Situs Pemerintah Kabupaten Malang
Get Adobe Flash player
Peta Kecamatan

Monthly Archives: Mei 2013

Rangkuman Berita Mei V

Safari Jumat Forkuma Di Desa Pagelaran

Untuk meningkatkan semangat ukhuwah islamiyah bagi umat Islam yang ada di Kecamatan Pagelaran, khususnya Desa Pagelaran, Forum Kerukunan Ulama dan Umaro (Forkuma) Kecamatan Pagelaran mengadakan kegiatan Safari Jumat bertempat di Masjid Al-Hidayah, Desa Pagelaran pada hari Jumat (31/5)

Hadir dalam kegiatan tersebut Muspika Pagelaran, jajaran Dinas/Instansi di Kecamatan Pagelaran, Pengurus Forkuma Kecamatan Pagelaran, Ketua MUI Kecamatan Pagelaran, Ketua DMI Kecamatan Pagelaran, Ketua MWC NU Kecamatan Pagelaran dan Ketua Pengurus Cabang Muhammadiyah Kecamatan Pagelaran serta para ulama yang ada di Desa Pagelaran.IMG_7101 copy

Bertindak sebagai khotib pada kegiatan Sholat Jumat tersebut adalah K.H. Surawi, salah satu Pengurus Forkuma Kecamatan Pagelaran, yang sekaligus bertindak sebagai imam pada pelaksanaan Sholat Jumat.

Setelah pelaksanaan Sholat Jumat dilanjutkan dengan penyampaian sambutan dari Forkuma Kecamatan Pagelaran yang diwakili oleh Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. Dalam sambutannya, Camat Pagelaran berharap agar kegiatan silaturahmi ini dapat dilestarikan sehingga dapat memperat tali persaudaraan yang pada akhirnya akan mewujudkan kondisi wilayah yang aman, tertib dan damai. Selain itu Camat Pagelaran juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada masyarakat Desa Pagelaran yang telah berpartisipasi di dalam menyelenggarakan Pilkades yang aman, tertib dan damai di Desa Pagelaran, mulai dari pembentukan panitia pilkades sampai pelantikan kepala desa terpilih yang telah dilaksanakan pada hari Rabu (29/5) yang lalu. Hal itu dianggap penting mengingat Desa Pagelaran merupakan ibukota Kecamatan Pagelaran, yang merupakan barometer kamtibmas yang ada di wilayah Kecamatan Pagelaran.

Seusai kegiatan di Masjid Al-Hidayah, kegiatan Safari Jumat Forkuma dilanjutkan dengan kegiatan silaturahmi dan ramah tamah di rumah H. Solichin, Ketua Takmir Masjid Al Hidayah. Turut mendampingi Camat Pagelaran pada kegiatan tersebut adalah Kasi Pemerintahan Abdullah dan Kasi Ketentraman dan Ketertiban Umum Mariono, SAP, MM.

Pendistribusian Raskin Alokasi Bulan Juni 2013

Setelah dilaksanakan pendistribusian Raskin untuk alokasi bulan Mei 2013 pada tanggal 17 Mei yang lalu, Sub Divsi Regional Bulog Malang kembali melaksanakan pendistribusian Raskin untuk bulan Juni 2013, yang dilaksanakan pada hari Jumat (31/5).

Pendistribusian Raskin alokasi bulan Juni 2013 tersebut telah dikirimkan oleh petugas dari Sub Divre Bulog Malang ke masing-masing kantor desa se Kecamatan Pagelaran dan selanjutnya oleh para petugas pendistribusian desa dibagikan ke warga miskin yang berhak menerima Raskin, yang ada di masing-masing desa.

Adapun Raskin yang dibagikan untuk alokasi bulan Juni 2013 adalah sebanyak 58.650 kilogram atau diperuntukkan untuk 3.910 Rumah Tangga Miskin, dengan harga per kilogramnya sebesar Rp. 1.600,-. Dengan telah dibagikannya Raskin tersebut kepada masing-masing Rumah Tangga Miskin menerima 15 kilogram beras setiap bulannya, diharapkan akan dapat membantu  masyarakat miskin yang ada Kecamatan Pagelaran, sehingga mereka dapat terbantu beban kehidupannya, khususnya dalam hal pemenuhan kebutuhan di bidang pangan, mengingat saat ini harga per kilogram beras tersebut jauh lebih murah dibanding dengan beras non Raskin, yaitu dijual Rp. 1.600,- per kilogramnya.

Study Tour PKK ke Jawa Tengah dan Yogyakarta

Dalam rangka meningkatkan perbendaharaan pengetahuan terkait kegiatan PKK, pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten Malang serta para Ketua dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan se Kabupaten Malang dibawah pimpinan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Malang, Ibu Hj. Jajuk Rendra Kresna, SE, M.Si. mengadakan kegiatan Studi Banding ke Solo dan Jogjakarta.IMG_7575copyIMG_7550copy

DSC01636copyKegiatan studi banding, yang juga diikuti oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Pagelaran Dyah Hari Krispriyanto, SE, tersebut dimulai pada hari Kamis (30/5) dan berakhir pada hari Minggu (2/6).Selama kunjungan studi banding tersebut rombongan menginap di Hotel Solo Paragon (Solo) dan Hotel Inna Garuda (Yogyakarta). Adapun beberapa kegiatan yang dilaksanakan selama DSC01649 copykegiatan studi banding tersebut adalah sebagai berikut :

  • Diterima oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Surakarta.
  • Melaksanakan kunjungan ke Kampung Batik Khas Solo.
  • Melaksanakan kunjungan ke Museum Batik Danarhadi di Solo.
  • Melaksanakan kunjungan ke Museum Budaya Jawa Ulen Sentalu di Kaliurang, Yogyakarta.

Diharapkan dari kunjungan ke beberapa lokasi tersebut akan dapat dikembangkan di wilayah Kabupaten Malang, sesuai dengan potensi yang ada di masing-masing kecamatan.

Terbaik Dalam Lomba Cerdas Cermat Konvensi Hak Anak

Banyaknya pelanggaran terhadap hak-hak anak baik di negara maju, negara berkembang termasuk negara yang sedang berkonflik, menjadikan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengesahkan Konvensi Hak-Hak Anak (Convention On The Rights of The Child) 100_2077 copy 100_2001copy 100_2060copyuntuk memberikan perlindungan terhadap anak dan menegakkan hak-hak anak di seluruh dunia pada tanggal 20 Nopember 1989. Hak-hak anak menurut Konvensi Hak-Hak Anak tersebut dikelompokkan dalam 4 kategori yaitu :

  • Hak kelangsungan hidup, hak untuk melestarikan dan mempertahankan hidup dan hak memperoleh standar kesehatan tertinggi dan perawatan yang sebaik-baiknya.
  • Hak perlindungan, perlindungan dari diskriminasi, eksploitasi, kekerasan dan keterlantaran.
  • Hak tumbuh kembang, hak memperoleh pendidikan dan hak mencapai standar hidup yang layak bagi perkembangan fisik, mental, spiritual, moral dan sosial.
  • Hak berpartisipasi, hak untuk menyatakan pendapat dalam segala hal yang mempengaruhi.

Adapun di Indonesia, sebagai tindak lanjut dari pengesahan konvensi hak-hak anak oleh PBB tersebut, pemerintah juga telah mengesahkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Guna lebih mensosialisasikan dan mewujudkan berbagai peraturan tentang hak-hak anak tersebut, bertempat di Pendopo Agung Kabupaten Malang pada hari Kamis (30/5), Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Kabupaten Malang telah mengadakan acara Pelatihan Konvensi Hak Anak (KHA) melalui Lomba Cerdas Cermat dan Lomba Yel-Yel, yang diikuti oleh para pengurus dan 10 anggota Laskar Anak dari 13 kecamatan se Kabupaten Malang, yaitu dari Kecamatan Pagelaran, Kepanjen, Bululawang, Poncokusumo, Kalipare, Gondanglegi, Singosari, Dampit, Dau, Tumpang, Karangploso, Pakis dan Turen.

Dalam kegiatan tersebut, Kecamatan Pagelaran berhasil menambah perbendaharaan prestasinya, dengan meraih Juara I dalam Lomba Cerdas Cermat, yang diraih oleh Renika, siswi Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Desa Kanigoro, setelah berhasil menyisihkan peserta lainnya. Adapun lomba ini terdiri dari tiga babak yaitu babak seleksi, babak adu cepat dan babak studi kasus/pertanyaan yang dijawab dengan uraian.

Ikut mendampingi Tim Laskar Anak dari Kecamatan Pagelaran adalah Kasi Ekonomi Pembangunan dan Pemberdayaan Perempuan Kecamatan Pagelaran, Sutini, S.Sos.

Pengambilan Sumpah Dan Pelantikan Kepala Desa Se-Kabupaten Malang

Sebagai puncak dari pelaksanaan berbagai tahapan Pemilihan Kepala Desa serentak di Kabupaten Malang, bertempat di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Bupati Malang Bapak H. Rendra Kresna telah mengambil sumpah dan melantik 225 orang Kepala Desa se Kabupaten Malang, sebagai hasil pemungutan suara pada tanggal 6 April 2013 yang lalu. Dari 225 orang Kepala Desa yang dilantik tersebut, 8 orang diantaranya berasal dari Kecamatan Pagelaran, yaitu :

  • Moh. Widodo, SE (Kepala Desa Pagelaran)
  • Tedjo Sampurno (Kepala Desa Suwaru)
  • As’adurrofiq (Kepala Desa Banjarejo)
  • Sugianto (Kepala Desa Clumprit)
  • Mulyani (Kepala Desa Kademangan)
  • Riduan (Kepala Desa Balearjo)
  • Rusman (Kepala Desa Karangsuko)
  • Sudha (Kepala Desa Kanigoro)

Dalam sambutannya Bupati Malang Bapak H. Rendra Kresna memberikan beberapa poin penekanan kepada para Kepala Desa yang baru diambil sumpah dan dilantik, antara lain :

  • Kepala Desa harus bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di desanya dengan sebaik mungkin dan hal tersebut akan dapat terlaksana apabila dilaksanakan koordinasi dan pembagian tugas dengan perangkat desa, BPD, LPMD, tokoh masyarakat dan lain sebagainya.
  • Kepala Desa supaya mempelajari danmenerapkan berbagai peraturan perundang-undangan yang ada, termasuk yang mengatur tentang  desa.
  • Kepala Desa supaya memegang teguh dan melaksanakan etika pemerintahan yang ada, dengan melaksanakan koreksi diri apakah yang dilaksanakannya sudah benar, baik secara aturan maupun norma yang ada di masyarakat, termasuk di antaranya menghadiri undangan rapat dari camat, meskipun secara komando Kepala Desa bertanggung jawab kepada Bupati, tetapi tetap harus berkoordinasi dengan Camat yang telah dilimpahi sebagian kewenangan dari Bupati.
  • Tinggalkan moto alon-alon asal kelakon mangan gak mangan pokoke kumpul, tetapi rubahlah menjadi sesuatu yang harus dibuktikan dengan kerja keras untuk mempercepat pembangunan yang ada di desa.
  • Kepala Desa supaya merealisasikan janji-janjinya pada saat kampanye lewat visi dan misi yang telah disusunnya dahulu. Bicarakan dan sempurnakanlah visi dan misi tersebut, yang harus tetap diselaraskan dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Malang MADEP MANTEB. Adapun visi dan misi pemerintah desa tersebut nantinya agar dituangkan dalam Peraturan Desa dan menjadi pedoman bagi Kepala Desa di dalam melaksanakan kepemimpinannya selama 6 tahun ke depan.
  • Kepala Desa harus mengutamakan kepentingan masyarakat daripada kepentingan keluarga dan mempersering blusukan untuk mengenali wilayah desa, termasuk memantau kemiskinan yang ada.
  • Kepala Desa supaya berpatokan pada 4 ciri pemimpin yaitu sidiq (dapat dipercaya), amanah (dapat melaksanakan tugas yang diberikan), fathonah (cerdas) dan tabligh (menyampaikan)

Pada akhir sambutannya, Bupati Malang Bapak H. Rendra Kresna menyampaikan ucapakan terimakasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Malang, khususnya pada 225 desa yang telah melaksanakan pilkades pada tanggal 6 April 2013 yang lalu dan seluruh komponen yang telah mendukung kelancaran pelaksanaan pilkades tersebut, karena pelaksanaannya dapat berlangsung dengan aman, tertib dan damai, walaupun masih terdapat beberapa riak-riak yang menjadi suatu bumbu dalam pelaksanaan demokrasi di desa tersebut.

 Penyuluh di Empat Kecamatan Gelar Temu Teknis

Bertempat di kantor UPT Balai Penyuluhan Kecamatan Pagelaran pada hari Rabu (29/5) telah dilaksanakan kegiatan Temu Teknis Penyuluh, yang diikuti para penyuluh dari jajaran UPT Balai Penyuluhan Kecamatan Pagelarab, UPT Balai Penyuluhan Kecamatan Gondanglegi, UPT Penyuluhan Kecamatan Gedangan dan UPT Penyuluhan Kecamatan Bantur. Hadir pula dalam kegiatan tersebut Kasi Ekonomi Pembangunan dan Pemberdayaan Perempuan Kecamatan Pagelaran Sutini, S.Sos., mewakili Camat Pagelaran.IMG_6937 copy

Kegiatan itu menjadi ajang diskusi dari para penyuluh yang ada di empat kecamatan tersebut. Selain itu pada kegiatan yang juga dihadiri tim dari Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Kabupaten Malang, diberikan paparan materi bagi para penyuluh, yang nantinya diharapkan akan dapat disebarluaskan lebih lanjut kepada para petani yang ada di kecamatan masing-masing.

Adapun materi yang disampaikan pada acara tersebut adalah Teknik Budidaya Ikan Lele di dalam kolam terpal dan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Bertindak sebagai narasumber adalah Sdr. Saikoni, Sdr. Suroto dan Sdri. Theresia dari Badan Ketahanan Pangan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Malang.

Ketua Panwaslu Lakukan Kunker

Dalam rangka meninjau persiapan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu), Ketua Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Malang, Mohammad Wahyudi, SE, mengadakan kunjungan kerja ke Kecamatan Pagelaran pada hari Selasa (28/5). Yang bersangkutan diterima oleh Ketua Panwaslu Kecamatan Pagelaran Drs. Aries Taufiq, BA, BRS, MM bersama dua komisionernya Marsidi, S.Ag. dan Moh. Yusuf, SIP serta Kepala Sekretariat Panwaslu Mariono, SAP, MM dan Bendahara Pembantu Panwaslu Agus Bukhori, S.Pd., bertempat di Panti PKK Kecamatan Pagelaran.IMG_6931copy

Dalam kunjungan kerjanya, Ketua Panwaslu Kabupaten Malang memberikan pengarahan kepada seluruh jajaran Panwaslu Kecamatan Pagelaran dan para Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) Desa se Kecamatan Pagelaran. Beberapa poin yang ditekankan Ketua Panwaslu pada kegiatan tersebut adalah :

  • Panwaslu Kecamatan dan PPL dalam melaksanakan tugasnya agar bertindak secara persuasif, dalam hal ini bertindak sebagai mitra kerja dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS), termasuk apabila terjadi suatu indikasi permasalahan, diminta supaya Panwaslu dan PPL bisa mengingatkan terlebih dahulu kepada pihak penyelenggara pemilu.
  • Panwaslu Kecamatan dan PPL agar mempelajari berbagai peraturan perundang-undangan tentang Pemilu, termasuk yang mengatur tentang pengawasan pelaksanaan Pemilu.
  • Panwaslu Kecamatan dan PPL agar selalu bekerjasama dengan PPK dan PPS di dalam berbagai tahapan Pemilu, misalnya tahap pemutakhiran data pemilih, penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS), penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan lain sebagainya.

Mengakhiri kunjungan kerjanya, Ketua Panwaslu Kabupaten Malang juga melaksanakan kunjungan silaturahmi kepada jajaran PPK Kecamatan Pagelaran yang diterima oleh Ketua PPK Kecamatan Pagelaran Abdul Jalil, S.Ag.

Meriahkan HAN 2013, Sabet Juara Pertama

Prestasi dunia pendidikan di Kecamatan Pagelaran kembali bersinar. Kini -prestasi ini dipersembahkan dari tingkat pendidikan taman kanak-kanak. Prestasi yang dipersembahkan adalah menjadi juara pada peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2013 Tingkat Kabupaten Malang.

Kegiatan lomba untuk memperingati Hari Anak Nasional ini digelar pada 27 dan 29 Mei (Senin dan Rabu). Pada hari pertama kegiatan digelar komplek SD Negeri Gondanglegi Wetan 2 dan 3 berhasil diraih prestasi:

  • Juara I Lomba Inovasi Pembelajaran, diwakili Sdr. Fatkhurrohman, S.Pd., Kepala TK Islam Chumairoh Desa Kanigoro
  • Juara I Lomba Tari Kreasi Baru, siswa/siswi diwakili TK Dharma Wanita Clumprit
  • Juara Harapan I Lomba Kria Anyam, diwakili SD Negeri Sidorejo 2

Prestasi yang diraih di hari Senin tersebut, masih disusul pada pelaksanaan kegiatan pada hari Rabu (29/5) yang diselenggarakan di komplek Dinas Pendidikan Kabupaten Malang.

Pada hari itu dalam Lomba memperingati Hari Anak Nasional Tingkat Kabupaten yang diikuti oleh para pendidik PAUD yang tergabung dalam HIMPAUDI berhasil meraih Juara II Lomba Membuat Alat Permainan Edukasi (APE) yang diikuti gabungan guru PAUD dari Kecamatan Pagelaran.

Berbagai prestasi yang diraih tersebut di atas, merupakan salah satu keberhasilan berbagai program pendidikan yang ada di Kecamatan Pagelaran, dengan harapan akan dapat ditingkatkan lebih baik lagi di masa yang akan datang.

 Petani Rasakan Manfaat SRI

Petani di Kecamatan Pagelaran mulai merasakan manfaat metode SRI (System Rice Intensification) yang disosialisasikan oleh para petugas penyuluh pertanian. Penyeluhan ini terus dilakukan untuk makin meningkatkan kemampuan petani menerapkan metode SRI. Seperti pelaihan yang digelar Senin (27/5) untuk petani yang berasal dari Desa Sidorejo dan Clumprit dan tergabung dalam Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Makmur Abadi.IMG_6857 copy

Pelatihan yang digelar di rumah Harianto di Dusun Sidoayu Desa Sidorejo itu juga menjadi ajang testimoni keberhasilan. Misalnya keberhasilan yang diraih Kabul. Petani ang menggarap  lahan seluas 0,13 hektar, dengan sistem bagi hasil 5:2 (pemilik:penggarap). Dahulu ketika panen dia mendapatkan 5 zak gabah, saat ini dia bisa membawa pulang 9 zak, dengan isi per zaknya 40 sampai 45 kilogram. Sementara  Misnan saat ini bisa menghasilkan padi 10,7 ton dari per hektar sawah miliknya.

Selain pelajaran teori dan testimoni, juga diajarkan pula secara praktek pembuatan mikro organ lokal (MOL) yang berbahan dasar buah (pepaya), daun-daunan (kelor wono), urine (kambing) dan bonggol pisang.IMG_6892 copy IMG_6906 copy IMG_6905 copy IMG_6904 copy

Bahan yang diperlukan mudah didapatkan dan caranya pun mudah dikerjakan di sela-sela waktu santai para petani. Dengan membuat MOL tersebut diharapkan para petani akan dapat menghemat pengeluaran biaya guna menyuburkan tanaman padi serta mengurangi konsumsi pupuk yang menggunakan bahan-bahan kimia.

Budi, salah satu petani yang sudah membuktikan khasiat MOL ke tanaman padinya, selain beras yang dihasilkannya lebih bening, dengan sistem bagi hasil, dia yang semula bisa membawa pulang 5 zak gabah, setelah menggunakan MOL bisa membawa pulang 7,5 sampai 8 zak gabah.

Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa Kecamatan Pagelaran merupakan salah satu kawasan penyangga ketahanan pangan di Kabupaten Malang. Oleh karena berbagai metode atau teknologi pertanian baru harus senantiasa diikuti perkembangannya termasuk metode SRI, sehingga diharapkan akan semakin meningkatkan kesejahteraan para petani. Dalam skala yang lebih luas pola SRI ini akan dapat meningkatkan penghasilan petani dan menyumbang surplus padi bagi ketahanan pangan di Kabupaten Malang.

Kegiatan itu juga dihadiri oleh Kasi Pertanahan dan Aset, para penyuluh dari jajaran UPT Balai Penyuluhan Kecamatan Pagelaran, Petugas Teknis Pertanian dan Perkebunan Kecamatan Pagelaran dan Pengamat Organisasi Pengganggu Tanaman (POPT) Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Timur di Kecamatan Pagelaran yang pada kegiatan tersebut juga bertindak sebagai narasumber pelatihan.

 Siswa Terharu Saat Rino Sapih Wira Utama

Acara perpisahan aau pelepasan siswa usai melaksanakan ujian akhir memang kerap menorehkan kenangan tersendiri. Sekaligus menjadi titik mula untuk menggapai cita-cita yang lebih tinggi.

Pemandangan ini tampak di SMP Negeri 1 Pagelaran yang pada hari Senin (27/5), menyelenggarakan kegiatan pelepasan siswa dan siswi kelas IX yang dikemas dengan tema ”Rino Sapih Wira Utama Tahun Ajaran 2012/2013”. Kegiatan yang berlangsung di halaman SMP Negeri 1 Pagelaran.IMG_6707 copy

Tentu saja, acara yang digelar di sekolah beralamat di Jalan Keramat Desa Sidorejo berlangsung meriah dan mengharukan. Sebanyak 139 siswa siswi kelas IX, yang terdiri dari 80 orang siswa dan 53 orang siswi dilepas. Pelepasan ditandai dengan melepas topi pada dua orang siswa dan siswi, yang selanjutnya diikuti oleh siswa dan siswi lainnya.IMG_6804copy

Usai melepas siswa, Kepala UPTD SMP Negeri 1 Pagelaran Moh. Baihaqi, S.Pd mengatakan agar para siswa bersemangat untuk menggapai cita-cita yang lebih tinggi. Dirinya juga meminta para wali murid yang hadir pada acara itu untuk mendukung dan mendorong anak-anaknya untuk mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi.”Tolong setelah ini anak-anak kita ini dapat melanjutkan sekolah sesuai minatnya, dapat melanjutkan ke SMA maupun SMK,” jelasnya.

Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. dalam sambutannya menyatakan kebanggannya kepada SMP Negeri 1 Pagelaran, meskipun baru berusia 7 tahun namun sudah dapat memperlihatkan prestasi yang cukup baik. Dari 66 SMP Negeri yang ada di Kabupaten Malang, SMP Negeri 1 Pagelaran pada ujian nasional tahun 2012 lalu menempati peringkat ke 15. Selain itu ciri khas sekolah ini terdapat pada tradisi keseniannyaIMG_6674 copy, khususnya tari tarian dan yang menjadi ikonnya adalah kesenian Warok Singorejo. Selain itu beberapa waktu yang lalu, SMP  Negeri 1 Pagelaran telah mengadakan Pameran Seni karya mereka yang memperlihatkan kreativitas seni para siswa siswinya mulai kelas VII sampai IX. Hal inilah yang mendapatkan apresiasi dari Camat Pagelara. Selanjutnya, juga disampaikan ucapan selamat kepada para siswa dan siswi yang hari itu dilepas untuk nantinya akan menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan salah satu hal yang menjadi harapan dari Camat Pagelaran agar mereka tidak tergesa-gesa untuk menikah, mengingat masa depan mereka masih panjang dan mereka juga belum memasuki usia dewasa untuk menjalani kehidupan berumah tangga.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat Pagelaran yang didampingi oleh Kasi Pertanahan dan Aset, Kepala UPTD TK, SD dan PLS Kecamatan Pagelaran, Kepala Desa Sidorejo, para Kepala SD Negeri di wilayah Desa Sidorejo serta perwakilan dari SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi.IMG_6648 copy

 

Rangkuman Berita Mei Minggu III dan IV

SMP Sunan Ampel Lepas 88 Siswa Kelas IX

SMP Sunan Ampel Pagelaran yang berlokasi di Jl. Panglima Sudirman Nomor 48 Pagelaran, pada hari Sabtu (25/5) mengadakan kegiatan Pelepasan Siswa dan Siswi Kelas IX. Hadir pada kesempatan itu Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si., Danramil 0818/36 Pagelaran Peltu Sumari, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Pagelaran Dyah Hari Krispriyanto, SE dan Kepala Desa Pagelaran Moch. Widodo, SE yang juga merupakan Wakil Kepala SMP Sunan Ampel. DSC01496 copy

Sekolah yang dipimpin oleh H. Mochammad Soeprapto Adhi Dharma tersebut, pada tahun ajaran 2012/2013 ini melepas 88 orang siswa dan siswi kelas IX nya. Dari 88 orang tersebut, lima orang siswinya meraih prestasi yaitu :

  • Efrika Tribawanti, putri Sdr. Sueb dari Desa Banjarejo, meraih prestasi sebagai penerima Penghargaan Siswa/Siswi Teladan.
  • Yuli Rizki Vidayanti, putri Sdr. Sunarno dari Desa Pagelaran, meraih prestasi sebagai Juara I Siswa/Siswi Berprestasi Bidang Akademik.
  • Aflatul Rina Roniah, putri Sdr. Winardi Supratikno dari Desa Pagelaran, meraih prestasi sebagai Juara II Siswa/Siswi Berprestasi Bidang Akademik.
  • Anggun Via Safitri, putri Sdr. Juni Hari dari Desa Pagelaran, meraih prestasi sebagai Juara I Siswa/Siswi Berprestasi Bidang Non Akademik.
  • Ajeng Wijayanti, putri Alm. Sdr. Susianto dari Desa Sidorejo, meraih prestasi sebagai Juara II Siswa/Siswi Berprestasi Bidang Non Akademik.DSC01554 copy

Camat Pagelaran, Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si., dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada para siswa dan siswi mengingat mereka telah berhasil melalui perjalanan panjang menempuh studi di tingkat SMP. Selanjutnya kepada para orang tua siswa/siswi, Camat Pagelaran juga berharap agar mereka tidak patah semangat di dalam mengantarkan putra/putrinya untuk menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi, supaya mereka dapat mencapai cita-cita yang diharapkan.DSC01448copy

Dalam kegiatan tersebut, ditampilkan juga berbagai ketrampilan seni dari para siswa/siswi kelas VII dan VIII, antara lain Tari Saman dari Nanggroe Aceh Darussalam dan ketrampilan baca puisi serta ditutup dengan siraman rohani yang disampaikan oleh K.H. Abdul Aziz dari Desa Kasembon Kecamatan Bululawang.

Rakor Persiapan Pelantikan Kepala Desa

Menyongsong pelaksanaan pelantikan Kepala Desa hasil Pemilihan Kepala Desa Serentak tanggal 6 April 2013 yang lalu, bertempat di Ruang Kerja Camat Pagelaran pada hari Kamis (23/5) telah dilaksanakan Rapat Koordinasi yang dipimpin oleh Sekretaris Camat Pagelaran, Chandra Peni Setyowati, SH dan dihadiri oleh para kepala desa terpilih dan istri serta kepala desa yang akan mengakhiri masa jabatannya.IMG_6590 copy

Dalam kegiatan tersebut dibahas berbagai hal yang terkait persiapan pelaksanaan gladi resik pelantikan kepala desa yang akan dilaksanakan pada tanggal 24 Mei 2013 dan kegiatan pelantikan kepala desa yang akan dilaksanakan pada tanggal 29 Mei 2013.

Rapat koordinasi tersebut dimaksudkan agar pada saat pelaksanaan pelantikan nantinya dapat berjalan dengan lancar tanpa suatu kekurangan apapun, termasuk terkait dengan perangkat pakaian dan undangan yang akan menghadiri kegiatan tersebut. Hadir pula dalam kegiatan tersebut, Kasi Pemerintahan Kecamatan Pagelaran, Abdullah dan stafnya Juni Triwiyoso, SH.

Kunjungan  Tim Identifikasi Peningkatan Kapasitas Kinerja SKPD

Guna melihat perkembangan sejauh mana pelaksanaan kinerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintahan Kabupaten Malang Tribulan I Tahun 2013, Kecamatan Pagelaran pada hari Rabu (22/5) menerima kunjungan Tim Identifikasi Peningkatan Kapasitas Kinerja SKPD. Tim yang beranggotakan dua orang yaitu Sdr. Bunyani dan Sdri. Lia tersebut diterima oleh Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si.IMG_6555 copy

Tim independen tersebut melaksanakan identifikasi kinerja yang sudah dilaksanakan oleh Kecamatan Pagelaran selama kurun waktu bulan Januari sampai Maret 2013.IMG_6586 copy

Langkah awal adalah melaksanakan wawancana dengan Camat serta para pejabat struktural dan staf Kecamatan Pagelaran, termasuk  pemahanan dan aplikasi tentang visi Pemerintah Kabupaten Malang Madep Manteb. Selain wawancara, tim juga melihat proses pelaksanaan kinerja dan mengumpulkan berbagai bahan keterangan yang ada, termasuk aktivitas update website www.pagelaran.malangkab.go.id.

Camat Pagelaran, Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. berharap agar kegiatan tersebut di atas menjadi suatu bahan IMG_6585 copyevaluasi bagi karyawan/karyawati Kecamatan Pagelaran dengan memperbaiki kekurangan yang ada, sehingga dapat semakin meningkatkan kinerja SKPD sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

Rakor Sekdes untuk Tingkatkan Kinerja

Dalam rangka meningkatkan kinerja Sekretaris Desa di Kecamatan Pagelaran, bertempat di ruang kerja Camat Pagelaran pada hari Rabu (22/5) dilaksanakan rapat koordinasi yang diikuti oleh para Sekretaris Desa se Kecamatan Pagelaran dan dipimpin langsung oleh Camat Pagelaran.IMG_6532 copy

Saat ini komposisi Sekretaris Desa yang ada di Kecamatan Pagelaran adalah 9 orang berstatus Pegawai Negeri Sipil dan 1 orang pelaksana harian yaitu di Desa Brongkal, mengingat Sekretaris Desa yang lama telah memasuki masa pensiun sejak 1 Juli 2012 yang lalu.

Bahkan sejak tanggal 29 Mei 2013 nanti dari 9 orang PNS yang ada tersebut akan berkurang lagi, mengingat Sekretaris Desa Karangsuko akan dilantik menjadi Kepala Desa Karangsuko, setelah berhasil mendapatkan suara terbanyak pada Pemilihan Kepala Desa serentak pada tanggal 6 April 2013 yang lalu.

Camat Pagelaran, Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si., dalam kesempatan tersebut memberikan beberapa penekanan kepada para Sekretaris Desa, antara lain:

  • Sekretaris Desa harus senantiasa meningkatkan kedisipilinan di dalam bertugas, termasuk memberikan contoh kepada para perangkat desa yang lain mengingat posisi mereka adalah Pegawai Negeri Sipil.
  • Sekretaris Desa bertugas membantu kepala desa, khususnya dalam hal penanganan administrasi yang ada di desa. Oleh karena itu berbagai hal laporan yang diminta oleh pihak Pemerintah Kabupaten Malang harus bisa segera diselesaikan.
  • Sehubungan hasil pemeriksaan Inspektorat Kabupaten Malang terkait pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Tahun Anggaran 2012, Sekretaris Desa diminta untuk segera menyelesaikan beberapa temuan yang ada dan diminta pada pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Tahun Anggaran 2013 diharapkan akan lebih baik pelaksanaannya sebagaimana tahun sebelumnya.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Sekretaris Camat Pagelaran, Chandra Peni Sulistyowati, SH dan Kasi Pemerintahan, Abdullah.

 Temu Lapang Petani Pagelaran di Desa Karangsuko

Bertempat di areal sawah milik Sdr. Taman, Dusun Krajan Desa Karangsuko, pada hari Selasa (21/5) dilaksanakan kegiatan Temu Lapang petani se-Kecamatan Pagelaran.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat Pagelaran, perwakilan petani dari Gapoktan se Kecamatan Pagelaran, para penyuluh penyuluh dari UPT Balai Penyuluhan Kecamatan Pagelaran serta Pengamat Organisasi Pengganggu Tanaman (POPT) Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Timur di Kecamatan Pagelaran.IMG_6480 copy

Camat Pagelaran, Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si., yang dalam kesempatan tersebut juga didampingi Kasi Pertanahan dan Aset, Ali Sachson Mujahid, S.Sos., menyampaikan sambutannya bahwa Kecamatan Pagelaran merupakan salah satu kawasan pertanian potensial di Kabupaten Malang. IMG_6498copyOleh karena itu para petani diharapkan tetap dapat terus mengembangkan dan meningkatkan produksi pertanian yang ada, termasuk mempelajari berbagai teknologi pertanian baru yang terus bermunculan.

Selain itu perlu juga diberikan semangat dan pemahaman kepada para generasi muda, sehingga mereka juga mau terjun ke dunia pertanian, mengingat saat ini banyak yang berorientasi ingin bekerja sebagai pegawai atau sektor swasta lainnya, IMG_6500 copysedangkan untuk menjadi petani dianggap kurang bergengsi. Hal itu dimaksudkan agar nantinya proses regenerasi petani dapat terus berlangsung sampai kapanpun juga.

Komisi D Lakukan Kunker  di Kecamatan Pagelaran

Salah satu tugas dari DPRD adalah melaksanakan tugas pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah. Hal tersebut merupakan salah satu hal yang dilaksanakan oleh Komisi D DPRD Kabupaten Malang ketika melaksanakan kunjungan kerja di wilayah Kecamatan Pagelaran pada hari Senin (20/5).

Para Anggota Komisi D yang mengikuti kunjungan kerja tersebut adalah H. Achmad Andi, SH, M.Hum., Sugiyanto, Drs. Sugeng Pujianto, Reni Purwiningtyas, Hj. Suma’i, Dra. Enik Finawati, Suparman, H.A. Basuni Ghofur, S.Ag. dan Adilla Azis, SE. Dalam kunjungan tersebut, para Anggota Komisi D tersebut selain didampingi oleh Camat Pagelaran, Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. juga mendapatkan penjelasan dari Kepala Dinas Bina Marga Kabupaten Malang, Ir. H. Mochammad Anwar terkait berbagai program kegiatan pembangunan fisik yang akan dilaksanakan sepanjang tahun 2013 di wilayah Kecamatan Pagelaran.IMG_6454cop

Kunjungan kerja Anggota Komisi D Kabupaten Malang diakhiri dengan melaksanakan peninjauan ke Jembatan Urung Urung yang menghubungan Desa Clumprit Kecamatan Pagelaran dengan Desa Sumberejo Kecamatan Gedangan.

Rehab  dan pembangunan jembatan yang dilaksanakan oleh Dinas Bina Marga Kabupaten Malang pada Tahun Anggaran 2012 yang lalu, pada awalnya hanya bisa dilewati oleh satu kendaraan roda empat saja, IMG_6428copydalam arti harus bergiliran ketika harus melewatinya, bahkan kondisi aspalnya juga mengkhawatirkan. Tetapi kondisinya berbeda saat ini, karena sudah bisa dilewati kendaraan dari dua arah yang berbeda secara bersamaan tanpa harus bergantian. IMG_6440copyKondisi jembatan tersebut saat ini terlihat sekali kokoh sekali, dengan aspal yang tebal serta juga dilengkapi dengan fasilitas trotoar bagi pejalan kaki yang melewati jembatan tersebut.

Peringati HAN, Gelar Berbagai Lomba

Dalam rangka menyambut DSC00959 copy DSC00962 copypelaksanaan kegiatan berbagai lomba untuk memperingati Hari Anak Nasional Tingkat Kabupaten Malang Tahun 2013, UPTD TK, SD dan PLS Dinas Pendidikan Kecamatan Pagelaran melaksanakan kegiatan lomba, bertempat di SD Negeri Banjarejo 2, pada hari Senin (20/5). Lomba yang dimaksudkan selan untuk memperingati Hari Anak Nasional Tingkat Kecamatan Pagelaran Tahun 2013, juga sebagai ajang seleksi sebelum tampil pada lomba di tingkat Kabupaten Malang.

Kegiatan lomba yang dibuka secara langsung oleh Kepala UPTD TK, SD dan PLS Dinas Pendidikan Kecamatan Pagelaran, Agus Sumarno, S.Pd., M.Pd tersebut diikuti oleh para siswa/siswi SD dan TK dan para pendidiknya serta mempertandingan beberapa cabang lomba:

  1. Tingkat Taman Kanak-Kanak (TK)
  • Lomba Membuat Alat Peraga Edukatif (APE)
  • Lomba Tari Modern
  • Lomba Halang Rintang
  1. Tingkat Sekolah Dasar (SD)
  • Lomba Menyanyi Tunggal
  • Lomba Pidato
  • Lomba Pantomim
  • Lomba MTQ
  • Lomba Cerita Bergambar
  • Lomba Peragaan Busana Daerah
  • Lomba Kria Anyam
  • Lomba Senam Ceria

Juara pertama dari masing-masing kegiatan lomba tersebut akan mengikuti kegiatan Lomba dalam rangka peringatan Hari Anak Nasional Tingkat Kabupaten Malang Tahun 2013.

Upacara Peringatan Harkitnas Ke-105

Bertempat di halaman UPTD TK, SD dan PLS Kecamatan Pagelaran, pada hari Senin (20/5) telah dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-105 Tingkat Kecamatan Pagelaran dan  bertindak sebagai pembina upacara pada kegiatan tersebut adalah Camat Pagelaran, Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si.IMG_6379copy IMG_6384copy IMG_6374copy

Upacara yang berlangsung dalam suasana cuaca mendung tersebut diikuti oleh Muspika Pagelaran, Kepala UPTD/Instansi beserta staf, para Kepala Desa dan perangkatnya, para Kepala Sekolah serta siswa dan siswi sekolah di Kecamatan Pagelaran.

Camat Pagelaran selain membacakan sambutan tertulis dari Menteri Komunikasi dan Informatika RI, pada akhir sambutannya juga mengharapkan kepada seluruh peserta yang hadir agar bisa menghargai budaya bangsa Indonesia, termasuk di dalamnya budaya tradisional yang saat ini mulai dilupakan oleh sebagian masyarakat.

Dengan melestarikan budaya tradisional yang ada, hal tersebut merupakan salah perwujudan rasa bangga kita sebagai bangsa yang besar, yang tidak kalah dengan modernisasi bangsa asing yang saat ini banyak merambah dan merasuki generasi muda, sehingga mereka kurang memperhatikan bahkan lupa akan budaya bangsa sendiri.

Camat juga berharap agar olahraga dan permainan tradisional seperti kasti, gobag sodor, engklek, pathil lele dan lain sebagainya dapat dilestarikan dan dibudayakan kembali, khususnya di lingkungan anak-anak yang saat ini masih duduk di bangku sekolah, sebagai salah satu wujud pelestarian budaya tradisional tersebut.

Lega Setelah Itsbat Nikah

Tiga pasangan dari Kecamatan Pagelaran yakni pasangan Nurhadi dan Maisurah (Desa Sidorejo), Umar Faruq dan Timuna (Desa Brongkal), M. Afif dan Fatimah ( Desa Brongkal) yang mengikuti itsbat nikah di Pusat Kerajinan Rakyat (PKR) Kendedes, Singosari pada Minggu 19 Mei patut berlega hati. Pasalnya mereka telah dinyatakan sah sebagai pasangan suami istri secara hukum negara. Tak kalah penting, keturunan mereka nantinya akan mempunyai suatu kepastian hukum, termasuk di dalam akte kelahirannya tidak akan berbunyi sebagai anak dari seorang ibu saja, tetapi juga dicantumkan pula nama ayahnya.

Itsbat Nikah ini adalahsatu wujud perhatian keluarga besar Fatayat terhadap keabsahan status pernikahan pasangan suami istri. Dalam kegiatan yang merupakan kerjasama antara Pengurus Fatayat Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten Malang dalam rangka memperingati Hari Lahir (Harlah) Fatayat, 33 Kecamatan mengirimkan pasangan suami istri yang akan melaksanakan itsbat nikah. Seperti yang disampaikan Ketua Fatayat Kecamatan Pagelaran, Mudawamah, 3 orang pasangan dari Kecamatan Pagelaran telah mengikuti kegiatan tersebut.

Desa Pagelaran Peringati Hari Kebangkitan Nasional

Dalam rangka memperingati peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-105 Tahun 2013, Pemerintah Desa Pagelaran menyelenggarakan berbagai kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan Desa Pagelaran, pada hari Sabtu (18/5).

Kepala Desa Pagelaran, Moh. Widodo, SE, menjelaskan bahwa kegiatan yang dilaksanakan tersebut merupakan kerjasama antara Pemerintah Desa Pagelaran dengan Honda Fiesta, sehingga selain dimaksudkan untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke 105 juga untuk menumbuhkan kreativitas bagi siswa siswi TK, SD dan PAUD serta memberikan hiburan bagi masyarakat Desa Pagelaran.

Berbagai kegiatan diadakan sejak sore hingga malam hari, yaitu lomba menggambar yang diikuti oleh siswa dan siswi PAUD, TK dan SD, kegiatan senam bersama, test ride berhadiah dan diakhiri dengan hiburan musik orkes, yang kesemua acara tersebut dilaksanakan di Lapangan Desa Pagelaran. Kegiatan tersebut berlangsung meriah dan dihadiri oleh berbagai kalangan masyarakat Desa Pagelaran.

Sensus Pertanian 2013 : Wahana Perencanaan Pembangunan Pertanian

Sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang berperan penting di dalam pembangunan ekonomi Indonesia, termasuk di Kabupaten Malang sektor ini masih merupakan sektor unggulan yang diharapkan dapat menjadikan Kabupaten Malang menjadi salah satu penyangga ketahanan pangan di Provinsi Jawa Timur.

Agar pembangunan pertanian dapat dilaksanakan dengan baik, maka diperlukan suatu data statistik yang terkini, lengkap dan akurat. Hal tersebut akan dipakai sebagai bahan perencanaan pembangunan pertanian nasional, termasuk di Kabupaten Malang. Untuk itulah pada tahun 2013 ini dilaksanakan Sensus Pertanian, yang mencakup seluruh usaha pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan dan kehutanan.

Sensus Pertanian yang diadakan setiap 10 tahun sekali ini telah dimulai pada tanggal 1 Mei 2013 dan akan berakhir pada tanggal 31 Mei 2013 nanti, tidak terkecuali pula dilaksanakan di Kecamatan Pagelaran.

Menurut Dwi Haris Purnomo, Koordinator Statistik Kecamatan Pagelaran yang melaporkan pelaksanaan kegiatan tersebut kepada Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si., Sensus Pertanian di Kecamatan Pagelaran yang telah berlangsung selama kurang lebih 2 minggu berlangsung dengan lancar. Melibatkan 92 orang petugas sensus yang terdiri dari 23 orang Koordinator Tim (Kortim) dan 69 orang Petugas Pencacah Lapangan (PCL), dengan sasaran 10 desa yang ada di Kecamatan Pagelaran.

Petugas pelaksana Sensus Pertanian tersebut melaksanakan pendataan ke semua rumah tangga pertanian. Metode yang dipakai ada dua. Pertama, melaksanakan pencacahan lengkap terhadap rumah tangga pertanian yang ada melalui teknis wawancara. Kedua, melaksanakan pemutakhiran data, dengan berbekal data yang sudah ada dilaksanakan pengecekan langsung di lapangan.

Diharapkan dengan dilaksanakannya Sensus Pertanian 2013 tersebut, termasuk di Kabupaten Malang, akan dapat menyuguhkan data terbaik guna bahan perencanaan pembangunan pertanian di Kabupaten Malang, sekaligus menunjang terwujudnya icon Kabupaten Malang sebagai Kawasan Agro Eco-Wisata terkemuka di Provinsi Jawa Timur.

Pelatihan Pola Tanam Metode SRI Bagi Petani

Petani di empat desa di kawasan Kecamatan Pagelaran mendapat pelatihan Metode System Rice of Intensification (SRI) lanjutan. Pelatihan ini diawali pada 24 April 2013 lalu dan dilanjutkan hingga bulan Juni.  Kegiatan ini dilaksanakan secara sinergis oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Malang dan Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Kabupaten Malang bagi petani di Desa Sidorejo, Desa Clumprit, Desa Pagelaran dan Desa Suwaru.

Pola tanam padi dengan metode SRI ini dinilai akan  menguntungkan petani, mengingat ada berbagai keunggulan yang dimilikinya antara lain :

  • Sistem pengairan yang terputus, dalam arti walaupun tidak secara terus-menerus mendapatkan air tetapi tanaman padi tidak akan mati
  • Kebutuhan benih untuk per hektarnya yang biasanya membutuhkan   30 kilogram, dengan sistem ini cukup membutuhkan 10 kilogram benih.

LOKASI KEGIATAN

NO

KELOMPOK TANI

DESA

JADWAL KEGIATAN

1

Gapoktan Makmur Abadi(25 orang) Desa Sidorejo

Senin

2

Tani Dewi Sri I(20 orang) Dusun Pendem Desa Clumprit

Selasa

3

Tani Makmur(20 orang) Desa Sidorejo

Rabu

4

Tani Sumber Rejeki(20 orang) Desa Sidorejo

Rabu

5

Tani Dewi I Desa Sidorejo

Kamis

Tani Dewi II, Desa Sidorejo

Kamis

6

Gapoktan Rejeki Desa Pagelaran

Jumat (bergantian dengan Desa Suwaru)

 

Secara keseluruhan akan dilaksanakan sebanyak  12 kali pertemuan, kecuali untuk Gapoktan Rejeki Desa Pagelaran yang dilaksanakan 5 kali. Adapun para narasumber selain berasal dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Malang dan Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Kabupaten Malan juga Petugas Teknis Pertanian dan Perkebunan Kecamatan Pagelaran dan para penyuluh dari UPT Balai Penyuluhanan Kecamatan Pagelaran.

Pendistribusian Raskin Alokasi Bulan Mei 2013

Pendistribusian Raskin alokasi bulan Mei 2013 yang telah dilaksanakan pada hari Jumat (17/5), merupakan salah satu perhatian pemerintah, termasuk Pemerintah Kabupaten Malang terhadap masyarakat miskin di Kabupaten Malang pada umumnya dan Kecamatan Pagelaran pada khususnya. proses pendistristribusian Beras untuk Masyarakat Miskin (Raskin)

Pendistribusian tersebut telah dikirimkan oleh petugas dari Sub Divre Bulog Malang ke masing-masing kantor desa se Kecamatan Pagelaran dan selanjutnya oleh para petugas pendistribusian desa dibagikan ke warga miskin yang berhak menerima Raskin, yang ada di masing-masing desa.

Adapun Raskin yang dibagikan untuk alokasi bulan Mei 2013 adalah sebanyak 58.650 kilogram atau diperuntukkan untuk 3.910 Rumah Tangga Miskin, dengan harga per kilogramnya sebesar Rp. 1.600,-. Dengan masing-masing Rumah Tangga Miskin menerima 15 kilogram beras setiap bulannya, diharapkan akan dapat membantu  masyarakat miskin yang ada Kecamatan Pagelaran, sehingga mereka dapat terbantu beban kehidupannya, khususnya dalam hal pemenuhan kebutuhan di bidang pangan, mengingat saat ini harga per kilogram beras tersebut jauh lebih murah dibanding dengan beras non Raskin, yaitu dijual Rp. 1.600,- per kilogramnya.

Kecamatan Dukung Kesadaran Hukum

Demi menumbuhkan kesadaran berbagai peraturan hukum kepada masyarakat, bertempat di Balai Desa Suwaru pada hari Rabu (15/5) telah dilaksanakan kegiatan Penyuluhan dan Sosialisasi Hukum Terpadu bagi masyarakat Desa Suwaru, yang dibuka oleh Camat Pagelaran, Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si.DSC01346 copy

Kegiatan tersebut diikuti oleh kurang lebih 60 orang perwakilan masyarakat yang terdiri dari Kepala Desa dan perangkat desa, Ketua Tim Penggerak PKK Desa dan pengurus, Ketua BPD dan anggota, tokoh masyarakat, tokoh agama dan berbagai unsur masyarakat lainnya.

Dalam sambutan pembukaannya, Camat Pagelaran berharap agar kegiatan ini dapat memberikan tambahan ilmu berbagai peraturan di bidang hukum kepada para peserta penyuluhan dan sosialisasi yang hadir dan selanjutnya dapat menyebarluaskan hal tersebut kepada masyarakat yang ada di Desa Suwaru, mengingat masih ada masyarakat yang belum mengetahui aturan hukum yang saat ini tengah diberlakukan di negara ini.

Bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan yang dikoordinasi oleh Bagian Hukum Setda Kabupaten Malang tersebut adalah Dyah Kusumahastuti, SH (Kasi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten), Ipda Moch. Soleh (Kasubag Humas Polres Malang),  dan Yudi Hermawan, SH, MH (Kasi Intel Kejaksaan Negeri Kepanjen).

Persiapkan Diri Jadi Kader Terbaik

Menyambut beberapa agenda penting kedepan, TP PKK Kecamatan Pagelaran melaksanakan pertemuan rutin guna membahas persiapan Lomba Kader Penyuluh PKK Terbaik, masing-masing untuk Pokja I, Pokja II, Pokja III dan Pokja IV. Pertemuan yang dilaksanakan pada Juma15 Mei 2013 di Panti PKK Kecamatan Pagelaran tersebut juga membahas pembinaan bagi Ketua TimDSC01325 copy Penggerak PKK Desa, penyampaian materi hasil mengikuti berbagai kegiatan di tingkat kabupaten, antara lain mengenai pencegahan osteophorosis, pencegahan TBC dan pendewasaan usia pernikahan serta sosialisasi taman posyandu. Kegiatan itu dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Pagelaran beserta pengurus dan Ketua Tim Penggerak PKK Desa se Kecamatan Pagelaran beserta pengurus.

Usai pertemuan di Panti PKK Kecamatan, Ketua Tim Penggerak PKK didampingi beberapa pengurus melaksanakDSC01317 copyan kunjungan ke rumah Ibu Tulik, istri Sekretaris Desa Kanigoro yang juga merupakan Ketua Tim Penggerak PKK Desa Kanigioro, yang sedang sakit.

 

 

 

Raih Juara  Olahraga Tradisional

Olahraga tradisional yang digelar di Stadion Kanjuruhan pada 14-17 Mei 2013 benar-benar meriah. Nuansa nya memang berbeda dengan olahraga lainnya. Terlebih yang dilombakan adalah kasti,  bakiak raksasa, layang-layang, gebuk bantal, engklek, bek thor dan dakon. Kecamatan Pagelaran berhasil menjuarai 2 lomba yakni Juara III Lomba Kelompen Raksasa Kategori Putra dan Juara IV Lomba Layang-Layang Aduan.IMG_6171copy IMG_6090 copy IMG_6065 copy IMG_5993copy IMG_5988 copy IMG_5945copy IMG_5934 copy IMG_5862 copy IMG_6257 copy

Bupati Malang Bapak H. Rendra Kresna, di dalam pembukaan kegiatan Perlombaan Olahraga Tradisional Kasti pada hari Selasa (16/5) di Stadion Luar Kanjuruhan Kepanjen, menyampaikan beberapa poin. Pertama, saat ini banyak anak-anak yang semakin bersifat individual karena lebih senang memainkan permainan modern, misalnya play station, game komputer dan lain-lain, sehingga kurang terjalin kolektivitas dengan teman-temannya. Kedua, tidak sedikit pengaruh buruk yang ditimbulkan dari permainan modern tersebut, sehingga perlu diimbangi dengan ditumbuhkannya jiwa kolektivitas atau adanya kebersamaan di antara mereka, antara lain dengan memainkan permainan yang bersifat tradisional, yang dalam hal ini bersifat rekreatif. Ketiga, permaianan  tradisional janganlah dianggap sebagai sesuatu yang kuno atau berada dibawah bayang bayang teknologi asing, tetapi malah harus dilestarikan dan kita harus bangga sebagai bangsa Indonesia memiliki tradisi tersebut.

Perlombaan yang dilaksanakan itu oleh perwakilan SKPD Pemerintah Kabupaten Malang. Kecamatan Pagelaran dalam even ini mengikuti berbagai cabang yang diperlombakan, antara lain Lomba Kasti, Lomba Bakiak Raksasa, Lomba Layang-Layang, Lomba Gebub Bantal, Lomba Engklek, Lomba Bek Thor dan Lomba Dakon. Tim dari Kecamatan Pagelaran yang dalam kegiatan ini menampilkan para karyawan/karyawati Kecamatan Pagelaran, Sekretaris Desa dan Perangkat Desa, jajaran pendidik dan siswa/siswi di Kecamatan Pagelaran.

Rangkuman Berita Mei Minggu I dan II

Persiapkan Pemilu Legislatif

Pemilu Legislatif yang akan digelar tahun 2014 mendatang telah terasa geliat persiapannya. Seperti halnya Rapat Koordinasi Persiapan Pemilu Legislatif yang digelar di Kecamatan Pagelaran pada Rabu,8 Mei.RakorPileg-1

Kegiatan Rakor ini merupakan tahapan pertama. pelaksanaan Pemilihan Umum Legislatif Tahun 2014. Rakor Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pagelaran dengan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kecamatan Pagelaran ini digelar di Panti PKK Kecamatan Pagelaran.

Kegiatan dibuka dan dipimpin oleh Ketua PPK Pagelaran, Abdul Jalil, S.Ag. dan dihadiri oleh Ketua dan Anggota PPS se Kecamatan Pagelaran membahas tahapan awal Pemilu Legislatif yaitu pendaftaran pemilih. Kegiatan pendaftaran pemilih ini merupakan salah satu proses krusial, karena hasilnya akan ditetapkan sebagai DP4 Pemilu Legislatif Tahun 2014.

Selain itu setelah suatu keluarga didata, di depan rumahnya akan ditempeli stiker yang memuat data anggota keluarga yang berhak untuk memberikan hak suaranya pada Pemilu Legislatif tahun 2014 nanti. Dengan demikian, diharapkan apabila masih ada penduduk yang belum terdaftar akan segera diketahui dan kepala keluarganya dapat menghubungi PPS setempat agar anggota keluarganya tersebut dapat dimasukkan dalam data calon pemilih.

Ketua PPK berharap agar pelaksana pendaftaran pemilih dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, sehingga nantinya tidak ada penduduk Kecamatan Pagelaran yang tidak terdaftar pada kegiatan Pemilu tersebut.

Pada kegiatan tersebut hadir pula Camat Pagelaran, Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si.Dirinya turut memberikan semangat kepada seluruh penyelenggara pemilu agar kegiatan tersebut dapat berjalan dengan lancar, termasuk kecermatan di dalam melaksanakan pendaftaran calon pemilih serta perlunya koordinasi mantab dengan Muspika, Kepala Desa, Dinas/Instansi terkait serta tokoh masyarakat yang ada di masing-masing desa.RakorPileg-2

Kegiatan rapat koordinasi tersebut ditutup dengan pembagian logistik guna pendaftaran pemilih, yang diterima oleh masing-masing PPS sehingga dapat segera dipergunakan untuk mendata penduduk di masing-masing desa yang nantinya mempunyai hak untuk menyalurkan hak pilihnya pada Pemilu Legislatif tahun 2014.

Pentingnya Pendewasaan Usia Pernikahan (PUP)

Pemerintah Kabupaten Malang terus berupaya untuk menekan angka pernikahan dini atau dibawah 20 tahun. Pernikahan dini memiliki sisi negatif yang justru akan membawa resiko bagi keharmonisan keluarga. Pasalnya, pernikahan dini ini dilakoni oleh mereka yang mentalnya belum stabil, sehingga akan berujung pada pertengkaran. Bila permasalahan terus timbul, maka yang akan terjadi adalah perceraian yang notabene akan lebih banyak merugikan istri, bahkan anak dari hasil perkawinan tersebut.

Dilihat dari sudut kesehatan, seorang perempuan yang belum berusia 20 tahun, organ tubuhnya dinilai belum siap untuk menjalani kehidupan pernikahan, sehingga rawan terkena kanker serviks atau penyakit lainnya.

Ada berbagai sebab pasangan melakukan pernikahan di usia dini. Peran orang tua juga vital dan harus lebih bijaksana untuk menikahkan anaknya sebelum usianya cukup dewasa dan siap untuk menjalani masa kehidupan berumah tangga.

Orang tua juga harus memberikan pemahaman kepada anak-anak agar menjauhkan diri dari pergaulan yang bebas, menjauhkan diri dari sisi  negatif perkembangan teknologi.

Masalah-masalah PUP ini menjadi tema yang hangat pada Sarasehan Pendewasaan Usia Pernikahan (PUP) yang digelar di Pendopo Agung Kabupaten Malang,Rabu, 8 Mei 2013.

Kegiatan ini dihadiri Camat dan SKPD terkait, juga dihadiri utusan dari berbagai kecamatan se Kabupaten Malang, termasuk dari Kecamatan Pagelaran, antara lain Kepala KUA, Pengendali PLKB, Bidan Koordinator Puskesmas, Kader Bina Keluarga Balita (BKB), Kader Bina Keluarga Remaja (BKR), tokoh masyarakat dan tokoh agama. 

PPL Perkuat Kerja dan Kinerja

Pengawas Pemilu (Panwaslu) tak bekerja sendirian, kini Panitia Pengawas Lapangan (PPL) membantu untuk meningkatkan kerja dan kinerjanya pada Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Provinsi Jawa Timur Tahun 2013. PPL ini juga nantinya akan bertugas di kawasan Kecamatan Pagelaran.

PPL yang berjumlah 10 orang ini dilantik di gedung Panti PKK Kecamatan Pagelaran, Selasa (7/5). Mereka diambil sumpah dan dilantik oleh Ketua Panwaslu Kecamatan Pagelaran, Drs. Aries Taufik, BRS, BA, MM.IMG_5509

Diharapkan dengan pelantikan tersebut, kerja dan kinerja Panwaslu di dalam mewujudkan Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Provinsi Jawa Timur Tahun 2013 di Kecamatan Pagelaran yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil dapat tercapai. Adapun kesepuluh PPL yang telah dilantik tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Yudha Mahardika, SE (Pagelaran)
  2. Syamsul Arifin (Kademangan)
  3. Shofi Wahyuningrum (Banjarejo)
  4. Muhammad Amin, S.Ag. (Brongkal)
  5. Rozikin, S.Pd. (Karangsuko)
  6. Fathur Rohman (Kanigoro)
  7. Makhrus Ali, SH (Balearjo)
  8. Jumati, S.Pdi (Clumprit)
  9. Achmad Saidi, S.Ag. (Sidorejo)
  10. 10. Juhaswa Judarmanto (Suwaru)

 

1.109 Murid Sekolah Dasar Ikut Unas

Ujian Nasional untuk Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah di Pagelaran pada Senin-Rabu (6-8 Mei 2013) diikuti 1.109 orang siswa. Mereka adalah siswa-siswi dari Unas SD-123 SD dan 16 MI se-Kecamatan Pagelaran. Mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Pelaksanaan kegiatan Ujian Nasional tersebut berjalan dengan lancar dan tertib, termasuk naskah soal ujian dan lembar jawaban pun juga tidak ada permasalahan, sehingga para siswa-siswi SD dan MI se Kecamatan Pagelaran dapat berkonsentrasi penuh untuk mengikuti ujian. Untuk keamanan naskah soal ujian dan lembar jawaban juga terjamin, mengingat naskah tersebut diamankan di Mako Polsek Pagelaran dan baru diambil pada setiap pagio hari pelaksanaan ujian.

Guna melihat kesiapan dan kelancaran pelaksanaan Ujian Nasional SD dan MI di wilayah Pagelaran, pada hari Senin (6/5), Camat Pagelaran, Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si., dengan didampingi Kasi Kessos dan Kepemudaan, Agus Bukhori, S.Pd. dan Kasi Ketentraman dan Ketertiban Umum, Mariono, SAP, MM, melaksanakan kunjungan monitoring di SD Negeri Pagelaran 1, SD Negeri Pagelaran 2 dan MI Mambaul Ulum Desa Pagelaran. Dari hasil pemantauan tersebut, kegiatan Ujian Nasional SD dan MI tersebut berjalan dengan lancar, termasuk ketersediaan naskah soal dan lembar jawaban. Kondisi demikian juga berlangsung sampai selesainya Ujian Nasional SD dan MI pada hari Rabu (8/5).

Tingkatkan Kedisiplinan Aparatur Pemerintah di Kecamatan

Dalam rangka meningkatkan kedisiplinan karyawan/karyawati Pemerintah Kabupaten Malang, mulai Senin (6/5) seluruh Pegawai Negeri Sipil yang berdinas di wilayah Kecamatan Pagelaran melaksanakan apel pagi di kantor kecamatan.

Kegiatan apel pagi yang semula hanya diikuti karyawan dan karyawati Kecamatan Pagelaran dan Sekretaris Desa se Kecamatan Pagelaran, bertambah komposisinya dengan diikuti juga oleh Kepala UPTD dan jajaran SKPD Pemerintah Kabupaten Malang yang ada di Kecamatan Pagelaran.Apel-1

Kegiatan apel pagi di kantor Kecamatan Pagelaran, maka diharapkan akan dapat menambah eratnya tali silaturahmi dari antara para peserta apel dan semakin meningkatnya koordinasi dalam hubungan kerja antara karyawan-karyawati Pemerintah Kabupaten Malang yang ada di wilayah Kecamatan Pagelaran.

Selain kegiatan tersebut, sejak tanggal 1 Mei 2013, seluruh SKPD Pemerintah Kabupaten Malang yang ada di Kecamatan Pagelaran juga diminta untuk mengirimkan daftar hadir karyawan/karyawati di jajaran masing-masing di kantor Kecamatan Pagelaran. Hal tersebut dimaksudkan sebagai salah satu sarana pengawasan dan pembinaan Camat Pagelaran terhadap karyawan/karyawati SKPD Pemerintah Kabupaten Malang yang ada di Kecamatan Pagelaran.

Pabrik Gula Krebet Baru Buka Giling Tahun 2013

Dalam menyambut Musim Giling Tebu Tahun 2013, Pabrik Gula Krebet Baru pada hari Sabtu (4/5) mengadakan Selamatan Buka Giling bertempat di Kantor Emplasemen Pabrik Gula Krebet Baru di Desa Gondanglegi Wetan Kecamatan Gondanglegi.DSC01206copy DSC01164 copy DSC01191copy

Kegiatan Selamatan tersebut dihadiri oleh Muspika Gondanglegi dan Pagelaran, termasuk Camat Pagelaran, Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. yang pada kesempatan itu didampingi oleh Kasi Kessos dan Kepemudaan, Agus Bukhori, S.Pd. Selain itu hadir pula perwakilan dari KUD Gondanglegi serta para petani tebu dari Kecamatan Pagelaran dan Gondanglegi.

Acara tersebut diawali dengan sambutan dari General Manager Pabrik Gula Krebet Baru, Ir. Audrey H. Jolly Lapian. Dalam sambutannya, GM Pabrik Gula Krebet Baru berharap agar kemitraan yang selama ini sudah terjalin di antara PG Krebet Baru dengan KUD Gondanglegi dan para petani tebu dapat semakin ditingkatkan ke depannya, termasuk meningkatkan hasil dan kualitas tebu. Pabrik Gula Krebet Baru merupakan bagian dari BUMN PT. PG. Rajawali I dan pada tahun 2012 lalu merupakan salah satu pabrik gula terbaik di Indonesia. Setelah sambutan tersebut,  dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh GM Pabrik Gula Krebet Baru dan ceramah agama yang disampaikan oleh Ustad Aziz Zein dari Gondanglegi.

Kunjungan Kerja Kapolres Malang

Dalam rangka mempersiapkan proses pembangunan Mako Polsek Pagelaran yang baru, Kapolres Malang AKBP Adi Deriyan Jayamarta, SIK, pada hari Kamis (2/5) berkunjung ke Polsek Pagelaran. IMG_5448

Pada kunjungan tersebut beliau didampingi oleh beberapa pejabat Polres Malang, antara lain Kompol Wahyu Wim Harjanto (Wakapolres Malang), Kompol Tuti D. (Kabagren Polres Malang) dan AKP Ainun Djariyah (Kasat Sabhara Polres Malang).

Sedangkan dari jajaran Muspika Pagelaran, turut mendampingi kunjungan Kapolres Malang adalah Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. dan Kapolsek Pagelaran AKP Karmidi

Kunjungan Kapolres Malang di wilayah Kecamatan Pagelaran tersebut dimaksudkan untuk melihat kesiapan rencana pembangunan Mako Polsek Pagelaran yang baru. Saat ini Mako Polsek Pagelaran mempergunakan rumah milik H. Affandi di Desa Pagelaran, yang disewa untuk kepentingan operasional kegiatan Polsek Pagelaran. Lokasi calon Mako Polsek Pagelaran yang baru  ada di Desa Pagelaran pula, Luasna sekitar 990 meter persegi, berdekatan dengan perbatasan antara Desa Pagelaran dan Desa Suwaru.

Kapolres Malang berharap agar dalam waktu yang dekat Mako Polsek tersebut sudah bisa dimulai pembangunannya. Hal tersebut dimaksudkan agar aparat Polri di Kecamatan Pagelaran dapat memenuhi tuntutan akan kebutuhan pelayanan masyarakat kepada Polri yang semakin meningkat dari waktu ke waktu, yang secara tidak langsung juga akan mendukung terwujudnya visi Kabupaten Malang MADEP MANTEB, khususnya pada visi Aman dan Tertib. Menurut rencana proses pembangunan Mako Polsek Pagelaran akan dimulai pelaksanaan pembangunannya pada bulan Mei 2013 ini.

Layanan Full Untuk Ternak

Dalam rangka meningkatkan produksi bidang peternakan, Dinas Peternakan Kabupaten Malang melaksanakan berbagai kegiatan di Kecamatan Pagelaran pada hari Kamis (2/5). Kegiatan tersebut dipimpin oleh Ir. Nur Zulaichah, Kepala Bidang Produksi dan Budidaya Peternakan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang.Foto Pak Titing IB_0008

Petugas Teknis Peternakan dan Kesehatan Hewan yang juga merupakan Petugas Kawin Suntik Inseminasi Buatan di Kecamatan Pagelaran,  H. Titing Royani, S.Pt. yang mendampingi Tim Dinas Peternakan menjelaskan bahwa, berbagai dalam kegiatan telah dilaksanakan di Kecamatan Pagelaran, yaitu Pemeriksaan Kebuntingan (PKB), Pemberian Vitamin, Pemeriksaan Gangguan Reproduksi (ATR) dan Pelayanan Kesehatan Ternak, melalui Pemberian Obat Cacing bagi Ternak. Dalam kegiatan yang dilaksanakan satu tahun sekali, yang tahun ini dipusatkan di Desa Kanigoro tersebut, jumlah ternak yang didatangkan dan mendapatkan pelayanan sebanyak 139 ekor, yang kesemuanya adalah ternak jenis sapi.

Dilihat dari potensinya, Kecamatan Pagelaran termasuk salah satu kecamatan yang cukup produktif di dalam menghasilkan ternak jenis sapi. Hal tersebut dapat dilihat dari kelahiran sapi bulan April 2013 lalu sebanyak 89 ekor, yang terdiri dari 49 jenis jantan dan 40 jenis betina.

Sedangkan proses Inseminasi Buatan (IB) yang dilaksanakan di wilayah Kecamatan Pagelaran pada bulan April 2013 dilaksanakan pada 127 ekor sapi. Melihat hal tersebut, diharapkan Kecamatan Pagelaran dapat dijadikan sebagai salah satu kecamatan penyangga produksi peternakan di Kabupaten Malang, yang dalam hal ini juga melaksanakan visi Produktif, Maju dan Berdaya Saing, sebagaimana tercantum dalam visi Kabupaten Malang MADEP MANTEB. 

Pelatihan Tim Monitoring PNPM Mandiri Perdesaan 

Kemampuan untuk melakukan monitoring terhadap program dan kegiaan PNPM Mandiri Perdesaan sangatla penting. Maka dari itu, pada Kamis, 2 Mei 2013 di Aula KPRI Guru Kecamatan Pagelaran diadakan Pelatihan bagi Tim Monitoring PNPM Mandiri Perdesaan Tahun 2013 se Kecamatan Pagelaran.

Pada kegiatan yang berlangsung satu hari tersebut, bertindak sebagai narasumber adalah Ketua UPK PNPM Kecamatan Pagelaran dan para Fasilitator Kecamatan (FK) PNPM Kecamatan Pagelaran serta diikuti oleh Tim Monitoring PNPM dari desa-desa se Kecamatan Pagelaran.

Camat Pagelaran dalam pengarahannya menjelaskan bahwa kegiatan monitoring harus dilaksanakan dari awal hingga pasca kegiatan tersebut, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan pasca kegiatan.

Diharapkan agar Tim Monitoring dapat bekerjasama dengan unsur-unsur PNPM lain di desa, misalnya TPK, KPMD, TPU dan lain sebagainya, mengingat kunci keberhasilan suatu kegiatan adalah adanya rasa kebersamaan di antara berbagai unsur pelaku di masing-masing desa.

Social Gathering PKK Pagelaran Ke Kota Batu

Dalam rangka untuk mempererat silaturahmi di antara pengurus Tim Penggerak PKK Kecamatan dan Desa se Kecamatan Pagelaran, pada hari Kamis (2/5) telah dilaksanakan kegiatan social gathering berupa Uklam-Uklam ke Kota Batu, yang dipimpin oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Pagelaran, Ny. Dyah Hari Krispriyanto, SE serta diikuti oleh pengurus Tim Penggerak PKK Kecamatan Pagelaran dan Ketua Tim Penggerak PKK Desa se Kecamatan Pagelaran.DSC01105 copy

Pada kegiatan tersebut terlihat keceriaan dan kebersamaan di antara para pengurus Tim Penggerak PKK yang mengikuti kegiatan tersebut. Beberapa lokasi yang dikunjungi antara lain adalah sentra penjualan bunga dan oleh-oleh khas Kota Batu di Bumiaji dan diakhiri dengan makan siang bersama di Rumah Makan Warung Bambu di Bumiaji.DSC01112 copy DSC01109 copy

Diharapkan dengan kegiatan tersebut, para pengurus Tim Penggerak PKK juga akan dapat memetik pengalaman dari apa yang mereka lihat di Kota Batu dan mungkin bisa dikembangkan di wilayah Kecamatan Pagelaran, khususnya dalam hal mendukung program PKK di wilayah masing-masing dan mendukung pelaksanaan Tahun Kunjungan Wisata Kabupaten Malang Tahun 2013.

Upaya Meningkatkan Kualitas Jagung

Demi meningkatkan kualitas jagung maka dilaksanakan Sosialisasi Pembenihan Jagung dari PT. Syngenta Seed Indonesia, kepada para petani yang bernaung di bawah Gapoktan Harapan Mulya Desa Kanigoro. Kegiatan ini dilaksanakan pada  Kamis, 2 Mei 2013 di rumah Sdr. Gito Surianto, Desa Kanigoro.Gapoktan 2-5-2013 (7)copy Gapoktan 2-5-2013 (1) copy

Dalam sosialisasi, perwakilan dari pihak PT. Syngenta Seed Indonesia menjelaskan tentang berbagai kemudahan dan fasilitas yang diterima oleh para petani apabila mereka mau mempergunakan benih jagung dari perusahaan mereka, antara lain :

 1 Mendapatkan bibit jagung gratis sebanyak 25 kilogram per hektar.
 2 Mendapatkan pinjaman modal tanpa bunga Rp. 3.500.000,- per hektar.
 3 Pinjaman tersebut dapat dibayarkan pada saat panen, dengan perkiraan masa tanam sampai panennya antara 105 sampai 110 hari per musim tanamnya.
 4 Jagung yang dipanen akan dibeli dengan harga Rp. 3.100,- per kilogram glondongan

Diharapkan dengan adanya sosialisasi tersebut, akan dapat terjalin kerjasama antara petani di Desa Kanigoro dengan PT. Syngenta Seed Indonesia, sehingga dapat semakin beranekaragam pula tanaman pangan yang dihasilkan di wilayah Kecamatan Pagelaran serta diharapkan tingkat perekonomian petani, khususnya di Desa Kanigoro akan dapat meningkat pula.

Gapoktan Harapan Mulya, yang diketuai oleh Kurtubi tersebut terdiri dari 4 kelompok tani, yang anggota berjumlah kurang lebih 200 orang dan jumlah areal tanamnya seluas 25 hektar.

Kegiatan sosialisasi tersebut selain dihadiri oleh perwakilan kelompok tani se Desa Kanigoro, juga dihadiri oleh Kasi Tramtibum Kecamatan Pagelaran, Mariono, SAP, MM, mewakili Camat Pagelaran, Kepala Desa Kanigoro, Sudha serta penyuluh dari UPT Balai Penyuluhan Kecamatan Pagelaran.

Kemeriahan Peringatan Hardiknas 

Puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2013 telah dilaksanakan pada hari Kamis (2/5) bertempat di Stadion Kanjuruhan Kepanjen dan bertindak sebagai inspektur upacara adalah Bupati Malang Bapak H. Rendra Kresna.

Dalam kegiatan yang diikuti oleh ribuan keluarga besar jajaran pendidikan di Kabupaten Malang tersebut, selain dilaksanakan kegiatan upacara dan tasyakuran, juga dilaksanakan Pameran Prestasi Pendidikan, yang diikuti oleh keluarga besar pendidikan se Kabupaten Malang, mulai tingkat TK dan sederajat sampai SMA dan sederajat.

Pada kegiatan tersebut, keluarga besar pendidikan Kecamatan Pagelaran bergabung menjadi satu stand dengan jajaran pendidikan se eks wilayah kerja Pembantu Bupati di Bululawang. Kekompakan terlihat di stand tersebut, yang tercermin dari penataan standnya. Kekompakan tersebut membuat Bupati Malang, Bapak H. Rendra Kresna cukup lama melaksanakan peninjauan di stand tersebut dan sangat terkesan dengan kekompakan stand tersebut.

Camat Sosialisasikan Hasil Coffee Morning Kepada Staf

Sebagai bentuk tindak lanjut Coffee Morning Bapak Bupati Malang pada hari Senin (29/4), Camat Pagelaran, Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si., mengadakan Sosialisasi Hasil Coffee Morning pada hari Rabu (1/5), bertempat di Ruang Kerja Camat Pagelaran, dan dihadiri oleh Sekcam, para Kasi, Kasubag dan Staf Kecamatan Pagelaran.

Tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut adalah untuk mensosialisasikan hasil-hasil Coffee Morning jajaran SKPD Pemerintah Kabupaten Malang yang dipimpin Bapak Bupati Malang dan membahas kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan selama bulan Mei 2013, termasuk diskusi bersama karyawan/karyawati. Beberapa hal yang disampaikan dalam kegiatan tersebut antara lain adalah :

  • Tindak lanjut dari Catatan Strategis DPRD Kabupaten Malang atas LKPJ Bupati Malang Tahun 2012
  • Tindak lanjut atas Hasil Pemeriksaan BPK RI di Pemerintah Kabupaten Malang Tahun Anggaran 2012
  • Kedisiplinan kerja para karyawan/karyawati, baik yang PNS maupun non PNS yang bertugas di wilayah Kecamatan Pagelaran
  • Perlunya kebersamaan antara pimpinan instansi dengan karyawan/karyawati di lembaga tersebut
  • Peningkatan kinerja di dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat
  • Pemantauan pendistribusian Raskin di wilayah kecamatan

Dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut, diharapkan semakin terjalin hubungan yang harmonis yang baik antara Camat dengan seluruh karyawan/karyawati Kecamatan Pagelaran, baik dalam hubungan silaturahmi maupun dalam hubungan kerja.

Dua Bahasa