Monthly Archives: Juni 2013

0 119

Dalam rangka memperlancar proses tahapan dalam Pemilihan Umum, baik Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD dan DPRD atau Pemilu Legislatif, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Pagelaran melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Anggota PPS se Kecamatan Pagelaran, bertempat di Panti PKK Kecamatan Pagelaran pada hari Jumat sampai dengan Sabtu (28-29/6).IMG_0151COPY

Bimtek yang dilaksanakan kali ini adalah mensosialisasikan porgram software ISODP dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Software ISOD ini nantinya akan mempermudah penyelenggara pemilu di dalam mencari data pemilih ganda, pemilih yang belum cukup umur, pemilih yang sudah meninggal dunia termasuk peimilih tambahan pada pelaksanaan Pemilihan Legislatif tahun depan. Dengan demikian diharapkan keakuratan data pemilih akan dapat terpelihara dan kesalahan yang ada akan dapat diminimalisir, mengingat dalam pelaksanaan pemilu beberapa tahun terakhir sering timbul permasalahan yang disebabkan dari data pemilih yang kurang valid.

Bertindak sebagai narasumber dalam bimtek ini adalah Ketua dan Anggota PPK Kecamatan Pagelaran dan bimtek kali ini merupakan yang ketiga kalinya bagi para Anggota PPS se Kecamatan Pagelaran, setelah yang pertama dan kedua diselenggarakan pada bulan Mei 2013 dan awal Juni 2013.

0 148

Dalam rangka untuk mensosialisasikan berbagai program Pemerintah Kabupaten Malang, bertempat di Rumah Dinas Camat Pagelaran pada hari Jumat  (28/6) dilaksanakan Rapat Koordinasi Karyawan/Karyawati Kecamatan Pagelaran, yang dipimpin langsung oleh Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si.

Pada rapat koordinasi yang juga merupakan ajang silaturahmi sebagai alat IMG_0144COPYkomunikasi dua arah antara camat dengan stafnya, disampaikan berbagai program Pemerintah Kabupaten Malang yang akan dilaksanakan, termasuk di wilayah kecamatan. Selain itu dibahas pula terkait persiapan kegiatan Peringatan Hari Krida Pertanian Tingkat Kabupaten Malang yang akan dilaksanakan di Desa Sidorejo. Pada kegiatan tersebut, selain dihadiri oleh Bupati Malang, juga akan dihadiri oleh seluruh pimpinan pejabat Pemerintah Kabupaten Malang dan perwakilan kelompok tani dari kecamatan se Kabupaten Malang, sehingga perlu persiapan yang matang untuk persiapan kegiatan tersebut.

Sebelum mengakhiri pengarahannya, Camat Pagelaran juga berharap agar para karyawan-karyawati Kecamatan Pagelaran dapat semakin meningkatkan kerja dan kinerjanya, termasuk pelayanan kepada masyarakat, sehingga visi MADEP MANTEB yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Malang akan dapat terwujud di Kecamatan Pagelaran.

0 240

Forum Kerukunan Ulama dan Umaro (Forkuma) Kecamatan Pagelaran dalam rangka untuk meningkatkan silaturahmi dengan masyarakat di wilayah Kecamatan Pagelaran, pada hari Jumat (28/6) melaksanakan Safari Jumat di Desa Kademangan.IMG_0119 - Copycopy

Kegiatan yang berlangsung di Masjid Hidayatullah yang terletak di RT 08 RW 01 Desa Kademangan tersebut, diikuti oleh jajaran Muspika Pagelaran, Dinas/Instansi se Kecamatan Pagelaran serta pengurus Forkuma Kecamatan Pagelaran termasuk para ulama dan Sekretaris Desa dan Perangkat Desa Kademangan.

Safari Jumat diawali dengan melaksanakan Ibadah Sholat Jumat dan bertindak sebagai Khotib sekaligus Imam pada kegiatan tersebut K.H. Alwi, pengurus Forkuma Kecamatan Pagelaran. Setelah pelaksanaan sholat, dilanjutkan dengan sambutan dari Forkuma Kecamatan Pagelaran kepada seluruh jamaah Sholat Jumat Masjid Hidayatullah yang hadir, yang disampaikan oleh Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si.

Camat Pagelaran dalam sambutannya berharap agar masyarakat Desa Kademangan tetap senantiasa menjaga persatuan, kesatuan dan silaturahmi termasuk mendukung berbagai program pembangunan yang telah dicanangkan Pemerintah Kabupaten Malang dengan visi MADEP MANTEB nya. Selain itu dalam menjelang datangnya Bulan Suci Ramadhan kurang lebih dua minggu kedepan, Camat Pagelaran berharap agar masyarakat Muslim yang ada di Desa Kademangan dapat menjalankan ibadah tersebut dengan khusuk, termasuk menghindarkan dari berbagai perbuatan yang kurang baik misalnya menyalakan petasan yang dapat menimbulkan kerugian jiwa, luka-luka maupun harta benda. Terkait dengan adanya kemungkinan perbedaan waktu dimulainya awal bulan Ramadhan, Camat Pagelaran berharap agar hal tersebut tidak menjadi suatu hal yang harus dipertentangkan dan perlu adanya suasana saling menghormati di antara umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Kegiatan Safari Jumat Forkuma tersebut diakhiri dengan ramah tamah bertempat di Aula Panti Asuhan Kademangan, yang diikuti oleh para rombongan Forkuma Kecamatan Pagelaran serta para tokoh agama dan tokoh masyarakat Desa Kademangan.IMG_0139 - Copycopy

0 227

IMG_0084COPYBertempat di Panti PKK Kecamatan Pagelaran, pada hari Jumat (28/6) berlangsung kegiatan Rapat Koordinasi Panitia Peringatan HUT ke 68 Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 2013 Kecamatan Pagelaran. Rapat tersebut dihadiri oleh para anggota panitia dan dipimpin langsung oleh ketua panitia Agus Sumarno, S.Pd., M.Pd. (Kepala UPTD TK, SD dan PLS Kecamatan Pagelaran).

Rapat koordinasi panitia tersebut merupakan rapat pertama sejak dibentuknya kepanitiaan pada acara Rapat Dinas Kecamatan Pagelaran beberapa waktu yang lalu. Rapat ini mempunyai materi menentukan beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan pada rangkaian kegiatan Peringatan HUT ke 68 Proklamasi Kemerdekaan RI di wilayah Kecamatan Pagelaran, termasuk mengikuti berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Malang.IMG_0086COPY

Dalam kesempatan tersebut, Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. menyampaikan pesan dan harapan kepada peserta rapat yang hadir, termasuk  kepada kepala desa, agar dalam Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI di wilayah Kecamatan Pagelaran, walaupun dilaksanakan secara sederhana tapi dapat berlangsung meriah dan dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat pada desa-desa yang ada di wilayah Kecamatan Pagelaran. Hal tersebut merupakan salah satu rasa syukur kita atas nikmat kemerdekaan yang telah dilimpahkan Allah SWT kepada bangsa kita, sehingga patut kiranya kita dapat merayakan hari ulang tahun proklamasi negara kita yang dahulu dengan susah payah telah direbut dan dipertahankan oleh para pejuang kita dari tangan penjajah.

0 324

Sebelum melaksanakan program PNPM GSC (Generasi Sehat Cerdas) tahun 2013, maka pada Kamis (27/6) dilaksanakan MAD (Musyawarah Antar Desa) untuk mensinkronkan program masing-masing desa. Kegiatan yang dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Pagelaran ini di buka oleh Ketua BKAD, Rohawi.IMG_9991COPY

Dalam sambutannya, Rohawi mengatakan kegiatan hari ini terdapat dua agenda penting yakni musyawarah alokasi dana desa dan lokakarya PNPM GSC serta evaluasi pencapaian PNPM Generasi tahun 2012. Tahun 2013 ini PNPM memfokuskan pada pendidikan dan kesehatan. Dalam hal memantau gizi buruk diharapkan berkoordinasi dengan bidan. Apabila terdapat warga yang cacat diharapkan didata sehingga bisa memperoleh bantuan dan mendapatkan pendidikan

Sutini, S.Sos (PJOK) menjelaskan MAD merupakan tahapan yang harus dilaksanakan. “PNPM Generasi ini sudah 6 tahun berjalan, para pelakunya ada yang baru dan lama. Para pelaku baru diharapkan dapat segera belajar dan beradaptasi,” pintanya

Ia menambahkan agar pendataan calon penerima bantuan pada tahun 2013 ini bisa akurat sesuai dengan kenyaaan di lapangan. Selain itu Pokja diharapkan lebih aktif lagi dan turun  ke desa-desa.IMG_0002COPY

Sementara Sekretaris Camat Pagelaran  menyampaikan agar pelaksanaan program PNPM dijalankan dan diawasi “Yang diutamakan pada PNPM tahun 2013 ini adalah masyarakat miskin agar pendidikan dan kesehatannya terjamin. Diharapkan agar koordinasi terus dilakukan antara pelaku PNPM dan kepala desa,” katanya

FK PNPM, Ir. Moch. Imam menjelaskan bahwa semua pelaku PNPM harus semangat karena tahun ini berbeda kebijakannya, data harus akurat. Dirinya meminta agar Bumil, Bayi dan Balita agar dicross-check datanya termasuk mengidentifikasi anak usia sekolah 7-15 tahun.

Pada MAD kali ini hadir: Sekcam,PJOK,BKAD,PPAI, Kepala UPTD TK PLS, Puskesmas, seluruh kepala desa di Kecamatan Pagelaran dan bidan desa.

0 169

IMG_9948COPY

Setelah dilantiknya delapan kepala desa di Kecamatan Pagelaran hasil pemilihan kepala desa tanggal 6 April 2013 yang lalu, saat ini telah terbentuk kepengurusan Paguyuban Kepala Desa Kecamatan Pagelaran yang baru, mengingat beberapa pengurus lama telah mengakhiri masa bhaktinya sebagai kepala desa masa bhakti 2007 sampai dengan 2013. Adapun pengurus Paguyuban Kepala Desa Kecamatan Pagelaran yang baru adalah sebagai berikut :

  • Ketua                  : Moh. Widodo, SE (Kepala Desa Pagelaran)
  • Wakil Ketua       : Rusman (Kepala Desa Karangsuko)
  • Sekretaris           : Wiwik Rohati, SE (Kepala Desa Brongkal)
  • Bendahara         : Moeliyani (Kepala Desa Kademangan)

Sebagai langkah awal dari terbentuknya kepengurusan tersebut, bertempat di rumah H. As’adurrofiq yang merupakan Kepala Desa Banjarejo, pada hari Rabu (26/6) telah dilaksanakan Pertemuan Paguyuban Kepala Desa Kecamatan Pagelaran. Selain dihadiri oleh para kepala desa se Kecamatan Pagelaran, acara tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Camat Pagelaran Chandra Peni Setyowati, SH mewakili Camat Pagelaran, Kasi Pemerintahan Abdullah, Kasi Tramtibum Mariono, SAP, MM, Kasi Kessos dan Kepemudaan Agus Bukhori, S.Pd. dan Kasi Pertanahan dan Aset Ali Sachson Mujahid, S.Sos.

Selain sebagai wadah koordinasi antar kepala desa yang ada, wadah paguyuban ini juga dapat berfungsi sebagai wadah silaturahmi antar kepala desa termasuk antara kepala desa dengan kecamatan, muspika maupun dinas/instansi yang ada.

Dalam kesempatan tersebut, Sekcam Pagelaran yang mewakili Camat Pagelaran menyampaikan hal-hal terkait beberapa program ke depan, antara lain :

  • Persiapan penyaluran Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM), sebagai salah satu bentuk kompensasi akibat kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).
  • Perlunya percepatan pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Tahun 2013, mengingat PBB merupakan salah satu pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Malang, yang akan dikembalikan kembali kepada masyarakat dalam bentuk berbagai program pembangunan maupun kegiatan.
  • Penyaluran Penghasilan Tetap Perangkat Desa Tribulan I Tahun 2013.
  • Perlu ketelitian dan kehati-hatian Kepala Desa di dalam melaksanakan pemberhentian dan pengangkat perangkat desa.
  • Persiapan pelaksanaan Peringatan Hari Krida Pertanian Kabupaten Malang Tahun 2013, yang akan dipusatkan di Desa Sidorejo

0 506

Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Babussalam yang terletak di Desa Banjarejo, pada hari Rabu (26/6) melaksanakan wisuda bersama TK, MTs, SMP, SMA, SMK dan Madrasah Diniyah, yang keseluruhannya berjumlah 381 siswa dan siswi.

Dalam acara yang berlangsung meriah tersebut, Ketua YPI Babussalam K.H. Thoriq Darwis menyampaikan bahwa selain menimba ilmu, keutamaan para lulusan Babussalam harus mampu menjaga karakter pesantren dan tidak melupakan almamaternya. Lulusan diharapkan tidak berhenti di tengah jalan di dalam belajar, termasuk juga dapat memberikan uswah akhlakul karimah, dimana akhlak yang terpuji akan menjadi cerminan hasil pendidikan di Yayasan Babussalam.

Dari seluruh lulusan yang diwisuda, khusus untuk lulusan SMK nya, tahun YPI Babussalam berhasil menyalurkan lima orang siswanya untuk masuk ke dunia kerja sebelum mereka lulus. aat ini di SMK Babussalam dibuka jurusan Rekayasa Perangkat Lunak yang sedang banyak dicari perusahaan, sedangkan jurusan Tata Boga yang sudah berjalan tiga tahun ini telah berinovasi lewat pembuatan munuman sari salak, yang siap diproduksi dalam jumlah banyak kelak. Perlu diketahui, bahwa salak merupakan salah satu produk pertanian unggulan yang ada di Kecamatan Pagelaran.

0 216

Dalam rangka untuk meningkatkan kerja dan kinerja para Perangkat Desa di Kecamatan Pagelaran, Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. bertempat di Balai Desa Suwaru pada hari Rabu (26/6) melaksanakan pembinaan bagi para perangkat desa di Desa Suwaru.

Desa Suwaru merupakan desa ketiga yang dikunjungi Camat Pagelaran dalam pelaksanaan pembinaan perangkat desa tersebut. Pada kegiatan tersebut selain dihadiri oleh Kepala Desa Suwaru Tedjo Sampurno yang baru saja dilantik untuk masa jabatan keduanya oleh Bupati Malang pada tanggal 29 Mei 2013, juga diikuti oleh para Perangkat Desa Suwaru, sedangkan Camat Pagelaran didampingi oleh Kasi Pertanagan dan Aset Ali Sachson Mujahid, S.Sos.IMG_9921COPY

Dalam pembinaan perangkat desa tersebut, beberapa hal disampaikan Camat Pagelaran kepada para perangka desa yang hadir, antara lain :

  • Perlunya peningkatan pelayanan kepada masyarakat yang ada di desa, sehingga hal tersebut dapat meningkatkan tingkat kepercayaan mereka kepada aparatur pemerintah yang ada, khususnya pemerintah desa.
  • Perlunya penataan administrasi desa yang baik di tingkat pemerintah desa, sesuai dengan yang sudah disampaikan kepada para sekretaris desa ketika mereka mengikuti Bimtek Pengelolaan Administrasi Desa di Hotel Cakra Residence Turen beberapa waktu yang lalu.
  • Perlunya perencanaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan bantuan Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun Anggaran 2013, sehingga dana tersebut dapat benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang ada di Desa Kademangan dan dapat dilaksanakan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan.
  • Perlu percepatan di dalam pemungutan pajak bumi dan bangunan (PBB) Tahun 2013, mengingat waktu jatuh tempo kurang empat minggu lagi dan perlu disadari bahwa pemasukan dana dari PBB tersebut selanjutnya juga akan dikembalikan lagi ke masyarakat sebagai salah satu modal pembangunan di Kabupaten Malang. Pada tahun 2012 yang lalu Desa Suwaru merupakan desa yang lunas PBB pertama kali di Kecamatan Pagelaran, sehingga diharapakan prestasi tersebut akan dapat dipertahankan pada tahun 2013 ini.
  • Khusus bagi Tedjo Sampurno selaku kepala desa yang sat ini memangu jabatannya untuk periode keduanya, Camat Pagelaran berharap dalam melaksanakan tugasnya, yang bersangkutan  senantiasa berpedoman pada peraturan perundang-undangan, memperbaiki berbagai kelemahan pada masa jabatan sebelumnya serta melaksanakan berbagai inovasi di dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera dengan berdasar pada visi Pemerintah Kabupaten Malang MADEP MANTEB.

0 155

Sebanyak 1.888 orang mahasiswa Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang pada tanggal 30 Juni 2013 sampai dengan 30 Juli 2013 akan melaksanakan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Tematik Posdaya Berbasis Masjid. 120 orang di antaranya akan melaksanakan kegiatan tersebut pada 10 masjid yang tersebar pada sembilan desa se Kecamatan Pagelaran dan masing-masing masjid akan diisi oleh 12 orang peserta KKM.IMG_9899COPY

Untuk mempersiapkan kegiatan tersebut, Dewan Masjid Indonesia (DMI) Ranting Kecamatan Pagelaran dipimpin ketuanya Abdul Hadi mengumpulkan para pengurus takmir masjid yang akan menjadi lokasi KKM tersebut guna melaksanakan rapat koordinasi, bertempat di Panti PKK Kecamatan Pagelaran pada hari Selasa (25/6).IMG_9915COPY

Pada kesempatan tersebut juga diberikan pengarahan oleh Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. dan Kasi Kessos dan Kepemudaan Kecamatan Pagelaran Agus Bukhori, S.Pd. kepara peserta rapat koordinasi yang hadir.

Adapun masjid yang akan menjadi sentra kegiatan KKM tersebut adalah :

  • Masjid Al Qohar (RT 14 RW 02 Desa Balearjo)
  • Masjid Al Falah (RT 22 RW 03 Desa Kademangan)
  • Masjid Baitur Rohman (RT 43 RW 04 Desa Kanigoro)
  • Masjid Al Azhar (RT 0 RW 01 Desa Brongkal)
  • Masjid Quba (RT 06 RW 02 Desa Karangsuko)
  • Masjid Hasbulloh (RT 12 RW 02 Desa Banjarejo)
  • Masjid Miftahul Huda (RT 06 RW 04 Desa Sidorejo)
  • Masjid Masjid Azharul A’wan (RT 01 RW 01 Desa Pagelaran)
  • Masjid Masjid Al Hidayah (RT 14 Desa Pagelaran)
  • Masjid Darul Huda (Dusun Recobanteng Desa Suwaru)

0 310

Dalam rangka menentukan peringkat atau kelas kelompok tani yang ada di Kecamatan Pagelaran, pada hari Selasa (25/6) bertempat di gedung UPT Balai Penyuluhan Kecamatan Pagelaran dilaksanakan Pembinaan Teknis Penilaian Kelas Kelompok Tani, yang diikuti perwakilan kelompok tani se Kecamatan Pagelaran.IMG_9877COPY

Bertindak sebagai narasumber pada kegiatan tersebut adalah Kepala UPT Balai Penyuluhan Kecamatan Pagelaran Ir. Suwardhi Budi Santoso dan para penyuluh serta Kasubbid Sumber Daya Manusia Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Kabupaten Malang Wiji Basuki, SP.

Maksud dilaksanakan bintek ini adalah agar kelompok tani dapat mengetahui sampai sejauh mana kelas ata tingkat kelompok tani mereka, apakah pemula, lanjut, madya atau utama, yang ditandai dengan pemberian sertifikat setiap kali selesai diadakan penilaian yang menurut aturannya dilakukan setiap tahun sekali. Apabila suatu kelompok tani bagus penilaiannya maka dapat dipastikan akan mendapatkan kenaikan kelas, tetapi bila nilainya kurang memuaskan bukan tidak mungkin akan diturunkan kelasnya.IMG_9885COPY

Penilaian ini juga menjadi ajang ”penilaian” kinerja bagi para penyuluh di lapangan. Apabila kelas kelompok tani tetap apalagi sampai turun, maka akan dipertanyakan sejauh mana kinerja para penyuluh tersebut  dalam melaksanakan tugas di lapangan.

Selain dilaksanakan Bintek Penilaian Kelas Kelompok Tani, kegiatan tersebut juga diisi dengan rapat koordinasi persiapan pelaksanaan kegiatan Hari Krida Pertanian Tingkat Kabupaten Malang yang akan dilaksanakan di Desa Sidorejo. Hadir pula pada acara tersebut Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si., yang ikut memberikan pengarahan dan motivasi bagi perwakilan kelompok tani se Kecamatan Pagelaran yang mengikuti kegiatan pembinaan teknis dan rapat koordinasi.