Monthly Archives: Februari 2014

0 309

Setelah bantuan bagi korban bencana alam Gunung Kelud tahap pertama dikirimkan ke posko yang ada di Kecamatan Pujon pada hari Senin (24/2) yang lalu, berbagai bantuan dari masyarakat maupun jajaran dinas/instansi/organisasi dan desa di Kecamatan Pagelaran masih terus mengalir sampai hari ini.IMG_2944

Menurut rencana bantuan yang saat ini sudah menumpuk di Posko Kecamatan Pagelaran akan dikirimkan langsung sebagai bantuan tahap kedua ke posko yang ada di Kecamatan Ngantang pada hari Selasa (4/3) yang datang.

Adapun berbagai bantuan yang telah diterima di Posko Kecamatan Pagelaran mulai posko dibuka pada hari Senin (17/2) sampai hari Jumat (28/2) ini adalah sebagai berikut :

NO.

PENYUMBANG

JENIS SUMBANGAN

1.

SMP Negeri 1 Pagelaran Uang tunai Rp. 500.000,-

2.

Paguyuban Kepala Desa Kecamatan Pagelaran Uang tunai Rp. 1.500.000,-

3.

Mahasiswa KKN UMM Kelompok 14 Uang tunai Rp. 475.000,-

4.

Pemerintah Desa Suwaru Uang tunai Rp. 500.000,-

5.

PPS Desa Brongkal Uang tunai Rp. 200.000,-

6.

PLKB Kecamatan Pagelaran Uang tunai Rp. 50.000,-

7.

UPTD Puskesmas Pagelaran Uang tunai Rp. 1.000.000,-

8.

Petugas Teknis Pertanian dan Perkebunan Kecamatan Pagelaran 1 dos pakaian layak pakai

9.

UPTD TK, SD dan PLS Kecamatan Pagelaran 13 dos air mineral

2 zak beras

15 dos mie,gula,teh,makanan ringan

52 dos pakaian layak pakai/selimut

10.

UPT Balai Penyuluhan Kecamatan Pagelaran 15 dos air mineral

11.

PPS Desa Pagelaran Uang tunai Rp. 200.000,-

12.

Karyawan-karyawati Kecamatan Pagelaran Uang tunai Rp. 1.000.000,-

13.

PAC Muslimat Kecamatan Pagelaran Uang tunai Rp. 750.000,-

14.

Pemerintah Desa dan Masyarakat Desa Sidorejo Uang tunai Rp. 3.000.000,-

20 dos pakaian layak pakai

11 dos mie instant

15.

PNPM Kecamatan Pagelaran Uang tunai Rp. 300.000,-

16.

Pemerintah Desa dan Masyarakat Desa Banjarejo 9 dos pakaian layak pakai

17.

UPTD TK, SD dan PLS Kecamatan Pagelaran 3 dos makanan ringan, gula, teh dan susu

10 kg beras

17 dos selimut dan pampers

18.

PKK Desa Kademangan 1 paket celana dalam dan pakaian anak

19.

PPS Desa Clumprit Uang tunai Rp. 200.000,-

20.

PKK Dusun Sipring Desa Pagelaran 2 dos pakaian layak pakai

21.

PNPM Kecamatan Pagelaran 1 tas pakaian layak pakai

22.

Pemerintah Desa dan Masyarakat Desa Banjarejo 41 dos pakaian layak pakai

1 dos pampers

1 dos sabun mandi

1 zak, 2 dos dan 1 tas kresek beras

20 dos mie instant

2 dos gula

23.

PPK Kecamatan Pagelaran Uang tunai Rp. 300.000,-

24

Bidan Suyati Pagelaran 2 dos susu bubuk bayi

25.

MTs Mambaul Ulum Desa Banjarejo 2 dos mie instant

1dos air mineral

2 buah sabun mandi

IMG_2941

Terkait bantuan yang telah diterima tersebut, Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. menyampaikan ucapan terimakasih kepada para dermawan yang telah menyumbangkan sebagian rejekinya, guna meringankan beban para korban bencana alam Gunung Kelud, khususnya yang berada di Kecamatan Pujon, Kecamatan Ngantang dan Kecamatan Kasembon melalui posko yang ada di Kecamatan Pagelaran.IMG_2968

Selain bantuan yang disalurkan melalui posko di Kecamatan Pagelaran, berbagai komponen masyarakat yang ada di Kecamatan Pagelaran juga telah menyampaikan bantuannya ke berbagai posko bantuan lainnya termasuk melalui lembaga/instansinya masing-masing.

0 112

IMG_3033Dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketakwaan aparatur yang ada di wilayah Kecamatan Pagelaran, setiap tiga minggu sekali bertempat di Rumah Dinas Camat Pagelaran diselenggarakan Pengajian Rutin yang tergabung dalam Majelis Pengajian An-Nur Kecamatan Pagelaran, yang diikuti oleh karyawan-karyawati Kecamatan Pagelaran serta jajaran dinas/instansi/lembaga serta sekretaris desa yang ada di Kecamatan Pagelaran.IMG_3010

Selain untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, kegiatan tersebut juga dimaksudkan sebagai sarana social gathering Camat Pagelaran bersama para karyawan-karyawati dengan jajaran dinas/instansi/lembaga dan sekretaris desa yang ada, termasuk para mahasiswa/mahasiswi dan siswa/siswi peserta PGS di Kecamatan Pagelaran, seperti yang dilaksanakan pada hari Jumat (28/2).

Kegiatan pengajian diawali dengan sambutan dari Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si., yang dilanjutkan dengan pembacaan Surat Yasin yangIMG_3000 dipandu oleh Ketua Panwaslu Kecamatan Pagelaran Drs. H. Aried Taufiq, BA, BRS, MM, M.Pd.I. dan pembacaan Tahlil dan Istighotsah yang dipandu oleh Plt. Sekretaris Desa Brongkal H. Hasan Busari. Seusai pembacaan Surat Yasin, Tahlil dan Istighotsah acara diisi dengan penyampaian ceramah agama yang diberikan oleh Kasi Kessos dan Kepemudaan Kecamatan Pagelaran Agus Bukhori, S.Pd. dan ditutup oleh pembacaan doa yang disampaikan oleh Modin Desa Suwaru Jumari dan Komisioner Panwaslu Kecamatan Pagelaran Marsidi, S.Pd.I.

Setelah acara inti selesai, guna menambah keakraban antar peserta pengajian yang hadir diselenggarakan acara ramah tamah dengan menyantap hidangan yang telah disediakan oleh pengurus Majelis Pengajian An-Nur.

IMG_3046

IMG_3050

0 182

IMG_2775 - CopySemangat bermusyawarah dan berdemokrasi masyarakat yang ada di Kecamatan Pagelaran terlihat ketika dilaksanakannya Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dan Musyawarah Antar Desa (MAD) PNPM Mandiri Perdesaan Kecamatan Pagelaran Tahun 2014, yang diselenggarakan di Pendopo Kecamatan Pagelaran pada Kamis (27/2).

IMG_2820 - Copy

Kegiatan Musrenbang dan MAD PNPM Mandiri Perdesaan tersebut dibuka oleh Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. dan dihadiri pula oleh Anggota DPRD Kabupaten Malang, Tim Musrenbang Kabupaten Malang, Faskab PNPM Mandiri Perdesaan, Muspika Pagelaran, para Kepala Desa, Kepala Dinas/Instansi dan jajaran PNPM Kecamatan Pagelaran serta para perwakilan delegasi dari sepuluh desa yang ada di Kecamatan Pagelaran.IMG_2898

Dalam sambutan pembukaannnya, Camat Pagelaran berharap agar masyarakat tetap bersemangat di dalam melaksanakan mekanisme tahunan tersebut yang dimulai dari tingkat desa tersebut. Berbagai usulan yang berasal dari desa selanjutnya akan didiskusikan lebih lanjut pada musrenbang di tingkat kecamatan. Di sana mereka akan dibagi dalam tiga kelompok diskusi yaitu bidang sarana prasarana, bidang sosial budaya dan bidang ekonomi.

IMG_2894

Lebih lanjut terkait pendaerahan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang saat ini sepenuhnya telah ditangani oleh Pemerintah Kabupaten Malang, Hari Krispriyanto berharap agar masyarakat juga mendukung program tersebut dan bisa melunasi PBB nya sebelum jatuh tempo, mengingat hal tersebut nantinya akan menjadi pendapatan asli daerah yang akan dipergunakan untuk membangun Kabupaten Malang, termasuk Kecamatan Pagelaran. Sebagai penutup dari sambutannya, disampaikan juga bahwa hasil dari Musrenbang dan MAD PNPM menjadi Kecamatan Pagelaran dalam membangun kedepannya, sehingga diharapkan akan menjadi Kecamatan Pagelaran yang MADEP MANTEB

IMG_2790

 sesuai degan visi Kabupaten Malang dibawah pimpinan Bupati Malang H. Rendra Kresna. Hasil dari Musrenbang Kecamatan Pagelaran hari ini selanjutnya akan diperjuangkan lebih lanjut pada Musrenbang Kabupaten Malang yang menurut rencana akan diselenggarakan pada  bulan Maret mendatang.

Seusai dilaksanakan diskusi Musrenbang, kegiatan dilanjutkan dengan MAD Penetapan PNPM Mandiri Perdesaan, sebagai tindak lanjut kegiatan MAD Prioritas Usulan yang telah berlangsung pada Kamis (13/2) yang lalu. Di dalam kegiatan tersebut ditetapkan tentang berbagai kegiatan PNPM yang dapat didanai pada desa-desa yang ada di Kecamatan Pagelaran untuk tahun ini, yaitu pembangunan sarana dan prasarana, simpan pinjam perempuan dan program pelatihan.

0 173

Sejak tanggal 1 Januari 2014, pengelolaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) telah diserahkan dari Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan RI kepada Pemerintah Kabupaten Malang, dalam hal ini Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Kabupaten Malang, sesuai amanat Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Dengan adanya penyerahan tersebut maka PBB saat ini sepenuhnya sudah menjadi pajak daerah, yang dilaunching pelaksanaannya oleh Bupati Malang Bapak H. Rendra Kresna bertempat di Pendopo Agung Kabupaten Malang di Malang pada hari Kamis (27/2), dimana pelaksanaannya disatukan dengan Pekan Panutan Pembayaran PBB Tahun 2014.Per  -edit

Dalam sambutannya Bupati Malang menyampaikan kepada dinas terkait dalam hal ini DPPKA agar hal-hal yang muncul setiap tahun adalah permohonan dari wajib pajak kepada pemerintah (yangs selama ini dikelola KPP Pratama) ada perubahan kedepannya. Permohonan tersebut adalah yang terkait dengan pembetulan data SPPT yang kadang terjadi kesalahan dan hal tersebut sekarang telah menjadi kewenangan DPPKA. Diharapkan dengan sudah ditangani DPPKA, proses tersebut bisa lebih mendekatkan antara wajib pajak dengan penyelenggara pemungut PBB tersebut.

Selanjutnya Bupati Malang juga berharap agar seluruh masyarakat, camat, kepala desa dan lurah dapat berperan serta dalam pemungutan PBB, mengingat saat ini perolehannya telah dimasukkan ke dalam APBD Kabupaten Malang. Kepada para pemungut pajak, diminta agar segera menyetorkan dana yang sudah dipungut dari masyarakat dan jangan dipergunakan untuk kepentingan lain, mengingat bila hal tersebut terjadi maka akan mengakibatkan terganggunya kinerka dan buruknya performance APBD Kabupaten Malang.

Selain melaksanakan launching Pendaerahan PBB Tahun 2014 serta Pekan Panutan Pembayaran PBB Tahun 2014, kegiatan di Pendopo Agung Kabupaten Malang tersebut juga diisi dengan penyerahan SPPT PBB Tahun 2014 kepada seluruh Camat se Kabupaten Malang, yang untuk selanjutnya akan diserahkan lebih lanjut kepada kepala desa/lurah di wilayah masing-masing. Pada tahun ini baku Pajak Bumi dan Bangunan untuk Kecamatan Pagelaran secara keseluruhan adalah Rp. 943.328.622,- atau turun sebesar Rp. 49.995.776,- dari baku tahun 2013 sebesar Rp. 993.324.398,-. Walaupun jumlah baku tahun ini turun dibandingkan tahun lalu, tetapi jumlah SPPT bertambah dari 38.530 SPPT pada tahun 2013 naik menjadi 38.728 SPPT pada tahun ini.

Terkait telah tibanya masa pemungutan PBB tahun ini, Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. berharap agar tradisi lunas PBB setiap tahunnya dapat dipertahankan oleh seluruh desa yang ada Kecamatan Pagelaran, termasuk peningkatan prestasi untuk bisa lunas sebelum masa jatuh tempo, mengingat dana tersebut akan menjadi PAD Kabupaten Malang guna dipakai untuk pembangunan di segala bidang.

Perlu diketahui bahwa dalam masa pemungutan PBB tahun 2014 yang masa jatuh temponya adalah tanggal 31 Juli 2014 nanti, tetapi saat ini sudah ada empat desa yang sudah melunasinya pada saat ini yaitu Desa Jogomulyan Kecamatan Tirtoyudo, Desa Sumberdem Kecamatan Wonosari, Desa Ngadas Kecamatan Poncokusumo dan Desa Ngadirejo Kecamatan Jabung. Kesuksesan empat desa tersebut, diharapkan dapat menjadi pemacu semangat bagi para pemungut PBB di wilayah Kecamatan Pagelaran sehingga pemungutan PBB tahun ini bisa lebih sukses dibandingkan tahun yang lalu, demikian lanjut Hari Krispriyanto.

0 176

DSC06090Sebagai salah satu lembaga pendidikan keagamaan yang ada di Desa Brongkal, Yayasan Shoddrul Ulum yang diketuai oleh K.H. Nur Aliyul Haq berupaya memberikan dasar-dasar pengetahuan baik yang bersifat umum maupun keagamaan, sehingga diharapkan para peserta didiknya kelak akan menjadi generasi yang berakhlak mulia.DSC06093

Menurut K.H. Nur Aliyul Haq yang juga merupakan putra dari ulama kharismatis dari Desa Brongkal Alm. K.H. Kholil Utsman, dijelaskan bahwa di dalam yayasan yang diasuhnya terdapat lembaga pendidikan TPQ, PAUD dan RA. Untuk TPQ dan PAUD telah berdiri sejak tahun 2009, sedangkan untuk RA berdiri sejak tahun 2011. Saat ini untuk PAUD dan RA telah mempunyai murid sebanyak kurang lebih 100 orang dan untuk TPQ mempunyai murid sebanyak 65 orang.DSC06092

Dilihat dari perkembangan sejak berdirinya, lembaga pendidikan yang ada di Desa Brongkal tersebut termasuk pesat perkembangannya, mengingat jumlah murid yang ada baik di TPQ, PAUD dan RA cukup banyak jumlahnya. Untuk itu maka pengurus yayasan bermaksud untuk mengembangkan gedung yang ada supaya bisa menampung para siswa yang ada.DSC06979

Terkait dengan hal tersebut pada hari Rabu (26/2) malam, Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. menghadiri kegiatan pertemuan pengurus dan panitia pembangunan gedung TPQ, PAUD dan RA yang ada di bawah yayasan tersebut. Dalam sambutannya, Hari Krispriyanto menyampaikan bahwa lembaga pendidikan yang adaDSC06977 tersebut perlu dibantu pengembangannya, sehingga nantinya para murid yang ada dapat lebih mendapatkan fasilitas yang semestinya. Saat ini dengan kondisi yang ada, semuanya dimaksimalkan agar dapat memberikan pendidikan yang terbaik bagi murid-murid yang ada pada semua tingkatan pendidikan di bawah Yayasan Shoddrul Ulum tersebut.

Turut mendampingi Camat Pagelaran pada pertemuan malam itu adalah Kasi Kessos dan Kepemudaan Agus Bukhori, S.Pd.

0 121

Pelaksanaan Pemilu Legislatif telah kurang 43 hari lagi dan untuk mempersiapkan hal tersebut Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pagelaran telah mulai mempersiapkan berbagai hal guna mensukseskan kegiatan nasional lima tahun tersebut.

Sebagai salah satu bentuk kesiapan tersebut adalah dengan telah datangnya logistik Pemilu Legislatif pada hari Selasa (25/2) dan langsung ditempatkan di Kantor PPK Kecamatan Pagelaran.IMG_2956

Logistik Pemilu yang telah diterima oleh PPK Kecamatan Pagelaran tersebut antara lain berupa alat coblos, bantalan coblos, mur baut kotak suara, stiker kotak suara, gembok dan anak kunci, kantong plastik, spidol, ballpoint, lem perekat serta tanda pengenal KPPS, Linmas di KPPS, Saksi di KPPS, PPS, Saksi di PPS, PPK dan Saksi di PPK dan lain sebagainya.

Dengan telah datangnya logistik Pemilu Legislatif tersebut, maka PPK Pagelaran mulai melaksanakan setting terhadap logistik tersebut, yang menurut rencana akan dibagikan ke 127 KPPS yang ada se Kecamatan Pagelaran bertempat di Panti PKK Kecamatan Pagelaran.

0 389

IMG_2695Sebagai salah satu wujud perhatian Bupati Malang Bapak H. Rendra Kresna di dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Malng adalah melalui kegiatan Bedah Rumah bagi warga tidak mampu seperti yang ada di Desa Karangsuko.

Kegiatan Bedah Rumah yang dilaksanakan oleh Badan Perumahan Kabupaten Malang tersebut berasal dari dana APBN Tahun Anggaran 2013 dan hasilnya saat ini dapat dirasakan oleh 62 kepala keluarga yang ada di Desa Karangsuko.IMG_2702

Proses kegiatan bedah rumah telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu serta dikerjakan secara kerja bakti oleh Pemerintah Desa Karangsuko, berbagai komponen masyarakat Desa Karangsuko serta anggota Koramil 0818/36 Pagelaran. Rumah yang semula rata-rata berdindingkan gedheg dan beralaskan tanah, saat ini sudah berubah menjadi berdindingkan tembok dan alasnya sudah diplester, sehingga menjadikan penghuninya lebih nyaman saat menempati rumahnya saat ini.IMG_2716

Terkait dengan hasil program Bedah Rumah tersebut, pada hari Selasa (25/2) Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. mengadakan monitoring hasil kegiatan tersebut dan bertemu dengan pemilik rumah yang rumahnya baru saja mendapatkan program bedah rumah. Secara umum para pemilik rumah menyatakan kegembiraannya atas bantuan program yang telah diterima tersebut dan menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Malang Bapak H. Rendra Kresna atas perhatian beliau  kepada masyarakat yang ada di Desa Karangsuko serta berharap agar program-program lainnya juga dapat diluncurkan untuk lebih mensejahterakan masyarakat Kabupaten Malang.

IMG_2713

Turut mendampingi kegiatan monitoring Camat Pagelaran tersebut adalah Kasi Pertanahan dan Aset Sulasmianto, SE serta Kasi Ekbang dan Pemberdayaan Perempuan Sutini, S.Sos.

0 161

IMG_2682Sebagai sarana meningkatkan silaturahmi sekaligus untuk meningkatkan disiplin kerja para aparatur pemerintah desa, Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. melaksanakan Pembinaan Kinerja Perangkat Desa Karangsuko bertempat di Kantor Desa Karangsuko pada hari Selasa (25/2). Kegiatan tersebut diikuti oleh Kepala Desa Karangsuko Rusman Brongkal beserta seluruh perangkat desanya.

Dalam acara tersebut, Camat Pagelaran menyampaikan beberapa hal guna meningkatkan kinerja apatur pemerintah ke depan, antara lain :

  • Mensosialisasikan Hasil Rapat Koordinasi Sinergi Tiga Pilar yang dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Malang di Kepanjen pada hari Rabu (5/2),  antara lain tentang kesiapan pelaksanaan Pemilu Tahun 2014, Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Pendaerahan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Undang-Undang tentang Desa, situasi dan kondisi kamtibmas di wilayah Kabupaten Malang serta antisipasi kerawanan/terorisme di wilayah di Kabupaten Malang.
  • Seluruh jajaran Pemerintahan Desa Karangsuko bersama-sama komponen masyarakat yang ada di Desa Karangsuko, ikut mensukseskan tercapainya visi MADEP MANTEB dibawah kepemimpinan Bupati Malang Bapak H. Rendra Kresna, sehingga akan tercipta masyarakat yang Satata Gama Kerta Raharja.
  • Menekankan kepada seluruh aparatur pemerintah, dalam hal ini kepala desa dan para perangkat desa dapat bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsi serta peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk di dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, sehingga akan semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah dan aparatur pemerintah.
  • Di dalam melaksanakan fasilitasi penyelesaian permasalahan masyarakat, hendaknya diupayakan mulai di tingkat desa, dikoordinasikan dengan babinsa dan bhabinkamtibmas, dengan tetap melaporkan perkembangannya kepada Muspika. Apabila hal tersebut tidak dapat diselesaikan di tingkat desa, barulah difasilitasi oleh Muspika dan seterusnya.
  • Guna meningkatkan minat baca masyarakat dari berbagai kalangan, diharapkan agar kepala desa membentuk Perpustakaan Desa, yang diharapkan dapat menyebarkan pengetahuan dan mencerdaskan kepada semua kalangan masyarakat yang ada di Desa Brongkal.

IMG_2687

Turut mendampingi Camat Pagelaran dalam pembinaan kinerja perangkat tersebut adalah Kasi Pertanahan dan Aset Sulasmianto, SE serta Kasi Ekbang dan Pemberdayaan Perempuan Sutini, S.Sos.

0 366

IMG_2644Sebagai salah satu wujud kepedulian masyarakat Kecamatan Pagelaran terhadap para korban bencana alam meletusnya Gunung Kelud beberapa waktu yang lalu adalah diwujudkan dengan mengumpulkan bantuan bagi para korban bencana yang tersebar khususnya di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Pujon, Ngantang dan Kasembon.

Bantuan yang sudah terkumpul pada Posko Kecamatan Pagelaran yang telah dibuka sejak Senin (17/2) tersebut, telah diserahkan oleh Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. kepada Drs. Erlan Subiakto (Kabid pada Dinas Sosial Kabupaten Malang) bertempat di Posko Bantuan Bencana Alam yang terletak di kantor Kecamatan Pujon pada hari Senin (24/2).IMG_2648

Bantuan yang dibawa ke lokasi posko di Kecamatan Pujon dengan truk tersebut,  merupakan bantuan tahap pertama, terdiri antara lain dari mie instant, gula, minuman air mineral, minyal goreng, masker, pakaian layak pakai, selimut dan lain sebagainya. Adapun bantuan yang masih terus mengalir di Posko Kecamatan Pagelaran akan diserahkan pada minggu yang akan datang dan laporan bantuan tersebut selain akan dilaporkan secara tertulis, juga akan dilaporkan pula melalui website Kecamatan Pagelaran di www.pagelaran.malangkab.go.id.

Camat Pagelaran menyatakan bahwa bantuan tersebut merupakan solidaritas warga Kecamatan Pagelaran bagi sesama korban yang khususnya ada di wilayah Kabupaten Malang dan berharap agar para korban segera dapat bangkit semangatnya untuk menata lagi kehidupannya menjadi lebih baik pasca terjadinya bencana.

Dalam kegiatan penyerahan bantuan tersebut, turut mendapmpingi Camat Pagelaran adalah Kasi Kessos dan Kepemudaan Agus Bukhori, S.Pd., Kasi Pertanahan dan Aset Sulasmianto, SE, Kasubag Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Aries Hermawan serta beberapa Staf Kecamatan Pagelaran.

0 469

IMG_4623Sebagai salah satu hasil dari proses pengembangan produksi pertanian di wilayah Kecamatan Pagelaran, bertempat di areal persawahan Dusun Krajan Desa Suwaru pada hari Senin (24/2) dilaksanakan Panen Raya Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SLPTT) Tahun 2013.IMG_4620

Kegiatan Panen Raya Padi Varietas Serang pada hamparan lahan sekitar satu hektar tersebut diikuti oleh kurang lebih empat puluh petani di Desa Suwaru. Hadir pada kegiatan tersebut Ir. Agus Tri Sunandoko (Kabid pada Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Malang), Slamet (Kasi pada Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Malang), Sutini, S.Sos. (Kasi Ekbang dan Pemberdayaan Perempuan Kecamatan Pagelaran), para penyuluh pada UPT Balai Penyuluhan Kecamatan Pagelaran, POPT Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur serta Kepala Desa dan Perangkat Desa Suwaru.IMG_4618

Dengan adanya panen raya sebagai hasil SLPTT tesebut, diharapkan akan dapat semakin meningkatkan produksi pertanian yang ada di Kecamatan Pagelaran serta sekaligus akan meningkatkan pendapatan petani. Selain itu harapan lainnya adalah mempertahankan Kecamatan Pagelaran sebagai kawasan agraris sehingga akan dapat mendukung program ketahanan pangan yang menjadi andalan Kabupaten Malang.