Monthly Archives: Juli 2013

0 527

IMG_3807Setelah melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Tematik Posdaya Berbasis Masjid, sebanyak 108 mahasiswa Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang akhirnya berhasil menuntaskan kegiatannya pada hari Selasa (30/7).

Tuntasnya kegiatan tersebut ditandai dengan pelepasan yang dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Pagelaran dan dihadiri oleh Camat Pagelaran, para Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kecamatan Pagelaran dan perwakilan Takmir Masjid di Kecamatan Pagelaran yang menjadi lokasi KKM.IMG_3793

Pada kesempatan tersebut, Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. secara resmi melepas para mahasiswa yang telah melaksanakan KKM tersebut, disertai dengan ucapan terimakasih atas segala hal yang telah dilaksanakan para peserta KKM di delapan desa se Kecamatan Pagelaran. Selain itu, pengalaman yang telah diperoleh oleh para peserta KKM selama berinteraksi dengan masyarakat di masing-masing desa, diharapkan akan dapat menjadi suatu tambahan pengetahuan yang dapat disatukan dengan ilmu yang didapat di kampus, sehingga nantinya ketika mereka sudah menyelesaikan kuliahnya dan telah bekerja tidak akan mengalami kesulitan dalam berinteraksi dengan sesama.IMG_3844

Sebagai penutup acara tersebut diserahkan kenang-kenangan dari perwakilan Dosen Pembimbing Lapangan kepada Camat Pagelaran berupa vandel dan buku-buku yang nantinya akan menjadi tambahan bagi koleksi perpustakaan yang ada di kantor Kecamatan Pagelaran.

0 205

Tak ingin kalah dengan empat desa lainnya di Kecamatan Pagelaran yang telah lunas Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) pada hari Selasa (30/7), Desa Clumprit yang saat ini dipimpin oleh kepala desanya Drs. Sugianto berhasil menuntaskan tugasnya dalam pemungutan PBB Tahun 2013. IMG_7635

Baku PBB keseluruhan Desa Clumprit adalah Rp. 91.849.364 dan hal tersebut dapat diselesaikan sebelum masa jatuh tempo yang kurang satu hari, yaitu tanggal 31 Juli 2013.

Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kepala Desa Clumprit dan para perangkat desa yang telah mensukseskan program pemungutan PBB tahun ini, mengingat sebagian dari dana PBB akan dikembalikan lagi kepada masyarakat dalam bentuk berbagai program pembangunan yang ada di wilayah Kabupaten Malang, termasuk di wilayah Kecamatan Pagelaran.

0 1393

Setelah hampir satu bulan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) sejak tanggal 4 Juli 2013 yang lalu, sebanyak hampir 100 orang mahasiswa Semester VI dari berbagai fakultas di Universitas Muhammadiyah Malang akhirnya akan menyelesaikan salah satu tugas akademiknya tersebut di Kecamatan Pagelaran, tepatnya di Desa Kanigoro, Desa Balearjo dan Desa Kademangan besok pada hari Selasa (29/7).IMG_3751

Untuk menandai selesainya kegiatan KKN tersebut, bertempat di Panti PKK Kecamatan Pagelaran pada hari Senin (28/7), telah dilaksanakan pelepasan para peserta KKN Universitas Muhammadiyah Malang oleh Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. Mengingat cukup banyaknya peserta KKN, pada kegiatan tersebut mereka diwakili oleh masing-masing sepuluh orang tiap kelompok desanya.

IMG_9133Camat Pagelaran dalam sambutannya menyatakan bahwa selama satu bulan para mahasiswa telah melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat, termasuk mengaplikasikan ilmu yang telah diterima di kampusnya. Selain itu, kegiatan KKN ini juga merupakan salah satu ilmu bermasyarakat yang mungkin belum didapatkan oleh para mahasiswa selama menuntut ilmu di kampus, sehingga diharapkan bisa antara ilmu yang didapat di kampus dan di masyarakat tersebut nantinya akan berguna bagi mereka ketika mereka sudah lulus dan bekerja.

Setelah sambutan Camat Pagelaran, acara dilanjutkan sambutan perwakilan mahasiswa peserta KKN serta ditutup pembacaan doa yang disampaikan oleh Kasi Kessos dan Kepemudaan Kecamatan Pagelaran Agus Bukhori, S.Pd. Setelah pembacaan doa, dilakukan penyampaian kenang-kenangan dari perwakilan tiga kelompok yang ada berupa foto dan bantuan buku-buku yang nantinya akan dijadikan embrio pembentukan perpustakaan dinas yang ada di kantor Kecamatan Pagelaran, seperti yang menjadi cita-cita Hari Krispriyanto,. S.Sos., M.Si, Camat Pagelaran.

Setelah acara di Panti PKK Kecamatan Pagelaran, kebersamaan yang telah terjalin selama kurang lebih satu bulan tersebut diabadikan dengan foto bersama di Pendopo Kecamatan Pagelaran. Hadir pula dalam acara tersebut para Tim Pendamping Lapangan (TPL) yaitu Ustadz Zainal Arifin dan Ustadz Samar.

 

0 522

Menyongsong pelaksanaan hari libur dan cuti bersama memperingati Hari Raya Idul Fitri 1434 H/2013 H, Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. melaksanakan peninjauan ke UPTD Puskesmas Pagelaran guna melihat kesiapan instansi tersebut pada hari Senin (29/7).IMG_3637

Pada kunjungannya tersebut Camat Pagelaran diterima oleh Kepala UPTD Puskesmas Pagelaran drg. Budi Lestariati dan dr. Nur Syamsu Dhuha.

Pada kesempatan tersebut Kepala UPTD Puskesmas Pagelaran menjelaskan tentang kesiapan instansinya di dalam menghadapi libur dan cuti bersama tersebut, antara lain :

Selama hari libur dan cuti bersama, disiagakan personil dengan sistem tiga shift, yaitu jam 07.00 s/d 13.00 WIB, jam 13.00 s/d 20.00 WIB dan 20.00 s/d 07.00 WIB. Setiap shiftnya yang bertugas ada tiga orang yaitu perawat, bidan dan tenaga non medis.IMG_3604

Fasilitas penunjang yang ada di Puskesmas antara lain Unit Gawat Darurat (UGD), Balai Pengobatan (BP), perawatan gigi, 9 tempat tidur perawatan,pelayanan radio medik dan ambulan puskesmas keliling yang siap dioperasikan 24 jam.

Selama hari libur dan cuti bersama, apotik yang ada di UPTD Puskesmas Pagelaran tutup, tetapi untuk stok obat-obatan yang ada sudah disiapkan dan ditempatkan di UGD, sehingga apabila diperlukan siap untuk dikeluarkan.IMG_3695 IMG_3697

Selain fasilitas yang ada di Puskesmas, pada sepuluh desa yang ada di Kecamatan Pagelaran juga disiagakan Polindes, yang diawaki oleh bidan dan perawat pada masing-masing polindesnya.

Diperkirakan selama masa libur dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri ini, beberapa penyakit yang akan  banyak muncul adalah keracunan makanan dan diare, di samping kecelakaan lalu lintas sebagai kurang disiplinnya para pengguna jalan yang ada.IMG_3710

Selain mendapatkan penjelasan dari Kepala UPTD Puskesmas Pagelaran, Camat Pagelaran juga melaksanakan ke berbagai fasilitas yang di lingkungan instansi tersebut untuk menghadapi pelaksanaan libur dan cuti bersama nanti.

 

0 175

Setelah tiga desa di Kecamatan Pagelaran berhasil menyelesaikan pemungutan PBB tahun 2013 pada minggu lalu, hari Senin (29/7) ini Desa Suwaru menyusul penyelesaian kewajiban pemungutan PBB nya. Desa Suwaru yang dipimpin oleh kepala desanya Tedjo Sampurno yang baru saja dilantik untuk masa jabatan keduanya pada akhir Mei 2013 lalu mempunyai baku PBB sebesar Rp. 46.979.760. IMG_7595Pelunasan tersebut dilaksanakan di depan Petugas Khusus PBB Kecamatan Pagelaran Miskan, SE dan Petugas TP PBB Kecamatan Pagelaran Rangga dan Raka. Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaannya kepada Kepala Desa Suwaru beserta seluruh perangkatnya yang telah menyelesaikan salah satu tugasnya, guna mendukung Pemerintah Kabupaten Malang di dalam memenuhi pencapaian pendapatan asli daerahnya. Hal tersebut selanjutnya akan dipergunakan untuk melaksanakan pembangunan daerah guna mewujudkan masyarakat Kabupaten Malang yang Madep Manteb. Selain itu setelah empat desa berhasil menuntaskan tugasnya dalam pemungutan PBB, Camat Pagelaran juga berharap agar keenam desa lainnya dalam waktu dua hari tersisa juga dapat menyelesaikan tugas pemungutan PBB-nya dengan baik pula.

0 172

Kelompok 31 KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Muhammadiyah Malang PeriDSC04607ngati Nuzulul Qur’an diDesa Kademangan, pada hari Sabtu (27/7).DSC04585 DSC04599

Kegiatan yang berlangsung meriah tersebut dihadiri oleh sekitar 500 orang masyarakat Desa Kadengan, termasuk oleh Kasi Kessos dan Kepemudaan Kecamatan Pagelaran Agus Bukhori, S.Pd. yang mewakili Camat Pagelaran dan para Perangkat Desa Kademangan.

Bertindak sebagai penceramah dalam pengajian tersebut adalah Ustadz Ainul Mizan dari Tlogomas. Kota Malang, yang pada ceramahnya bertemakan Raih Kesuksesan Bersama Al Qur’an.

0 211

Dalam rangka mempersiapkan tahapan Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD dan DPRD Tahun 2013, khususnya di wilayah Kabupaten Malang, bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Malang pada hari Sabtu (27/7) melaksanakan Pengukuhan/Penetapan Anggota Panwaslu Pemilu Anggota DPR, DPD dan DPRD Kecamatan se Kabupaten Malang.

Kegiatan pengukuhan/penetapan tersebut dipimpin oleh Ketua Panwaslu Kabupaten Malang Mohammad Wahyudi, SE dan diikuti oleh 99 orang Anggota Panwaslu Kecamatan se Kabupaten Malang. Adapun Anggota Panwaslu tersebut berasal dari Anggota Panwaslu Pemilu Kepala daerah dan Wakil Kepala Daerah Provinsi Jawa Timur yang sudah dilantik beberpa bulan yang lalu. Dari Kecamatan Pagelaran, tiga Anggota Panwaslu yang dilantik adalah Drs. H. Arief Taufik, BE, BRS, MM, Moh. Yusuf, SIP dan Marsidi, S.Ag.

Kegiatan tersebut selain dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Malang Dr. H. Abdul Malik, SE, MM, juga dihadiri oleh Muspika se Kabupaten Malang, termasuk juga Muspika Kecamatan Pagelaran.

0 124

Dalam rangka meningkatkan hubungan silaturahmi dengan antara pimpinan dan staf, bertempat di Ruang Kerja Camat Pagelaran pada hari Jumat (27/7) dilaksanakan pertemuan antara Camat dengan karyawan dan karyawati Kecamatan.IMG_3547

Pertemuan tersebut diikuti oleh Camat Pagelaran, Sekcam, Kasi, Kasubag dan Staf yang ada di Kecamatan Pagelaran. Di dalam pertemuan tersebut Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. menekankan pentingnya silaturahmi yang akan dapat memperlancar hubungan antar insan dan persaudaraan serta hubungan kerja sehari-hari di kantor. Selain itu Camat juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh peserta pertemuan atas semua dukungan yang diberikan sehingga pekerjaan yang ada dapat terlaksana dengan baik serta berharap agar ibadah puasa yang dijalani saat ini dapat berjalan lancar dan semuanya dapat tetap dipertemukan dengan Bulan Suci Ramadhan pada tahun-tahun yang akan datang.

0 234

Di sela-sela aktivitasnya memimpin kegiatan pengamanan dalam rangka antisipasi aksi nasabah Unit Usaha Simpan Pinjam UJKS Koperasi An-Nissa Mandiri di wilayah Kecamatan Pagelaran, Kapolres Malang AKBP Ade Deriyan Jayamarta, SIK melaksanakan silaturahmi dengan Pengasuh Pondok Pesantren Tahidzil Qur’an Dr. K.H. Mudhofir.IMG_3505

Silaturahmi tersebut dilaksanakan bertempat di serambi Masjid Miftahul Huda Desa Sidorejo, setelah bersama-sama jamaah masjid tersebut melaksanakan Sholat Jumat (26/7). Bertindak sebagai khotib dan imam pada Sholat Jumat pada kesempatan tersebut adalah Dr. K.H. Mudhofir.

Dalam silaturahmi tersebut, Kapolres didampingi oleh Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si., Kapolsek Pagelaran AKP Karmidi, Kabag Ops Polres Malang Kompol Imam Rofik dan Danramil 0818/36 Pagelaran Peltu Sumari.

Pertemuan tersebut berlangsung dengan gayeng dan dalam suasana santai sampai sekitar jam 14.30 WIB, bahkan sempat diselingi dengan penjelasan Kapolres Malang kepada insan pers yang datang di masjid tersebut untuk mengetahui perkembangan permasalahan yang menimpa  nasabah Unit Usaha Simpan Pinjam UJKS Koperasi An-Nissa Mandiri yang tersebar di empat kecamatan tersebut.

0 234

IMG_3539Permasalahan yang menimpa ribuan nasabah Unit Usaha Simpan Pinjam UJKS An-Nissa Mandiri yang berpusat di Gondanglegi dan mempunyai kurang 3.000 nasabah di Kecamatan Gondanglegi, Pagelaran, Bantur dan Turen, karena uangnya diduga dilarikan oleh pengelolanya cukup menyita perhatian berbagai pihak. Selain nasabah koperasi menuntut hak-haknya, sempat muncul isu akan dilaksanakan unjuk rasa dari para nasabah tersebut.

Di wilayah Kecamatan Pagelaran, nasabah terbesar berasal dari para pedagang Pasar Desa Sidorejo atau yang lebih dikenal dengan Pasar Pal, dimana sebagian besar mereka mengikuti program Simpanan Hari Raya (SAHARA).  Karena pengelolanya melarikan diri, maka nasabah berusaha menemui para karyawan UJKS An-Nissa Mandiri yang ada di wilayah Kecamatan Pagelaran.

Beruntung jajaran Muspika Pagelaran dan Kepala Desa Sidorejo dengan diback-up oleh 2 SST Anggota Polsek jajaran Rayon Bululawang dan 1 SSK Brimob Polda Jatim, cepat bertindak termasuk melakukan pendekatan dengan nasabah yang ada di Pasar Pal Desa Sidorejo, sehingga hal-hal yang tidak diinginkan dapat dihindarkan dan sampai Jumat (26/7) kondisi dan situasi di wilayah Kecamatan Pagelaran tetap dalam keadaan aman, tertib dan terkendali. Bahkan Kapolres Malang AKBP Adi Deriyan Jayamarta, SIK menyempatkan untuk memantau situasi di wilayah Kecamatan Pagelaran sejak pukul 11.00 s/d 14.30 WIB, khususnya di Desa Sidorejo.

Atas kejadian tersebut, Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si.,  berharap agar masyarakat menyerahkan permasalahan ini kepada pihak yang berwajib yang menangani masalah tersebut dan tidak melakukan tindakan yang bersifat anarkis, sehingga diharapkan akan mempermudah penyelesaian Diharapkan masyarakat dapat memberikan informasi apabila mengetahui keberadaan pengelola lembaga yang saat ini tidak diketahui keberadaannya.

Selain itu Camat Pagelaran juga berharap agar masyarakat berhati-hati apabila ada penawaran program investasi dari lembaga koperasi maupun lembaga keuangan lainnya, sehingga kejadian tersebut di atas tidak terjadi lagi, termasuk mengetahui status badan hukum lembaga tersebut. Saat ini telah banyak lembaga koperasi yang sudah diakui badan hukum dan eksistensinya oleh masyarakat, antara lain KUD, koperasi wanita, lembaga simpan pinjam perempuan PNPM dan lain sebagainya, sehingga perlu kiranya masyarakat bisa mempertimbangkan sebelum berinvestasi atau melakukan kegiatan keuangan lainnya.