Get Adobe Flash player
Peta Kecamatan

Posdaya Berbasis Masjid

IMG_7858 copy Dewan Masjid Kabupaten Malang bekerjasama dengan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang melakukan Sosialisasi Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) bagi Pengurus Takmir Masjid se Kecamatan Pagelaran, bertempat di Masjid Besar Al Azhar, Desa Brongkal, Rabu (5/6).

Kegiatan tersebut selain dihadiri oleh para Pengurus Takmir Masjid se Kecamatan Pagelaran, juga dihadiri oleh Ketua Pengurus Daerah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Malang K.H. Imam Sibaweh, Ketua LPM UIN Maulana Malik Ibrahim Dr. Hj. Mufidah Cholil, M.Ag., Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si., Ketua Pengurus Cabang DMI Kecamatan Pagelaran Abdul Hadi dan Kepala KUA Kecamatan Pagelaran yang diwakili Ustad Muhidin.

Camat Pagelaran Hari Krispriyanto, S.Sos., M.Si. dalam sambutannya pada acara tersebut menyatakan bahwa di seluruh Kecamatan Pagelaran terdapat 59 masjid dan berharap dengan akan dilaksanakannya program Posdaya Berbasis Masjid yang merupakan kerjasama antara DMI Kabupaten Malang dengan UIN Maulana Malik Ibrahim ini,  akan dapat memberdayakan masyarakat khususnya yang ada di sekitar lokasi masjid dengan memanfaatkan berbagai potensi yang ada.

Selanjutnya dalam Sosialisasi Posdaya Berbasis Masjid yang disampaikan oleh Ketua Lembaga Pengabdian pada Masyarakat Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Dr. Hj. Mufidah Cholil, M.Ag., diIMG_7863 copysebutkan bahwa masjid mempunyai banyak potensi, antara lain pusat pendidikan seumur hidup, sebagai tempat musyawarah, menumbuhkan semangat kerukunan, gotong royong, keikhlasan dan disiplin, menumbuhkan toleransi berupa silaturahmi dengan sesama melalui berbagai kegiatan di masjid seperti sholat dan lain sebagainya.

Posdaya Berbasis Masjid yang bertujuan menciptakan keluarga yang mandiri, sakinah dan sejahtera melaksanakan kegiatan antara lain :

  • Merevitalisasi atau menyegarkan kembali kegiatan di masjid, tidak terbatas usia supaya bisa menjadi lebih hidup berbagai kegiatan di masjid.
  • Meningkatkan kapasitas kelembagaan masjid.
  • Meningkatkan kapasitas sumber daya manusia, termasuk melaksanakan berbagai kegiatan ketrampilan melalui berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh pengurus masjid.
  • Melestarikan eksistensi masjid melalui berbagai kegiatan yang dilakukan oleh generasi muda.

Sasaran kegiatan Posdaya adalah mulai balita sampai lansia termasuk orang cacat, dengan lima bidang kegiatan yaitu pembinaan keagamaan, pendidikan, kewirausahaan, pembinaan lingkungan dan kesehatan, yang pada pelaksanaannya bisa dilaksanakan secara bertahap pada tiap bidang kegiatannya.

Dr. Hj. Mufidah Cholil, M.Ag. selanjutnya menjelaskan untuk bisa mewujudkan kegiatan Posdaya Berbasis Masjid di Kecamatan Pagelaran akan dimulai melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Berbasis Masjid Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim yang akan dilaksanakan selama kurang lebih satu bulan dan dimulai pada tanggal 30 Juni 2013, dengan menempatkan para mahasiswa tersebut pada masjid-masjid yang ada pada 10 desa se Kecamatan Pagelaran. Walaupun dimulai dengan kegiatan KKN, tetapi diharapkan nantinya kegiatan Posdaya Berbasis Masjid akan dapat dilaksanakan bersama-sama oleh para stakeholder yang ada pada masing-masing desa, misanya camat, kepala desa, pengurus takmir masjid, generasi muda, dinas/instansi dan tentu tidak meninggalkan unsur masyarakat sebagai pelaku utama dalam kegiatan Posdaya Berbasis Masjid tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Dua Bahasa