Monthly Archives: Mei 2014

0 258

Pekan Nasional Petani dan Nelayan XIV Tahun 2014 kurang satu minggu lagi pelaksanaannya, untuk itu Kecamatan Pagelaran sebagai salah satu lokasi pemondokan dan lokasi magang peserta Penas terus berbenah dan menyatukan sikap guna menyambut hajat nasional tersebut.IMG_1580

Untuk maksud tersebut, bertempat di Ruang Kerja Camat Pagelaran pada hari Jumat (30/5) dilaksanakan Rapat Koordinasi Persiapan Penas Petani dan Nelayan XIV Tahun 2014, yang dipimpin oleh Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Danramil 0818/36 Pagelaran Peltu Sumari, Kasium Polsek Pagelaran Aiptu Suyantoko, para Kepala Desa dan Kepala UPTD terkait serta perwakilan pengelola lokasi magang. Dengan hadirnya seluruh komponen yang terkait tersebut, diharapkan pelaksanaan kegiatan Penas yang ada di wilayah Kecamatan Pagelaran akan dapat berjalan dengan lancar.IMG_1582

Di dalam rapat koordinasi tersebut, para peserta rapat juga berupaya untuk berdiskusi dan memecahkan berbagai permasalahan yang masih ada sebelum kegiatan dimulai. Menurut Hari K      rispriyanto, lebih baik diskusi dan debat dilaksanakan saat ini, tetapi pada saat pelaksanaan semuanya akan dapat berjalan dengan baik.

Selain saran dan masukan dari semua pihak, Muspika Pagelaran juga memberikan berbagai masukan yang tidak kalah penting yaitu terkait pengamanan kegiatan dan para peserta yang ada di wilayah Kecamatan Pagelaran. Kenyamanan dan keamanan para peserta selama berada di wilayah Kecamatan Pagelaran akan menjadi suatu kenang-kenangan ketika nantinya mereka sudah kembali ke provinsi asalnya.

Selain hal di atas, dalam rangka ikut mengangkat produksi unggulan Kecamatan Pagelaran, Camat Pagelaran berharap agar produk unggulan yang ada agar dapat dijadikan oleh-oleh bagi para peserta Penas untuk dibawa pulang ke tempat asalnya nanti, sekaligus mempromosikan produk unggulan tersebut yang sebagian besar berbahan baku dari hasil pertanian.

0 203

IMG_1517Sebagai salah satu perwujudan visi MADEP MANTEB, khususnya visi kedua Agamis di Kecamatan Pagelaran adalah diwujudkan melalui kegiatan peningkatan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, khususnya bagi aparatur yang beragama Islam. Hal tersebut lebih lanjut dilaksanakan melalui pengajian rutin yang tergabung dalam Majelis Pengajian An-Nur Kecamatan Pagelaran, seperti yang dilaksanakan di Rumah Dinas Camat Pagelaran pada hari Jumat (30/5).IMG_1535

Kegiatan pengajian yang diikuti oleh karyawan/karyawati Kecamatan Pagelaran, jajaran dinas/instansi dan sekretaris desa se Kecamatan Pagelaran, selain untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT juga dimaksudkan sebagai sarana social gathering di antara para aparatur yang ada tersebut.

Pengajian rutin An-Nur tersebut diawali dengan pembacaan Surat Yasin dan Istighotsah yang dipandu oleh Drs. H. Arief Taufiq, BA, BRS, MM, M.Pd.I. (Ketua Panwaslu Kecamatan Pagelaran) dan dilanjutkan dengan pembacaan Tahlil yang dipandu oleh H. Abdul Bakri, S.Hi. (Sekretaris Desa Banjarejo). Acara selanjutnya adalah penyampaian ceramah agama yang disampaikan oleh Agus Bukhori, S.Pd. (Kasi Kessos dan Kepemudaan Kecamatan Pagelaran). Sebagai penutup kegiatan pengajian kegiatan tersebut ditutup oleh pembacaan doa yang dipandu oleh Lasimin, SH, M.Ag. (Kepala KUA Kecamatan Pagelaran), H. Supikto (Sekretaris Desa Sidorejo), H. Hasan Busori (Plt. Sekretaris Desa Brongkal), Abdullah (Kasi Pemerintahan Kecamatan Pagelaran), Juwari (Modin Dusun Recobanteng Desa Suwaru) dan Kariyono (KasubagTU UPTD Sumber Daya Air dan Irigasi Dinas Pengairan di Gondanglegi).

Guna lebih  menambah keakraban di antara para aparatur di Kecamatan Pagelaran, kegiatan pengajian diakhiri dengan ramah tamah bersama para jamaah yang hadir pada acara tersebut.

0 182

Kecamatan Pagelaran siap menyambut pelaksanaan Pekan Nasional Petani dan Nelayan XIV Tahun 2014 yang akan berlangsung di Kabupaten Malang mulai tanggal 7 sampai 12 Juni 2014 yang akan datang.

Kesiapan tersebut ditunjukkan, khususnya oleh tiga desa yang akan menjadi tempat pemondokan dan tempat magang bagi para peserta Penas, yaitu Desa Karangsuko, Desa Clumprit dan Desa Suwaru.

Desa Karangsuko sebagai lokasi pemondokan bagi peserta Penas telah menyiapkan diri untuk menerima sekitar 800 orang peserta dari 14 kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Tenggara, dengan menyediakan sekitar 120 rumah yang layak untuk ditempati. Selain itu kebutuhan air bersih dan penanganan kesehatan telah disiapkan, khususnya oleh Badan Pengelola Sarana Air Bersih dan Sanitasi Sumbermaron dan UPTD Puskesmas Pagelaran.

Selanjutnya untuk Desa Clumprit dan Desa Suwaru sebagai lokasi magang bagi para peserta Penas, yang diperkirakan akan berasal dari Provinsi Bengkulu dan Kalimantan Tengah, juga tak mau kalah dengan Desa Karangsuko. Di Desa Clumprit, Kelompok Tani Sejahtera yang diketuai Rasad siap untuk menerima sekitar 100 orang peserta magang, yang akan mempelajari tentang sistem tanam Padi SRI dan pembuatan bokashi (pupuk non organik) yang telah beberapa tahun terakhir ini dilaksanakan oleh petani di Clumprit dan telah terbukti keberhasilannya. Sedangkan di Desa Suwaru, P4S Intan yang diketuai Sdr. Sugeng siap menerima sekitar 60 orang peserta magang yang akan belajar proses pembuatan produk olahan yang berbahan baku dari produksi pertanian, seperti dodol, kripik dan lain sebagainya.

Di samping tiga desa yang akan ditempati sebagai lokasi pemondokan dan magang tersebut, ketujuh desa lainnya juga akan ikut berpartisipasi dengan memberikan sambutan hangat bagi para peserta Penas tersebut serta akan menampilkan berbagai produk unggulan desanya masing-masing dengan harapan akan bisa menjadi oleh-oleh bagi para peserta Penas ketika mereka kembali ke daerahnya masing-masing kelak.

0 272

Warga Dusun Sipring Desa Pagelaran dalam rangka memperingati Isra’ dan Miraj’ Nabi Muhammad SAW melaksanakan kegiatan pengajian umum bertempat di halaman Masjid Azharul A’wan, Dusun Sipring Desa Pagelaran pada hari Selasa (27/5).DSC07775

Acara pengajian tersebut sekaligus merupakan kegiatan tasyakuran bersama warga Sipring atas telah terselesaikannya pembangunan Masjid Azharul A’wan, yang memakan waktu pembangunan selama kurang lebih empat tahun.DSC07765

Kegiatan diawali dengan pembacaan Shalawat Nabi yang dilaksanakan oleh masyarakat Dusun Sipring bersama-sama jamaah Majelis Maulid Watta’lim Al-Azhar Desa Pagelaran yang dipimpinoleh Ustadz Muhalli. Seusai pembacaan Shalawat Nabi, kegiatan yang juga dihadiri oleh Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. dan Kepala Desa Pagelaran Moh. Widodo, SE tersebut ditutup dengan penyampaian ceramah agama yang oleh K.H. Cholil A’sad Syamsul Arifin, salah seorang ulama dari Kabupaten Situbondo yang juga merupakan putra salah seorang ulama legenedaris Nahdlatul Ulama K.H. A’sad Syamsul Arifin.DSC07788

Secara umum kegiatan pengajian yang juga dihadiri oleh Ustadz Muda’I Bakri, salah seorang Qori’ Tingkat Nasional dari Kabupaten Sampang tersebut berjalan dengan aman, tertib dan lancar sampai selesainya acaraDSC07794

0 164

Kecamatan Pagelaran siap menyambut pelaksanaan Pekan Nasional Petani dan Nelayan XIV Tahun 2014 yang akan berlangsung di Kabupaten Malang mulai tanggal 7 sampai 12 Juni 2014 yang akan datang.IMG_1236

Kesiapan tersebut diwujudkan salah satunya dengan melaksanakan rapat koordinasi bertempat di Ruang Kerja Camat Pagelaran pada hari Senin (26/5), dipimpin langsung oleh Camat Pagelaran. Kegiatan tersebut diikuti oleh jajaran dinas/instansi terkait serta tiga desa lokasi pemondokan dan magang peserta Penas.IMG_1235

Di dalam kesempatan tersebut Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. berharap agar semua jajaran baik dinas/instansi dan desa terkait mempersiapkan kegiatan Penas Petani dan Nelayan XIV yang akan dilaksanakan di wilayah Kecamatan Pagelaran.

Bagi Kepala Desa Karangsuko diharapkan mempersiapkan dengan sebaik mungkin, mengingat di wilayahnya akan dijadikan penginapan bagi kurang lebih 700 peserta dari Provinsi Sulawesi Tenggara, sedangkan Desa Clumprit dan Suwaru akan menjadi lokasi magang bagi peserta Penas dari Provinsi Kalimantan Tengah dan Bengkulu.

Selain itu bagi jajaran dinas/instansi seperti UPT Balai Penyuluhan dan UPTD Puskesmas diminta untuk menyiapkan jajarannya, sehingga dapat ikut mensukseskan pelaksanaan kegiatan Penas yang salah lokasinya akan berada di wilayah Kecamatan Pagelaran.

0 349

Sebagai upaya untuk meningkatkan koordinasi antara kecamatan dan desa yang ada di Kecamatan Pagelaran, salah satu upaya yang dilaksanakan adalah dengan mengadakan rapat koordinasi dengan para sekretaris desa, seperti yang dilaksanakan pada hari Senin (26/5) bertempat di Ruang Kerja Camat Pagelaran.IMG_1226

Pada rapat koordinasi yang dipimpin langsung oleh Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. tersebut disampaikan beberapa hal terkait pelaksanaan tugas kedepan antara lain :

  • Para sekretaris desa diminta semakin meningkatkan kedisiplinan dan loyalitas dalam melaksanakan tugas, baik bagi mereka yang berstatus PNS maupun non PNS.
  • Para sekretaris desa diminta untuk meningkatkan kinerja dalam melaksanakan tugasnya, termasuk ketepatan waktu dan kecermatan di dalam menyusun laporan yang diminta baik oleh kecamatan, sehingga data yang dihasilkan dapat valid.
  • Para sekretaris desa diminta untuk mendukung kesuksesan pelaksanaan Pekan Nasional Petani dan Nelayan XIV Tahun 2014, khususnya bagi Desa Karangsuko, Clumprit dan Suwaru yang akan menjadi lokasi pemondokan dan magang bagi para peserta Penas tersebut.
  • Para sekretaris desa khususnya yang berstatus PNS diminta segera menyusun dan mengumpulkan Sasaran Kerja Pegawai (SKP) sebagai pengganti Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP-3) PNS yang telah berakhir masa berlakunya pada akhir tahun 2013 lalu.

Perlu diketahui bahwa saat ini di Kecamatan Pagelaran terdapat sepuluh sekretaris desa. Dari sepuluh sekretaris desa tersebut, tujuh orang berstatus PNS, sedangkan yang tiga orang merupakan pelaksana harian dan berasal dari perangkat desa setempat karena sekretaris desa yang lama telah memasuki masa purna tugas sebagai PNS (Desa Brongkal dan Suwaru) dan telah terpilih dan dilantik sebagai kepala desa (Desa Karangsuko).

0 209

Dalam rangka menciptakan disiplin aparatur khususnya yang ada di Kecamatan Pagelaran, salah satu cara yang dilaksanakan adalah melaksanakan apel pagi setiap hari Senin, seperti yang dilaksanakan pada hari Senin (26/5) di Pendopo Kecamatan Pagelaran, yang dipimpin langsung oleh Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si.

IMG_1210

Apel pagi tersebut diikuti oleh para karyawan/karyawati Kecamatan Pagelaran, jajaran dinas/instansi serta sekretaris desa di lingkungan Kecamatan Pagelaran.

Dalam amanatnya, Camat Pagelaran berharap agar kedisplinan senantiassa ditegakkan oleh setiap aparatur yang ada, termasuk yang ada di Kecamatan Pagelaran, sehingga pencapaian tujuan visi MADEP MANTEB akan dapat tercapai di Kabupaten Malang pada umumnya dan Kecamatan Pagelaran pada khususnya.IMG_1208

Selain hal tersebut di atas, Hari Krispriyanto juga mengingatkan bahwa Kecamatan Pagelaran pada bulan Juni 2014 yang akan datang akan mendapatkan kepercayaan menjadi pendukung pelaksanaan Pekan Nasional Petani dan Nelayan XIV yang akan dipusatkan di Stadion Kanjuruhan Kepanjen dan akan dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Dr. Susilo Bambang Yudhoyono. Untuk itu, maka diharapkan kepada semua desa dan dinas/instansi, baik yang terlibat langsung maupun tidak untuk dapat mendukung terlaksananya kegiatan tersebut sehingga akan dapat mengangkat nama Kabupaten Malang pada umumnya dan Kecamatan Pagelaran pada khususnya.

0 222

Pada Bulan Suci Ramadhan 1435 H/2014 M ini, Kecamatan Pagelaran akan menjadi tuan rumah kegiatan Safari Ramadhan Tingkat Kabupaten Malang mewakili eks wilayah kerja Pembantu Bupati di Bululawang.

Menurut rencana kegiatan tersebut akan digelar di Desa Sidorejo, bertempat di Masjid Miftahul Huda. Kegiatan tersebut akan dihadiri oleh Bupati Malang Bapak H. Rendra Kresna dan Ibu Hj. Jajuk Rendra Kresna bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forpimda) Kabupaten Malang beserta para pejabat Pemerintah Kabupaten Malang, disamping seluruh Muspika, Dinas/Instansi, Kepala Desa serta tokoh masyarakat/tokoh agama yang ada di Kecamatan Pagelaran.

Kegiatan akan diawali dengan berbuka puasa bersama di rumah Dr. K.H. Mudlofir, SH, MM, Pengasuh Pondok Pesantren Tafhidzil Qur’an dan melaksanakan Sholat Maghrib bersama di Pondok Putri Pesantren Tafhidzil Qur’an. Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan melaksanakan Sholat Isya’, Sholat Tarawih dan Sholat Witir berjamaah bertempat di Masjid Mifathul Huda.

Seusai kegiatan sholat di masjid tersebut, acara dilanjutkan dengan penyampaian berbagai bantuan dari Bupati Malang kepada pengurus takmir masjid serta sembako bagi para kaum duafa serta sambutan dari Bapak H. Rendra Kresna selaku Bupati Malang. Acara akan ditutup dengan penyampaian ceramah agama serta tokoh agama yang ada di wilayah Desa Sidorejo tersebut.

0 186

Dalam rangka memperingati Isra’ dan Miraj’ Nabi Muhammad SAW, masyarakat Desa Pagelaran bersama jamaah Majelis Maulid Watta’lim Darul Muhibin Desa Pagelaran melaksanaan Safari maulid dan Tablibh Akbar, bertempat di halaman Masjid Al Kautsar, Dusun Sumbergempol Desa Pagelaran padahari Senin (26/5).

Kegiatan diawali dengan pembacaan Sholawat Simtudh Duror yang dilaksanakan bersama-sama antara masyarakat Desa Pagelaran beserta jamaah Majelis Maulid Watta’lim Darul Muhibin, dibawah pimpinan ketuanya Ustadz Abdul Jalil, S.Pd.I. yang juga merupakan Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pagelaran.

Seusai pembacaan Shalawat Simthud Duror, sebagai puncak acara disampaikan ceramah agama tentang hikmah Isra’ danMiraj’ Nabi Muhammad SAW. Bertindak sebagai penceramah dalam kegiatan tersebut adalah K.H. Masykuri, Pengasuh Pondok Pesantren Sirojuth Tholibin dari Desa Krebet Senggrong Kecamatan Bululawang.

Kegiatan pengajian tersebut secara umum berlangsung dengan aman, tertib dan lancar sampai selesainya acara.

0 226

IMG_1164Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Tahun 2014 atau dikenal dengan sebutan Pilpres tinggal hitungan hari lagi dan akan dilaksanakan pada tanggal 9 Juli 2014 yang akan datang.

Guna mempersiapkan pelaksanaan Pilpres tersebut, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pagelaran mulai melaksanakan berbagai tahapan-tahapan guna mensukseskan kegiatan tersebut. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan pada hari Minggu (25/5) adalah dengan menyiapkan kotak suara yang akan dipakai pada saat hari pemungutan suara nantinya.IMG_1201

Apabila dalam Pemilu Legislatif lalu jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) se Kecamatan Pagelaran berjumlah 127 TPS, tetapi pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden nanti jumlah TPS nya diperkirakan akan berkurang sampai kurang lebih 89 TPS. Untuk setiap TPS jumlah kotak yang akan dipakai pada kegiatan pemungutan suara pada bulan Juli 2014 nanti sebanyak dua buah, sehingga keseluruhan akan dibutuhkan 178 kotak.IMG_1191

Kegiatan penyiapan kotak suara yang dilaksanakan di areal kantor Kecamatan Pagelaran tersebut dilaksanakan seluruh jajaran komisioner PPK Kecamatan Pagelaran beserta unsur sekretariatnya.