhannya. Pada Rapat Anggota Tahunan tahun 2012 yang digelar Jumat, 1 Februari 2013 tercatat modal yang dimiliki hingga akhhir tahun 2012 mencapai Rp. 36.635.000. DSC02916 copySebelumnya pada tahun 2009 modal yang diliki koperasi ini hanya RP. 25.000.000. Anggotanya pun bertambah dari 25 orang pada tahun 2009 menjadi 35 orang pada tahun 2012.

 

 

SABTU 2 FEBRUARI 2013

Sumber Maron Jadi Objek Studi Banding

SBR MARON 2-2-2013 copy

Tertarik dengan pengelolaan air bersih di Desa Karangsuko Kecamatan Pagelaran, rombongan studi banding Pengurus HIPPAM dari Kabupaten Banyumas pun datang jauh-jauh untuk melakukan studi banding pada Sabtu 2 Februari 2013.  Objek kunjungan rombongan studi banding ini adalah BPSAB&S Sumbermaron yang melayani air bersih untuk warga dan difungsikan menjadi PLTMH (Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro).SBR MARON 2-2-2013 copy 3SBR MARON 2-2-2013copy4

Rombongan yang terdiri dari 60 orang diterima Muhammad Sayyid, Ketua BPSAB & S di kantor dilanjutkan kunjungan lapangan.

MINGGU 3 PEBRUARI 2013

Pengajian Hubbun Nabi

 DSC02984 copyPeringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar di Desa Balearjo, Minggu 3 Februari 2013, berlangsung meriah. Acara yang dipusatkan di Masjid Jami’ Darul Khoirot ini diisi dengan kegiatan shalawat dan pengajian yang disampaikan oleh Habib Abdullah bin Ali Ba’bud dari Malang. Di tempat berbeda pada hari yang sama juga dilaksanakan peringatan serupa. Kegiatan itu dipusatkan di TPQ Roudlotul Tholibin Dusun Krajan Desa Balearjo. Di sela peringatan itu dilaksanakan wisuda santriwan dan santriwati dan pengajian oleh Drs. K.H. Mustain dari Bululawang. Hadir dalam dua kegiatan itu Camat Pagelaran, Kasi Kessos, Kepala Desa dan alim ulama.

RABU 6  PEBRUARI 2013

PELATIHAN KADER PKK

DSC03128 copyDemi menigkatkan kemampuan para Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) PNPM Generasi Sehat dan Cerdas di Kecamatan Pagelaran maka digelar pelatihan.
Pelatihan ini dilaksanakan di Aula KPRI Guru Kecamatan Pagelaran mulai Rabu-Kamis (6-7 Februari 2013). Pada pelatihan itu tiap desa mengirimkan 2 perwakilan. KPMD memiliki tugas pokok untuk menggerakkan masyarakt dalam kegiatan PNPM termasuk menggali data awal sebelum kegiatan PNPM dilaksanakan.

RABU 6  PEBRUARI 2013

Pengajian Umum Meriah Di Karangsuko

Kemeriahan peringatan Maulid Nabi Muhammad juga terlihat di Desa Karangsuko. Peringatan di desa ini dipusatkan di DSC03136 copyhalaman SDN 02 Pagelaran. Pengajian ini diisi oleh Ustadz Isnandar dari Turen. Kegiatan yang digelar pada Rabu 6 Februari 2013 ini semakin meriah dengan ditampilkannya seni kerasi Islami oleh siswa-siswi SDN Karangsuko 02.

 

 

 

JUMAT 8 PEBRUARI 2013

MAULID DI BRONGKAL

Tak kalah dengan desa lain, pada Jumat, 8 Februari 2013 masyarakat Desa Brongkal juga menggelar peringatan Maulid Nabi yang dipusatkan di Pondok Pesantren Darut Tauhid, Yayasan Al Jenderami. Acara ini diisi dengan shalawat nabi dan dilanjutkan dengan pengajian umum dengan penceramah Ustadz Habib Husein bin Agil dari Kota Probolinggo dan Tuan Guru Syaikh H. Hafidz bin H. Slamet dari Malaysia.

SABTU 9 PEBRUARI 2013

PAMERAN SENI

DSC03279Siswa-siswi SMPN 1 Pagelaran memiliki cita rasa seni yang terus dikembangkan oleh sekolah. Salah satunya dengan menggelar Pameran Sehari Karya Seni yang dilaksanakan pada Sabtu, 9 Februari 2013. Pada kegiatan ini ditampilkan kreasi dan karya seni kelas VII sampai dengan kelas IX binaan Bapak Zainal. Kepala Sekolah SMPN 1 Pagelaran mengatakan agar kegiatan ini dapat menjadi salah satu ciri khas sekolah dan semakin mengangkat nama sekolah. Camat Pagelaran, Drs. Hari Krispriyanto, M.Si mengatakan kegiatan ini dapat rutin dilaksanakan sehingga dapat menjadi kebanggaan tersendiri.

MINGGU, 10 PEBRUARI

KHOTMIL QURAN

Peringatan maulid nabi muhammad juga diperingati di TPQ AL Haromain Desa Pagelaran, Minggu 10 Februari 2013. Kegiatan ini diisi dengan tausiyah dengan penceramah KH.Ghozali dari Malang

SELASA 12 PEBRUARI 2013

GEDUNG SERBA GUNA NAN MEGAH DI DESA KANIGORO

Desa Kanigoro kini memiliki gedung pertemuan yang megah. Gedung yang memiliki ukuran 12 x 36 x 10 m2 ini dibangun selama 1 tahun Dana yang diserap mencapai Rp 618.000.000,- berasal dari Dana Bantuan Kemitraan Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kab. Malang, APBDes Kanigoro dan swadaya masyarakat. Gedung ini diresmikan pada Selasa, 12 Februari 2013 usai di sela  pelaksanaan pengajian dalam rangka maulid nabi yang diisi dengan ceramah oleh KH. Abdul Aziz dari Bululawang.

KAMIS 14 PEBRUARI 2013

ANJANGSANA TP PKK

 Secara berkala Camat Pagelaran melakukan anjangsana ke desa-desa. Salah satunya saat melakukan anjangsana ke Desa Clumprit pada giat pertemuan rutin PKK. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua dan Pengurus TP. PKK Kecamatan Pagelaran dan Ketua dan Pengurus TP. PKK Desa se-Kecamatan Pagelaran. Kegiatan ini diawali dengan istighosah dan pembentukan jamaah istighosah Al Hidayah.DSC03404 copy

Rapat Rutin yang dilaksanakan pada Kamis, 14 Februari 2013 ini mengagendakan penangangan penyakit demam berdarah, pembinaan administrasi desa, persiapan kegaiatan Evaluasi  Kab/Kota Sehat TK. Nasional Tahun 2013 dan Persiapan Kegiatan Bina Desa di wilayah Kecamatan Pagelaran.

KAMIS 14 PEBRUARI 2013

Majelis An Nur Tambah Jamaah

Majelis Istighosah An Nur di lingkungan Kecamatan Pagelaran menggelar kegiatan rutin istighosah, pembacaan surat yasin dan tahlil serta ceramah agama pada Kamis, 14 Februari 2013. Kegiatan dipusatkan di rumah dinas Kecamatan Pagelaran. Jamaah Istighosah ini awalnya hanya terdiri dari karyawan-karyawati Kecamatan Pagelaran.DSC03341 copy

Namun dalam perkembangannya juga diikuti oleh jajaran Muspika, dinas/instansi, Kades dan Sekdes se-Kecamatan Pagelaran. Kegiatan rutin ini merupakan visi dan misi ke-2 Madep Manteb selain untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, juga untuk meningkatkan tali silaturahmi.

JUMAT 15 FEBRUARI 2013

CEGAH PENYEBARAN WABAH, FOGGING DUA DESA.

Dalam rangka pencegahan penyakit demam berdarah di wilayah Kecamatan Pagelaran, khususnya di wilayah Desa Suwaru dan Desa Banjarejo dilaksanakan penyemprotan (fogging) pada Jumat, 15 Februari 2013.

DSC03814 copyKegiatan tersebut dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kab. Malang dan UPTD Puskesmas Pagelaran. Masyarakat di dua desa tersebut juga terlibat aktif dalam kerja bhakti membersihkan lingkungan dan tempat-tempat yang berpotensi untuk menjadi sarang nyamuk Aedes Aegypti.

MINGGU 17 PEBRUARI 2013

Majlis Ta’lim wal Istighosah Asy Syahadah Semarakkan Maulid

Kegiatan keagamaan memang terasa begitu semarak di wilayah Kecamatan Pagelaran. Salah satunya yang terlihat pada kegiatan Majlis ta’lim wal istighosah Asy Syahadah dan pengajian umum dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan pada Minggu 17 Februari 2013.DSC03612 copy

Pada kegiatan yang digelar di kediaman Ustadz Bahruji Effendi ini, Camat Pagelaran mengatakan pentingnya untuk memperbanyak kegiatan keagamaan dan diharapkan kegiatan tersebut makin menjadikan manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Tausiyah pada pengajian ini diisi oleh KH.Abu Yazid Bustomi dari Kab.Pasuruan.

SENIN 18 PEBRUARI 2013

APEL KESADARAN NASIONAL

IMG_2449 copy

Jajaran Kecamatan Pagelaran melaksanakan Apel Kesadaran Nasional yang diikuti anggota Korpri dari dinas/intansi yang ada di wilayah Kec.Pagelaran pada Senin 18 Februari 2013. Dalam amanatnya, Camat Pagelaran menyampaikan tentang pengamanan Pilkades, antisipasi penyebaran wabah demam berdarah, pelaksanaan Musrenbang Kec. Pagelaran Tahun 2013, Musyawarah Antar Desa (MAD) dan kedisiplinan PNS.

SENIN 18 PEBRUARI 2013

MUSRENBANGCAM Dihadiri Tokoh-Tokoh Penting

Musrenbang Kecamatan Pagelaran dilaksanakan pada Senin 18 Februari 2013 dihadiri beberapa tokoh penting. Diantaranya anggota DPRD Kab. Malang Dapil I dan Tim Musrenbang Pemkab Malang dibawah koordinasi Bappeda Kab. Malang. DSC03696 copySelain itu hadir pula Ketua TP. PKK Kecamatan dan Desa, dinas/instansi, Tomas/Toga, jajaran PNPM Kec. Pagelaran dan delegasi Musrenbangkec / MAD Prioritas PNPM Kec. Pagelaran tahun 2013. Kegiatan ini diawali dengan laporan Sekcam sebagai ketua panitia Musrenbangcam tahun 2013 dilanjutkan sambutan Camat sekaligus membuka secara resmi kegiatan ini.
Pada kesempatan tersebut, dua anggota DPRD Kab. Malang Dapil I dan Kabid Pemerintahan dan Sosial Kab. Malang, Ir. Susmono menyampaikan paparannya. Selanjutnya acara diteruskan dengan musywarah dan tanya jawab dengan peserta musyawarah. Diskusi juga dilakukan pada masing-masing bidang yakni bidang sarana-prasarana, ekonomi dan sosial budaya.

 SENIN 18 Pebruari 2013

Pengajian At Taubah Digelar di Dusun JambigedeDSC03791 copy

Pengajian At Taubah, Senin, 18 Februari 2013, pukul 19.00 WIB kegiatan pengajian dilaksanakan di Masjid At Taubah Dusun Jambigede Desa Kanigoro. Dalam sambutannya, Camat Pagelaran mengatakan bahwa giat semaca ini merupakan salah satu cara untuk syiar Islam dan sesuai dengan visi dan misi Madep Manteb, yakni visi Agamis.
Diharapkan dengan kegiatan tersebut umat dapat meneladani sifat-sifat nabi Muhammad SAW. Bertindak sebagai penceramah dalam acara tersebut adalah KH.Kholili dari Pagak.

SENIN 18 Februari 2013

Dua Agenda Kegiatan Penting

Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan (Musrenbangkec) Tahun 2013 yang merupakan tindak lanjut pembahasan usulan prioritas dari musyawarah rencana pembangunan desa (Musrenbangdes) tahun 2013 dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Pagelaran hari Senin (18/02), selain membahas usulan Musrenbangdes juga dilaksanakan Musyawarah Antar Desa (MAD) Prioritas Usulan TA. 2013.

Musrenbangkec dipandu oleh tim musrenbang Kabupaten Malang, selaku Ketua Tim Musrenbang Kabupaten adalah Sdr. Ir. Susmono. Selain itu kegiatan musrenbangkec di hadiri Camat Pagelaran, Muspika, Kepala Desa se Kecamatan Pagelaran dan Tim  Delegasi Musrenbangdes yang terdiri dari Ketua BPD, Pelaku PNPM Desa dan Unsur Perempuan.

Acara Musrenbangkec diawali dengan Menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan Laporan Ketua Musrenbangkec yang disampaikan oleh Sekcam (Chandra Peni Setyowati, SH)  dan diteruskan dengan sambutan-sambutan yang pertama oleh Camat Pagelaran, Anggota DPRD Kabupaten Malang (Drs. Gatot Soeroj dan H. Basuni) dan di lanjutkan oleh Ketua Tim Musrenbang Kabupaten Malang.

Beberapa usulan yang dibahas dalam musrenbangkec adalah usulan prioritas yang di bahas pada musrenbangdes. Usulan dalam musrenbangdes terbagi dalam tiga bidang :

1. Bidang Sarana Prasarana,

2. Bidang Ekonomi,

3. Bidang Pemerintahan dan Sosial Budaya.

Usulan yang disepakati dalan musrenbangkec nantinya akan dibawa sebagai bahan usulan prioritas dalam musrenkab.

Selesai pembahasan musrenbangkec kegiatan dilanjutkan dengan Musyawarah Antar Desa (MAD) Prioritas Usulan TA. 2013 yang membahas tentang usulan-usulan dari Desa yang akan  di danai oleh PNPM Mandiri Perdesaan.

(LA_ch)

IMG_2528

 

 

 

 

 

 

 

SELASA 19 PEBRUARI 2013

Pagelaran Sambut Tim Monitoring Bank Dunia

Ibu Eka (Tim Monitoring Bank Dunia), Fedi (Faskab PNPM MPD Kab. Malang), dan Dwi (Asisten Faskab PNPM MPD Kab. Malang) melaksanakan monitoring pelaksanaan kegiatan PNPM di Kecamatan Pagelaran, Selasa, 19 Februari 2013. Lokasi sasarannya adalah desa-desa di wilayah Kecamatan Pagelaran. Kegiatan tersebut didampingi oleh Kasi Ekbang dan PP Kecamatan Pagelaran.

 SELASA 19 PEBRUARI 2013

Rapat Persiapan Pilkades

Dalam rangka persiapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kecamatan Pagelaran, dilaksanakan rapat koordinasi persiapan Pilkades. Dalam rapat yang dihadiri Camat, Sekcam, Kasi Pemerintahan Kec. Pagelaran dan ketua panitia Pilkades se-Kecamatan Pagelaran.DSC03811 copy DSC03808 copy
Pada kegiatan tersebut dibahas tentang rencana pelaksanaan fit and proper test bakal calon kades yang akan dilaksanakan pada 11 Maret 2013. Para penguji fit and proper test tersebut ditetapkan terdiri dari Bagian Tata Pemdes, Bagian Hukum, Muspika, UPTD TK, SD dan PLS serta UPTD Puskesmas dan KUA). Hal lain yang dibahas adalah giat penetapan Bacakades menjadi Cakades, undian nomor urut Cakades dan penyampaian visi misi Cakades yang akan dilaksanakan di masing-masing desa.

KAMIS 21 PEBRUARI 2013

Jelang Evaluasi Kab/Kota Sehat

Jelang Evaluasi Kab/Kota Sehat Tingkat Nasional maka dilaksanakan rapat koordinasi pada Kamis, 21 Februari 2013 yang dihadiri Camat, para Kasi Kecamatan, DSC03853 copyKepala UPTD/ instansi terkait, kepala desa lokasi dan Ketua Forum Kab/Kota Sehat Kab.Malang. Dalam rapat tersebut dibahas mengenai persiapan Desa Karangsuko sebagai lokus utama penilaian. Lokasi yang akan menjadi sasaran penilaian antara lain Badan Pengelola Sanitasi dan Air Bersih Sumbermaron, SDN Karangsuko 02 dan Bina Keluarga Remaja Ponpes AL Khoirot. Hal lain yang menjadi pembahasan dalam rapat adalah tentang pembinaan desa sehat di Desa Karangsuko, Desa Pagelaran, Sidorejo, Clumprit dan Suwaru. Penilaian tim dari pusat direncanakan akan dilaksanakan sekitar Juni 2013.

KAMIS 28 PEBRUARI 2013

Tertib Penyelenggaraan Pemerintahan

Dalam rangka pembinaan aparat pemerintah, Inspektorat Kabupaten Malang melaksanakan pemeriksaan di wilayah Kecamatan Pagelaran. Hal-hal yang diperiksa antara lain: pelaksanaan pengelolaan APBDes TA.2012 di seluruh desa di wilayah Kec. Pagelaran dan pemeriksaan atas pengelolaan anggaran kepegawaian dan aset pada SKPD Kecamatan (PKPT Th.2013).IMG_2612 copy
Tim Inspektorat dipimpin oleh Irban Wilayah II, Ir. Ahmad Wahyudi, M.Si bersama 6 orang anggota yang mendampingi. Pemeriksaan ini berlangsung selama 2 hari, mulai 28 Februari hingga 1 Maret tahun 2013.

“OLAH RAGA UNTUK SEHAT”

Pagelaran, 17 Pebruari 2013

“ Olah raga untuk menjaga kesehatan, sehingga bisa menghemat uang” Kata Bupati Malang, Rendra Kresna dalam sambutan pemberangkatan kegiatan Jalan Santai yang di gelar dalam rangka Sosialisasi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Generasi Sehat dan Cerdas Tahun 2013 Kecamatan Pagelaran(17/02/13).

“Kegiatan seperti ini, diharapkan bisa di ikuti oleh seluruh warga untuk menjaga kesehatannya” sambung Rendra Kresna, yang sambut tepuk tangan dan teriakan semangat oleh para peserta Jalan Sehat.

Sebelumnya Camat Pagelaran selaku ketua Panitia Jalan sehat ini memberikan laporan kepada Bapak Bupati dan Para peserta dengan mengucapkan terima kasih atas antusias dan partisipasi warga masyarakat dalam kegiatan Jalan santai ini.

Jalan Santai yang ditempatkan di Lapangan Desa Pagelaran ini diikuti oleh seluruh Kepala  Desa, Perangkat Desa, serta warga belajar dari TK sampai SMU serta warga Masyarakat se Kecamatan Pagelaran dengan dihiburan Elektone dari Desa Clumprit.

Kegiatan Jalan Sehat tanpa di pungut biaya pendaftaran ini berlangsung meriah dengan rute menempuh jarak kurang lebih 2 Km, mengelilingi kampun di yang ada di Desa Pagelaran. Sambutan warga disepanjang rute Jalan Sehat sangat meriah karana Bapak Bupati juga ikut jalan bersama para peserta.

Beberapa hadiah yang telah disiapkan panitia Jalan Sehat ini diantaranya berbagai macam doorprise dengan hadiah Utama Sepeda Gunung serta sebuah Televisi 21 Inchi yang di persembahkan oleh Bank Jatim. Dan acara berakhir sekitar pukul 11.00 WIB dengan pemenang hadiah utama Sdr Supardi dari Desa Pagelaran, Secara simbolis Hadiah diserahkan oleh perwakilan dari Bank Jatim.

(LA_ch)

Jalan Santai

Jalan Santai

MUSRENBANGDES : “FASE AWAL PERENCANAAN PEMBANGUNAN TAHUN 2014”

Kegiatan rutinitas yang di lakukan setiap awal tahun dan sudah tidak asing lagi bagi warga masyarakat yaitu “MUSRENBANGDES” (Musyawarah Pembangungan Desa) yang merupakan usulan kegiatan pembangunan di desa dan akan menjadi rujukan Pemerintah untuk menentukan kebijakan pembangunan di tahun berikutnya.

Kecamatan Pagelaran yang terdiri dari 10 Desa tak luput juga menjadi agenda rutin untuk melaksanakan Musrenbangdes. Kegiatan tersebut di hadiri sekaligus di pandu tim Musrenbang dari Kecamatan Pagelaran yang terdiri dari : Muspika, Staf Kecamatan serta Dinas Instansi yang ada di Kecamatan Pagelaran.

Dalam Musrenbangdes, usulan-usulan yang muncul di bagi dalam 3 kategori bidang, yaitu Bidang Ekonomi, Bidang Sosial Budaya dan Bidang Sarana Prasarana.

Musrenbangdes di hadiri oleh BPD, LPMD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Tokoh Perempuan dan Seluruh Ketua RT/RW.

Diharapkan usulan dalam musrenbangdes merupakan usulan prioritas yang bermanfaat bagi seluruh warga masyarakat, khusunya warga masyarakat Desa dan warga Kecamatan Pagelaran pada umumnya.

Adapun jadwal pelaksanaan Musrenbangdes di Desa-desa di Kecamatan Pagelaran sebagai berikut :

  1. Desa Clumprit dilaksanakan pada tangal 28 Januari 2013
  2. Desa Sidorejo dilaksanakan pada tangal 28 Januari 2013
  3. Desa Suwaru dilaksanakan pada tanggal 29 Januari 2013
  4. Desa Banjarejo dilaksanakan pada tanggal 30 Januari 2013
  5. Desa Brongkal dilaksanakan pada tanggal 30 Januari 2013
  6. Desa Karangsuko dilaksanakan pada tanggal 31 Januari 2013
  7. Desa Pagelaran dilaksanakan pada tanggal 31 Januari 2013
  8. Desa Kanigoro dilaksanakan pada tanggal 01 Pebruari 2013
  9. Desa Balearjo dilaksanakan pada tanggal  04 Pebruari 2013
  10. Desa Kademangan dilaksanakan pada tanggal 04 Pebruari 2013

 

Tempat pelaksanaan musrenbangdes di balai Desa masing-masing.

(LA_ch).

MAD SOSIALISASI PNPM GENERESI SEHAT & CERDAS KECAMATAN PAGELARAN TAHUN 2013

Perencanaan Program PNPM Generasi Sehat dan Cerdas Tahun 2013 sekaligus Evaluasi Program Tahun 2012 di Kecamatan Pagelaran, dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Pagelaran dalam bentuk Musyawarah Antar Desa (MAD).

Acara MAD di hadiri oleh Muspika, Fasilitator Kabupaten (Faskab), Jajaran Pengurus PNPM Tingkat Kecamatan, Kepala Desa se Kecamatan Pagelaran dan Para Pelaku PNPM Desa Se Kecamatan Pagelaran.

Evaluasi terhadap program yang telah di laksanakan pada tahun 2013 menjadi acuan dan referensi terhadap usulan program PNPM Generasi Sehat dan Cerdas Tahun 2013,

“Di harapkan dengan adanya evaluasi ini program PNPM  tahun berikutnya bisa menjadi lebih baik” ucap Camat Pagelaran dalam acara pembukaan MAD Sosialiasai Generasi Sehat dan Cerdas.

(LA_ch)

Dua Bahasa