Monthly Archives: November 2013

0 491

IMG_6724Sebagai salah satu kegiatan tahunan dalam rangka Peringatan Hari Jadi ke 1253 Kabupaten Malang adalah dengan digelarnya kegiatan Gumebyar Bhumi Kanjuruhan, dan salah satu perwujudannya adalah dengan melaksanakan Pawai Budaya. Untuk tahun ini kegiatan tersebut digelar pada hari Sabtu (30/11), dengan mengambil start dari Stadion Kanjuruhan, Kepanjen dan finish di perempatan Jalan A. Yani, Kepanjen.

IMG_6671

Kecamatan Pagelaran dalam kegiatan tersebut ikut ambil bagian dengan mengerahkan kurang lebih 700 peserta. Berbagai kesenian ditampilkan dalam kegiatan tersebut, antara lain Tarian Snik Manis (Desa Pagelaran), Kesenian Dayak (Desa Pagelaran), Tarian Kera dari Sabut Kelapa (Desa Karangsuko), Kesenian Warok (SMP Negeri 1 Pagelaran) serta pawai perangkat desa, dinas/instansi dan organisasi wanita se Kecamatan Pagelaran.IMG_6679Panjangnya barisan kontingen Kecamatan Pagelaran menarik perhatian tersendiri bagi masyarakat di sepanjang rute yang dilalui. Seringkali mereka membidikkan kameranya ke barisan kontingen Kecamatan Pagelaran, karena kekagumannya atas kreasi para peserta yang mengikuti pawai budaya tersebut.

Untuk jajaran Muspika yang terdiri dari Camat Pagelaran, Kapolsek Pagelaran dan Danramil 0818/36 Pagelaran, yang masing-masing didampingi oleh para istri menaiki kendaraan khusus terdepan.

Menjelang panggung kehormatan di perempatan Jalan A. Yani, Kepanjen, jajaran Muspika dan istri menuruni kendaraan dan berjalan kaki ke arah Bupati Malang Bapak H. Rendra Kresna beserta Ibu Hj. Jajuk Rendra Kresna, SE, MM dan memberikan penghormatan kepada beliau. Selanjutnya Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Pagelaran Dyah Hari Krispriyanto, SE, menaiki panggung kehormatan menyerahkan tanda mata kepada Bupati Malang dan Ibu, berupa buah khas Pagelaran yaitu salak yang ditata di atas gerabah produksi Desa Pagelaran.

Senyampang dengan itu, tim kesenian Tari Senik Manis menampilkan kebolehannya di dalam membawakan tarian yang bertemakan cara pembuatan dan penggunaan gerabah untuk mengambil air. Selain itu beberapa tim kesenian lainnya juga unjuk kebolehan di depan Bupati Malang dan Ibu, termasuk sambutan hangat dari para ibu-ibu yang tergabung dalam organisasi wanita se Kecamatan Pagelaran. Akhirnya kontingen Kecamatan Pagelaran berhasil menuntaskan penampilannya dengan sukses dan mendapatkan aplaus baik dari Bupati Malang dan Ibu serta dari masyarakat yang menyaksikan berbagai atraksi tersebut.

Terkait penampilan kontingen Kecamatan Pagelaran, Camat Pagelaran merasa bangga dan kagum serta menyampaikan penghargaan kepada semua komponen peserta pawai Budaya yang telah menampilkan berbagai kebolehannya di depan Bupati Malang dan Ibu serta masyarakat, sehingga kontingen Kecamatan Pagelaran dianggap sebagai salah satu kontingen terbaik di dalam kegiatan tersebut.

0 205

Dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1435 Hijriyah dan Hari Jadi ke 1253 Kabupaten Malang Tahun 2013, masyarakat Desa Sidorejo menggelar kegiatan Pengajian Umum bertempat di Masjid Baiturrohman, yang terletak di RT 03 RW 01 pada hari Jumat (29/11).

Sebelum dilaksanakan pengajian, kegiatan diawali dengan penyampaian santunan bagi anak yatim dan kaum duafa. Sebagai puncak acara pengajian umum, disampaikan ceramah agama yang diberikan oleh K.H. Muhammad Kholili dari Pagak, Malang.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kasi Pemerintahan Kecamatan Pagelaran Abdullah, Pengasuh Pondok Pesantren Tafhidzil Qur’an, Desa Sidorejo Dr. K.H. Mudhlofir, SH serta para tokoh masyarakat dan masyarakat yang ada di Desa Sidorejo. Secara umum, pelaksanaan kegiatan tersebut berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

0 271

Dalam rangka memperingati Hari Jadi ke 1253 Kabupaten Malang tahun ini, dalam acara resepsi yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Malang di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Jalan K.H. Agus Salim No. 7 Malang, Bupati Malang Bapak H. Rendra Kresna menyerahkan penghargaan kepada putra-putri terbaik Kabupaten Malang karena ketokohannya ikut memajukan Kabupaten Malang di berbagai bidang.

Di antara para tokoh yang menerima penghargaan dari Bupati Malang tersebut, dua orang berasal dari Kecamatan Pagelaran yaitu Dr. K.H. Mudhlofir, SH (Pengasuh Pondok Pesantren Tahfidzil Qur’an, Desa Sidorejo) dan Sayid Muhammad, SE (Ketua Badan Pengelola Sarana Air Bersih dan Sanitasi Sumbermaron, Desa Karangsuko).

Atas penghargaan yang telah diterima oleh kedua tokoh tersebut, Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. menyampaikan ucapan selamat para tokoh tersebut. Hari Krispriyanto juga berharap agar dengan pemberian penghargaan tersebut, dapat dijadikan para tokoh tersebut untuk berbuat lebih kedepannya, baik bagi Kecamatan Pagelaran maupun Kabupaten Malang, sesuai dengan bidang yang ditekuninya saat ini.

Adapun sekilas tentang kedua tokoh dari Kecamatan Pagelaran yang telah mendapatkan penghargaan dari Bupati Malang tersebut adalah sebagai berikut.

Dr. K.H. Mudhlofir, SH, merupakan putra kelahiran Tuban, berhasil meraih gelar Doktor dari Universitas Kebangsaan di Malaysia serta gelar Doktor Honoris Causa dari Amerika Serikat. Beliau merupakan salah pakar Tafsir Al Qur’an yang dimiliki oleh Kabupaten Malang dan merupakan dosen dan narasumber Ilmu Tafsir Al Qur’an dari beberapa perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta, baik yang ada di Malang maupun di luar Malang serta luar Provinsi Jawa Timur. Saat ini beliau merupakan pengasuh Pondok Pesantren Tahfidzil Qur’an, yang terletak di Desa Sidorejo. Beberapa kekhasan pondok pesantren ini adalah dalam hal kajian Ilmu Tafsir Al Qur’an yang dilaksanakan setiap hari oleh para ustad maupun santri yang ada di lembaga tersebut. Kesibukan lain dari Dr. K.H. Mudhlofir, SH lainnya adalah sebagai Pembimbing Jamaah Haji pada KBIH Al Haromain, yang terletak di Gondanglegi.

Sayid Muhammad, SE, merupakan putra kelahiran Sampang, Madura. Putra mantan Kadispenda Kabupaten Sampang tersebut mengakui lebih senang memilih dunia swasta, termasuk mengabdikan diri kepada masyarakat. Salah satu inovasinya adalah dalam hal kemandirian penyediaan air bersih bagi masyarakat di desanya (Desa Karangsuko) dan desa-desa lain disekitarnya, melalui lembaga swadaya yang dibentuknya yaitu Badan Pengelola Sarana Air Bersih dan Sanitasi (BP.SAB&S) Sumbermaron. Selain mensuplai air bersih ke empat desa, beliau juga berhasil mewujudkan impiannya membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Sumbermaron, dimana sebagian besar dananya ditanggung oleh BP.SAB&S. Selain menjadi Ketua BP.SAB&S Sumbermaron, beliau juga sering menjadi pengajar dan konsultan di bidang pengelolaan air bersih, baik di Malang maupun luar Malang. Salah prestasi yang diterimanya pada tahun 2013 ini adalah sebagai Nominasi Penerima Kalpataru Tingkat Provinsi Jawa Timur untuk kategori Penyelamat Lingkungan.

0 349

IMG_6467Puncak Peringatan Hari Jadi ke 1253 Kabupaten Malang Tahun 2013 di wilayah Kecamatan Pagelaran dilaksanakan dengan menggelar upacara, bertempat di halaman kantor UPTD TK, SD dan PLS Kecamatan Pagelaran pada hari Kamis (28/11).

Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si., sedangkan yang menjadi peserta upacara antara lain adalah jajaran Muspika Pagelaran, jajaran Dinas/Instansi se Kecamatan Pagelaran, jajaran Kepala Desa dan Perangkat Desa se Kecamatan Pagelaran dan jajaran organisasi wanita se Kecamatan Pagelaran.IMG_6505

Dalam upacara tersebut, Camat Pagelaran berkesempatan membacakan sambutan tertulis Bupati Malang Bapak H. Rendra Kresna pada Peringatan Hari Jadi ke 1253 Kabupaten Malang.

Selesai pembacaan sambutan tertulis Bupati Malang, pada kegiatan yang dirangkai dengan upacara Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon (GPTPP), Camat Pagelaran secara simbolis menyerahkan bibit tanaman kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Pagelaran Dyah Hari Krispriyanto, SE, Kepala UPTD Puskesmas Pagelaran drg. Budi Lestariati dan salah seorang siswa SD Negeri Pagelaran 1.

Seusai upacara, acara dilanjutkan dengan penanaman bibit tanaman secara simbolis yang dilaksanakan oleh Camat Pagelaran, Kasium Polsek Pagelaran (mewakili Kapolsek Pagelaran), Bati Komputer Koramil 0818/36 (mewakili Danramil 0818/36 Pagelaran), Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Pagelaran dan Kepala UPTD Puskesmas Pagelaran. Setelah penanaman simbolis tersebut, Camat Pagelaran berpesan agar bibit tanaman tersebut senantiasa dipelihara, sehingga diharapkan nantinya bisa menjadi salah satu tanaman peneduh yang ada di lingkungan lembaga pendidikan tersebut. Hari Krispriyanto juga berharap, agar gerakan penanaman bibit tanaman tersebut juga diikuti oleh seluruh desa, instansi pemerintah/swasta serta masyarakat di wilayah Kecamatan Pagelaran.

Sebagai puncak dari kegiatan yang digelar sejak pagi, seluruh peserta upacara menuju ke Aula KPRI Guru Kecamatan Pagelaran guna melaksanakan ramah tamah. Di lokasi tersebut telah disediakan beberapa nasi tumpeng yang siap disantap bersama oleh para peserta upacara. Sebelum acara ramah tamah dimulai, Camat Pagelaran terlebih dahulu memotong nasi tumpeng dan disampaikan secara simbolis kepada Kepala UPTD TK, SD dan PLS Kecamatan Pagelaran Agus Sumarno, S.Pd., M.Pd.

0 208

IMG_6439Guna melaksanakan pemantapan terkait keikutsertaan komponen Kecamatan Pagelaran di dalam memeriahkan Peringatan Hari Jadi ke 1253 Kabupaten Malang, bertempat di Ruang Kerja Camat Pagelaran pada hari Rabu (27/11) dilaksanakan rapat koordinasi, yang dihadiri oleh para karyawan/karyawati Kecamatan Pagelaran dan kepala desa se Kecamatan Pagelaran.

Dalam rapat yang dipimpin langsung oleh Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si, tersebut dibahas berbagai hal yang terkait dengan kegiatan Peringatan hari Jadi ke 1253 Malang, antara lain :

Mengikuti Upacara Peringatan Hari Jadi ke 1253 Kabupaten Malang, Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon (GPTPP) serta Tasyakuran Hari Jadi ke 1253 Kabupaten Malang untuk Tingkat Kecamatan Pagelaran.IMG_6445

Mengikuti Pawai Budaya dalam rangka memeriahkan Gumebyar Bhumi Kanjuruhan yang akan dilaksanakan di Kepanjen pada tanggal 30 Nopember 2013, yang akan diikuti oleh sekitar 700 orang dari berbagai unsur kesenian dan organisasi wanita se Kecamatan Pagelaran.

Mengikuti Pameran Produk Unggulan dan Festival Kuliner, yang akan diselenggarakan di Stadion Luar Kanjuruhan pada tanggal 30 Nopember sampai dengan 1 Desember 2013, dengan menampilkan produk unggulan masing-masing desa yang ada di wilayah Kecamatan Pagelaran.

Mengikuti Pemecahan Rekor MURI dan Lomba Panggang Sate Kelinci, yang akan diselenggarakan di Stadion Luar Kanjuruhan,  yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 Desember 2013.

Dengan akan dilaksanakannya berbagai kegiatan tersebut, Camat Pagelaran berharap agar para kepala desa bisa betul-betul mendukung kelancarannya, termasuk dukungan dari para karyawan-karyawati Kecamatan Pagelaran, dengan melaksanakan pembagian tugas yang jelas terhadap setiap tahapan kegiatan.

0 338

IMG_6420Sampai menjelang berakhirnya tahun 2013, Kabupaten Malang menjadi salah satu kabupaten/kota di Indonesia yang dinominasikan menerima penghargaan dari pemerintah pusat.

Untuk bulan Nopember 2013 ini, tim dari Kementerian Negara Perumahan Rakyat RI dan Kementerian Dalam Negeri RI melaksanakan verifikasi atas permukiman layak di Kabupaten Malang, sebagai salah satu syarat untuk menerima penghargaan Adiupaya Puritama Tahun 2013 dan salah satu lokasi yang diverifikasi adalah Desa Karangsuko Kecamatan Pagelaran.DSC04661

Kunjungan tim verifikasi ke Desa Karangsuko dilaksanakan pada hari Selasa (26/11), dengan tujuan untuk menilai kelayakan sarana prasarana air bersih yang ada di desa tersebut, khususnya yang ada di bawah pengelolaan Badan Pengelola Sarana Air Bersih dan Sanitasi (BP.SAB&S) Sumbermaron dibawah pimpinan Sayid Muhammad, SE. Tim verifikasi terdiri dari Bapak Suyono. Ibu Ivon dan Dr. Ir. H. Indar Parawansa (dari Kementerian Dalam Negeri RI)IMG_6373 dan Ibu Mahmuda (dari Dinas Cipta Karya Provinsi Jawa Timur). Selama berada di Desa Karangsuko, tim verifikasi didampingi oleh Kepala Badan Perumahan Kabupaten Malang Dra. Sri Meicharini, MM, Muspika Pagelaran dan Kepala Desa Karangsuko.

Selama mengadakan wawancara dengan para pelaku pengelola sarana dan prasarana air bersih, khususnya dengan Ketua BP.SAB&S Sumbermaron Sayid Muhammad, SE, tim merasakan kepuasannya atas jawaban dan kenyataan yang ada di lapangan. Walaupun kondisi saat itu sedang hujan, tetapi tim verifikasi jugaIMG_6408 ingin melihat kondisi fisik Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Sumbermaron yang lokasinya tidak begitu jauh dari kantor BP.SAB&S Sumbermaron.

Selama di lokasi PLTMH Sumbermaron, tim veriikasi juga menyatakan kekagumannya atas hasil kerja yang telah dicapai oleh BP.SAB&S Sumbermaron dan masyarakat yang ada di Desa Karangsuko, sehingga bisa terbangun suatu pembangkit listrik dengan sebagian besar biayanya mereka biayai sendiri. Selain itu tim verifikasi juga berpesan agar gerakan penghijauan terus digalakkan di lokasi sumber mata air tersebut, sehingga kelestarian mata airnya dapat tetap terjaga sampai kapanpun juga. Hal itu sangat penting mengingat di masa yang akan datang kita tidak akan pernah mengetahui tentang kebutuhan masyarakat akan air bersih, sehingga untuk itulah diperlukan penggalakan gerakan penghijauan di lokasi tersebut.

0 479

DSC04539Sesuai dengan program pemerintah, dalam rangka mempersiapkan calon pemegang KTP Elektronik (E-KTP) di masa yang akan datang, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang bekerjasama dengan Kecamatan Pagelaran melaksanakan perekaman data E-KTP bagi para pelajar yang berusia 15 sampai 16 tahun di lingkungan YPI Mambaul Ulum Desa Banjarejo.DSC04547

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Senin sampai Selasa (25 s/d 26/11) di Ruang Teknologi Informatika (TI) YPI Mambaul Ulum dan bertindak sebagai pelaksana adalah para Operator E-KTP dari kantor Kecamatan Pagelaran.

Selama dua hari pelaksanaan kegiatan berhasil direkam data sebanyak kurang lebih 70 siswa dan siswi. Walaupun saat ini mereka sudah direkam datanya, bukan serta merta E-KTP nya akan diterbitkan pada saat ini juga, melainkan menunggu ketika usia mereka sudah genap 17 tahun nantinya.DSC04542

Pelaksanaan kegiatan perekaman E-KTP tersebut mendapatkan kunjungan monitoring dari Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. Camat Pagelaran berharap agar proses perekaman tersebut dapat berjalan dengan lancar dengan tetap memperhatikan berbagai dasar yang dipakai agar siswa dan siswi tersebut dapat mengikuti kegiatan perekaman di wilayah Kecamatan Pagelaran.

0 384

DSC04506Sebagai puncak peringatan Hari Guru dan Hari Ulang Tahun PGRI Tahun 2013, keluarga besar jajaran guru di wilayah Kecamatan Pagelaran melaksanakan kegiatan upacara bertempat di halaman kantor UPTD TK, SD dan PLS Kecamatan Pagelaran pada hari Senin (25/11).DSC04504

Bertindak sebagai inspektur upacara pada acara tersebut Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si., sedangkan peserta upacara berasal dari Muspika Pagelaran, Kepala UPTD TK, SD dan PLS Kecamatan Pagelaran serta jajaran pendidik di seluruh wilayah Kecamatan Pagelaran, baik yang berstatus negeri maupun swasta, termasuk seluruh pengurus PGRI Kecamatan Pagelaran. Pada kesempatan tersebut, Camat Pagelaran membacakan sambutan tertulis Ketua Umum PB PGRI. Secara umum kegiatan upacara tersebut berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

0 334

DSC04454Setelah melalui berbagai tahapan, akhirnya masyarakat Desa Sidorejo menggelar hajatan demokrasi di desanya, yaitu Pemilihan Kepala Desa Sidorejo, yang dilaksanakan di Balai Desa Sidorejo pada hari Senin (25/11).

Pembukan kegiatan pemungutan suara tersebut dilakukan oleh Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. dengan didampingi oleh Kapolsek Pagelaran AKP Suyoto, SH dan Danramil 0818/36 Pagelaran Peltu Sumari pada pukul 07.00 WIB.DSC04453

Setelah resmi dibuka oleh Camat Pagelaran, masyarakat Desa Sidorejo secara berbondong-bondong masuk ke lokasi pemungutan suara untuk menyalurkan hak pilihnya guna menentukan calon pemimpin mereka enam tahun kedepan. Pada Pilkades Sidorejo tahun ini diikuti oleh tiga orang calon kepala desa, yaitu Mansyur Effendi, Suyut dan Puji Priyanto.

Pelaksanaan kegiatan pemungutan suara berlangsung dengan aman, tertib dan lancar serta sesuai kesepakatan proses pemungutan suara ditutup pada pukul 14.00 WIB. Dari jumlah DPT sebanyak 7.540 jiwa, sebanyak 5.950 jiwa hadir untuk menyalurkan hak pilihnya pada pesta demokrasi di Desa Sidorejo.DSC04459

Setelah waktu bagi masyarakat untuk menyalurkan hak pilih ditutup, kegiatan diteruskan dengan penghitungan suara yang dimulai pada pukul 14.00 WIB dan berakhir pada jam 21.00 WIB. Kewaspadaan para aparat keamanan tetap terlihat, meskipun secara umum pelaksanaan Pilkades Sidorejo berlangsung dengan aman, tertib dan damai. Bahkan Kapolres Malang AKBP Adi Deriyan Jayamarta, SIK disertai para perwira Polres Malang melaksanakan monitoring kegiatan penghitungan sampai selesainya kegiatan. Selain Kapolres Malang, turut hadir dalam kegiatan tersebut adalah Dr. K.H. Mudhlofir, SH, Pengasuh Pondok Pesantren Tafhidzil Qur’an.

Setelah berakhirnya penghitungan suara pada pukul 21.00 WIB, akhirnya untuk suara terbanyak dalam pilkades tersebut diraih oleh incumbent Mansyur Effendi dengan meraih 2.614 suara, disusul Puji Priyanto dengan meraih 2.154 suara serta Suyut dengan meraih 1.101 suara. Adapun untuk suara tidak sah sebanyak 81 suara, sehingga secara keseluruhan jumlah suara sah dan tidak sah adalah sebesar 5.950 suara.

Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. seusai pelaksanaan pesta demokrasi pada hari itu menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh komponen masyarakat Desa Sidorejo, termasuk pasukan pengamanan yang ada (baik dari kepolisian, TNI dan Linmas), sehingga pelaksanaan pesta demokrasi di Desa Sidorejo secara umum dapat berjalan dengan aman, tertib, lancar dan damai serta berharap agar situasi tersebut dapat berlangsung terus sampai pasca pelantikan kepala desa terpilih.

0 188

Sampai satu hari sebelum pelaksanaan pemilihan kepala desa di Desa Sidorejo, seluruh komponen pelaksana dan pengamanan yang ada sudah siap untuk menggelar pesta demokrasi yang merupakan hajatan masyarakat Desa Sidorejo.

Hal tersebut terlihat ketika Muspika Pagelaran yang terdiri dari Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si., Kapolsek Pagelaran AKP Suyoto, SH dan Danramil 0818/36 Peltu Sumari melaksanakan pemantauan di wilayah Desa Pagelaran pada hari Minggu (24/11).IMG_6316

Kunjungan diawali diawali di Balai Desa Sidorejo yang akan dipakai sebagai lokasi pemungutan dan penghitungan suara Pilkades Sidorejo keesokan harinya. Kerja keras Panitia Pilkades Sidorejo termasuk jajaran pengamanan terlihat di lokasi tersebut, mengingat Daftar Pemilih Tetap (DPT) di desa tersebut mencapai lebih dari 7000 jiwa, maka panitia menyiapkan empatbelas bilik, sehingga diharapkan nantinya para pemilih tidak berebut saat akan memberikan hak suaranya. Selain itu anggota Linmas yang didukung oleh aparat keamanan dari Polsek Pagelaran (termasuk pasukan BKO dari Polres Malang) serta Koramil 0818/36 Pagelaran juga terlihat siaga untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang mungkin bisa terjadi dalam kegiatan tersebut.

Setelah melaksanakan peninjauan balai desa, Muspika Pagelaran melanjutkan kegiatannya dengan melaksanakan silaturahmi kepada tiga Calon Kepala Desa Sidorejo yaitu Mansyur Effendi, Suyut dan Puji Priyanto. Selain itu bersilaturahmi kepada semua calon, Muspika juga menitipkan himbauan kepada mereka untuk tetap menjaga kerukunan dan kelancaraan pelaksanaan pilkades yang akan dilaksanakan keesokan harinya, termasuk mengendalikan para pendukung agar tetap bersikap wajar di dalam menghadapi pelaksanaan pilkades. Selain itu juga disampaikan agar siapapun yang akan memperoleh suara terbanyak dalam pilkades, diharapkan akan dapat memimpin Desa Sidorejo menjadi semakin maju kedepannya serta dapat menjadi pengayom bagi seluruh warga Desa Sidorejo.