Monthly Archives: April 2013

0 845

Sosialisasi Hasil Coffee Morning

Hasil Coffee morning yang dilaksanakan pada pada hari Senin (29/4) langsung disosialisakan oleh Camat Pagelaran pada Selasa, 30 April 2013 di Ruang Kerja Camat Pagelaran.IMG_5414 copy

Sosialisasi tersebut diikuti oleh Kepala UPTD Puskesmas, Kepala UPTD TK, SD dan PLS (diwakili Kepala TU), Kepala UPTD SMP Negeri 1 Pagelaran (diwakili Kepala TU), Kepala UPT Balai Penyuluhan (diwakili Penyuluh), Kepala UPTD Sumber Daya Air dan Irigasi, PPLKB, Petugas Teknis Peternakan dan Kesehatan Hewan, Petugas TP PBB DPPKA dan PPTOK DPPKA.

Beberapa hal yang disampaikan dalam kegiatan tersebut antara lain adalah :

  • Tindak lanjut dari Catatan Strategis DPRD Kabupaten Malang atas LKPJ Bupati Malang Tahun 2012
  • Tindak lanjut atas Hasil Pemeriksaan BPK RI di Pemerintah Kabupaten Malang Tahun Anggaran 2012
  • Kedisiplinan kerja para karyawan/karyawati, baik yang PNS maupun non PNS yang bertugas di wilayah Kecamatan Pagelaran
  • Perlunya kebersamaan antara pimpinan instansi dengan karyawan/karyawati di lembaga tersebut
  • Peningkatan kinerja di dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat
  • Pemantauan pendistribusian Raskin di wilayah kecamatan

 

Diharapkan semakin terjalin hubungan yang baik antara kecamatan dengan jajaran SKPD di wilayah Kecamatan Pagelaran, termasuk menyatukan kata dan perbuatan  di dalam mendukung tercapainya Visi Kabupaten Malang MADEP MANTEB di bawah kepemimpinan Bupati Malang Bapak H. Rendra Kresna.

Pendistribusian Raskin Alokasi Bulan April 2013

Sebagai salah satu perhatian pemerintah, termasuk di dalamnya Pemerintah Kabupaten Malang terhadap masyarakat miskin di Kabupaten Malang pada umumnya dan Kecamatan Pagelaran pada khususnya, proses pendistristribusian Beras untuk Masyarakat Miskin (Raskin) Tahun 2013 untuk alokasi bulan April telah dilaksanakan dengan lancar dan tertib pada hari Selasa (30/4).

Pendistribusian yang dilaksanakan kali ini merupakan program percepatan, mengingat Raskin Alokasi bulan Januari 2013 baru dibagikan pada bulan Maret yang lalu dan pada akhir April ini Raskin untuk alokasi bulan April  telah berhasil dituntaskan atau terbagi. Diharapkan pendistribusian Raskin untuk alokasi bulan berikutnya dapat berjalan sesuai dengan bulan yang yang bersangkutan.

Raskin tersebut telah dikirimkan oleh petugas dari Sub Divre Bulog Malang ke masing-masing kantor desa se Kecamatan Pagelaran dan selanjutnya oleh para petugas pendistribusian desa dibagikan ke warga miskin yang berhak menerima Raskin, di masing-masing desa.

Jumlah Raskin yang dibagikan untuk alokasi bulan April 2013 adalah sebanyak 58.650 kilogram atau diperuntukkan untuk 3.910 Rumah Tangga Miskin, dengan harga per kilogramnya sebesar Rp. 1.600,-. Masing-masing Rumah Tangga Miskin berhak menerima 15 kilogram beras setiap bulannya. Dengan dibagikannya Raskin tersebut,  diharapkan akan dapat membantu  masyarakat miskin di Kecamatan Pagelaran, sehingga mereka dapat terbantu beban kehidupannya, khususnya dalam hal pemenuhan kebutuhan di bidang pangan, mengingat saat ini harga per kilogram beras tersebut jauh lebih murah dibanding dengan beras non Raskin, yaitu dijual Rp. 1.600,- per kilogramnya.

Ribuan Jamaah Padati  Haulus Sananiyah

Satu lagi kegiatan keagamaan yang bernuasa Islami dilaksanakan pada minggu keempat bulan April 2013 ini, yaitu Haulus Sananiyah Al Habib Salim bin Salim Muhammad Barakwan. Kegiatan yang berlangsung pada hari Sabtu (27/4) tersebut dilaksanakan di Masjid Jami’ Darul Khairat Desa Banjarejo serta diikuti oleh jamaah Majlis Maulid Watta’lim Riyadlul Jannah se Malang Raya.DSC04087 copy

Pada kegiatan yang dipimpin oleh Gus Abdul Rokhim tersebut, hadir ribuan jamaah Majlis Maulid Riyadlul Jannah. Tidak hanya berasal dari Kecamatan Pagelaran, tetapi juga dari wilayah-wilayah lain di Malang Raya.

Kelangkaan Bahan Bakar Minyak Jenis Solar

Kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar yang beberapa waktu terakhir terjadi di seluruh wilayah Indonesia, juga terjadi di wilayah Kabupaten Malang termasuk juga di Kecamatan Pagelaran. Apabila pasokan solar telah dikirim ke SPBU-SPBU, termasuk SPBU di Desa Banjarejo, maka puluhan kendaraan yang telah antri langsung menyerbu untuk mengisi kendaraan dengan bahan bakar tersebut. Dalam waktu yang tidak terlalu lama BBM jenis solar itu pun ludes diserbu pembelinya.

Terkait dengan kelangkaan solar tersebut, termasuk terdapat di  SPBU Banjarejo,  berdasarkan pemantauan Muspika Pagelaran sampai hari Sabtu (27/4), keadaan tersebut tidak sampai menyebabkan suatu permasalahan.

Walaupun antrean kendaraan yang akan membeli solar cukup panjang, tetapi situasi tetap aman dan tertib, semuanya antri sesuai dengan urutannya, meskipun pasokan solarnya belum datang. Situasi aman dan tertib itu juga ditunjang dengan adanya pengawasan dan penjagaan SPBU tersebut oleh aparat keamanan dari Polsek Pagelaran dan Koramil 0818/36 Pagelaran serta pemantauan dari petugas Kecamatan Pagelaran, sehingga tidak sampai menimbulkan permasalahan yang tidak diinginkan.DSC01069 copy

Diharapkan di dalam beberapa hari ke depan, kelangkaan BBM jenis solar  tersebut akan dapat segera teratasi dengan baik, sehingga tidak akan menimbulkan keresahan di kalangan masyarakat. Hal itu cukup beralasan, mengingat apabila hal tersebut terjadi dalam waktu cukup lama akan dapat mempengaruhi pula kondisi perekonomian, mengingat dari kendaraan-kendaraan yang antri tersebut sebagian besar adalah kendaraan niaga seperti truk dan pick up, dimana hal tersebut bisa menimbulkan kerugian di antara para pelaku usaha.

Rally Wisata Madep Manteb Berbagi Tahun 2013

Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Jadi ke 1252 Kabupaten Malang, Pemerintah Kabupaten Malang mengadakan kegiatan Rally Wisata Jeep Madep Manteb Berbagi. Kegiatan ini seharusnya akan dilaksanakan pada bulan Nopember 2012 lalu, tetapi karena padatnya kegiatan Pemerintah Kabupaten Malang baru dilaksanakan hari Sabtu (27/4) yang lalu.IMG_5130copy

Walaupun kegiatan tersebut sempat tertunda, tetapi hal tersebut tidak mengurangi kemeriahannya. Lebih dari seratus kendaraan model jeep, yang pesertanya berasal dari SKPD Pemerintah Kabupaten Malang dan peserta dari luar tersebut mengikuti kegiatan yang berjarak tempuh 105 km. Pemberangkatan kegiatan tersebut dilepas oleh Bupati Malang Bapak H. Rendra Kresna di Perumahan Singhasari Residence, Desa Klampok Kecamatan Singosari dan berakhir di garis finish Pantai Wisata Balekambang Desa Srigonco Kecamatan Bantur.

Rute perjalanan rally wisata ini adalah Kecamatan Singosari, Kecamatan Karangploso, Kecamatan Dau, Kecamatan Wagir, Kecamatan Ngajum, Kecamatan Kepanjen, Kecamatan Pagak, Kecamatan Donomulyo dan Kecamatan Bantur.IMG_5124 copy

Di tengah-tengah pelaksanaan kegiatan, seluruh rombongan rally wisata juga tidak lupa untuk membagikan bantuan paket sembako bagi masyarakat kurang mampu pada rute yang dilintasi kegiatan ini, tidak ketinggalan pula tim Kecamatan Pagelaran yaitu di Desa Pandanrejo Kecamatan Pagak serta Desa Bandungrejo dan Desa Srigonco Kecamatan Bantur.

Di dalam ini, Kecamatan Pagelaran juga tidak ketinggalan berpartisipasi dalam memeriahkan acara tersebut dengan menurunkan dua kendaraan model jeep, Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. mengikuti kegiatan tersebut, diikuti juga oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Pageran Dyah Hari Krispriyanto, SE, Kasi Ketentraman dan Ketertiban Umum Mariono, SAP, MM, Kasi Kessos dan Kepemudaan Agus Bukhori, S.Pd., Kasi Pemerintahan Abdullah, Kasubag Umum dan Kepegawaian Sulasmianto dan Bendahara Kecamatan Juni Triwiyoso, SH.

Tim Pagelaran mulai berangkat dari garis start di Perumahan Singhasari Residence pada pukul 07.45 WIB, berhasil melalui rute yang telah ditetapkan oleh panitia dan berhasil masuk garis finish di Pantai Wisata Balekambang pada pukul 13.00 WIB.

Jalan Sehat Keluarga Besar Pendidikan

Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2013, keluarga besar jajaran pendidikan di Kecamatan Pagelaran mengadakan kegiatan olah raga bersama, bertempat di UPTD TK, SD dan PLS Kecamatan Pagelaran hari Sabtu (27/8).DSC04015 copy

Kegiatan tersebut diawali dengan senam pagi bersama yang diikuti oleh para tenaga pendidik, tenaga administrasi dan para siswa-siswi yang mengikuti kegiatan tersebut, bertempat di halaman kantor UPTD TK, SD dan PLS Kecamatan Pagelaran. Setelah itu  dilanjutkan dengan kegiatan jalan sehat santai, dengan start dan finish di kantor UPTD TK, SD dan PLS Kecamatan Pagelaran.DSC04009 copy

Kegiatan yang berlangsung meriah ini, dilepas oleh Camat Pagelaran yang pada kegiatan tersebut diwakili oleh Sekretaris Camat Pagelaran Chandra Peni S., SH dan Kepala UPTD TK, SD dan PLS Kecamatan Pagelaran Agus Sumarno, S.Pd., M.Pd.

Majelis Maulid Watta’lim Al Busro Kecamatan Pagelaran

Shalawat Nabi terus berkumandang, seperti halnya yang dilaksanakan di Jalan Sultan Agung, Desa Pagelaran oleh para jamaah Majlis Maulid Watta’lim Al Busro pada Jumat, 26 April 2013

Kegiatan keagamaan memang menjadi suatu hal rutin yang sering  dilaksanakan di wilayah Kecamatan Pagelaran, mengingat banyak sekali ulama, pondok pesantren serta santri dan santriwati di wilayah ini, sehingga kegiatan yang bernuasa keagamaan dan sesuai dengan visi kedua Pemerintah Kabupaten Malang yaitu Agamis menjadi sesuatu yang biasa dilaksanakan di Kecamatan Pagelaran, termasuk seperti yang dilaksanakan oleh jamaah Majlis Watta’lim Al Busro ini.

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh Kasi Kessos dan Kepemudaan Kecamatan Pagelaran Agus Bukhori, S.Pd. mewakili Camat Pagelaran, bertindak sebagai penceramah dalam majlis tersebut adalah K.H. Lutfi dari Malang dan Habib Bakir dari Malang.

 Safari Jumat Forkuma Di Desa Karangsuko

Kegiatan Safari Jumat Forum Komunikasi Ulama dan Umaro (Forkuma) Kecamatan Pagelaran berlangsung pada hari Jumat (26/4), bertempat di Masjid Al-Mubarok, Sumbertaman, Desa Karangsuko.

Kegiatan tersebut selain dihadiri oleh para ulama dan pengurus Forkuma Kecamatan Pagelaran, juga dihadiri oleh jajaran Kecamatan Pagelaran, yaitu Camat Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si., Kasi Kessos dan Kepemudaan Agus Bukhori, S.Pd., Kasi Ketentraman dan Ketertiban Umum Mariono, SAP, MM dan Kasubag Umum dan Kepegawaian Sulasmianto. Selain itu beberapa perwakilan Dinas/Instansi di Kecamatan Pagelaran juga hadiri pada kesempatan tersebut.DSC01025copy

Kegiatan tersebut diawali dengan kegiatan khotbah Jumat yang disampaikan oleh khotib K.H. Surawi dari Desa Kanigoro, yang sekaligus juga merupakan pengurus Forkuma Kecamatan Pagelaran. Beliau pulalah yang bertindak sebagai imam pada kegiatan Sholat Jumat di Masjid Al-Mubarok tersebut.

Seusai sholat, Camat Pagelaran dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal, antara lain, pertama bahwa kegiatan yang bernuasa visi kedua Pemerintah Kabupaten Malang yaitu Agamis ini dapat terus dilangsungkan terus sampai kapanpun juga, sehingga dengan kebersamaan tersebut diharapkan visi ketujuh dan kedelapan yaitu Aman dan Tertib juga dapat tercapai di Kecamatan Pagelaran pada umumnya dan Desa Karangsuko pada khususnya.

Kedua, disampaikan ucapan terimakasih kepada semua komponen atas terselenggaranya kegiatan Pilkades yang dilaksanakan serentak pada tanggal 6 April 2013 dan dapat berjalan dengan aman, tertib dan damai di wilayah Kecamatan Pagelaran. Ketiga, Camat juga mengajak kepada seluruh jamaah yang hadir untuk ikut mendoakan kepada para putera-puterinya, khususnya yang sudah dan akan mengikuti Ujian Nasional (UN), baik tingkat SMA atau sederajat, SMP atau sederajat dan SD atau sederajat, sehingga diharapkan mereka bisa mendapatkan prestasi semaksimal mungkin seperti yang mereka harapkan. Keempat, bagi para penduduk yang sampai saat ini belum melakukan perekaman data E-KTP supaya segera datang ke kantor Kecamatan Pagelaran, mengingat kegiatan tersebut masih bebas biaya atau gratis sampai akhir Juni 2013.

Sebelum kembali ke aktivitas masing-masing, tim Forkuma Kecamatan Pagelaran dijamu oleh K.H. Muhaimin di kediamannya pada acara ramah tamah beserta para tokoh agama dan tokoh masyarakat di Desa Karangsuko.

 Rapat Koordinasi Bersama Kepala Desa

DSC00982 copyUsai melaksanakan Pilkades serentak, Camat Pagelaran melaksanakan Rakor pertama bersama Kepala Desa se-Kecamatan Pagelaran pada Jumat, 26 April 2013 Ruang Kerja Camat Pagelaran. Beberapa hal yang dibahas di dalam rapat koordinasi tersebut antara lain adalah :

  • Pembentukan Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) masa bhakti tahun 2013 sampai dengan tahun 2019
  • Persiapan pencairan dana Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun Anggaran 2013 Tahap I (30%)
  • Persiapan pencairan Penghasilan Aparatur Pemerintah Desa Tahun Anggaran 2013
  • Pelaksanaan pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Tahun 2013

Doa Bersama Siswa SD Hadapi Unas

Guna mempersiapkan mental para siswa dan siswi siswi SD dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) menghadapi Ujian Nasional khususnya bagi mereka yang beragama Islam, pada hari Jumat (26/4), bertempat di Masjid Pondok Pesantren Shalahuddin Desa Banjarejo telah dilaksanakan kegiatan Doa Bersama para siswa dan siswi SD/MI se Kecamatan Pagelaran.IMG_5081 copy

Dalam kegiatan yang dihadiri Kepala TU UPTD TK, SD dan PLS Kecamatan Pagelaran, Pengawas TK dan SD di Kecamatan Pagelaran serta para Kepala SD/MI serta Pengajar SD/MI se Kecamatan Pagelaran, patra siswa dan siswi tersebut secara khusuk memanjatkan doanya kepada Allah SWT, memohon agar ujian yang akan mereka ikuti dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan nilai atau prestasi terbaik seperti yang mereka inginkan. Kegiatan tersebuit dipandu oleh Sdr. Sodik, S.Pd., Kepala SD Negeri Kanigoro 4.

Selain doa bersama bagi siswa dan siswi yang beragama Islam, bertempat di SD Negeri Suwaru, juga berlangsung kegiatan serupa yang diikuti oleh para siswa dan siswi SD di Kecamatan Pagelaran yang beragama Kristen dan Katolik. Kegiatan tersebut dipandu oleh Kepala UPTD TK, SD dan PLS Kecamatan Pagelaran, Drs. Agus Sumarno, M.Pd. serta para guru agama Kristen dan Katolik pada SD di wilayah Kecamatan Pagelaran.IMG_5091 copy

Di dalam kegiatan yang berlangsung pada dua tempat tersebut, Camat Pagelaran yang pada saat bersamaan juga mengadakan kegiatan pengajian rutin di Rumah Dinas Camat Pagelaran, diwakili oleh Kasubag Umum dan Kepegawaian Kecamatan Sulasmianto dan Nurdiansyah Wicaksono (Staf Seksi Kessos dan Kepemudaan Kecamatan Pagelaran)

Pengajian Rutin An-Nur

Untuk kesekian kalinya, setiap tiga minggu sekali, bertempat di Rumah Dinas Camat Pagelaran, pada hari Jumat (26/4) telah dilaksanakan Pengajian Rutin An-Nur. Kegiatan tersebut diikuti oleh para karyawan dan karyawati Kecamatan Pagelaran, Dinas/Instansi se Kecamatan Pagelaran, Kepala Desa dan Sekretaris Desa se Kecamatan Pagelaran serta jajaran PNPM Kecamatan Pagelaran serta PPK dan Panwaslu Pemilukada dan Wakada Provinsi Jawa Timur Kecamatan Pagelaran.DSC00942

Dalam kegiatan pembukaannya, Camat Pagelaran, Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. berharap agar pelaksanaan kegiatan pengajian tersebut dapat menjadi salah satu sarana peningkatan keimanan dan ketakwaan para karyawan dan karyawati serta peserta pengajian lainnya kepada Allah SWT, mengingat hal tersebut juga merupakan salah satu perwujudan Visi Kabupaten Malang kedua yaitu Agamis. Selain itu dengan kegiatan tersebut diharapkan agar semangat silaturahmi antara peserta pengajian dapat semakin terjalin dengan erat, sehingga hal tersebut secara tidak langsung akan dapat pula memperlancar proses koordinasi dan pelaksanaan tugas di wilayah Kecamatan Pagelaran.

Bertindak sebagai petugas dalam kegiatan pengajian rutin kali ini adalah H. Abdul Bakri, S.Ag. (Sekretaris Desa Balearjo sebagai pemandu pembacaan Istighosah), Muhidin, BA (Staf KUA Kecamatan Pagelaran sebagai pemandu pembacaan Surat Yasin dan Tahlil), Agus Bukhori, S.Pd. (Kasi Kessos dan Kepemudaan Kecamatan Pagelaran sebagai penceramah) dan Drs. Arief Taufik, BA, BRs (Ketua Panwaslu Pemilukada Provinsi Jawa Timur Kecamatan Pagelaran sebagai pembaca doa).

Setelah pelaksanaan acara inti, pelaksanaan kegiatan pengajian rutin tersebut ditutup dengan acara ramah tamah dengan para peserta atau jamaah yang hadir pada kesempatan tersebut.

Peringati Hari Kartini

Bertempat di gedung SD Negeri 2 Pagelaran, pada hari Kamis (25/4) telah dilaksanakan kegiatan pertemuan anggota Dharma Wanita Persatuan UPTD TK, SD dan PLS, yang diikuti oleh kurang lebih 150 anggotanya. Selain itu, kegiatan tersebut dihadiri pula oleh Sekcam Pagelaran (sekaligus mewakili Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Pagelaran), Kepala UPTD TK, SD dan PLS Kecamatan Pagelaran.IMG_1618 copy IMG_1604copy

Pertemuan anggota kali ini mempunyai keistimewaan tersendiri bagi kaum wanita, mengingat diadakan bersamaan dengan peringatan Hari Kartini, yang pada saat ini bertemakan ”Dengan Semangat Hari Kartini Kita Tingkatkan Kesehatan Kaum Indonesia”. Selain dibacakanb sejarah singkat dari R.A. Kartini, beberapa kegiatan dilaksanakan pula dalam kegiatan peringatan Hari Kartini di jajaran UPTD TK, SD dan PLS, yaitu :

  • Pemilihan Wanita Kartini Masa Kini, yang pesertanya berasal dari anggota Dharma Wanita yang hadir dan berhasil terpilih sebagai juara adalah Ibu Yuni (Guru SD Negeri Suwaru), Ibu Yeni (Guru SD Negeri Brongkal) dan Ibu Taufiq (Guru SD Negeri Karangsuko)
  • Sosialisasi tentang Kesehatan Wanita Dalam Mengantisipasi Kanker Leher Rahim, dengan narasumber dr. Sri Kartika (Dokter Fungsional dari UPTD Puskesmas Gondanglegi)

Studi Banding Pemkab Tasikmalaya

Kecamatan Pagelaran sebagaiIMG_5021 kecamatan termuda di wilayah Kabupaten Malang ternyata tidak kalah dengan kecamatan-kecamatan lainnya di Kabupaten Malang. Selain produksi pertaniannya yang menjadi salah satu keunggulan di Kecamatan Pagelaran, produk unggulannya pun juga menjadi salah satu daya tarik bagi bagi mereka di luar Kecamatan Pagelaran maupun Kabupaten Malang.IMG_5001

Hal tersebut di atas yang menjadi salah satu perhatian dari para tamu sebanyak 10 orang yang berasal dari Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat, yang tengah melaksanakan kunjungan kerja di Pemerintah Kabupaten Malang pada hari Kamis (25/4).

Salah satu yang ingin mereka ketahui dan pelajari di Kecamatan Pagelaran adalah ingin melihat proses produksi pembuatan kripik dan jenang/dodol di home industri milik Bapak Sugeng di Desa Suwaru dan produksi pembuatan minuman sari salak ”Salger” di Desa Kademangan.

Dalam kunjungan tersebut, para tamu dari Kabupaten Tasikmalayat berharap agar di wilayahnya, dapat ikut melakukan usaha pengolahan hasil pertanian lebih lanjut sebagaimana yang dilakukan di Kabupaten Malang. Sehingga dapat ikut membuka lapangan kerja bagi masyarakatnya serta ikut meningkatkan taraf hidup masyarakat di wilayahnya seperti yang telah terlaksana di Kecamatan Pagelaran.

Selama melihat proses produksi pembuatan produk olahan dari bahan dasar pertanian tersebut, para tamu tersebut didampingi oleh Sekretaris Camat Pagelaran, Chandra Peni Setyowati, SH, Kasi Ekbang dan Pemberdayaan Perempuan Kecamatan Pagelaran Sutini, S.Sos. serta Kasubag Umum dan Kepegawaian Kecamatan Pagelaran Sulasmianto, mewakili Camat Pagelaran yang pada saat yang bersamaan sedang mengikuti Rapat Sosialisasi Proyek Percontohan Pelayanan Satu Atap (PSA) Strategi Perlindungan Sosial di Kabupaten Malang, bertempat di Ruang Rapat Bappeda Kabupaten Malang.

Pelatihan Pengembangan Metode SRI

Sebagai salah satu upaya meningkatkan produksi pertanian, khususnyIMG_5053a produksi padi di wilayah Kecamatan Pagelaran, Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Malang pada Tahun Anggaran 2013 ini melaksanakan program Pelatihan/Sosialisasi Metode SRI bagi para petani di Desa Sidorejo dan Desa Clumprit.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Rabu (24/4) bertempat di Balai Desa Sidorejo dan dihadiri pula oleh Kasi Ekbang dan Pemberdayaan Perempuan Kecamatan Pagelaran Sutini, S.Sos serta Kasi Ketentraman dan Ketertiban Umum Kecamatan Pagelaran Mariono, SAP, MM, mewakili Camat Pagelaran yang pada saat yang sama sedang menghadiri kegiatan Sosialisasi Kamtibmas Menjelang Pelaksanaan Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Provinsi Jawa Timur Tahun 2013, bertempat di Pendopo Agung Kabupaten Malang.

Dalam sambutannya, Camat Pagelaran yang diwakili oleh Kasi Ekbang dan Pemberdayaan Perempuan, menyatakan bahwa penanaman padi dengan metode SRI selama ini telah dirasakan hasilnya secara maksimal oleh para petani di kedua desa tersebut, sehingga akan diharapkan akan dapat mengangkat tingkat pendapatan para petani di Kecamatan Pagelaran, khususnya di Desa Sidorejo dan Desa Clumprit. Selain itu penanaman padi dengan metode SRI telah menjadi semacam trade mark bagi para petani di kedua desa tersebut, sehingga secara tidak langsung menjadi salah satu produk unggulan bagi Desa Sidorejo dan Desa Clumprit.

Kunjungan Tim International Labour Organization (ILO)

Sebagai salah satu di antara 2 kecamatan yang akan dipakai dsebagai kasi Percontohan Pelayanan Satu Atap (PSA) Strategi Perlindungan Sosial di Kabupaten Malang, pada hari Selasa (23/4), Kecamatan Pagelaran telah menerima kunjungan Tim International Labour Organization (ILO) yaitu Bapak Muhammad Tauvik dan Ibu Ratnawati Muyanto.IMG_4953

Maksud kunjungan tersebut adalah sebagai penjajakan awal sebelum program kegiatan pelaksanaan percontohan Pelayanan Satu Atap (PSA) yang merupakan salah satu kegiatan ILO tersebut dilaksanakan di Provinsi Jawa Timur, khususnya di Kabupaten Malang.

Sebelum melaksanakan kunjungan ke lapangan, Tim ILO tersebut telah melakukan diskusi terlebih dahulu dengan Camat Pagelaran, Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. di ruang Bidang Perencanaan Pembangunan Pemerintahan dan Sosial Budaya Bappeda Kabupaten Malang terkait gambar wilayah dan kesiapan Kecamatan Pagelaran di dalam mempersiapkan diri menerima program PSA tersebut.ILO 24-4-2013 (3)

Di dalam kunjungannya di wilayah Kecamatan Pagelaran, Tim ILO diterima dan berdiskusi dengan jajaran SKPD di Kecamatan Pagelaran, yaitu dengan Kepala UPTD Puskesmas PagelaIMG_4970ran dr. Budi Lestariati, Kepala UPT Balai Penyuluhan Kecamatan Pagelaran Ir. Suwardi Budhi Santoso dan Kepala UPTD TK, SD dan PLS Kecamatan Pagelaran, yang diwakili Kepala TU nya Achmad Fauzi, S.Pd. Selain berdiskusi di UPTD Puskesmas, Tim ILO tersebut juga melakukan peninjauan lapangan ke kantor UPT Balai Penyuluhan Kecamatan Pagelaran dan ke kantor Kecamatan Pagelaran.

UNAS SMP DAN MTs Diikuti 18 Sekolah

Hari Senin sampai Kamis (22-25/4), seluruh SMP dan MTs se Indonesia melaksanakan Ujian Nasional Tahun Ajaran 2012/2013, termasuk  18 SMP dan MTs yang ada di wilayah Kecamatan Pagelaran.IMG_4941

Camat Pagelaran, Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. berharap agar semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Ujian Nasional mengerti tugas masing-masing.”

Apakah itu penyelenggara, pengawas ruangan, pengawas independen, peserta dapat dapat memahami tugas dan porsi masing-masing, sehingga pelaksanaan kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik,” katanya.

Terkait dengan soal-soal Ujian Nasional dipastikan akan aman di dalam penyimpanannya karena melibatkan aparat kepolisian (Polsek) di dalam pengamanannya, termasuk sebagai lokasi penyimpanan soal-soal ujian sebelum dibagikan ke tiap sekolah setiap hari pelaksanaan ujian.

Dirinya juga mengingatkan agar para peserta ujian nasional berkonsentrasi mengerjakan soal-soal ujian sesuai kemampuan masing-masing. Para siswa dimina tidak mempercayai adanya isu bocoran kunci jawaban soal ujian nasional yang belum tentu dapat dipercaya kebenarannya.IMG_5034

Para orang tua juga diminta untuk mendukung putera-puteriya, termasuk tidak memberikan beban yang dapat mengganggu konsentrasi, sehingga mereka dapat sukses di dalam menjalani Ujian Nasional.

 SMP /  MTs Peserta Unas

No Nama Sekolah
1 SMP Negeri 1 Pagelaran (Desa Sidorejo)
2 SMP Karya (Desa Sidorejo)
3 SMP Dharma Wanita 03 (Desa Clumprit)
4 SMP Sunan Ampel (Desa Pagelaran)
5 SMP Dharma Wanita 02 (Desa Kademangan)
6 SMP Ahmad Yani (Desa Karangsuko)
7 SMP Al Azhar (Desa Brongkal)
8 MTs Miftahul Ulum (Desa Sidorejo)
9 MTs Nurul Hasan (Desa Clumprit)
10 MTs Mambaul Ulum Sumbergempol (Desa Pagelaran)
11 MTs Hidayatul Mubtadi’in Sipring (Desa Pagelaran)
12 MTs Nahdlatul Ulama Gunungpandak (Desa Kademangan)
13 MTs Miftahul Ulum (Desa Kanigoro)
14 MTs Al Khoirot (Desa Karangsuko)
15 MTs Bustanul Ulum (Desa Karangsuko)
16 MTs Al Azhar (Desa Brongkal)
17 MTs Babussalam (Desa Banjarejo)
18 MTs Mambaul Ulum (Desa Banjarejo

 Siapkan Mental Hadapi Unas

Siswa-siswi SMP dan MTs di Desa Brongkal dan sekitarnya mengadakan istighosah jelang Unas tahun ini. Kegiatan ini dilaksanakan Jumat, 19 April di Pondok Pesantren Darut Tauhid Al Jenderami, Desa Brongkal dibimbing oleh K.H. Abdul Jalil.

Kasi Kessos dan Kepemudaan, Agus Bukhori, S.Pd yang hadir mewakili Camat Pagelaran berharap semoga pelaksanaan Ujian Nasional SMP/MTs Tahun Ajaran 2012/2013 ini dapat berlangsung dengan lancar dan tertib, sebagaimana Ujian Nasional SMA/SMK/MA yang telah berlangsung sebelumnya.

Diharapkan agar para siswa dan siswi dapat berkonsentrasi di dalam menghadapi kegiatan tersebut, sehingga dapat meraih hasil yang diharapkan, termasuk beristirahat yang cukup untuk menjaga stamina tubuh.

 Social Gathering Keluarga Besar Kecamatan Pagelaran

Sifat kekeluargaan merupakan salah satu hal yang harus tercipta di dalam suatu pola kehidupan manusia, tidak terkecuali pula yang juga harus tercipta bagi di instansi pemerintah yaitu di Kecamatan Pagelaran. Salah satu langkah untuk menciptakan suasa SocGat-2kekeluargaan di antara para karyawan dan karyawati Kecamatan Pagelaran adalah melalui program social gathering.SocGat-1 Salah satunya dengan makan siang bersama di salah satu Saung Lesehan di Kepanjen pada Kamis, 18 April.

Camat Pagelaran meyakini hal ini adalah cara lain yang cukup efektif di dalam menciptakan semangat kekeluargaan. Selanjutnya hal juga dapat mendukung terciptanya kebersamaan yang muaranya akan terwujud keberhasilan pelaksanaan tugas di kantor, khususnya pelayanan masyarakat.

Layani Akseptor Baru Untuk Memasyarakatkan KB

Program Keluarga Berencana menjadi perhatian penting di Kecamatan Pagelaran. Layanan untuk akseptor baru di buka bagi Pasutri yang ingin mengikuti program ini. Fasilitasi program semacam ini terus dilaksanakan, seperti pada Selasa dan Kamis, 16 dan 18 April 2013.

Kegiatan ini dilaksanakan di dua tempat yakni di UPTD Puskesmas Pagelaran pada hari Selasa (16/4) dan di Polindes Karangsuko pada hari Kamis (18/4). Pada kegiatan tersebut terlayani dilayani 16 akseptor KB baru. 5 orang dilayani di UPTD Puskesmas Pagelaran dan 11 orang dilayani di Polindes Karangsuko. Jenis pelayanan KB yang diberikan adalah pelayanan KB Implant atau susuk. Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Pagelaran, Dyah Hari Krispriyanto, SE, bersama para pengurus Tim Penggerak PKK Kecamatan Pagelaran   melaksanakan monitoring pelaksanaan tersebut.

Sementara itu Camat Pagelaran, Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si., yang juga ikut melaksanakan pemantauan kegiatan Pelayanan KB di Polindes Karangsuko, berharap agar lebih banyak warga masyarakat di Kecamatan Pagelaran yang mengikuti program KB.  ”Mengingat saat ini jumlah penduduk Kabupaten Malang sudah mencapai tiga juta jiwa lebih. Bila laju pertumbuhan penduduk tidak terkendali, maka program pembangunan akan kurang bisa maksimal dirasakan oleh masyarakat,” jelasnya.

Guna mencapai visi kedelapan Kabupaten Malang MADEP MANTEB yaitu Berdaya Saing, maka salah satu upaya yang dilaksanakan adalah menekan laju pertumbuhan penduduk yang tidak terkendali, sehingga pada akhirnya penduduk Kabupaten Malang, khususnya di Kecamatan Pagelaran akan dapat betul betul menikmati hasil pembangunan secara merata.

Puskesmas Termuda Dipercaya Layani Pemeriksaan Calhaj

Kendati merupakan Puskesmas termuda yang berdiri pada tahun 2008, UPTD Puskesmas Pagelaran telah dipercaya untuk melaksanakan. pemeriksaan kesehatan bagi Calon Jamaah Haji yang berasal dari Kecamatan Pagelaran. Seperti terlihat pada Rabu, 17 April 2013. Kepercayaan ini juga telah diberikan masyarakat calon haji pada ahun 2012 lalu.pemeriksaan haji-1

Menurut Kepala UPTD Puskesmas Pagelaran, drg. Budi Lestariati, layanan pemeriksaan kesehaan calon haji ini adala upaya untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.jamaah haji-2

Pelaksanaan kegiatan tersebut juga dipantau Camat Pagelaran, yang dalam kesempatan tersebut diwakili oleh Kasi Ekbang dan Pemberdayaan Perempuan, Sutini, S.Sos. serta Kasi Kessos dan Kepemudaan, Agus Bukhori, S.Pd.

Anjangsana ke Suwaru

Pertemuan rutin PKK pada Selasa, 16 April 2013 yang digelar di Balai Desa Suwaru mengagendakan beberapa hal diantaranya adalah evaluasi pelaksanaan Pelatihan Kader Umum PKK yang telah diselenggarakan bulan Maret 2013 lalu, persiapan pelantikan Kepala Desa terpilih, termasuk pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK Desa serta pelaksanaan Pelayanan KB kerjasama antara Badan KB Kabupaten Malang dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Malang. Selain itu, Ketua TP PKK Kecamatan Pagelaran juga mengucapkan terima kasih atas suksesnya pelaksanaan Pilkades di wilayah Kecamatan Pagelaran.100_1977

Seusai pelaksanaan pertemuan, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Pegelaran langsung meluncur menuju ke Desa Balearjo untuk anjangsana menjenguk istri Sekdes Balearjo yang baru saja melahirkan serta ke Desa Kanigoro untuk menjenguk istri Sekdes Kanigoro yang sedang menderita sakit. 

SMA dan SMK Gelar Unas

Bagi seorang pelajar masa puncak dari keseluruhan proses belajar mengajar yang diikutinya adalah mengikuti Ujian Nasional (UN), mulai dari tingkat Sekolah Dasar atau yang sederajat sampai Sekolah Menengah Atas atau yang sederajat.IMG_4763 copy

Ujian Nasional (UN) dimulai dari tingkat SMA atau yang sederajat, dimulai hari hari Senin sampai dengan Kamis (15-18/4), termasuk yang dilaksanakan di wilayah Kecamatan Pagelaran.

Di wilayah Kecamatan Pagelaran, terdapat 7 sekolah setingkat SMA atau yang sederajat yang mengikuti Ujian Nasional, yaitu SMA Babussalam (Desa Banjarejo), SMK Babussalam (Desa Banjarejo), MA Mambaul Ulum (Desa Banjarejo), MA Azharul Ulum (Desa Kanigoro), SMA Dharma Wanita (Desa Clumprit), SMK Miftahul Ulum (Desa Sidorejo) dan MA Al Khoirot (Desa Karangsuko). Selain sekolah tersebut, bertempat di Komplek Lembaga Pendidikan Babussalam Desa Banjarejo juga dilaksanakan Ujian Nasional bagi Peserta Paket C.IMG_4789 copy

Secara umum, pelaksanaan Ujian Nasional di wilayah Kecamatan Pagelaran berjalan dengan aman, tertib dan lancar, termasuk pendistribusian naskah atau soal ujian juga tidak terjadi permasalahan. Hal tersebut setidaknya akan menjadikan siswa dan siswi yang mengikuti Ujian Nasional akan dapat berkonsentrasi di dalam mengerjakan soal-soal ujiannya dan meraih DSC03986 copyprestasi maksimal seperti yang diharapkan serta pada akhirnya akan dapat dihasilkan sumber daya manusia yang unggul dan Berdaya Saing, sesuai dengan visi kedelapan Kabupaten Malang MADEP MANTEB.

0 354

12 April 2013

Distribusikan Lagi Jatah Raskin

Raskin (Beras untuk Masyarakat Miskin) kembali didistribusikan ke desa-desa Kecamatan Pagelaran. Raskin yang distribusikan pada Jumat, 12 April 2013 merupakan Raskin alokasi bulan Maret 2013. Sebelumnya, pada bulan Maret lalu telah didistribusikan Raskin bulan Januari dan Pebruari 2013.

Total Raskin yang dibagikan untuk alokasi bulan Maret 2013 sebanyak 58.650 kilogram diperuntukkan bagi 3.910 Rumah Tangga Miskin. Harga per kilogramnya  Rp. 1.600. Masing-masing Rumah Tangga Miskin berhak menerima 15 kilogram beras setiap bulannya.

Raskin tersebut dikirimkan ke masing-masing kantor desa se Kecamatan Pagelaran dan selanjutnya oleh para petugas pendistribusian desa akan dibagikan ke warga miskin yang ada di masing-masing desa. Pendistribusian ini diharapkan membantu mengurangi beban kehidupan masyarakat, khususnya dalam hal pemenuhan kebutuhan di bidang pangan.

11 April 2013

Temu Tani, Persiapkan Penas KTNA

Event Nasional Pekan Nasional Kontak Tani dan Nelayan Andalan (Penas KTNA) XIV yang akan digelar pada tahun 2014 direspon positif oleh masyarakat petani di Kecamatan Pagelaran.temutani-2

Perhelatan petani se-Indonesia yang dilaksanakan di Kabupaten Malang itu akan melibatkan seluruh komponen masyarakat. Mengingat pada bulan Juni 2014, sebanyak 60.000 peserta Penas KTNA akan tinggal bermalam di beberapa wilayah di Kabupaten Malang. Hal inilah yang menjadi perhatian Camat Pagelaran, Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si.

Dalam forum pertemuan rutin petani yang digelar di kantor UPT Balai Penyuluhan Kecamatan Pagelaran di Desa Suwaru, Kamis, 11 April 2013, Camat Pagelaran mengajak seluruh masyarakat untuk mempersiapkan diri menyambut acara tingkat nasional tersebut.

Camat mengatakan, para peserta Penas KTNA dari seluruh propinsi se-Indonesia itu tidak saja melakukan muhibah. Mereka akan magang, juga akan mempelajari keberhasilan pembangunan pertanian yang ada di Kabupaten Malang, khususnya di Kecamatan Pagelaran, termasuk juga di dalamnya melihat proses pembuatan produk unggulan yang bersumber dari produksi pertanian.temutani-1

Sementara itu, Kepala UPT Balai Penyuluhan Kecamatan Pagelaran Ir. Suwardi Budhi Santoso juga memaparkan berbagai program pembangunan di bidang rumpun pertanian yang akan dilaksanakan di Kecamatan Pagelaran sepanjang tahun 2013 ini, yang diharapkan akan semakin menjadikan Kecamatan Pagelaran sebagai salah satu kawasan penyangga pangan di Kabupaten Malang.

Pertemuan itu dihadiri Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), Kelompok Tani (Poktan), Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA), Pemilik Kios, Himpunan Petani Pengguna Air (HIPPA) dan Unit TRI, Kepala UPT Balai Penyuluhan Kecamatan Pagelaran dan peserta Diklat Alih Kelompok bagi Penyuluh Pertanian, yang berasal dari 3 provinsi, yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah dan Bali, yang saat ini telah mengikuti Diklat di Balai Besar Pelatihan Penyuluh (BBPP) Ketindan, Lawang dan sedang melaksanakan praktek lapangan di wilayah Kecamatan Pagelaran.

Kamis, 11 April 2013

Pengurus IGTKI  Baru Terbentuk

Pengurus IGTKI (Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia) KEcamatan Pagelaran periode 2013-2018 telah terbentuk. Pemilihan ini dilaksanakan pada Kamis, 11 April 2013 di di TK PKK Tunas Harapan di Desa Banjarejo.

Pengurus Baru IGTKI Kec. Pagelaran

Periode 2013-2018

NAMA

JABATAN

Tri Cahyani (TK Kademangan PGRI 02) KETUA
Indriasari (TK Dharma Wanita Clumprit) SEKRETARIS
Lailatul Masfufah Albaiti (TK Iman Karangsuko) BENDAHARA

Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Pagelaran, Ny. Dyah Hari Krispriyanto, SE menyatakan bahwa IGTKI merupakan salah satu organisasi massa, yang mayoritas anggotanya adalah perempuan, yang ada di Kecamatan Pagelaran.igtki-1igtki-2

Diharapkan agar IGTKI selalu bisa menjalin kebersamaan dengan organisasi massa lainnya yang ada. Selain itu diharapkan agar para pendidik TK dapat fokus untuk mendidik anak-anak yang saat ini berada pada ”usia emas”. Sehingga anak-anak memiliki kesiapan untuk memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Hal tersebut lebih lanjut merupakan salah wujud dukungan untuk dapat mencapai  visi Kabupaten Malang MADEP MANTEB.

Pemilihan pengurus tersebut juga dihadiri dihadiri para pendidik dari TK se Kecamatan PagelaranSekcam Pagelaran, Chandra Peni S., SH yang mewakili Camat Pagelaran, Kasi Pertanahan dan Aset Kecamatan Pagelaran Ali Sachson Mujahid, S.Sos, Kepala UPTD TK, SD dan PLS Dinas Pendidikan Kecamatan Pagelaran Agus Sumarno, SPd, MPd serta Pengurus IGTKI Kabupaten Malang.

Kamis 11 April 2013

TPMD-I PNPM Mendapat Pelatihan

Jelang pelaksanaankegiatan PNPM Mandiri Perdesaan Generasi Sehat dan Cerdas Tahun 2013 di Kecamatan Pagelaran, Tim Pertimbangan Masyarakat Desa (TPMD)-I, mendapatkan pelatihan pada Kamis, 11 April 2013. Pelatihan tersebut sedianya dilaksanakan di kawasan Wisata Air Sumbermaron, namun karena cuaca tidak memungkinkan sehingga digeser ke kediaman Sdri. Widya, Dusun Adiluwih Desa Karangsuko. Dalam pelatihan itu masing-masing desa mengirimkan 3 delegasi.TPMD-2

Camat Pagelaran, Hari Krispriyanto, S.Sos, M.Si menekankan bahwa di dalam pelaksanaan kegiatan PNPM, semua komponen yang ada merupakan satu kesatuan yang saling terkait dan berperan, baik Pelaksana Kegiatan (PK), Tim Pertimbangan Masyarakat Desa (TPMD), Kader Pembangunan Masyarakat Desa (KPMD) dan lain sebagainya. Lebih lanjut, KPMD mempunyai tugas penting, di antaranya merumuskan kegiatan yang dapat membantu meningkatkan kondisi pendidikan dasar dan kesehatan ibu dan anak, menyusun prioritas kegiatan dan rekomendasi kepada musyawarah desa tentang kegiatan yang akan dilaksanakan serta melaksanakan evaluasi terhadap pencapaian keberhasilan kegiatan setiap bulan sekali. ”Tugas yang akan dilaksanakan oleh KPMD yang sebagian besar pelakunya adalah perempuan ini mempunyai nilai yang strategis,” tegas Camat.

KegiatanTPMD-1 itu dibuka oleh Camat Pagelaran didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Pagelaran, Ny. Dyah Hari Krispriyanto, SE, Sekcam Chandra Peni S., SH, Kasi Kessos dan Kepemudaan Agus Bukhori, S.Pd. dan Kasi Pertanahan dan Aset Ali Sachson Mujahid, S.Sos. Dari jajaran PNPM Kecamatan yang hdir adalah Ketua UPK PNPM dan para Fasilitator Kecamatan (FK).

Rabu 10 April

Jelang Pelaksanaan Progam TPK Dipersiapkan

Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) PNPM Mandiri Perdesaan Kecamatan Pagelaran mendapat pelatihan sebelum pelaksanaan kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan Tahun Anggaran 2013. Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu10 April 2013 di Aula KPRI Guru Kecamatan Pagelaran dan diikuti delegasi dari 10 desa.tpk-1

Mewakili Camat Pagelaran, Sekcam Pagelaran, Chandra Peni S., SH berharap agar para peserta pelatihan dapat mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya, menyerap ilmu yang ada dan mempraktekkan dalam kegiatan sehari-hari yang terkait dengan program tersebut.tpk-2Selain itu TPK adalah pelaksana kegiatan yang sehari-hari akan banyak bergelut dengan pelaksanaan kegiatan fisik yang ada, sehingga juga diperlukan pengawasan di dalam kegiatan tersebut.

Diharapkan, program bernilai total Rp. 1.410.666.000 lebih tepat sasaran, khususnya bermanfaat bagi masyarakat miskin, termasuk bermanfaat untuk pengembangan taraf hidup masyarakat desa. Sebagai informasi dari nilai total tersebut, sebesar Rp. 1.350.000.000 bersumber dari dana PMPM dan Rp. 60.666.000 bersumber dari swadaya masyarakat.

Selasa 9 April 2013

Tiga Propinsi Jadikan Pagelaran Sebagai Rujukan

Sebagai salah satu kawasan penyangga pangan di Kabupaten Malang, Kecamatan pagelaran kerap kali menjadi rujukan untuk belajar dari daerah lain. Di Triwulan pertama tahun 2013 ini saja, sudah 3 kali dikunjungi para penyuluh pertanian yang berasal dari berbagai propinsi. Khususnya peserta diklat dari Balai Besar Pelatihan Penyuluh (BBPP) Ketindan, Lawang yang melaksanakan Praktek Kompetensi Penyuluh Pertanian (PKPP).kunkerppl-2

Para peserta yang berjumlah 10 orang tersebut adalah peserta Diklat Alih Kelompok bagi Penyuluh Pertanian, yang berasal dari 3 provinsi, yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah dan Bali dan akan melaksanakan praktek lapangan selama tujuh hari, mulai 9 Aprill 2013.

Selama melaksanakan praktek lapangan, peserta didampingi oleh para penyuluh di jajaran UPT Balai Penyuluhan Kecamatan Pagelaran dan Petugas Teknis Pertanian dan Perkebunan Kecamatan Pagelaran.kunkerppl-1

Hasil akhir dari penyuluhan ini adalah mereka  dapat menyusun program pertanian tingkat kabupaten yang  akan dipresentasikan pada akhir kegiatan praktek lapangan ini. Presentasi Hasil Kegiatan Praktek Kompetensi Penyuluh Pertanian (PKPP) akan dilaksanakan di Aula Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Malang di Kepanjen.

Camat Pagelaran, Hari Krispriyanto,S.Sos, M.Si berharap agar para peserta diklat dapat melakukan observasi dan memberikan rekomendasi untuk dunia pertanian di Kecamatan Pagelaran, disamping turut memperluas promosi produk unggulan yang sudah dikenal selama ini.

6 April 2013

Suwaru Tercepat, Kanigoro Paling Besar

PAGELARAN (6/4)-Pelaksanaan Pilkades serentak di wilayah Kecamatan Pagelaran berlangsung aman dan tertib hingga penghitungan suara dilaksanakan. Antusiasme warga untuk mengggunakan hak pilihnya sangat menggembirakan.Terlihat dari antrian para pemilih sejak pagi,contohnya di Desa Kanigoro.

Di desa yang memiliki DPT terbesar ini pula dicanangkan Pilkades serentak oleh Camat Pagelaran, Hari Krispriyanto,S.Sos,M.Si pada Sabtu,6 April 2013. Camat berpesan agar pelaksanaan Pilkades dapat berjalan secara aman,damai dan taat pada aturan yang berlaku.

Selain mencanangkan di Desa Kanigoro, Camat Pagelaran bersama Muspika juga melakukan monitoring ke delapan desa yang melaksanakan Pilkades. Bahkan, Camat Pagelaran didhapuk untuk membacakan surat suara saat penghitungan suara di Desa Clumprit.

Selain Muspika dan staf kecamatan, tim monitoring dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan yang dipimpin langsung oleh drg.Ratna Rubianto juga melakukan pemantauan termasuk pula Bagian Bina Mental Setda Kab.Malang.

Sementara itu, saat berita ini diturunkan, Desa Suwaru dan Desa Karangsuko telah menyelesaikan penghitungan suara dan sedang menyiapkan berita acara pengesahan. Tercatat sesuai dengan laporan yang masuk, di Desa Suwaru suara terbanyak diraih oleh Tedjo Sampurno dengan perolehan 817 suara. Sedangkan Slamet Hari Wibowo memperoleh 122 suara. Jumlah suara yang tidak sah sebanyak 18 suara.

Di Desa Karangsuko suara terbanyak diraih oleh Rusman dengan perolehan 1.660 suara. Menyusul di belakangnya Sunarno dengan perolehan 675 suara sedangkan Suid mendapat 560 suara. Jumlah suara yang tidak sah sebanyak 51. 

5 April 2013

Pengajian Rutin An-Nur Kecamatan Pagelaran

Dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketakwaan para karyawan/karyawati Kecamatan Pagelaran, termasuk di dalamnya para Sekretaris Desa, bertempat di Rumah Dinas Camat Pagelaran telah dilaksanakan kegiatan Pengajian Rutin An-Nur pada Jumat, 5 April 2013.

Kegiatan tersebut selain dihadiri Camat dan karyawan/karyawati Kecamatan serta Sekdes se Kecamatan Pagelaran, juga dihadiri oleh jajaran Dinas/Instansi, PNPM, PPK dan Panwaslu di Kecamatan Pagelaran.istirghosahapril

Pada kesempatan tersebut dilaksanakan pembacaan Istighosah dipimpin oleh H. Titing Royani, SPt (Petugas Teknis Peternakan dan Kesehatan Hewan), pembacaan Surat Yasiin dan Tahlil dipimpin oleh H. Abdul Bakri, Sag (Sekdes Banjarejo), Ceramah Agama oleh Agus Bukhori, SPd (Kasi Kessos Kecamatan Pagelaran) dan pembacaan doa oleh Ir. Suwardi Budi Santoso (Kepala UPT Balai Penyuluhan).

Diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan ini, selain mewujudkan peningkatan keimanan dan ketakwaan kepada Allah, yang juga merupakan perwujudan dari Visi ke 2 Pemkab Malang MADEP MANTEB yaitu Agamis, juga sebagai wahana silaturahmi atau social gathering di antara jajaran dinas/instansi yang ada di wilayah Kecamatan Pagelaran dengan karyawan/karyawati Kecamatan Pagelaran :bold’>Selain itu diharapkan kepada para orang tua siswa/siswi untuk memberikan perhatian dan pengawasan kepada para putera/puterinya sehingga mereka dapat berkonsentrasi dengan baik untuk mempersiapkan pelaksanaan Ujian Nasional, sehingga dapat memperoleh hasil maksimal seperti yang diharapkan.

4 April 2013

SD dan MI Siap Sambut Unas

Di dalam menghadapi pelaksanaan Ujian Nasional Tahun Ajaran 2012/2013, khususnya di tingkat Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah, bertempat di Aula KPRI Guru Kecamatan Pagelaran, telah dilaksanakan pengambilan sumpah, pengukuhan dan pengucapan ikrar bagi para penyelenggara Ujian Nasional SD dan MI pada, Kamis, 4 April 2013 di Aula KPRI Guru Kecamatan Pagelaran.

Peserta yang diambil sumpah dan dikukuhkan adalah para panitia di tingkat kecamatan, para kepala sekolah selaku ketua penyelenggara di masing-masing sekolah serta para pengawas ruang pada kegiatan Ujian Nasional SD dan MI Tahun Ajaran 2012/2013. Kegiatan tersebut dipimpin oleh Drs. Agus Sumarno, MPd, Kepala UPTD TK, SD dan PLS Dinas Pendidikan Kecamatan Pagelaran.

Pada kesempatan tersebut, Agus Bukhori, SPd, Kasi Kessos dan Kepemudaan Kecamatan Pagelaran yang mewakili Camat Pagelaran, memberikan pengarahan dan harapan kepada semua yang telah disumpah dan dikukuhkan untuk dapat dapat dengan sungguh-sungguh melaksanakan berbagai tahapan pelaksanaan Ujian Nasional SD dan MI dan dapat mencapai target yang telah ditetapkan oleh masing-masing sekolah, tetapi tetap berpegang pada norma-norma yang ada sehingga pada nantinya akan dapat diperoleh lulusan yang mempunyai mutu/kualitas yang baik.

Selain itu diharapkan kepada para orang tua siswa/siswi untuk memberikan perhatian dan pengawasan kepada para putera/puterinya sehingga mereka dapat berkonsentrasi dengan baik untuk mempersiapkan pelaksanaan Ujian Nasional, sehingga dapat memperoleh hasil maksimal seperti yang diharapkan.