Monthly Archives: Januari 2014

0 302

IMG_0953Sebagai langkah antisipasi atas berbagai kejadian yang terjadi di Jawa Timur akhir-akhir ini, antara lain kasus peledakan bom pada ATM Bank Mandiri di Kecamatan Karangploso serta penangkapan dua orang terduga teroris di Kota Surabaya, perlu adanya sikap waspada untuk mencegah agar hal-hal tersebut tidak terjadi di wilayah lainnya, khususnya di Kabupaten Malang. Hal tersebut juga dilaksanakan sebagai langkah antisipasi menjelang dilaksanakannya Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden pada tahun 2014 ini.IMG_0975

Sehubungan dengan hal tersebut, bertempat di Panti PKK Kecamatan Pagelaran pada hari Rabu (29/1) dilaksanakan Pertemuan Tiga Pilar, yang dihadiri oleh Camat Pagelaran, Kapolsek Pagelaran, Danramil 0818/36 Pagelaran serta Kepala Desa, Babinkamtibmas dan Babinsa se Kecamatan Pagelaran.

Dalam kegiatan tersebut bertindak sebagai narasumber alah Muspika Pagelaran. Inti dari pertemuan tersebut adalah menciptakan sikap waspada atau kewaspadaan dini untuk mengantisipasi terjadinya berbagai hal yang tidak diinginkan. Untuk itu tiga pilar yang ada di desa, yaitu Kepala Desa, Babinkamtibmas dan Babinsa harus senantiasa mempunyai hubungan koordinasi yang baik dan melaksanakan pemantauan terhadap kondisi di wilayah mereka. Hal tersebut menjadi sangat penting mengingat tiga pilar di desa tersebut adalah pihak-pihak yang langsung bersentuhan dengan masyarakat di wilayahnya masing-masing.IMG_0979

Selanjutnya disampaikan apabila terjadi suatu permasalahan di desa, ketiga pilar desa tersebut supaya melaksanakan koordinasi guna penanganannya serta segera melaporkan kepada muspika guna ditangani lebih lanjut. Selain itu peranan masyarakat dalam menciptakan situasi aman di wilayahnya juga sangat penting, khususnya dalam penerapan siskamling sehingga pihak-pihak lain yang berupaya merusak ketentraman dan kedamaian yang ada di desa menjadi sulit ruang geraknya.

0 273

DSC05505Dalam rangka merencanakan program pembangunan tahun 2015, masyarakat Desa Brongkal menggelar kegiatan Musyawarah Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Tahun 2014, bertempat di Balai Desa Brongkal pada hari Rabu (29/1).

Pada kegiatan tersebut hadir Kepala Desa Brongkal beserta perangkat desa, Babinsa dan Babinkamtibmas Desa Brongkal, Ketua BPD Brongkal dan anggota, Ketua LPMD Brongkal dan anggota, unsur PKK Desa Brongkal serta para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda di Desa Brongkal. Dari unsur kecamatan dihadiri oleh Sekretaris Camat Pagelaran DSC05510Chandra Peni Setyowati, SH, Kasi Ekbang dan Pemberdayaan Perempuan Sutini, S.Sos., serta jajaran dinas/instansi di Kecamatan Pagelaran, antara lain dari UPTD Puskesmas, UPTD TK, SD dan PLS, Petugas Teknis Peternakan dan Kesehatan Hewan serta UPK PNPM Mandiri Perdesaan.

Dalam kegiatan yang diintegrasikan dengan kegiatan Musyawarah Desa (MD) PNPM Mandiri Perdesaan tersebut, Sekretaris Camat Pagelaran menyampaikan pengarahan terkait arah dan program kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2014 ini dan gambaran perencanaan pembangunan pada tahun 2015 yang akan datang. Diharapkan rencana yang disusun tersebut dapat mewujudkan visi MADEP MANTEB dibawah kepemimpinan Bupati Malang Bapak H. Rendra Kresna, sehingga mewujudkan masyarakat Kabupaten Malang yang Satata Gama Kerta Raharja.

Dari acara diskusi yang diikuti oleh para peserta secara antusias setelah dilaksanakan paparan Sekcam, didapatkan beberapa usulan yang akan dibawa lebih lanjut ke Musrenbangcam nantinya, diantaranya antara lain pembangunan drainase jalan protokol, pelatihan pembuatan pupuk organik, pengembangan budidaya ternak sapi serta pelatihan tentang kesehatan.

0 308

IMG_0911 Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa Banjarejo digelar pada hari Rabu (29/1) bertempat di Balai Desa Banjarejo dan dihadiri Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos, M.Si., Kasi Tramtibum Kecamatan Pagelaran Mariono, SAP, MM dan Kasi Pertanahan dan Aset Kecamatan Pagelaran Sulasmianto, SE.

Pada kegiatan tersebut IMG_0912hadir Kepala Desa Banjarejo beserta perangkat desa, Babinsa dan Babinkamtibmas Desa Banjarejo, Ketua BPD Banjarejo dan anggota, Ketua LPMD Banjarejo dan anggota, unsur PKK Desa Banjarejo serta para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda di Desa Banjarejo, termasuk K.H. Sonhadji Fadli, Ketua Yayasan Pendidikan Islam Mambaul Ulum Banjarejo. Dari unsur kecamatan, juga hadir ajaran dinas/instansi di Kecamatan Pagelaran, antara lain dari UPTD Puskesmas, UPTD TK, SD dan PLS, UPTD Sumber Daya Air dan Irigasi di Gondanglegi dan Kesehatan Hewan serta UPK PNPM Mandiri Perdesaan.

Dalam kegiatan tersebut, Camat Pagelaran memberikan arahan dari makna pelaksanaan musrenbang yang dilaksanakan secara periodikIMG_0941 setiap tahunnya, sehingga diharapkan masyarakat tidak akan mudah putus asa manakala tidak semua usulan yang diajukan dapat disetujui atau diterima pada musrenbang di atasnya. Selain itu disampaikan pula oleh Camat Pagelaran tentang keberhasilan pembangunan yang telah dicapai selama ini dibawah kepemimpinan Bapak H. Rendra Kresna sebagai Bupati Malang, yang diharapkan akan membawa masyarakat Kabupaten Malang menjadi masyarakat yang Sasata Gama Kerta Raharja atau MADEP MANTEB.

Selajutnya dalam diskusi yang berlangsung gayeng anatara peserta musrenbang bersama Camat Pagelaran, banyak didapatkan masukan-masukan termasuk berbagai usulan untuk rencana pembangunan Desa Banjarejo tahun 2015 yang akan datang. Beberapa usulan yang disampaikan para peserta musrenbang tersebut antara lain pembangunan drainase jalan poros perbatasan antara Desa Banjarejo dan Kecamatan Gondanglegi IMG_0947sampai perbatasan antara Desa Banjarejo sampai Desa Pagelaran, pembangunan drainase di Jalan Hasanuddin sampai dengan perbatasan Desa Banjarejo dengan Desa Brongkal, pembentukan Perpustakaan Desa Banjarejo, pengembangan UMKM konveksi dan jamur tiram, peningkatan insentif kader posyandu dan pemberian makanan tambahan (PMT) bagi lansia.

0 425

DSC06372Masyarakat Desa Kanigoro merasa senang dan gembira dengan adanya rencana pembangunan Jembatan Aviat yang menghubungkan antara Desa Kanigoro Kecamatan Pagelaran dan Desa Kemiri Kecamatan Kepanjen. Untuk itu mereka menyampaikan terimakasih kepada Bapak H. Rendra Kresna sebagai Bupati Malang yang akan mewujudkan impian mereka tersebut, sehingga akan menjadi kawasan desa mereka menjadi lebih ramai dan berkembang kedepannya.

Terkait dengan hal tersebut, berdasarkan hasil Rapat Koordinasi Rencana Pembangunan Jembatan Aviat yang telah dilaksanakan padaIMG_0882 hari Rabu (22/1) lalu, Pemerintah Kabupaten Malang menindaklanjutinya dengan melaksanakan sosialisasi bagi pemilik tanah dan tokoh masyarakat di rumah Sudirman di Dusun Jambigede Desa Kanigoro pada hari Rabu (29/1).

Kegiatan tersebut diikuti oleh para pemilik tanah yang akan terkena prorgram pembangunan jembatan dan pelebaran jalan penunjang jembatan, termasuk tokoh masyarakat yang ada di Desa Kanigoro. Bertindak sebagai narasumber pada sosialisasi tersebut adalah Kepala Bagian Pertanahan Setda Kabupaten Malang Drs. Mardiyanto beserta staf dan Kabid Pembangunan Dinas Bina Marga Kabupaten Malang Ir. Subiyanto. Turut IMG_0871mendampingi dalam kegiatan tersebut adalah Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si., Kasi Pertanahan dan Aset Kecamatan Pagelaran Sulasmianto, SE serta Kepala Desa Kanigoro Sudha beserta perangkat desanya.

Dalam sosialisasi tersebut dijelaskan tentang manfaat apabila jembatan baru nantinya telah terbangun, termasuk rencana pengembangan kawasan kota Kepanjen kedepannya yang sudah barang tentu akan menjadikan wilayah Desa Kanigoro dan sekitarnya termasuk Dusun Jambigede menjadi kawasan yang berkembang dengan cepat nantinya. Selain itu juga dijelaskan tentang proses pengadaan tanah, dimulai dari pengukuran tanah sampai pembayaran uang pengganti tanah yang akan dipakai dalam proyek pembangunan jembatan dan pelebaran jalan tersebut.IMG_0898

Setelah disampaikan berbagai hal oleh para narasumber termasuk Camat Pagelaran dan Kepala Desa Kanigoro, dilanjutkan dialog dengan warga masyarakat dan tokoh masyarakat yang hadir. Hasil pertemuan tersebut adalah pada intinya masyarakat mendukung pelaksanaan pembangunan jembatan yang sudah lama diimpikan oleh masyarakat Desa Kanigoro tersebut.

0 331

100_2582Dalam rangka merencanakan program pembangunan tahun 2015, masyarakat Desa Suwaru menggelar kegiatan Musyawarah Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Tahun 2014, bertempat di Balai Desa Suwaru pada hari Selasa (28/1).

Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Desa Suwaru beserta perangkat desa, Babinsa dan Babinkamtibmas Desa Suwaru, Ketua BPD Suwaru dan anggota, Ketua LPMD Suwaru dan anggota, unsur PKK Desa Suwaru serta para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda di Desa Suwaru. Dari unsur kecamatan dihadiri oleh Sekretaris Camat Pagelaran Chandra Peni Setyowati, SH, Kasi Ekbang dan Pemberdayaan Perempuan Sutini, S.Sos., Kasi Pemerintahan Kecamatan Pagelaran Abdullah serta jajaran dinas/instansi di Kecamatan Pagelaran, antara lain dari UPTD Puskesmas, UPTD TK, SD dan PLS dan PNPM Mandiri Perdesaan.100_2587

Dalam kegiatan yang diintegrasikan dengan kegiatan Musyawarah Desa (MD) PNPM Mandiri Perdesaan tersebut, disampaikan pengarahan oleh Sekretaris Camat Pagelaran terkait arah dan program kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2014 ini, sebagai gambaran dari perencanaan pembangunan pada tahun 2015 yang akan datang, termasuk berbagai keberhasilan pembangunan yang telah dicapai selama ini di Kabupaten Malang dan Kecamatan Pagelaran.

Setelah acara penjelasan Sekcam Pagelaran, acara dilanjutkan dengan diskusi antara peserta yang hadir. Dari diskusi tersebut dihasilkan beberapa usulan, baik yang bersifat sarana dan prasarana, sosial budaya dan ekonomi. Adapun beberapa usulan yang disampaikan oleh peserta musyawarah tersebut antara lain pembangunan trotoar, pembangunan pintu air waduk Suwaru, pengadaan peralatan untuk membersihkan waduk Suwaru, pengadaan mebeler posyandu, pelatihan bagi kader posyandu, penyuluhan bahaya narkoba bagi pemuda dan remaja serta pelatihan pembuatan kue kering dan kue basah.

0 164

Bertempat di Balai Serbaguna Desa Pagelaran pada hari Selasa (28/1) diselenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Pagelaran Tahun 2014, dengan tujuan untuk menyusun rencana pembangunan pada tahun 2015 yang akan datang.

Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Desa Pagelaran beserta perangkat desa, Babinsa dan Babinkamtibmas Desa Pagelaran, Ketua BPD Pagelaran dan anggota, Ketua LPMD Pagelaran dan anggota, unsur PKK Desa Pagelaran serta para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda di Desa Pagelaran. Dari unsur kecamatan dihadiri oleh Kasi Tramtibum Kecamatan Pagelaran Mariono, SAP, MM, Kasi Pertanahan dan Aset Kecamatan Pagelaran Sulasmianto, SE serta jajaran dinas/instansi di Kecamatan Pagelaran.Musrenbang Desa Pagelaran (14)

Pada acara tersebut, Kasi Tramtibum Kecamatan Pagelaran Mariono, SAP, MM, menyampaikan pengarahan terkait program kegiatan yang telah dilaksanakan pada tahun 2013 yang lalu, kebijakan pembangunan pada tahun 2014 dan berbagai hal yang dilaksanakan pada tahun 2015 yang akan datang. Selain itu juga diingatkan tentang visi MADEP MANTEB yang senantiasa menjadi arah pembangunan di Kabupaten Malang, sehingga dapat tercapai masyarakat Kabupaten Malang yang Satata Gama Kerta Raharja pada tahun 2015 nantinya.

Setelah penyampaian arahan, acara dilanjutkan dengan diskusi yang diikuti para peserta yang hadir. Dari hasil diskusi tersebut, dihasilkan berbagai usulan yang nantinya akan dibawa ke musyawarah perencanaan pembangunan tingkat kecamatan untuk didiskusikan lebih lanjut. Beberapa usulan yang dimunculkan dalam kegiatan tersebut antara lain pelaksanaan hot mix jalan ke arah barat Pasar Desa Pagelaran dengan volume 2.000 X 3 meter, pembangunan drainase di samping jalan yang diusulkan untuk dihot mix dengan volume 4.000 X 0,75 meter, pembangunan drainase pada jalan poros (Jalan Raya Pagelaran) sepanjang 3.000 meter, pembangunan drainase dari Pasar Desa Pagelaran ke arah timur sepanjang 2.000 X 0,75 meter serta pembangunan jembatan yang ada di RT 22, 26 dan 30.

0 143

Sebagai upaya meningkatkan kecerdasan dan pengetahuan masyarakat desa mulai dari usia anak sampai dewasa, salah satunya adalah melalui menggalakkan minat baca melalui pembentukan perpustakaan desa.

Guna mewujudkan hal tersebut di atas, maka dibutuhkan pengelola perpustakaan desa yang handal, yang diharapkan bisa memberikan layanan terbaik bagi masyarakat dan mengelola administrasi perpustakaan desa. Untuk itu bertempat di Pendopo Kecamatan Pakisaji pada hari Selasa (28/1) diselenggarakan Pembinan Teknis (Bintek) Pendampingan bagi Pengelola Perpustakaan Desa/Kelurahan Tahun 2014.

Pada kegiatan yang dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Malang Dr. H. Abdul Malik, SE, M.Si. tersebut diikuti oleh pengelola perpustakaan desa se Kabupaten Malang. Dua diantaranya adalah Pengurus Pokja II Tim Penggerak PKK Desa yang berasal dari Kecamatan Pagelaran yaitu pengelola Perpustakaan Desa Rubangan Desa Kademangan dan Perpustakaan Desa Bharata Desa Clumprit. Selain kedua peserta tersebut, kegiatan tersebut juga diikuti oleh Kasi Kessos dan Kepemudaan Kecamatan Pagelaran Agus Bukhori, S.Pd.

Bertindak sebagai narasumber selain dari Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Malang, juga berasal dari Pengurus Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur.

Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan agar nantinya perpustakaan desa yang ada saat ini dapat menjadi salah satu gudang ilmu bagi masyarakat yang ada di desa. Selain itu diharapkan agar administrasi perpustakaan desa tersebut dapat tertata dengan baik, sehingga masyarakat pengguna jasa layanan yang ada dapat merasa puas dan akan sering berkunjung ke perpustakaan yang ada di desa mereka tersebut.

0 234

DSC06362Dalam rangka upaya untuk melaksanakan pemekaran dan pembentukan kecamatan baru, Pansus III DPRD Kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Riau melaksanakan studi banding ke Pemerintah Kabupaten Malang. Kegiatan tersebut dilaksanakan bertempat di Ruang Kertanegara Kantor Bupati Malang di Jalan Merdeka Timur 3 Malang.

Tamu dari DPRD Kabupaten Lingga yang dipimpin oleh Drs. H. Zakaria dan beranggotakan beberapa Anggota DPRD Kabupaten Lingga, Kabag Hukum Setda Kabupaten Lingga dan Camat Singkep Selatan tersebut, diterima oleh Asisten Pemerintahan Sekretaris Daerah Kabupaten Malang Drs. H. Eko Suwanto. Turut mendampingi Asisten Pemerintahan adalah Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik, Kabag Administrasi Pembangunan Setda, Camat Pagelaran serta perwakilan dari SKPD Pemerintah Kabupaten Malang.DSC06357

Setelah dilaksanakan tukar menukar cindera mata oleh Asisten Pemerintahan Sekda Kabupaten Malang dan pimpinan rombongan DPRD Kabupaten Lingga, dilanjutkan dengan dialog antara kedua belah pihak. Beberapa pertanyaan muncul dari pihak tamu dan dijawab oleh Asisten Pemerintahan Sekda beserta SKPD yang mendampingi. Beberapa pertanyaan ditujukan kepada Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si., antara lain terkait upaya pengembangan wilayah setelah dilaksanakan pemekaran wilayah kecamatan, hubungan koordinasi antara kecamatan dengan SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang serta pelaksanaan pelimpahan kewenangan dari Bupati Malang yang diberikan kepada camat.

Secara umum rombongan studi banding dari DPRD Kabupaten Lingga merasa puas atas jawaban yang telah diberikan oleh pihak Pemerintah Kabupaten Malang dan akan melaksanakan komunikasi lebih lanjut terkait dengan berbagai hal yang dijadikan tujuan studi banding kali ini.

0 422

Untuk mempersiapkan kegiatan pembangunan pada tahun 2015 yang akan datang, bertempat di Balai Desa Sidorejo pada hari Senin (27/1), masyarakat Desa Sidorejo menggelar kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Tahun 2014.DSC05151

Kegiatan yang juga dirangkai dengan kegiatan Musyawarah Desa (MD) PNPM Mandiri Perdesaan tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Sidorejo beserta perangkat desa, Babinsa dan Babinkamtibmas Desa Sidorejo, Ketua BPD Sidorejo dan anggota, Ketua LPMD Sidorejo dan anggota, unsur PKK Desa Sidorejo serta para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda di Desa Sidorejo. Dari unsur kecamatan dihadiri oleh Kasi Pemerintahan Kecamatan Pagelaran Abdullah, Kasi Ekbang dan Pemberdayaan Perempuan Sutini, S.Sos. serta jajaran dinas/instansi di Kecamatan Pagelaran, diantaranya berasal dari UPTD TK, SD dan PLS, UPT Balai Penyuluhan dan UPTD Puskesmas, termasuk juga unsur PNPM yang diwakili FK PNPM.DSC05139

Pada kegiatan tersebut, disampaikan arah pembangunan tahun 2014, termasuk keberhasilan pembangunan yang telah diraih selama tahun 2013, yang disampaikan oleh Kasi Pemerintahan Kecamatan Pagelaran Abdullah. Selain itu juga diharapkan agar seluruh komponen masyarakat yang ada di Desa Sidorejo untuk mendukung berbagai program pembangunan yang telah dicanangkan oleh Bupati Malang Bapak H. Rendra Kresna melalui visi MADEP MANTEB nya, sehingga dapat tercipta masyarakat Kabupaten Malang yang Satata Gama Kerta Raharja pada tahun 2015 nanti.

Dalam Musrenbangdes Sidorejo tersebut, juga dilaksanakan diskusi oleh para peserta yang hadiri. Dari hasil diskusi tersebut muncul berbagai usulan, baik di bidang sarana dan prasarana, sosial budaya dan ekonomi, yang akan dibawa lebih lanjut ke Musrenbangcam nantinya untuk didiskusikan lebih lanjut. Adapun beberapa usulan yang muncul dalam forum tersebut, antara lain pembangunan Pondok Kesehatan Desa (Ponkesdes), pembanguann Posyandu Lansia dan Balita, pembangunan jaringan irigasi di Dusun Ardirejo, pengadaan mesin penyiang pada dan pengadaan mesin/alat tanam padi serta program pemberantasan sarang nyamuk (PSN).

0 348

DSC05163Dalam rangka penyusunan rencana pembangunan tahun 2015, masyarakat Desa Clumprit menggelar kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes), yang juga dirangkai dengan kegiatan Musyawarah Desa (MD) PNPM Mandiri Perdesaan, yang dilaksanakan pada hari Senin (27/1) bertempat di Balai Desa Clumprit.Musrenbang Desa Clumprit (10)

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Clumprit beserta perangkat desa, Babinsa dan Babinkamtibmas Desa Clumprit, Ketua BPD Clumprit dan anggota, Ketua LPMD Clumprit dan anggota, unsur PKK Desa Clumprit serta para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda di Desa Clumprit. Dari unsur kecamatan dihadiri oleh Kasi Tramtibum Kecamatan Pagelaran Mariono, SAP, MM, Kasi Pertanahan dan Aset Kecamatan Pagelaran Sulasmianto, SE serta jajaran dinas/instansi di Kecamatan Pagelaran, termasuk unsur PNPM.Musrenbang Desa Clumprit (6)

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Desa Clumprit Drs. Sugianto dan dilanjutkan pengarahan oleh Kasi Tramtibum Kecamatan Pagelaran Mariono, SAP, MM, yang pada intinya berisi tentang arah pembangunan Kabupaten Malang tahun 2014 dan berbagai hal yang harus dipersiapkan untuk tahun 2015 nanti, termasuk tekad untuk pencapaian visi MADEP MANTEB pada tahun 2015.

Setelah pengarahan Kasi Tramtibum, acara dilanjutkan dengan diskusi dengan para peserta Musrenbangdes guna menyusun usulan pembangunan pada tahun 2015 yang akan datang. Beberapa usulan yang disampaikan pada Musrenbang Desa Clumprit (14)acara tersebut dan akan dibawa ke Musrenbangcam nantinya antara lain pembangunan Jembatan Pendem yang terletak di RT 17 dan 19 dengan panjang 100 meter, pembangunan gedung Podok Kesehatan Desa (Ponkesdes), pembangunan jalan makadam di wilayah RT 31 RW 05 dengan panjang 850 meter, pavingisasi jalan di wilayah RT 17 RW 03 dengan panjang 400 meter serta pembangunan saluran pengairan di Buk ABRI yang terletak di RT 23 sepanjang 1.800 meter.