Monthly Archives: Juli 2014

0 226

Setelah semalaman sampai pagi hari kumandang takbir bergema di seluruh wilayah Kecamatan Pagelaran, akhirnya pada pagi hari Senin (28/7) seluruh umat Islam melaksanakan Sholat Idul Fitri, baik yang dilaksanakan di masjid, musholla maupun langgar yang tersebar pada desa-desa se Kecamatan Pagelaran.

Pelaksanaan Sholat Idul Fitiri tersebut dilaksanakan pada hari tersebut setelah Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Agama melaksanakan pengumuman hasil sidang itsbat pada malam hari sebelumnya Minggu (27/7).

Pada kegiatan Sholat Idul Fitri di Kecamatan Pagelaran, Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. melaksanakannya di Masjid Sunan Ampel yang terletak di Desa Pagelaran. Sebelum pelaksanaan sholat, Camat Pagelaran membacakan sambutan tertulis dari Bupati Malang Bapak H. Rendra Kresna. Dalam kegiaatan Camat Pagelaran didampingi oleh Kasi Pertanahan dan Aset Sulasmianto serta dua orang staf kecamatan yaitu Ali Sachson Mujahid, S.Sos. dan Nurdiansyah       Wicaksono, SAP.

Kegiatan inti selanjutnya dilanjutkan dengan pelaksanaan Sholat Idul Fitri dan bertindak sebagai imam pada sholat tersebut adalah Imam Safi’i, Setelah kegiatan sholat dan khotbah usai, acara dilanjutkan dengan bersilaturahmi bersama seluruh jamaah Sholat Idul Fitri yang hadir pada masjid tersebut, dengan bersalam-salaman dan bermaaf-maafan, sebagai tanda kemenangan umat manusia dalam usahanya untuk mengekang hawa nafsu selama satu bulan penuh dan kembali menjadi manusia yang fitri.

0 244

Pada malam seusai berakhirnya masa ibadah puasa di bulan suci Ramadhan, guna melihat persiapan masyarakat Kecamatan Pagelaran di dalam menyambut datangnya hari kemenangan Hari Raya Idul Fitri yang akan tiba pada hari Senin (28/7), Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. pada hari Minggu (27/7) melaksanakan pemantauan situasi dan wilayah Kecamatan Pagelaran. Turut mendampingi Camat Pagelaran dalam kegiatan tersebut adalah Kasi Pertanahan dan Aset Sulasmianto, SE.

Monitoring wilayah tersebut diharapkan untuk melihat kesiapan masyarakat Kecamatan Pagelaran di dalam mempersiapkan peringatan Hari Raya Idul Fitri, sehingga dalam menyambut datangnya hari kemenangan tersebut tidak terdapat permasalahan di wilayah Kecamatan Pagelaran.

Dari hasil pengamatan di wilayah, Hari Krispriyanto melihat bahwa wilayah Kecamatan Pagelaran secara umum berada dalam situasi dan kondisi yang aman dan tertib. Di sana-sini terlihat kemeriahan dalam menyambut hari kemenangan tersebut, termasuk alunan irama takbir yang berkumandang pada masjid dan musholla yang ada di seantero Kecamatan Pagelaran.’

Kemeriahan lain juga terlihat dengan berbagai kegiatan yang dilaksanakan di tingkat desa, antara lain di Desa Kademangan yang melaksanakan Lomba Takbir Kemenangan, yang dilaksanakan oleh Pengurus Fatayat NU Ranting Desa Kademangan, dengan mengambil start di halaman Masjid Al-Falah RT 21 RW 03 Desa Kademangan serta finish di perempatan Tugu Monas yang terletak di RT 17 RW 02 Desa Kademangan.

Camat Pagelaran berharap agar masyarakat dalam menyambut datangnya Hari Raya Idu Fitri dalam merayakannya dengan khusyuk dan khidmat, tanpa melakukan berbagai hal yang membahayakan semisal bermain petasan. Jangan sampai kebahagiaan dan kemenangan yang dicapai setelah melaksanakan ibadah puasa di bulan yang suci ini akan ternoda karena perbuatan yang tidak membawa keuntungan tersebut.

0 371

DSC08090Dalam rangka menyambut datangnya hari kemenangan, setelah selama sebulan penuh umat Islam melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan berbagai cara dilakukan oleh masyarakat guna  memeriahkannya.

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan di Kecamatan Pagelaran adalah melalui Lomba Takbir Kemenangan yang diselenggarakan oleh pengurus Fatayat NU Ranting Desa Kademagan pada hari Minggu (27/7).DSC08085

Kegiatan yang juga disaksikan oleh oleh Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. tersebut diikuti oleh 12 kelompok takbir masyarakat yang ada di Desa Kademangan tersebut, diberangkatkan dari garis start di halaman Masjid Al-Falah RT 21 RW 03 Dusun Bendilwuni Desa Kademangan dan mengelilingi ruas jalan yang ada di desa tersebut. Adapun kegiatan tersebut berakhir pada garis finis di perempatanTugu Monas yang terletak di RT 17 RW 02 Dusun Krajan Desa Kademangan.DSC08088

Adapun kegiatan dibuka dengan sambutan Kepala Desa Kademangan  dan pemukulan kentongan oleh Camat Pagelaran dan dilanjutkan dengan pemotongan untaian pita di garis start sebagai tanda diberangkatkannya peserta lomba.

Tampak kemeriahan terlihat selama pelaksanaan kegiatan, mengingat pada hari itu seluruh umat Islam khususnya yang ada di Desa Kademangan tengah menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri dan dalam lantunan kalimat takbir, tahlil dan tahmid yang dikumandangkan oleh para peserta lomba menambahkan kesakralan suasana pada malam itu. Para peserta pun juga bersaing di dalam mengikuti lomba,

 bahkan ada pula kelompok yang menambah kemeriahan lomba dengan membuat  berbagai miniatur masjid, bedug dan perahu.

Secara umum kegiatan tersebut berlangsung dengan aman, tertib dan lancar sampai selesainya kegiatan. Turut mendampingi Camat Pagelaran dalam kegiatan tersebut adalah Kasi Pertanahan dan Aset Sulasmianto, SE serta Kepala Desa Kademangan Moeliyani.

0 310

Guna meningkatkan kinerja aparatur pemerintah di bidang keluarga berencana di Kecamatan Pagelaran, saat ini Badan Keluarga Berencana Kabupaten Malang tengah melaksanakan pembangunan kantor Badan Keluarga Berencana yang ada di Kecamatan Pagelaran, yang berlokasi di Desa Banjarejo tepat di sebelah kantor Badan Keluarga Berencana Kecamatan Pagelaran yang lama.IMG_9053

Diharapkan nantinya dengan dibangunnya kantor yang lebih representatif tersebut, kinerja para aparatur keluarga berencana dapat lebih meningkat kedepannya. Kantor yang saat ini dibangun oleh CV. Unggul milik Edi Suyono, ST, salah seorang kontraktor yang juga putra daerah Kecamatan Pagelaran, tepatnya di Desa Sidorejo tersebut memiliki luas 50 meter persegi tidak termasuk teras gedung, terdiri dari empat ruangan yaitu ruang kerja, ruang serba guna/pertemuan, ruang saji/dapur dan kamar mandi.IMG_9065

Gedung yang menurut rencana akan diselesaikan dalam waktu tiga bulan tersebut, pada hari Jumat (25/7) mendapatkan kunjungan dari Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. Dalam kunjungannya tersebut Camat Pagelaran mendapatkan penjelasan dari pelaksana lapangan pembangunan kantor terkait kegiatan tahapan pembangunan yang telah dilaksanakan saat ini. Sampai menjelang libur lebaran diharapkan pembangunan pondasi gedung telah dapat diselesaikan, sehingga seusia libur Hari Raya Idul Fitri pembangunan tembok gedung dan penunjang lainnya segera dapat dilaksanakan.IMG_9062

Camat Pagelaran dalam kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Malang Bapak H. Rendra Kresna atas terbangunnya gedung kantor milik Badan Keluarga Berencana Kecamatan Pagelaran, sehingga dengan menempati gedung yang baru PPLKB beserta para PLKB yang ada Kecamatan Pagelaran akan lebih bersemangat dalam melaksanakan tugasnya, termasuk di dalam memberikan pelayanan dan penyuluhan kepada masyarakat yang ada di Kecamatan Pagelaran di bidang keluarga berencana.

 

0 204

Pada hari terakhir menjelang pelaksanaan libur Hari Raya Idul Fitri 1435 H yaitu hari Jumat (25/7), dua desa di Kecamatan Pagelaran berhasil menyelesaikan tugasnya dalam pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Tahun 2014.

Kedua desa tersebut adalah Desa Balearjo yang mempunyai baku PBB sebesar Rp. 52.718.934- menjadi desa ketujuh yang lunas PBB tahun 2014 sebelum masa jatuh tempo pelunasan PBB. Prestasi Desa Balearjo disusul oleh desa kedelapan yang juga lunas PBB sebelum masa jatuh tempo yaitu Desa Kademangan pada sore harinya, dimana desa tersebut mempunyai baku sebesar Rp. 108.915.023,-

Terkait telah lunasnya baku PBB kedua desa tersebut, Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. menyatakan apresiasi dan ucapan terimakasihnya kepada kepala desa dan seluruh perangkat desa pada Desa Balearjo dan Kademangan. Lebih lanjut diharapkan agar prestasi yang telah dicapai pada tahun ini dapat lebih ditingkatkan pada tahun-tahun yang akan datang. Hal tersebut menjadi sesuatu yang penting, mengingat seiring dengan penyerahan kewenangan pengelolaan PBB-P2 kepada Pemerintah Kabupaten Malang sejak tanggal 1 Januari 2014 yang lalu, maka seluruh pendapatan PBB secara mutlak akan menjadi hak pemerintah daerah yang akan dijadikan modal guna membangun wilayah Kabupaten Malang di segala bidang.

Dengan telah lunasnya PBB delapan desa di Kecamatan Pagelaran, maka saat ini tinggal dua desa yang masih melaksanakan percepatan pemungutan PBB nya, yaitu Desa Kanigoro dan Desa Banjarejo. Diharapkan sebelum peringatan HUT ke 69 Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2014 nanti, baku PBB kedua desa tersebut dapat diselesaikan sehingga secara keseluruhan baku Kecamatan Pagelaran juga akan lunas pula.

0 431

IMG_9006Dalam rangka mempersiapkan program peningkatan produksi padi yang dicanangkan oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Malang, Kelompok Tani Harapan IV Desa Kanigoro melaksanakan uji coba mesin tanam padi di areal persawahan Jara’an yang ada di Dusun Krajan Desa Kanigoro.IMG_0402

Dengan uji coba tersebut diharapkan pola tanam yang selama ini hanya menghasilkan dua kali panen dalam satu tahun (program P-200), maka diharapkan nantinya akan menghasilkan tiga kali panen dalam satu tahun (program P-300). Selama ini pola tanam yang dilaksanakan oleh para petani adalah dengan pola manual yaitu ditanam langsung oleh petani, sedangkan dengan menggunakan mesin tanam padi maka secara otomatis pola tanamnya akan diatur oleh mesin tersebut. Selain itu pola tanam manual membutuhkan banyak tenaga kerja, sedangkan dengan mesin maka tenaga kerja yang diperlukan lebih sedikit, tetapi sumber daya manusia yang ada harus benar-benar menguasai tentang teknologi mesin tersebut.IMG_0406

Dalam uji coba yang dilaksanakan pada hari Jumat (25/7) dan disaksikan oleh Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. tersebut, uji coba pengoperasian mesin tanam padi yang dilaksanakan belum bisa maksimal mengingat hal ini adalah baru pertama kalinya dilaksanakan oleh para petani yang ada di kelompok tani tersebut, jadi masih membutuhka penyesuaian.

Dalam uji coba yang dilaksanakan pertama kalinya di Kabupaten Malang tersebut,  Camat Pagelaran berharap ada sumber daya manusia mumpuni sehingga dapat mengoperasikan mesin tersebut dan selanjutnya diharapkan yang bersangkutan dapat menyebarluaskan pengetahuannya tersebut kepada petani yang lain, sehingga program tanam P-300 dapat segera terlaksana di Kecamatan Pagelaran.IMG_0397

Program swasembada pangan termasuk di dalamnya peningkatan produksi padi tersebut merupakan salah satu hal yang diharapkan oleh Bupati Malang Bapak H. Rendra Kresna, sehingga Kabupaten Malang akan dapat mewujudkan diri menjadi lumbung pangan terkemuka di Jawa Timur. Uji coba mesin tanam padi di wilayah Kecamatan Pagelaran selanjutnya akan dilaksanakan di Desa Karangsuko seusai Hari Raya Idul Fitri yang akan datang.IMG_9045

Turut menyaksikan program uji coba tersebut adalah Kasi Ekbang dan Pemberdayaan Perempuan Kecamatan Pagelaran Sutini, S.Sos., Kasi Pertanahan dan Aset Kecamatan Pagelaran Sulasmianto, S.Sos., Petugas Teknis Pertanian dan Perkebunan Kecamatan Pagelaran Ir. Sugeng Susanto serta penyuluh jajaran UPT Balai Penyuluhan Kecamatan Pagelaran Kunto Hadi, SP dan Sri Winarti, SP.

0 203

Sebagai salah program pemerintah untuk membantu pengentasan kemiskinan, Program Keluarga Harapan (PKH) mempunyai peran strategis di dalam membantu keluarga tidak mampu, khususnya yang mempunyai ibu hamil, anak usia sekolah SD sampai SMP atau sederajat dan lain sebagainya.

download

Sebagai implementasi dari pelaksanaan program tersebut khususnya di Kecamatan Pagelaran, mulai hari Sabtu (19/7) sampai Kamis (24/7) bertempat di Kantor Pos Cabang Gondanglegi dilaksanakan pembayaran dana PKH Tahap I Tahun 2014 Gelombang III Kabupaten Malang bagi penerima yang berasal dari Kecamatan Pagelaran.

Adapun jadwal pembagian dana PKH tersebut adalah sebagai berikut :

NO.

DESA

JUMLAH KSM

1. Suwaru

11

2. Kanigoro

230

3. Clumprit

39

4. Sidorejo

53

5. Balearjo

34

6. Pagelaran

100

7. Banjarejo

57

8 Karangsuko

47

9. Kademangan

122

10. Brongkal

177

J U M L A H

970

Selama pelaksanaan pembagian dana PKH tersebut, para penerima mendapapatkan pengawasan dari para Pendamping PKH Kecamatan Pagelaran yang dengan sabar membantu mereka sampai mendapatkan dana yang menjadi haknya.

0 370

IMG_8648Setelah satu bulan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN), akhirnya kegiatan yang diikuti oleh para para mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang tergabung dalam Kelompok 33 KKN Tahun 2014 tersebut akan segera berakhir pada hari Jumat (25/7) yang akan datang.IMG_8718

Menandai akan berakhirnya masa pengabdian para mahasiswa UMM tersebut, bertempat di Balai Desa Banjarejo pada hari Rabu 923/7) dilaksanakan kegiatan Pisah Kenang, yang dihadiri oleh Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. yang didampingi Kasi Kessos dan Kepemudaan Agus Bukhori, S.Pd., Kasi Pertanahan dan Aset Sulasmianto, SE, Kepala Desa Banjarejo H. As’addurofiq beserta perangkat desanya, Babinsa Banjarejo Ketua PC Muhammadiyah Kecamatan Pagelaran, Ketua MWC NU Kecamatan Pagelaran serta para tokoh masyarakat Desa Banjarejo.IMG_8678

Dalam acara tersebut diawali dengan penyampaian evaluasi terhadap berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan selama satu bulan, antara lain pengobatan gratis, penyampaian sembako bagi kaum duafa, pelatihan pembuatan aneka mekanan olahan, nonton bareng final Piala Dunia 2014, Festival Ramadhan dan lain sebagainya.IMG_8686

Selanjutnya kegiatan tersebut juga diisi dengan peresmian Perpustakaan Desa Samijo (Sarana Ilmu Banjarejo) oleh Camat Pagelaran, yang ditandai dengan pelepasan balon dan pengguntingan pita menuju ruang perpustakaan yang merupakan sumbangan dari mahasiswa UMM yang melaksanakan KKN di Desa Banjarejo. Sebagai awal didirikannya perpustakaan desa tersebut, para mahasiswa tersebut telah menyumbangkan sebanyak 100 eksemplar buku untuk mengisinya serta dapat dimanfaatkan oleh masyarakat desa yang ingin menambah ilmunya. Camat Pagelaran berharap agar Pemerintah Desa Banjarejo dapat menjaga perpustakaan desanya, termasuk dapat menambah koleksi buku yang saat ini sudah ada.IMG_8732

Acara perpisahan tersebut akhirnya ditutup dengan buka puasa bersama antara para mahasiswa peserta KKN beserta seluruh undangan yang hadir pada acara tersebut, setelah sebelumnya dilaksanakan penyerahan kenang-kenangan kepada Kepala Desa Banjarejo dan Kader Posyandu Desa Banjarejo.IMG_8745

0 304

IMG_8776Setelah satu bulan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada enam desa yang ada di Kecamatan Pagelaran, seluruh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang tergabung dalam Kelompok 10, 11, 12, 31, 32 dan 33 menyelesaikan kegiatannya.IMG_8762

Menandai telah usainya pelaksanaan KKN para mahasiswa UMM tersebut, bertempat di Panti PKK Kecamatan Pagelaran pada hari Kamis (24/7) dilaksanakan pelepasan para mahasiswa peserta KKN UMM di wilayah Kecamatan Pagelaran oleh Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si.

Kegiatan yang dihadiri oleh perwakilan mahasiswa dari enam kelompok tersebut berlangsung dalam suasana khidmat tetapi santai, diisi dengan pesan dan kesan dari para Tim Pendamping Lapangan (TPL) di Kecamatan Pagelaran yaitu Zainal Arif, SH dan Samar serta dari perwakilan mahasiswa peserta KKN.

IMG_8764

Seusai itu dilaksanakan sambutan Camat Pagelaran, dimana di dalamnya disampaikan bahwa para mahasiswa yang rata-rata duduk di semester VI tersebut telah berhasil menyelesaikan berbagai program kerja yang telah direncanakan pada masing-masing desa, termasuk dapat ikut hidup bermasyarakat di penduduk yang ada di masing-masing desa lokasi KKN. Untuk itu semuanya tersebut akan menjadi kenangan terindah, baik bagi para mahasiswa peserta KKN serta masyarakat dimana mereka melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat tersebut.IMG_8778

Lebih lanjut Hari Krispriyanto yang merupakan alumni Program Magister Sosiologi Pedesaan pada Universitas Muhammadiyah Malang menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh mahasiswa peserta KKN UMM, karena telah mendarmabaktikan diri di lingkungan masyarakat desa, dengan berbagai program yang telah dirancang sehingga memberikan keuntungan, khususnya pada masyarakat. Selain itu, sebagai seorang alumni UMM, Camat Pagelaran sudah menganggap para mahasiswa tersebut sebagai yuniornya sehingga dengan dilaksanakannya KKN di wilayah kerja kecamatannya, maka hal tersebut akan merupakan kebanggaan tersendiri baginya dapat menerima keluarga besar UMM untuk dapat ikut berkarya di Kecamatan Pagelaran.

Pada akhir acara sebelum ditutup dengan doa oleh Kasi Kessos dan Kepemudaan Kecamatan Pagelaran Agus Bukhori, S.Pd., Camat Pagelaran secara simbolis menerima kenang-kenangan dari TPL dan mahasiswa berupa vandel dan buku-buku yang akan melengkapi koleksi perpustakaan pada kantor Kecamatan Pagelaran. Perlu diketahui bahwa pendirian perpustakaan yang ada di kantor Kecamatan Pagelaran merupakan ide dari Hari Krispriyanto pada saat awal bertugas di Kecamatan Pagelaran, dengan harapan dapat meningkatkan budaya membaca bagi aparatur dan warga yang sedang memerlukan layanan di kantor Kecamatan Pagelaran. Sampai saat ini koleksi buku yang ada di perpustakaan tersebut sudah lebih dari 600 eksemplar.IMG_8870

Sesudah acara pelepasan selesai, Camat Pagelaran beserta TPL dan para mahasiswa melaksanakan foto bersama yang akan menjadi kenang-kenangan selama mereka melaksanakan KKN di Kecamatan Pagelaran.IMG_8836

IMG_8849

IMG_8828

0 214

Menandai akan berakhirnya masa pengabdian mahasiswa Universitas Muhammadiyah yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Kanigoro, ditandai dengan digelarnya acara Ramadhan Ceria, bertempat di Balai Desa Kanigoro pada hari Rabu (23/7).IMG_8540

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si., Kasi Kessos dan Kepemudaan Kecamatan Pagelaran Agus Bukhori, S.Pd., Kasi Pertanahan dan Aset Kecamatan Pagelaran Sulasmianto, SE serta Kepala Desa Kanigoro Sudha beserta perangkat desanya tersebut, diisi dengan berbagai kegiatan antara lain penampilan  drama dan berbagai kesenian serta penyampaian santunan bagi 98 anak yatim yang ada di Desa Kanigoro.IMG_8563IMG_8577

Acara yang digelar oleh para mahasiswa KKN Kelompok 12 UMM tersebut bekerjasama dengan pihak Pemerintah Desa Kanigoro tersebut  berlangsung meriah, karena juga dihadiri oleh warga masyarakat yang ada di desa tersebut, selain juga dilaksanakan kegiatan bazar takjil yang digelar oleh masyarakat dan mahasiswa peserta KKN yang ada di desa tersebut. Sebagai penutup dari kegiatan tersebut, ketika adzan maghrib dikumandangan maka seluruh yang menghadiri kegiatan tersebut bersama-sama melaksanakan buka puasa setelah seharian menunaikan ibadah puasa.IMG_8546