Monthly Archives: Oktober 2013

0 300

DSC03780Dalam rangka memanfaatkan berbagai potensi pangan non beras yang ada, Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan (BKP3) Kabupaten Malang bekerjasama dengan Tim Penggera PKK Kabupaten Malang dalam rangka memperingati Hari Jadi ke 1253 Kabupaten Malang Tahun 2013, melaksanakan Lomba Cipta Menu Penganekaragaman Pangan Tahun 2013.

Kegiatan tersebut berlangsung di kantor BKP3 Kabupaten Malang, Desa Karangduren Kecamatan Pakisaji pada hari Kamis (31/10) dan diikuti oleh seluruh kecamatan se Kabupaten Malang, termasuk diikuti oleh Tim Penggerak PKK Kecamatan Pagelaran, yang dipimpin oleh Dyah Hari Krispriyanto, SE. Adapun anggota tim Kecamatan Pagelaran terdiri dari Wakil Ketua Tim Penggerak PKK dan Ketua Pokja III Tim Penggerak PKK Kecamatan Pagelaran serta perwakilan Tim Penggerak PKK Desa Suwaru.DSC03782

Menu non beras yang ditampilkan oleh Tim Kecamatan Pagelaran terdiri dari menu untuk makan pagi, siang dan malam, antara lain nasi keladi, nasi seledek, nasi tiwul, tempe, ikan mujaer, sayur pedas kentang udang, buah pepaya dan lain sebagainya. Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Pagelaran Dyah Hari Krispriyanto, SE, berharap agar kita tidak terlalu terpancang dengan mengandalkan bahan baku beras saja di dalam membuat menu makan yang sehat, tetapi juga dengan berbagai bahan baku non beras, sehingga kandungan gizi yang adapun juga semakin beragam dan secara tidak disadari ternyata bahan baku non beras tersebut banyak yang ada di sekitar kita, misalnya di pekarangan rumah yang dapat dimanfaatkan untuk ditanami berbagai tanaman produktif. Selain itu diharapkan agar menu non beras yang sudah dibuat ini dapat disosialisasikan ke masyarakat yang ada di desa, termasuk kreativitas pembuatan makanan non beras lainnya yang dibuat pada desa-desa lainnya di Kecamatan Pagelaran.

0 337

Bertempat di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Polres Malang di Kepanjen, Kapolres Malang AKBP Adi Deriyan Jayamarta, SIK, SH, pada hari Kamis (31/10) telah memimpin upacara serah terima jabatan dua jabatan Kapolsek di jajaran Polres Malang.

Dua jabatan kapolsek tersebut adalah jabatan Kapolsek Pagelaran dari AKP Karmidi kepada AKP Suyoto dan Kapolsek Bantur dari AKP Azwandi kepada AKP Karmidi. AKP Karmidi selanjutnya akan menjabat sebagai Kapolsek Bantur, sedangkan AKP Suyoto sebelumnya bertugas di jajaran Polres Batu sebagai Kapolsek Kasembon. Adapun AKP Azwandi selanjutnya akan bertugas pada Bagian Operasi Polres Malang sebagai Kasubag Dalops.

Upacara yang berlangsung sederhana dan khidmat tersebut, juga diisi dengan serah terima Ketua Ranting Bhayangkari, masing Ranting Pagelaran dari Ny. Karmidi kepada Ny. Suyoto serta Ranting Bantur dari Ny. Azwandi kepada Ny. Karmidi.

Setelah acara serah terima jabatan tersebut, khusus untuk kegiatan pamit kenal Kapolsek Pagelaran akan dilaksanakan di Pagelaran pada minggu yang akan datang.

0 246

Setelah sempat dilanda hujan deras dengan angin yang cukup kencang pada hari Selasa (29/10), ternyata pada salah desa di Kecamatan Pagelaran yaitu Desa Brongkal ditemukan satu rumah yang mengalami rusak berat, satu rumah rusak sedang dan tiga rumah ringan. Yang paling merasakan kerusakan rumah paling berat adalah Marsum, 70 tahun, warga Dusun Sidorukun. Rumah Marsum yang terbuat dari bambu dan berukuran 4 meter kali 4 meter tersebut roboh dan rata dengan tanah.

DSC03769z

Atas penderitaan Marsum yang saat ini tinggal sebatang kara tersebut, membuat yang bersangkutan terpaksa tinggal di musholla setempat. Melihat penderitaannya tersebut, warga Desa Brongkal dengan sifat sosialnya langsung memberikan bantuan yang bersangkutan, bahkan bantuan dari PMI Kabupaten Malang dan Dinas Sosial Kabupaten Malang juga telah disalurkan kepadanya.

Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. beserta Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Pagelaran Dyah Hari Krispriyanto, SE, yang didampingi oleh Kasubag Umum dan Kepegawaian Kecamatan Pagelaran Sulasmianto dan Kepala Desa Brongkal Wiwik Rohati, SE, pada hari Rabu (30/10) mengunjungi korban akibat bencana alam yang terjadi sehari sebelumnya. Dalam kesempatan tersebut Camat Pagelaran juga menyerahkan bantuan kepada Marsum, demikian juga Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Pagelaran serta berharap agar semua bantuan yang telah diterima oleh yang bersangkutan dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin, meskipun jumlahnya tidak seberapa.DSC03767

Dalam kesempatan itu pula, setelah melihat kondisi rumah Marsum yang sudah rata dengan tanah, Camat Pagelaran berupaya memfasilitasi yang bersangkutan dengan mengajukan usulan pembangunan kembali rumah yang bersangkutan kepada Pemerintah Kabupaten Malang. Selain itu ia juga meminta kepada Kepala UPTD Puskesmas Pagelaran untuk senantiasa memantau kondisi kesehatan Marsum yang sudah berusia lanjut tersebut, sehingga yang bersangkutan tidak sampai jatuh sakit.

0 148

Setelah melaksanakan kegiatan perkemahan selama tiga hari mulai Senin (28/10), akhirnya Perkemahan Penggalang Kwartir Ranting Pagelaran ditutup pelaksanaannya pada hari Rabu (30/10) bertempat di Bumi Perkemahan Pagelaran di Desa Pagelaran. Bertindak sebagai inspektur upacara pada acara penutupan tersebut adalah Ketua Badan Kehormatan Kwaran Gerakan Pramuka Kecamatan Pagelaran Rokhim, BA, yang juga merupakan mantan Ketua Kwaran Gerakan Pramuka Kecamatan Pagelaran.

Dalam acara penutupan kegiatan yang juga dilaksanakan didalamnya berbagai lomba tersebut, diserahkan Piala Bergilir Camat Pagelaran bagi SD Negeri Pagelaran 2 dan SMP Negeri 1 Pagelaran yang menjadi juara umum lomba masing-masing untuk tingkat SD/MI dan SMP/MTs. Kebanggaan terpancar dari para anggota Pramuka Penggalang yang sekolahnya menerima Piala Bergilir Camat Pagelaran, mengingat penghargaan tersebut akan menetap di sekolahnya sampai dilaksanakannya kegiatan perkemahan serupa dua tahun yang akan datang. Selain itu inspektur upacara juga melepas tanda peserta dari perwakilan yang telah ditunjuk sebagai tanda bahwa kegiatan perkemahan tersebut telah berakhir.

Dalam pelaksanaan perkemahan tersebut, meskipun pada hari Senin (28/10) dan Selasa (29/10) Bumi Perkemahan Pagelaran sempat diguyur hujan yang cukup lebat, tetapi hal tersebut tidak menciutkan semangat para anggota Pramuka Penggalang yang mengikuti kegiatan tersebut. Semangat tinggi tetap terpancar di wajah mereka sampai penutupan kegiatan, sebagai tanda bahwa mereka adalah generasi muda yang kuat dan trengginas yang kelak akan menjadi calon pemimpin bangsa.

0 1198

IMG_3035Pada hari Selasa (29/10) telah meninggal dunia Prajurit Dua (Prada) Ade Kristiawan, putra dari pasangan Serka Adi Subyakto, Bamin Wanwil Koramil 0818/36 Pagelaran dan Dra. Yuli, M.Si., Ketua Kopwan desa Suwaru dan aktivitis PKK Desa Suwaru, karena sakit. Almarhum yang meninggal dalam usia 21 tahun tersebut meninggal dunia pada saat mengikuti Latihan Raiders yang diselenggarakan di Pusdikpassus Kopassus di Cilacap, Jawa Tengah. Almarhum yang baru saja lulus pendidikan Secata Prajurit Karier tahun ini merupakan anggota Yonif-641/Raider Kodam XII/Tanjungpura.IMG_3053

Suasana duka menjadi bertambah mendalam, ketika pihak keluarga menerima kedatangan jenasah almarhum dari Cilacap pada rumah duka di Dusun Krajan RT 01 RW 01 Desa Suwaru pada hari Kamis (30/10) jam 03.55 WIB. Rasa duka itu terpancar dari Serka Adi Subyakto, mengingat ia berharap agar Ade Kristiawan akan menjadi penerusnya kelak di dunia militer, tetapi ternyata Tuhan berkehendak lain dengan memanggil Ade kembali ke sisi-Nya.

Sebagai penghormatan kepada almarhum yang juga merupakan anggota pasukan elit Kodam XII/Tanjungpura, upacara pemakamannya dilaksanakan dengan kebesaran militer dengan inspektur upacara Kasdam XII/Tanjungpura IMG_3115Brigjen TNI Misjan Anang Sutisna, SIP, M.Si., bertempat di Pemakaman Umum Desa Suwaru, setelah sebelumnya dilaksanakan pelepasan jenasah di rumah duka dengan inspektur upacara Dandim 0818/Kabupaten Malang-Kota Batu Letkol Inf. Ahmad Solikhin. Pada akhir upacara pemakaman, Kasdam XII/Tanjungpura menyerahkan bendera Merah Putih yang tadinya dipakai sebagai penutup peti jenasah Almarhum Prada Ade Kristiawan kepada pihak keluarga yang diterima oleh ayahandanya Serka Adi Subyakto.

Hadir dalam acara pemakaman tersebut Danrem 083/Baladhika Jaya Kolonel Inf. Ardiansyah Triono, Dandim 0818/Kab. Malang-Kota Batu Letkol Inf. Ahmad Solikhin, Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si., Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Pagelaran Dyah Hari Krispriyanto, SE, Danramil 0818/36 Pagelaran Peltu Sumari, Kapolsek Pagelaran yang diwakili Kasium Polsek Aiptu Suyantoko, Dan Yonif-641/Raiders Kodam XII/Tanjungpura, perwakilan dari Kopassus serta para perwira se jajaran Kodim 0818/Kabupaten Malang-Kota Batu.

0 514

DSC03720Dalam rangka upaya peningkatan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, khususnya dalam mewujudkan visi kedua Pemerintah Kabupaten Malang MADEP MANTEB yaitu Agamis, bertempat di halaman Musholla Al Ikhlas, yang terletak di RT 23 RW 04 Dusun Sidorukun Desa Clumprit, dilaksanakan kegiatan pengajian umum pada hari Selasa (29/10).

Kegiatan tersebut diawali dengan pembacaan Sholawat Nabi Muhammad SAW, yang diikuti oleh masyarakat Desa Clumprit bersama-sama dengan jamaah Majlis Maulid Wat’talim Riyadlul Jannah Korwil Kecamatan Pagelaran dibawah asuhan Habib Yahya bin Musthofa Al-Aidid.DSC03717

Dalam kegiatan yang juga dihadiri oleh Kasi Kessos dan Kepemudaan Kecamatan Pagelaran Agus Bukhori, S.Pd. tersebut, juga disampaikan ceramah agama yang disampaikan oleh Gus H. Rokhim Syadzili, pengasuh jamaah Majlis Maulid Wat’taklim Riyadlul Jannah Malang Raya.

Acara yang berakhir pada tengah malam terakhir terlaksana dengan aman, tertib dan lancar.

0 307

IMG_2927Dalam menyongsong pelaksanaan pemungutan suara Pilkades Serentak Kabupaten Malang Tahap II yang akan dilaksanakan pada tanggal 25 Nopember 2013 yang akan datang, Panitia Pilkades Sidorejo berupaya agar semua tahapan yang harus dilalui dapat terlaksana dengan baik dan sesuai waktu yang telah ditentukan.

Setelah melaksanakan fit and proper test bakal calon kepala desa pada hari Kamis (25/10) yang lalu, Panitia Pilkades Sidorejo melaksanakan empat kegiatan sekaligus yang dilaksanakan pada hari Selasa (29/10) bertempat di Balai Desa Sidorejo. Adapun kegiatan yang dilaksanakan tersebut adalah Penetapan Calon Kepala Desa, Pengundian Nomor Urut Calon Kepala Desa, Ikrar Calon Kepala Desa serta Penyampaian Visi dan Misi Calon Kepala Desa.IMG_2917

Dengan dilaksanakannya penetapan bakal calon kepala desa menjadi calon kepala desa, dimana dalam ketetapannya Panitia Pilkades telah memutuskan bahwa Mansyur Effendi, Suyud dan Puji Priyanto telah sah menjadi calon kepada desa yang akan mengikuti proses pemungutan suara pada tanggal 25 Nopember 2013 yang akan datang.

Keunikan terjadi, bahwa ketika pengundian giliran pengambilan nomor urut, Mansyur Effendi mendapat urutan pertama, Suyut urutan kedua dan Puji Priyanto urutan ketiga. Dalam proses selanjutnya yaitu pengundian nomor urut calon kepala desa, kembali urutan tersebut terulang, sehingga urutan tersebut akan tercantum pada nomor urutan di surat suara nantinya.

Setelah itu proses acara dilanjutkan dengan pembacaan pembacaan ikrar calon kepala desa yang dipandu oleh Ketua Panitia Pilkades Sidorejo Drs. Syukri Ikhsan serta penyampaian visi dan misi calon kepala desa.

Dalam penyampaian visi dan misi calon kepala desa, para calon yang ada saling beradu program untuk menarik simpati dari perwakilan masyarakat yang hadir pada kesempatan tersebut di Balai Desa Sidorejo. Calon kepala desa Mansyur Effendi mengusung visi “Akan Membawa Sidorejo Menjadi Desa yang AMANAH (Agamis, Maju, Aman, Aktif dan Harmonis)”. Calon Kepala Desa Suyut, mengusung visi “GUYUB RUKUN” serta Puji Priyanto mengusung visi “Mewujudkan Desa Sidorejo yang Agamis, Mandiri, Demokratis, Amanah dan Berdaya Saing”.

Setelah selesai penyampaian visi dan misi calon, acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelaksanaan penetapan calon kepala desa. Sebagai puncak dari semua kegiatan pada hari tersebut, akhirnya acara ditutup dengan pembacaan doa, dengan harapan agar seluruh tahapan kegiatan pilkades di Desa Sidorejo dapat berjalan dengan lancar, baik pada sebelum, saat pelaksanaan dan setelah pelaksanaan pilkades nantinya. Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si., Kasium Polsek Pagelaran Aiptu Suyantoko dan Danramil 0818/36 Pagelaran Aiptu Sumari. Secara umum, pelaksanaan kegiatan tahapan pilkades di Desa Sidorejo tersebut berjalan dengan aman, lancar dan tertib.

0 296

Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan produksi pertanian di Jawa Timur, khususnya di Kabupaten Malang, pada hari Senin sampai Jumat (28/10 s/d 1/11) dilaksanakan studi banding ke Provinsi Jawa Tengah, tepatnya di Desa Kaliurang Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang.

Jumlah peserta studi banding seluruhnya berjumlah 25 orang, terdiri enam orang dari Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur dan sembilan belas orang merupakan perwakilan dari delapan kabupaten di Jawa Timur. Khusus untuk Kabupaten Malang diwakili oleh Ir. Sugeng Susanto, Petugas Teknis Pertanian dan Perkebunan Kecamatan Pagelaran dan lima orang perwakilan kelompok tani di Kecamatan Pagelaran.

Tujuan kunjungan studi banding adalah Gapoktan Ngudi Luhur Desa Kaliurang Kecamatan Srumbung, yang berada di lereng Gunung Merapi, terletak pada ketinggian 600 meter diatas permukaan laut.

Kunjungan pertama adalah melihat produksi tanaman salak yang ada di desa tersebut. Desa Kaliurang yang mempunyai luas keseluruhan 618 hektar, 400 hektar diantaranya adalah merupakan lahan tanaman salak, khususnya salak pondoh organik. Guna menunjang pengembangan tanaman salak di sana, pemerintah mengucurkan bantuan PUAP sebesar Rp. 100.000.000,- dan pembangunan gedung.

Hasil dari tanaman salak yang ada di sana saat ini telah diekspor ke negara Cina, dengan jumlah dua ton perminggunya dan harga Rp. 8.000,- perkilogramnya, sehingga hal tersebut secara otomatis akan mengangkat tara ekonomi masyarakat yang ada di desa tersebut.

Selain diekspor ke negara Cina, tanaman salak di Desa Kaliurang juga menjadi potensi wisata agro, melalui wisata petik salak dengan mempersilahkan pengunjung makan salak sepuasnya di lokasi tersebut, tetapi bila akan dibawa pulang baru salak tersebut harus dibayar.

Selain ke Gapoktan Ngudi Luhur Desa Kaliurang Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang, rombongan studi banding juga berkunjung ke Gapoktan Ngudi Raharjo yang terletak di Desa Wonokerto Kabupaten Sleman Provinsi DI Yogyakarta. Di sana peserta studi banding melihat pengembangan tanaman dan wisata kelengkeng.

Terkait pengembangan tanaman kelengkeng di Sleman tersebut, jumlah bantuan yang diterima dirupakan hibah sebesaer Rp. 1.500.000.000,-, dengan perincian dari Bank Jateng sebesar Rp. 500.000.000,-, Bank BRI sebesar Rp. 300.000.000,-, Pemerintah Provinai Jawa Tengah sebesar Rp. 400.000.000,- (untuk pembangunan embung) dan dari CSR perusahaan sebesar Rp. 300.000.000,-.

Sama dengan di Desa Kaliurang, tanaman kelengkeng yang ada di Desa Wonokerto juga dimanfaatkan sebagai wisata agro, dengan cara petik buah kelengkeng dan makan sepuasnya di kebun serta baru membayar apabila kelengkeng tersebut dibawa pulang. Luas seluruh lahan kelengkeng yang ada di Desa Wonokerto adalah 300 hektar.

Seusai kepulangan dari lokasi studi banding, Ir. Sugeng Susanto selaku Petugas Teknis Pertanian dan Perkebunan Kecamatan Pagelaran melaporkan hasil kegiatannya tersebut kepada Camat Pagelaran. Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. berharap agar hasil studi banding tersebut, khususnya tanaman salak dapat diterapkan di wilayah Kecamatan Pagelaran, sehingga dapat mengembalikan lagi kejayaan Salak Suwaru yang dahulu pernah berjaya se antero nusantara, dengan harapan kedepannya akan semakin dapat meningkatkan taraf perekonomian masyarakat petani salak di Kecamatan Pagelaran.

0 1078

DSC03551zGuna menumbuhkan jiwa cinta tanah air dan semangat tolong menolong dengan sesama, Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Pagelaran menyelenggarakan Perkemahan Penggalang yang diikuti lebih dari 700 orang peserta, yang berasal dari 41 lembaga pendidikan SD/MI dan 16 SMP/MTs se Kecamatan Pagelaran.

Kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari tersebut dibuka oleh Camat Pagelaran selaku Kamabiran Gerakan Pramuka Kecamatan Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si., bertempat di Bumi Perkemahan Pagelaran pada hari Senin (28/10). Hadir dalam acara tersebut jajaran Muspika Pagelaran, Kepala UPTD dan Kepala Desa di Kecamatan Pagelaran serta pengurus dan pembina Kwaran Gerakan Pramuka Pagelaran.DSC03579

Dalam sambutan pembukaannya, Camat Pagelaran berharap agar para anggota Pramuka dapat senantiasa menerapkan Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka dan senantiasa mempunyai jiwa sosial dan tolong menolong dalam kehidupan sehari-hari, termasuk melakukan kerjasama di dalam melaksanakan berbagai lomba yang diselenggarakan dalam kegiaan tersebut.

Setelah menyampaikan sambutannya, Camat Pagelaran mengalungkan tanda peserta kepada dua orang siswa dan siswi yang menjadi perwakilan dari seluruh anggota Pramuka yang mengikuti kegiatan tersebut.

Dalam kegiatan perkemahan tersebut, juga akan digelar berbagai lomba yaitu Kaligrafi, Acapella, IT, Tartil Qur’an, Bivak, Pionering, SMS (Sandi, Morse dan Semaphore), Yel-yel / FBB, Jelajah Medan (sketsa panorama, peta pita dan menaksir), Memasak, Hasta karya, Tari, Smart event dan Out Bond.

Setelah membuka acara tersebut, Camat Pagelaran bersama jajaran Muspika Pagelaran dan didampingi oleh jajaran pengurus Kwaran Gerakan Pramuka Kecamatan Pagelaran melaksanakan peninjauan ke perkemahan peserta serta sempat melaksanakan dialog, baik dengan para peserta maupun dengan pembinanya.

 

0 905

Menindaklanjuti surat Sekretaris Daerah Kabupaten Malang tanggal 25 Oktober 2013 Nomor : 003/6190/421.032/2013 tentang Penyampaian Logo dan Tema Hari Jadi ke 1253 Kabupaten Malang Tahun 2013, disampaikan beberapa hal sebagai berikut :

Bahwa pada Peringatan Hari Jadi ke 1253 Kabupaten Malang Tahun 2013 telah ditetapkan Logo dan Tema, yang dapat juga diunduh pada website resmi Pemerintah Kabupaten Malang : www.malangkab.go.id.

Logo dan tema tersebut diharapkan dapat disebarluaskan  kepada semua Instansi Pemerintah/Swasta, Kepala Desa dan masyarakat yang ada di seluruh wilayah Kabupaten Malang.

Untuk memeriahkan pelaksanaannya, diminta kepada semua pihak untuk memasang umbul-umbul sleyer dan atau hiasan serta membuat spanduk/baliho, dengan tema dan logo Peringatan Hari Jadi ke 1253 Kabupaten Malang Tahun 2013, untuk dipasang di depan kantor atau di tempat strategis mulai tanggal 1 Nopember 2013 sampai dengan 30 Nopember 2013.

Guna memasyarakatkan Hari Jadi ke 1253 Kabupaten Malang Tahun 2013, dihimbau kepada seluruh karyawan/karyawati di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang untuk memakai PIN Peringatan Hari Jadi ke 1253 Kabupaten Malang, mulai tanggal 1 Nopember 2013 sampai tanggal 30 Nopember 2013.

Penyelenggaraan Peringatan Hari Jadi ke 1253 Kabupaten Malang Tahun 2013, hendaknya dilakukan secara sederhana, hikmat, tertib, aman dan dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat.

Adapun Logo Hari Jadi ke 1253 Kabupaten Malang Tahun 2013 serta maknanya adalah sebagai berikut :

LOGO :

 

        Sedangkan makna dari logo tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Lingkaran hitam, mempunyai arti kekuatan adat istiadat sebagai bagian dari budaya yang tumbuh di masyarakat Kabupaten Malang.
  2. Warna Dasar Kuning Emas, mempunyai arti keluhuran dan keagungan untuk mensejahterakan masyarakat.
  3. Warna Dasar Merah Putih, mempunyai arti filosofis yang dalam mengenai makna kehidupan yang menjadi simbol, spirit, jiwa bangsa Indonesia.
  4. Lambang Kabupaten Malang, menunjukkan lambang Daerah Kabupaten Malang.
  5. Bintang Berwarna Putih, melambangkan masyarakat Kabupaten Malang yang beragama dan prcaya kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  6. Bintang Berjumlah 3, menunjukkan periode ke 3 kepemimpinan Bupati Malang Bapak H. Rendra Kresna.
  7. Hari Jadi ke 1253, menunjukkan usia Kabupaten Malang.
  8. 28 Nopember 760-2013, menunjukkan hari lahir Kabupaten Malang hingga saat ini.
  1. Sedangkan yang menjadi tema Peringatan Hari Jadi ke 1253 Kabupaten Malang Tahun 2013 adalah :

DENGAN SEMANGAT HARI JADI KE 1253 KABUPATEN MALANG KITA WUJUDKAN MASYARAKAT MADEP MANTEB MELALUI :

  • PERCEPATAN PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR
  • MEMACU PERKEMBANGAN SEKTOR PERTANIAN, INDUSTRI, PERDAGANGAN DAN PARIWISATA
  • PERKUAT DAYA SAING DAERAH
  1. Selain tema, ditetapkan pula Sub Tema, yaitu sebagai berikut :
  1. Percepatan Pembangunan Infrastruktur, dimana sub tema ini dimaksudkan bahwa percepatan pembangunan, utamanya peningkatan kualitas sarana dan prasarana melalui kebinamargaan, pengairan dan keciptakaryaan dan tata ruang serta permukiman, diharapkan akan mendukung perekonomian masyarakat dan mengurangi hambatan akses infrastruktur di desa tertinggal, sehingga berdampak langsung mengurangi tingkat kesenjangan wilayah di Kabupaten Malang.
  2. Memacu Perkembangan Sektor Pertanian, Industri, Perdagangan dan Pariwisata, dimana sub tema ini dimaksudkan bahwa peningkatan pembangunan di sektor pertanian khususnya untuk peningkatan produksi dan ketahanan pangan, kelancaran distribusi di sektor industri dan perdagangan serta peningkatan kualitas di sektor pariwisata, sehingga memberikan nilai ekonomis di wilayah Kabupaten Malang.

Perkuat Daya Saing Daerah, dimana sub tema ini diartikan bahwa penguatan pendidikan dan pelayanan kesehatan yang bermutu bagi masyarakat Kabupaten Malang menjadi kekuatan agar penduduk semakin berilmu, berakhlak, sehat dan produktif, yang mampu bersaing dalam segala aspek.