Monthly Archives: Maret 2014

0 134

IMG_5232Sebagai penutup dari kegiatan pembinaan perangkat desa se Kecamatan Pagelaran, Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si.  melaksanakannya di Desa Banjarejo. Kegiatan yang bertujuan untuk mempererat silaturahmi dengan para perangkat desa dan meningkatkan disiplin kerja para aparatur pemerintah desa tersebut, dilaksanakan oleh  Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. di Kantor Desa Sidorejo pada hari Jum’at (28/3) dan diikuti oleh Kepala Desa Banjarejo H. As’adurrofiq beserta seluruh perangkat desanya.IMG_5225

Dalam kegiatan tersebut yang direncanakan akan dilaksanakan setiap tiga bulan sekali tersebut, beberapa hal disampaikan oleh Camat Pagelaran antara lain berupa :

  • Mensosialisasikan Hasil Rapat Koordinasi Sinergi Tiga Pilar yang dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Malang di Kepanjen pada hari Rabu (5/2),  antara lain tentang kesiapan pelaksanaan Pemilu Tahun 2014, Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Pendaerahan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Undang-Undang tentang Desa, situasi dan kondisi kamtibmas di wilayah Kabupaten Malang serta antisipasi kerawanan/terorisme di wilayah di Kabupaten Malang.
  • Seluruh jajaran Pemerintahan Desa Banjarejo bersama-sama komponen masyarakat yang ada di Desa Banjarejo, ikut mensukseskan tercapainya visi MADEP MANTEB dibawah kepemimpinan Bupati Malang Bapak H. Rendra Kresna, sehingga akan tercipta masyarakat yang Satata Gama Kerta Raharja.
  • Meminta kepada jajaran Pemerintah Desa Banjarejo untuk mendukung suksesnya pelaksanaan Pemilu Legislatif Tahun 2014 yang kurang 12 hari lagi, dengan harapan mensosialisasikan waktu pelaksanaannya kepada masyarakat serta mengharap agar warga yang sudah mempunyai hak pilih untuk mendatangi dan mempergunakan hak pilihnya pada TPS yang telah ditentukan.
  • Menekankan kepada seluruh aparatur pemerintah, dalam hal ini kepala desa dan para perangkat desa dapat bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsi serta peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk di dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, sehingga akan semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah dan aparatur pemerintah.
  • Meminta kepada jajaran Pemerintah Desa Banjarejo untuk mendukung pelaksanaan Ujian Nasional, khususnya SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA yang akan berlangsung bulan Mei 2014 mendatang, dengan memberikan motivasi  baik kepada pendidik, peserta didik maupun wali murid sehingga akan didapatkan prestasi yang maksimal dari para peserta didik.
  • Di dalam melaksanakan fasilitasi penyelesaian permasalahan masyarakat, hendaknya diupayakan mulai di tingkat desa, dikoordinasikan dengan babinsa dan bhabinkamtibmas, dengan tetap melaporkan perkembangannya kepada Muspika. Apabila hal tersebut tidak dapat diselesaikan di tingkat desa, barulah difasilitasi oleh Muspika dan seterusnya.
  • Di dalam rangka menunjang pendaerahan PBB, diharapkan kepala desa bersama para perangkat desa dapat ikut mensukseskannya, mengingat seluruh pemasukan PBB tersebut seluruhnya akan menjadi pajak daerah yang nantinya akan dipergunakan untuk membiayai berbagai kegiatan pembangunan di Kabupaten Malang.
  • Guna meningkatkan minat baca masyarakat dari berbagai kalangan, diharapkan agar kepala desa membentuk Perpustakaan Desa, yang diharapkan dapat menyebarkan pengetahuan dan mencerdaskan kepada semua kalangan masyarakat yang ada di Desa Banjarejo.

IMG_5230

Turut mendampingi Camat Pagelaran dalam pembinaan kinerja perangkat desa tersebut adalah Kasi Pemerintahan Abdullah serta Kasi Pertanahan dan Aset Sulasmianto, SE.

0 221

Sebagai pengganti Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah, salah satunya telah dihasilkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa yang merupakan pemecahan dari Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tersebut.

Guna mempersiapakan pelaksanaan dari Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tersebut, termasuk kesiapan para aparatur yang akan melaksanakannya, bertempat di Pendopo Agung Kabupaten Malang pada hari Sabtu (29/3), Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Malang bekerjasama dengan Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia (MIPI) Cabang Kabupaten Malang, melaksanakan Seminar Sehari dengan tema “Kesiapan Aparatur Dalam Menyambut Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa”.

Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Malang Dr. H. Abdul Malik, SE, MM, dan diikuti oleh para pimpinan SKPD Pemerintah Kabupaten Malang, termasuk para Camat dan Kasi Pemerintah Kecamatan se Kabupaten Malang. Selain itu sebagai pelaksana utama di tingkat desa, para Kepala Desa dan Ketua BPD se Kabupaten Malang, termasuk dari Kecamatan Pagelaran juga mengikuti kegiatan seminar sehari ini.

Bertindak sebagai narasumber dalam seminar sehari ini adalah pakar-pakar yang berkompeten di bidangnya yaitu :

  1. Dr. Ir. Boedi Hasmanto, MS (Direktur Pengembangan Masyarakat Desa pada Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat Desa Kementerian Dalam Negeri RI).
  2. Prof. Dr. M. Mas’ud Said, MM (Asisten Staf Khusus Presiden RI Bidang Pembangunan dan Ekonomi, yang merupakan Guru Besar FISIP Universitas Muhammadiyah Malang).
  3. Dr. Himawan Estu Bagiyo, SH (Kepala Biro Hukum Setda Provinsi Jawa Timur).

Dengan kepiawaiannya masing-masing, para narasumber menyampaikan materi dengan ciri khasnya masing-masing, sehingga menarik perhatian para peserta seminar. Alhasil setelah pemaparan materi, maka pertanyaan dari para audien bermunculan terkait pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 nantinya, baik dari para kepala desa maupun Ketua BPD.

Dalam pelaksanaannya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 nantinya tidak serta merta dapat dilaksanaan langsung, tetapi masih memerlukan peraturan pelaksana lainnya seperti peraturan pemerintah, peraturan daerah dan peraturan bupati, sehingga undang-undang tersebut dapat dilaksanakan sesuai dengan situasi, kondisi dan potensi masing-masing wilayah.

0 181

DSC07339Setelah dilaksanakan Bimtek bagi para PPS Desa se Kecamatan Pagelaran pada hari Kamis (27/3) yang lalu, kini giliran para Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang ada di desa-desa se Kecamatan Pagelaran juga mendapatkan bimtek serupa.IMG_5249

Bimtek yang diberikan bagi para KPPS sangat penting artinya, mengingat mereka adalah pihak yang akan langsung berhadapan dengan para pemilih saat hari pemungutan nanti, termasuk di dalam melaksanakan penghitungan suara dan menyusun laporan terkait pelaksanaan kegiatan tersebut.DSC07334

Terkait hal tersebut pada hari Sabtu (29/3) dilaksanakan kegiatan Bimtek bagi KPPS se Desa Pagelaran bertempat di Balai Serba Guna Desa Pagelaran. Sebelum dilaksanakan Bimtek, Ketua PPS Desa Pagelaran terlebih dahulu mengambil sumpah para Ketua KPPS se Desa Pagelaran, dengan disaksikan Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si., Ketua PPK Pagelaran Abdul Jalil, S.Pd.I., Ketua Panwaslu Kecamatan Pagelaran Drs. H. Aris Taufiq, BA, BRS, MM, M.Pd.I. dan Sekretaris Desa Pagelaran Supriadi.DSC07337

Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan pengarahan dari Camat Pagelaran dan Ketua Panwaslu Kecamatan Pagelaran. Sebagai puncak kegiatan dilaksanakan Bimtek bagi para Ketua dan Anggota KPPS se Desa Pagelaran, dengan narasumber Ketua PPK Kecamatan Pagelaran. Adapun materi bimtek yang disampaikan tersebut antara lain terkait tata cara pengisian form laporan, tata cara pencoblosan surat suara serta sosialisasi sah dan tidak sah hasil coblosan pemilih pada Pemilu Legislatif nantinya, sehingga suara tidak sah yang ada dapat diminimalisir.

0 119

Sebagai salah satu upaya untuk meminimalisir kesalahan pada saat pelaksanaan kegiatan pemungutan suara, penghitungan suara dan pelaporan hasilnya, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis bagi KPPS, yang dilaksanakan di masing-masing desa se Kecamatan Pagelaran sejak hari Sabtu (29/3) sampai dengan hari Jumat (4/4).

Berbagai hal yang disampaikan dalam bimtek tersebut antara lain tentang tata cara pelaksanaan pemungutan, penghitungan suara, penentuan sah dan tidaknya surat suara, tata cara pengisian form laporan dan lain sebagainya. Bertindak sebagai narasumber adalah Ketua dan Komisioner PPK Kecamatan Pagelaran.

Adapun jadwal kegiatan bimtek bagi para KPPS se Kecamatan Pagelaran adalah sebagai berikut :

 

NO. DESA TANGGAL
1 Pagelaran Sabtu, 29 Maret 2014
2 Suwaru Minggu, 30 Maret 2014
3 Clumprit Senin, 31 Maret 2014
4 Brongkal Senin, 31 Maret 2014
5 Kanigoro Selasa, 1 Maret 2014
6 Balearjo Selasa, 1 Maret 2014
7 Banjarejo Rabu, 2 Maret 2014
8 Sidorejo Rabu, 2 Maret 2014
9 Kademangan Kamis, 3 Maret 2014
10 Karangsuko Jumat, 4 Maret 2014

 

 

 

 

 

0 179

DSC07317Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) merupakan kegiatan rutin tahun yang dilaksanakan guna menyusun rencana kerja untuk tahun berikutnya, dimulai dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi sampai nasional. Di dalam kegiatan tersebut dibahas berbagai usulan masyarakat terkait bidang sarana prasarana, pemerintahan dan sosial budaya serta ekonomi.DSC07320

Untuk Kecamatan Pagelaran, kegiatan Musrenbang Tingkat Desa telah dilaksanakan pada sepuluh desa yang ada pada bulan Januari 2014 yang lalu dan dilanjutkan dengan Musrenbang Tingkat Kecamatan yang dilaksanakan pada tanggal 19 Pebruari 2014 yang lalu. Hasil dari Musrenbang di tingkat kecamatan akhirnya dibawa lebih lanjut ke tingkat kabupaten untuk diperjuangkan, dengan harapan agar dapat terealisasi dan dilaksanakan pada tahun 2015 yang akan datang.

Dalam mengikuti Musrenbang Kabupaten Malang yang diselenggarakan di Pendopo Agung Kabupaten Malang dandibuka oleh Bupati Malang Bapak H. Rendra Kresna tersebut, Kecamatan Pagelaran diwakili oleh tiga orang delegasinya yang merupakan tokoh-tokoh berpengalaman di Kecamatan Pagelaran. Mereka adalah Rohawi (mantan Kepala Desa Karangsuko, yang saat ini menjabat Ketua Badan Koordinasi Antar Desa atau BKAD PNPM Mandiri Perdesaan Kecamatan Pagelaran), Ek. Tanti (aktivis perempuan Kecamatan Pagelaran) dan Tjipto Adi, S.Pd. (pendidik yang juga merupakan Ketua BPD Desa Suwaru).DSC07323

Mengingat banyaknya usulan yang diajukan oleh desa-desa se Kabupaten Malang dengan nilai lima ratus milyar lebih dan jumlah APBD Kabupaten Malang yang terbatas, maka perlu dilaksanakan musyawarah guna menentukan prioritas usulan yang akan didanai oleh APBD Kabupaten Malang pada tahun 2015 yang akan datang. Dengan demikian maka hasil musyawarah tersebut akan menjadi Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Malang dan akan dilaksanakan nantinya sudah sesuai dengan prioritas pembangunan yang telah ditetapkan.DSC07319

Selain itu diikuti oleh delegasi yang telah ditetapkan pada Musrenbang Kecamatan Pagelaran yang lalu, kegiatan Musrenbang Kabupaten Malang tersebut juga dihadiri oleh Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. serta Kasi Ekbang dan Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Pagelaran Sutini, S.Sos.

0 124

Pemilu Legislatif Tahun 2014 tinggal menanti hitungan hari saja yaitu kurang tiga belas hari lagi. Untuk itu guna mempersiapkan pelaksanaan hajatan nasional tersebut, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pagelaran melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi para Ketua dan Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa se Kecamatan Pagelaran, bertempat di Pendopo Kecamatan Pagelaran pada hari Kamis (27/3).

Berbagai materi disampaikan oleh para narasumber yaitu Ketua dan Anggota PPK Kecamatan Pagelaran kepada jajaran PPS yang hadir pada kegiatan tersebut, antara lain tata cara pengisian form laporan, tata cara pencoblosan surat suara serta sosialisasi sah dan tidak sah hasil coblosan pemilih pada Pemilu Legislatif nantinya, sehingga suara tidak sah yang ada dapat diminimalisir.

Dengan kegiatan yang dilaksanakan tersebut, diharapkan jajaran PPS nantinya dapat melaksanakan berbagai tahapan Pemilu Legislatif dengan sebaik mungkin dengan meminimalisir kesalahan yang ada.

Selain diikuti oleh Ketua dan Anggota PPK, kegiatan bimtek tersebut juga diihadiri oleh Sekretaris PPK dan jajaran serta Ketua dan Komisioner Panwaslu Kecamatan Pagelaran.

0 104

IMG_5079Dalam rangka menyatukan sikap untuk mencapai tujuan organisasi salah satu langkah yang dilaksanakan adalah melalui rapat koordinasi atau rapat staf, sebagaimana yang dilaksanakan oleh Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. pada hari Rabu (26/3) dengan menggelar rapat staf.IMG_5086

Kegiatan rapat staf diikuti oleh para karyawan-karyawati Kecamatan Pagelaran, yang terdiri dari Sekcam, Kasi, Kasubag dan Staf, antara lain dengan membahas berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan oleh institusi tersebut, termasuk mempersiapkan pelaksanaan kegiatan Sambang Proyek yang akan dilaksanakan oleh Bupati Malang Bapak H. Rendra Kresna pada awal bulan April 2014 dan pelaksanaan Pemilu Legislatif pada tanggal 9 April 2014 yang akan datang.IMG_5085

Selain itu Hari Krispriyanto juga berharap agar para karyawan-karyawati Kecamatan Pagelaran juga senantiasa dapat mempertahankan kedisiplinan dan kinerja yang telah diraih selama ini, termasuk memberikan yang terbaik dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu di dalam melaksnaakan tugas, kesemuanya senantiasa harus berpedoman pada visi Kabupaten Malang MADEP MANTEB yang telah ditetapkan sebagai RPJMD Kabupaten Malang periode 2010 sampai 2015.

0 110

Guna mewujudkan rasa kebersamaan di sela-sela melaksanakan tugas sehari-hari di antara para karyawan-karyawati Kecamatan Pagelaran, seusai melaksanakn rapat staf, Camat Pagelaran mengadakan kegiatan social gathering berupa nakam-nakam bareng, bertempat Warung Nayamul yang terletak di sekitaran Stadion Kanjuruhan, Kepanjen pada hari Rabu (26/3).IMG_5089

Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk lebih meningkatkan tali silaturahmi antara pimpinan dan karyawan/karyawati yang ada, sehingga dalam pelaksanaannya juga berlangsung secara santai dan penuh kekeluargaan, bahkan diselingi dengan canda gurau di antara satu dengan lainnya.IMG_5099

Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si menjelaskan bahwa kegiatan social gathering yang dilaksanakan di satuan kerja yang dipimpinnya yaitu Kecamatan Pagelaran tidak hanya dirupakan dalam bentuk makan-makan saja, tetapi juga bisa yang lainnya antara lain jalan-jalan bersama seperti yang dilaksanakan beberapa waktu yang lalu ke Wisata Gunung Kelud sebelum gunung tersebut meletus, pengajian rutin yang dilaksanakan setiap tiga minggu sekali di Rumah Dinas Camat Pagelaran dan lain sebagainya. Semuanya itu ditujukan adalah untuk lebih mengakrabkan antara karyawan dan karyawati satu dengan yang lain. Apabila silaturahmi dapat terjalin erat, maka diharapkan di dalam melaksanakan tugaspun juga akan dapat berjalan dengan baik pula, sehingga visi MADEP MADEP akan dapat tercapai di Kabupaten Malang pada umumnya dan Kecamatan Pagelaran pada khususnya.

0 103

Kegiatan pengajian menjadi salah satu ciri khas kegiatan masyarakat yang ada di Kecamatan Pagelaran sebagai wilayah yang mayoritas penduduknya muslim, sekaligus menjadi salah satu perwujudan pelaksanaan visi Agamis sebagaimana tercantum pada visi Kabupaten Malang MADEP MANTEB.

Hampir setiap saat pada setiap minggunya senatiasa dilaksanakan kegiatan pengajian sebagaimana yang juga dilaksanakan oleh Majelis Maulid Watta’lim Darul Muhibbin, salah satu dari majelis maulid yang ada di kawasan Kecamatan Pagelaran. Dengan semakin banyak majlis maulid yang terbentuk maka diharapkan pembinaan keimanan dan ketakwaan kepada umat Islam yang ada diharapkan juga menjadi semakin intensif pula, sehingga tingkat keimanan dan ketakwaan umat Islam yang ada, khusunya di Kecamatan Pagelaran menjadi semakin meningkat pula.

Dalam rangka mewujudkan hal tersebut sekaligus untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Majelis Maulid Watta’lim Darul Muhibbin melaksanakan pengajian umum bertempat di rumah Rosyidi, yang terletak di Dusun Sumbergempol RT 32 RW 04 Desa Pagelaran pada hari Rabu (26/3).

Kegiatan pengajian diawali dengan pembacaan Sholawat Simthud Duror oleh masyarakat Desa Pagelaran bersama-sama dengan jamaah Majelis Maulid Watta’lim Darul Muhibbin. Setelah itu sebagai puncak dari kegiatan pengajian disampaikan ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz Muhammad Mahfuddib, S.Pd.I. dari Malang.

Secara umum kegiatan tersebut berlangsung dengan aman dan tertib sampai selesainya acara pengajian.

0 561

IMG_4957Guna mempersiapkan pelaksanaan kegiatan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan Generasi Sehat dan CerdasTahun Anggaran 2014 di Kecamatan Pagelaran, sebanyak tigapuluh Tim Pertimbangan Musyawarah Desa (TPMD) dari sepuluh desa mendapatkan pencerahan, bertempat di Aula KPRI Guru Kecamatan Pagelaran pada hari Selasa (25/3).IMG_4944

Kegiatan tersebut dibuka oleh Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. Di dalam pengarahannya Camat Pagelaran berharap agar para TPMD yang secara keseluruhan berjumlah sebelas orang tersebut (diwakili tiga orang perwakilan perempuan perdesanya) dapat melaksanakan tugasnya secara baik, antara lain memberikan pertimbangan sebelum usulan ditetapkan, melaksanakan monitoring dan evaluasi kegiatan serta mampu bekerjasama dengan semua pelaku PNPM yang ada, masyarakat dan pemerintah desa yang ada.IMG_4955

Selain itu menurut Hari Krispriyanto, kegiatan tersebut berbeda dengan tahun sebelumnya mengingat di bidang pendidikan yang mendapatkan prioritas saat ini adalah anak yang terancam putus sekolah serta anak yang berkebutuhan khusus (ABK), sehingga diperlukan ketelitian di dalam merencanakan kegiatan program tersebut.IMG_4947

Pelatihan Penguatan Kapasitas TPMD-I tersebut akan berlangsung selama dua hari, pada hari Selasa sampai dengan Rabu (25 s/d 26/3) dan bertindak sebagai narasumber pada pelatihan tersebut selain Camat Pagelaran adalah Ketua UPK PNPM Mandiri Perdesaan Kecamatan Pagelaran Muchlas Arifin, Ketua BKAD PNPM Mandiri Perdesaan Kecamatan Pagelaran Rohawi serta Fasilitator Kecamatan (FK) Generasi Sehat dan Cerdas Kecamatan Pagelaran Ir. Moh. Imam Muslih.