Monthly Archives: April 2016

0 331

Pengelolaan Alokasi Dana Desa dan Dana Desa yang transparan dan akuntabel menjadi perhatian serius Camat Pagelaran,Bagus Sulistyawan,AP,MSi. Bentuk perhatian serius tersebut dengan Rapat Koordinasi  dengan semua Kades,bendahara,operator dan pelaksana kegiatan,Jumat (29/4).

Rapat koordinasi ini dilaksanakan untuk memberikan pemahaman tentang peraturan-peraturan yang harus ditaati dalam pengelolaan ADD dan DD.”Pemahaman tentang aturan ini sangat penting,agar tidak terjadi kekeliruan dalam pengelolaannya,” ujar Camat Pagelaran.BERITA-RAKOR ADD

Kegiatan ini mendapatkan respon yang sangat baik dari pemerintah desa. Hal ini terlihat dari anemo kehadiran seluruh Kepala Desa beserta perangkatnya. Rakor ini dihadiri sekira 40 orang lebih.Turut hadir pula pendamping desa. Sudha, Kades Kanigoro menyatakan bahwa kegiatan ini sangat positif untuk membantu pelaksanaan pengelolaan ADD dan DD sesuai dengan aturan. Bahkan dirinya mengusulkan agar ada pembinaan lebih lanjut dengan melibatkan berbagai pihak terkait agar pemahaman para Kepala Desa dan perangkat desa semakin paripurna.

 

0 350

GSC atau yang dulu lebih dikenal dengan PNPM (Program Nasional Mandiri Perdesaan) di Kecamatan Pagelaran membukukan angka surplus  usaha sebesar Rp. 560 juta. Nilai tersebut berasal dari pengelolaan dana yang ditransfer dari pusat selama periode 2009-2015. Imam Arifin, Fasilitator GSC Kecamatan Pagelaran mengatakan, jumlah asset yang dimiliki UPK Pagelaran sebesar Rp. 2,6 Milyar. Dari total jumlah tersebut, terdapat piutang sebesar Rp. 260 juta. Fakta ini terungkap dalam Musyawarah Antar Desa (MAD) GSC Kecamatan Pagelaran, Rabu (27/4) di Pendopo Kecamatan Pagelaran.IMG_0203

MAD hari itu menghasilkan jumlah sasaran bayi, balita, bumil, anak usia SD dan SMP yang akan menjadi subyek program GSC serta terindentifikasinya kondisi keuangan UPK. Di samping itu dicapai kata sepakat dalam hal sinkronisasi kegiatan Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan sesuai dengan usulan desa.

0 295

IMG_0211

Petugas Sensus Ekonomi Tahun 2016 di Kecamatan Pagelaran yang berjumlah 94 orang siap turun ke desa.  Kesiapan ini terlihat dari kesiapan para petugas yang mengikuti apel Pelepasan Petugas Sensus Ekonomi, di halaman Kantor Kecamatan Pagelaran, Kamis (28/4). Mereka akan melakukan pendataan berbagi jenis usaha terutama di pasar dan sekitarnya. Saiful Bahri, KSK (Koordinator Statistik Kecamatan) mengatakan, sensus akan mulai dilaksanakan tanggal 1-30 Mei 2016.IMG_0250

Abdullah, Kasi Pemerintahan Kecamatan Pagelaran dalam sambutannya mengatakan, sensus ini kan mengahasilkan data yang sangat penting bagi proses pembangunan.  Demikian pula manfaatnya sangat besar bagi pemerintah, pelaku usaha dan masyarakat.IMG_0231

0 219

SOSIAL GATHERING KADES2

Dalam rangka melaksanakan pembinaan, penciptaan inovasi pembangunan dan koordinasi di Kecamatan Pagelaran, Camat Pagelaran, Bagus Sulistyawan, AP,MSi, melakukan social gathering secara rutin dengan para Kepala Desa. Seperti yang dilaksanakan pada Jumat (22/4), di Desa Brongkal. Dalam pertemuan tersebut dibahas secara informal berbagai tema penting seperti Alokasi Dana Desa, Dana Desa dan prioritas pembangunan di desa.

0 391

PELETAKAN BATU PERTAMA BANJAREJO-2 PELETAKAN BATU PERTAMA BANJAREJO-3Wakil Bupati Malang, Drs. H.Sanusi, MM mengatakan Madrasah Diniyah dapat membantu meletakkan dasar ahlak bagi generasi muda. Khususnya dalam menangkal pengaruh Narkoba. “Dengan landasan ajaran agama yang kuat, insyallah generasi muda bisa terhidar dari bahaya narkoba. Madrasah Diniyah dan mushala ini adalah sarana bagi anak-anak ini,” kata Wabup, Jumat (22/4) sesaat sebelum melakukan peletakan batu pertama pembangunan mushala dan Madrasah Diniyah NU di Dusun Krajan Desa Banjarejo.

0 284

PENYULUHAN HUKUM KANIGORO-1 PENYULUHAN HUKUM KANIGORO-2

Warga Desa Kanigoro tampak antusias mengikuti penyuluhan yang dilaksanakan oleh Bagian Hukum Setda Kab. Malang, Kamis (21/4) di Balai Desa Kanigoro. Kegiatan yang diikuti oleh sedikitnya 60 orang warga dan tokoh masyarakat itu menjadi ajang tanya jawab antara warga dengan pemateri. Para pemateri menyajikan masalah hukum perkawinan, waris dan pertanahan. Selain itu warga juga mendapatkan penyuluhan mengenai pengurusan SIM (Surat Ijin Mengemudi).

0 136

PEMBINAAN KADER BKB-2Kader Keluarga Berencana yang handal menjadi penting untuk menunjang kesuksesan program pemerintah. Mencapai hal tersebut perlu dilakukan peningkatan kapasitas dan skill sumber daya manusia. Selain itu hal yang tak kalah pentingnya adalah tertib administrasi pelaksanaan program Keluarga Berencana hingga ke tingkat desa. Hal inilah yang menjadi titik tolak pembinaan Kader Kelompok, BKB, BKR, BKL dan UPPKS di Kecamatan Pagelaran 19-20 April 2016 di Pendopo Kecamatan Pagelaran.

0 184


PELATIHAN PEMBUATAN PAKAN TERNAK-1 PELATIHAN PEMBUATAN PAKAN TERNAK-2

Kelompok Ternak di Desa Clumprit bersiap mengantisipasi musim kemarau yang diprediksi akan segera datang. Bentuk antisipasi peternak ini adalah memperdalam kemampuan pembuatan pakan ternak dengan metode fermentasi pada silase. Kegiatan ini difasilitasi oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang. Pelatihan pembuatan pakan ternak ini dilakukan sehari penuh pada Selasa (19/24) di wilayah RT 6 Dusun Krajan Desa Clmprit.Pelatihan ini dihadiri oleh 30 orang anggota kelompok.

Selain teori, para peternak mempraktekkan cara mencacah, mencampur dan memfermentasi pakan ternak tersebut dipandu dr. Haris Wahyudi dan Nur Zulaiha, Kabid Produksi dan Budidaya Peternakan. Titing Royani, Penyuluh Peternakan dan Petugas IB Kecamatan Pagelaran mengatakan, dengan menggunakan pakan ternak ini diharapkan dapat meningkatkan kadar nutrisi ternak.

0 157

Desa Pagelaran masuk nominasi 4 besar Lomba Desa tingkat Kabupaten Malang. Selanjutnya, apabila lolos dalam seleksi tingkat kabupaten maka Desa Pagelaran berhak untuk masuk penilaian ke tingkat propinsi. Guna melihat seberapa jauh kesiapan Desa Pagelaran mewakili Kabupaten Malang pada Lomba Desa tingkat Propinsi Jawa Timur, maka dilakukan penilaian oleh Tim Kabupaten pada Rabu (6/4).

LOMBA DESA_SAMBUTAN3

LOMBA DESA_PENILAIAN POSYANDU3 LOMBA DESA_BU RENDRA MEMBELI TAS PRODUK PAGELARAN LOMBA DESA_PENILAIAN KF LOMBA DESA_PENILAIAN POSYANDU4LOMBA DESA_PENILAIAN PERPUSTAKAAN DESA1 LOMBA DESA_PENILAIAN PERPUSTAKAAN DESA2 LOMBA DESA_PENILAIAN POSYANDU LOMBA DESA_PENILAIAN POKJA PKK LOMBA DESA_PENILAIAN TOGA