Monthly Archives: September 2013

0 388

IMG_0758 Setelah berhasil menuntaskan tugasnya untuk menggelar pesta demokrasi Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Provinsi Jawa Timur beberapa waktu yang lalu, saat ini Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pagelaran langsung berkonsentrasi untuk pelaksanaan Pemilihan Umum Legislatif, guna memilih Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten pada tahun 2014.

Salah satu hal yang sering menjadi permasalahan ketika pelaksanaan pemilu adalah Data Pemilih Tetap (DPT), sehingga untuk mencegah permasalahan tersebut, bertempat di Panti PKK Kecamatan Pagelaran pada hari Jumat (27/9), diselenggarakan Bimbingan IMG_0770Teknis (Bimtek) terkait Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu Legislatif tahun 2014 yang akan datang kepada Anggota Panitia Pemilihan Suara (PPS) Desa se Kecamatan Pagelaran, khususnya bagi yang menangani DPT.

Bertindak sebagai narasumber pada kegiatan ini adalah Ketua PPK dan Anggota PPK Kecamatan Pagelaran, yang dalam bimtek tersebut selain diberikan penjelasan berupa teori juga diberikan penjelasan melalui praktek terkait penyusunan DPT.

0 436

IMG_0765Pengcab PSSI Kabupaten Malang kembali menggelar Kompetisi Divisi Utama, Divisi I dan Divisi II. Kesebelasan Pagelaran FC akan melakoni laga di Divisi II pada babak penyisihan Grup B di Lapangan Yonif Linud 502 Kostrad yang terletak di Jabung.

Kesebelasan yang diperkuat 23 orang squad ini masih tetap dilatih oleh Puguh Dwi Setiawan. Pelatih muda berusia 25 tahun ini didampingi asisten pelatih, Tukin. Sedangkan manajer tim tetap di percayakan kepada Moch. Widodo, SE IMG_0735yang juga kepala Desa Pagelaran.

Tim muda U-19 ini terdiri dari 12 pemain  yang pernah memperkuat tim pada kompetisi tahun 2012 yang lalu, sedangkan 11 orang adalah muka baru pada kompetisi tahun 2013 ini, dengan pemain termuda masih berusia 14 tahun.

Saat mengukukuhkan tim ini di Pendopo Kecamatan Jumat (27/9), Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si berharap agar tim ini dapat berlaga dengan mengedepankan sportivitas danIMG_0746 bersemangat untuk merebut gelar juara sehingga dapat dipromosikan ke kasta yang lebih tinggi. Sebelumnya, tim ini berhasil menduduki peringkat IV pada kompetisi Divisi II tahun 2012.

Acara pengukuhan itu juga dihadiri oleh Sekretaris Camat, Kasi Pemerintahan, Kasi Kessos dan Kepemudaan, Plh. Ketua Korcam KONI Kecamatan Pagelaran dan Ketua Korcam PSSI Kecamatan Pagelaran.

0 4965

IMG_0695Proses berbagai kegiatan Peringatan HUT ke 68 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2013 di Kecamatan Pagelaran yang dimulai sejak awal Agustus 2013 resmi diakhiri kegiatannya pada hari Jumat (27/9), setelah diadakan tasyakuran dan pembubaran panitia bertempat di Pendopo Kecamatan Pagelaran oleh Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si.

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh jajaran Dinas/Instansi Kecamatan Pagelaran, Kepala Desa se-Kecamatan Pagelaran dan jajaran Panitia HUT ke 68 Kemerdekaan RI Tahun 2013 Tingkat Kecamatan Pagelaran, Camat Pagelaran menyampaikan rasa bangga dan ucapan terimakasihnya kepada seluruh jajaran panitia serta dinas/instansi, desa dan stakeholder lainnya yang telah mensukseskan berbagai kegiatan selama kurang lebih dua bulan tersebut. Berbagai kegiatan telah dilaksanakan selama kurun waktu dua bulan tersebut, termasuk berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh desa maupun organisasi masyarakat yang ada yaitu karnaval di dalammemeriahkan Peringatan HUT RI tersebut.

Setelah Ketua Panitia Agus Sumarno, S.Pd., M.Pd. menyampaikan pertanggung jawaban dana dan kegiatan kepada seluruh undangan yang hadir dan telah mendapatkan persetujuan, maka secara resmi pula seluruh rangkaian kegiatan Peringatan HUT ke 68 Republik Indonesia Tahun 2013 di Kecamatan Pagelaran diakhiri serta kepanitiaan yang melaksanakan kegiatan tersebut secara resmi dibubarkan. Acara ditutup dengan pembacaan doa dan dilanjutkan dengan ramah tamah.

0 462

Dalam rangka melaksanakan agenda rutin Majlis Maulid Watta’lim Al Busyro sekaligus di dalam mempererat tali silaturahmi dengan masyarakat Desa Sidorejo, bertempat di Musholla An-Nur, RT 08 RW 04 Desa Sidorejo dilaksanakan kegiatan pengajian, yang diikuti oleh jamaah Majlis Maulid Watta’lim Al Busyro dan warga masyarakat Desa Sidorejo pada hari Rabu (25/9).

Kegiatan yang berlangsung semarak dan khidmat tersebut diawali dengan pembacaan Sholawat Nabi Muhammad SAW oleh semua jamaah yang hadir. Sebagai puncak dari kegiatan tersebut disampaikan ceramah agama yang disampaikan oleh Habib Jafar Moh. bin Jufri dari Malang. Secara umum kegiatan tersebut berlangsung dengan aman dan tertib

0 2910

Sehubungan dengan masih seringnya terjadi gangguan yang mengakibatkan padamnya aliran listrik di wilayah kerja PLN Rayon Gondanglegi, yang meliputi Kecamatan Gondanglegi, Kecamatan Pagelaran, Kecamatan Bantur, Kecamatan Turen, Kecamatan Gedangan dan Kecamatan Sumbermanjing Wetan, PLN Rayon Gondanglegi memberikan himbauan kepada masyarakat yang ada di enam kecamatan tersebut.

Adapun himbauan dari PLN Rayon Gondanglegi, yang disampaikan oleh manajernya Reki Wowiling, ST tersebut adalah sebagai berikut :

  • Menghimbau warga untuk mengijinkan petugas PLN melakukan pemotongan/rabas pohon (tanaman produktif/non produktif, misalnya jati, cengkeh, sengon, bambu) yang berdekatan dengan SUTM (3 buah kawat yang melintang di atas tiang PLN) hingga jarak aman sejauh 3 sampai 5 meter, karena bila ranting atau dahan pohon tersebut mengenai kabel SUTM akan mengakibatkan terputusnya aliran listrik di enam kecamatan tersebut.
    • Melarang warga bermain layang-layang dekat kabel SUTM karena berbahaya bagi pemainnya serta dapat berakibat padamnya aliran listrik di enam kecamatan tersebut.
    • Menghimbau warga jika memotong pohon dekat dengan kabel SUTM agar berkoordinasi dengan pihak PLN untuk pengamanan jaringan PLN. Apabila ranting/dahan dari pohon/bambu yang dipotong mengenai kabel SUTM akan terjadi gangguan yang mengakibatkan padamnya aliran listrik di enam kecamatan tersebut.
    • Menghimbau agar warga yang membangun atau merehab rumah, gedung dan bangunan lainnya supaya tetap menjaga jarak aman 3 meter dari sisi terluar kabel SUTM, untuk keamanan warga khususnya saat membangun serta keamanan warga yang akan menempati bangunan. Selain itu juga untuk menghindari gangguan atau padamnya aliran listrik di enam kecamatan tersebut.
    • Jika ada pemasangan spanduk, bendera dan baliho, dihimbau agar tetap menjaga jarak aman 5 meter dari sisi luar kabel SUTM, karena bila mengenai kabel SUTM dapat berbahaya bagi masyarakat dan dapat menimbulkan gangguan padamnya aliran listrik di enam kecamatan tersebut.

Apabila ada pohon roboh, tanah longsor, binatang maupun petir yang mengakibatkan padamnya aliran listrik di lingkungan warga agar segera diinformasikan ke PLN. Untuk laporan atau informasi PLN dapat menghubungi Call Center 0341-123 atau 0341-879605, 0341-8840183 atau 081-555495145.

0 233

Setelah melaksanakan kegiatan kediklatan selama kurang lebih satu bulan sejak tanggal 21 Agustus 2013 yang lalu, seluruh peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan 487 Tahun 2013 Pemerintah Kabupaten Malang berhasil menuntaskan studinya pada hari Rabu (25/9).

Sebagai tanda dari selesainya kegiatan Diklatpim Tingkat IV Angkatan 487  tersebut, bertempat di Ruang Rapat Anusapati Kantor Bupati Malang, pada hari Rabu (25/9) dilaksanakan penutupan yang dilakukan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Malang Dr. H. Abdul Malik, SE, M.Si., yang juga dihadiri oleh Sekretaris Badan Diklat Provinsi Jawa Timur Drs. Budi Santoso serta para pimpinan SKPD Pemerintah Kabupaten yang pejabat strukturalnya mengikuti diklat tersebut.

Penutupan diklat tersebut diawali dengan pernyataan penutupan diklat yang dilakukan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Malang serta dilanjutkan dengan pelepasan tanda peserta dan pemberiab Surat Tanda Tamat  Pendidikan dan Pelatihan (STTPP) kepada perwakilan peserta diklat. Salah satu pejabat struktural Kecamatan Pagelaran yang juga mengikuti diklat tersebut adalah Sutini, S.Sos., yang sehari-hari menjabat sebagai Kasi Ekbang dan Pemberdayaan Perempuan Kecamatan Pagelaran.

Secara umum pelaksanaan Diklatpim Tingkat IV Angkatan 487 ini mempunyai arti yang membanggakan bagi Pemerintah Kabupaten Malang dan Badan Diklat Provinsi Jawa Timur, mengingat dari 40 orang pesertanya, 8 orang diantaranya meraih predikat ”Memuaskan” dan sisanya memperoleh predikat ”Amat Baik”.

Selain itu para alumni Diklatpim Tingkat IV Angkatan 487 tersebut diharapkan semakin meningkatkan kemampuan dan kinerjanya di dalam melaksanakan tugasnya, dengan meninggalkan sifat sebagai pangreh atau ambtenaar tetapi lebih memposisikan diri sebagai pamong, yang lebih banyak memberikan pelayanan kepada masyarakat atau stakeholder lainnya.

0 431

IMG_9931Guna mewujudkan sarana pelayanan kesehatan yang baik di Desa Suwaru, saat ini tengah dilaksanakan pembangunan gedung polindes baru sebagai pengganti gedung lama yang kondisinya kurang memadai dan sempit, sehingga nantinya akan dapat memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal kepada masyarakat.

Anggaran pembangunan gedung Polindes Suwaru tersebut bersumber dari dana PNPM Mandiri Perdesaan Tahun Anggaran 2013 sebesar Rp. 177.688.700 dan masih ditambah lagi dengan swadaya masyarakat sebesar Rp. 14.471.000. Pelaksanaannya telah dimulai pada tanggal 20 Juni 2013 lalu dengan kegiatan kerja bhakti bersama masyarakat Desa Suwaru, Perangkat Desa Suwaru dan anggota Koramil 0818/36 Pagelaran dan diperkirakan akan rampung pembangunannya pada bulan Oktober 2013 yang akan datang.IMG_9947

Gedung polindes yang mempunyai luas kurang lebih 105 meter persegi tersebut, dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama menjadi ruang pelayanan bagi masyarakat yang terdiri dari ruang bidang, ruang obat, ruang bersalin, ruang rawat inap, ruang tunggu pasien, gudang dan kamar mandi pasien. Adapun bagian kedua merupakan rumah dinas bidan yang terdiri daeri ruang tamu, kamar tidur, ruang makan, dapu dan kamar mandi. Dengan adanya rumah dinas tersebut, diharapkan bidan akan dapat lebih maksimal di dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan, baik pada sat pagi, siang, sore maupun malam.

Agar pembangunan polindes yang bersumber dari dana PNPM tersebut dan telah mencapai 80% pelaksanaannya tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar, pada hari Selasa (24/9) Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. yang didampingi oleh Kepala Desa Suwaru Tedjo Sampurno melakukan monitoring di lokasi pembangunan,  yang juga berada satu komplek dengan lingkungan  perkantoran Pemerintah Desa Suwaru dan markas Koramil 0818/36 Pagelaran.

0 402

IMG_0650 Di tengah teriknya cuaca di wilayah Kecamatan Pagelaran, Senin (23/9) di Desa Pagelaran, tepatnya di RT 22 RW 03 Dusun Mentaraman telah terjadi musibah kebakaran lahan tebu yang mengakibatkan meninggalnya salah seorang warga RT 24 RW 03 Dusun Mentaraman Desa Pagelaran yaitu Poniman, 55 tahun.

Awal kejadian kebakaran tersebut diperkirakan ketika korban melakukan pembakaran daun tebu kering (daduk) di lahan tebunya. Tetapi dalam perkembangannya ternyata muncul angin yang cukup kencang yang mengakibatkan api membesar dan merembet ke areal lahan tebu milik IMG_0654tetangga korban.

Korban yang berupaya untuk memadamkan api tersebut, tetapi karena semakin membesar upaya tersebut tidak berhasil, bahkan korban terjebak api yang semakin berkobar tersebut, sehingga korban meninggal dunia.

Untuk dapat mengatasi kebakaran tersebut, Muspika Pagelaran, Pemerintah Desa Pagelaran dan masyarakat setempat melaksanakan upaya pemadaman api, yang juga dibantu oleh dua mobil PMK dari Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Malang. Setelah api berhasil dikuasai, masyarakat menemukan korban sudah dalam keadaan meninggal dunia.

Mengingat kejadian ini menimbulkan korban jiwa, Tim Identifikasi Polres Malang turun ke lokasi kejadian untuk mencari sebab kematian yang bersangkutan. Selain Muspika Pagelaran, Kepala Desa Pagelaran, hadir pula di lokasi kejadian Kapolres Malang beserta jajaran Polres Malang.IMG_0663

Setelah dilaksanakan identifikasi, disimpulkan bahwa almarhum Poniman meninggal karena kecelakaan kebakaran serta tidak ditemukan adanya tanda-tanda kekerasan di tubuh korban. Atas permintaan keluarga korban, jenazah Poniman akhirnya dibawa pulang ke rumah duka tanpa dilakukan proses otopsi dan pada sore harinya korban langsung dimakamkan di pemakaman umum desa setempat.

Berkaca dari kejadian tersebut, Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. berharap dan menghimbau agar masyarakat di wilayah Kecamatan Pagelaran senantiasa waspada dan berhati-hati apabila melakukan pembakaran terhadap daun tebu kering (daduk) yang baru saja ditebang, mengingat kondisi angin saat ini tidak bisa ditebak, dimana terkadang angin dapat timbul secara mendadak dengan kencang, sehingga hal tersebut dapat membuat api yang dipakai untuk membakar daduk tersebut menjadi semakin membesar. Pada tahun 2012 yang lalu, di wilayah Kecamatan Pagelaran yaitu di Desa Suwaru dan Desa Banjarejo telah terjadi dua kasus kebakaran yang sama motifnya dengan kebakaran yang terjadi pada hari Senin (23/9), hanya saja pada kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa.

0 393

Setelah para Kepala Desa se Kabupaten Malang mendapatkan pencerahan dari tim Inspektorat Kabupaten Malang dan Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur, yang dikemas dalam acara Sosialisasi Pertanggungjawaban Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) dan Tata Cara Pengelolaan Aset Desa, kali ini giliran Sekretaris Desa se Kabupaten Malang, termasuk yang berasal dari Kecamatan Pagelaran yang mendapatkan pencerahan terkait hal tersebut.

Kegiatan yang dibuka oleh Inspektur Kabupaten Malang Ir. H. Didik Budi Muljono, MT, bertempat di Hotel Grand Pujon View pada hari Senin (23/9). Narasumber sosialisasi itu adalah sebagai narasumber adalah Ir. H. Didik Budi Muljono, MT (Inspektur Kabupaten Malang) dan Samsul Hidayat, Ak. (Auditor Madya pada Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur).

Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. menyambut baik diselenggarakannya kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan oleh Inspektorat Kabupaten Malang tersebut, khususnya yang diberikan kepada sekretaris desa. Hal tersebut dirasakan penting, mengingat tugas-tugas sekretaris desa akan lebih banyak bersentuhan dengan kegiatan administrasi terkait APBDesa maupun pengelolaan aset desa, sehingga diharapkan dengan mendapatkan pencerahan tersebut para sekretaris desa akan dapat semakin baik dan tertib di dalam melaksanakan berbagai tugas yang diberikan kepadanya.

 

0 427

Menyambut event Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas KTNA) XIV Tahun 2014 Kecamatan Pagelaran bersiap-siap. Salah satunya dengan melaksanakan Rapat Koordinasi, Senin (23/9).

Rapat yang dipimpin oleh Ketua KTNA Kabupaten Malang Choirul Anam, SH tersebut antara lain membahas rencana lokasi penginapan bagi peserta Penas KTNA XIV. Untuk wilayah Kecamatan Pagelaran menurut rencana akan ditempati oleh sekitar 5.000 orang peserta dan akan menempati sekitar 1.000 rumah yang ada di wilayah Kecamatan Pagelaran. Sementara ini ada tiga desa yang dipersiapkan untuk ditempati yaitu Desa Karangsuko (sebagai desa utama) serta Desa Brongkal dan Desa Suwaru (sebagai desa pendamping). Apabila dalam pendataannya nanti ternyata jumlah rumah yang diperlukan belum mencapai 1.000 rumah, maka penempatan peserta Penas KTNA akan melebar ke desa-desa lain di wilayah Pagelaran.

Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. berharap agar masyarakat Kecamatan Pagelaran dapat menjadi tuan rumah yang baik bagi para tamu peserta Penas KTNA yang berasal dari berbagai provinsi se Indonesia, sekaligus juga untuk memperkenalkan dan mempromosikan potensi yang dimiliki oleh Kecamatan Pagelaran, termasuk potensi di bidang pertanian dan produk unggulannya.