Monthly Archives: Oktober 2016

0 395

Pagelaran, 29 Oktober 2016. Bertempat di Lapangan Desa Balearjo Kecamatan Pagelaran diadakan Kirab Santri dimana Start di Lapangan Balearjo dan Finish di Lapangan Desa Kanigoro.  Wakil Bupati Malang , H. Sanusi berkesempatan memberikan sambutan di acara kirab menyambut Hari Santri Nasional. H. Sanusi mengatakan kemerdekaan bangsa Indonesia tidak lepas dari peran kyai dan juga santri. Dalam kesempatan tersebut H. Sanusi menyampaikan untuk menghadapi perkembangan jaman santri di kecamataWhatsApp Image 2016-10-30 at 14.29.50 (3) WhatsApp Image 2016-10-30 at 14.29.50 (1)n Pagelaran harus serba bisa. Hal ini dimaksudkan supaya nantinya para santri tidak kebingungan saat ada ditengah-tengah masyarakat.

0 301

Kanigoro 19 Oktober 2016, Penguasaan wawasan hukum amatlah penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Seiring perkembangan zaman yang sedemikian cepat, para perangkat desa khususnya harus mengikuti bahkan mengejar perkembangan zaman itu. Salah satunya dengan menambah pengetahuannya mengenai masalah hukum, dalam kegiatan Penyuluhan dan Sosialisasi Hukum Terpadu yang dilaksanakan  di Balai Desa Kanigoro.

IMG_9991

0 449


IMG_2579

Kademangan, 03 Oktober 2016, bertempat di Pendopo Desa Kademangan diadakan kegiatan bersih Desa. Pada dasarnya budaya/tradisi ini adalah sebagai perwujudan rasa syukur atas hasil panen yang melimpah pada tahun itu. Kemudian juga agar panen tahun depan tidak berkurang dan daerah itu supaya terhindar dari musibah. Masyarakat mensyukurinya dengan cara memasak nasi dan lauk-pauknya dalam jumlah yang besar kemudian dibawa ke balai desa untuk di do’akan kemudian dimakan bersama dan sisanya dibagikan kepada seluruh warga. Kemudian pada malam harinya di adakan pagelaran wayang kulit

 

IMG_2566

 

Kegiatan upacara bersih desa tidak lepas dari interaksi sosial masyarakat karena interaksi sosial melibatkan banyak orang sehingga mempunyai hubungan timbal balik antara pelaku dan upacara yang akan dilakukan serta unsur-unsur yang mendukungnya.Oleh karena itu interaksi sosial menjadi faktor terpenting dalam hubungan dengan orang lain dan menyangkut keberhasilan suatu upacara, hal ini menunjukkan adanya gotong-royong dan kerja sama.